1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Asal Usul Sepeda Motor yang Terkenal Di Indonesia

Discussion in 'Otomotif' started by kyokugo, Aug 3, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kyokugo MODERATOR

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    1,205
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +44,967 / -2
    Tentu kita semua tau apa itu sepeda motor. Nah kali ini saya mencoba untuk membagikan sedikit info mengenai asal usul sepeda motor yang memang terkenal di Indonesia.
    Di tiap artikel saya mencantumkan sumber yang cukup bisa dipercaya.



    Sejarah Ditemukannya Sepeda Motor

    Sepeda motor kini mungkin menjadi salah satu alat trasportasi yang paling diminati di dunia khususnya di Indonesia. Coba kalian perhatikan di jalan raya, begitu banyak sepeda motor yang melintas atau yang sedang antre saat lampu merah sedang menyala.
    Tahukah kalian darimana asalnya sepeda motor, siapa-siapa saja yang berperan dalam perkembangan sepeda motor dan bagaimana sejarahnya hingga sepeda motor masuk ke Indonesia?
    Ada tiga orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor yaitu, Ernest Michaux ( Perancis), Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler (Jerman). Sepeda motor pertama kali dirancang pada tahun 1868 oleh Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada waktu itu,tenaga penggerak yang direncanakannya adalah mesin uap namun proyek ini tidak berhasil. Kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakannya dengan membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakan dengan menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.

    Pada tahun 1885 seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach menjadi perakit motor pertama kali di dunia. Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car).

    Pada waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak. Sampai pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).

    Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya ke kota New York. Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).

    Pada tahun yang sama, Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris memutuskan untuk membuat sepeda motor. Empat tahun sesudahnya, 1902, perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama namun masih menggunakan mesin dari Belgia. Kemudian pada tahun 1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri.

    Tahun 1903, William S Harley dan sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda motor di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan sepeda motor itu Harley Davidson. Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle Manufacturing Company, yang berlokasi di Springfield, Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single.

    Kemudian sampai Perang Dunia I (1914-1918), perusahaan ini menjadi pabrik sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada tahun 1953 dan merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield.

    Setelah Perang Dunia I sampai tahun 1928, perusahaan yang memproduksi sepeda motor terbesar di dunia adalah Harley Davidson. Pada tahun 1921, sepeda motor BMW hadir dengan roda belakang yang digerakkan menggunakan koppel (shaft drive). Pada tahun 1930-an ada sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya yang tidak begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan Whitwood.

    Perkembangan sepeda motor di Eropa, juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), di mana sepeda motor dibuat untuk keperluan militer. Seusai Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia.

    Pada tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor dengan mesin dua langkah. Namun, suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam yang keluar dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin empat langkah.

    Tahun 1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kemudian kedudukan BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga kini, Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia.

    Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub. Kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang lainnya seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis bebek ini.

    Sosok yang menarik, mesin yang handal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia. Namun, nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan sepeda motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian juga dengan BMW, Triumph, dan Ducati.

    Sepeda motor pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1893. Sepeda motor tersebut dibeli oleh John C Potter, seorang masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen.
    source: http://www.engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/105-sejarah-ditemukannya-sepeda-motor


    Soichiro Honda ( Honda Sō’ichirō, 17 November 1906–5 Agustus 1991) adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.
    Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.

    Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah – tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya – dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS,Tokai Seiki Heavy Industry). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota seharga 450.000 yen (kira-kira sama dengan 1 juta dolar AS jika diukur pada tahun 2003).

    Pada 1948 Honda memulai produksi sepeda motor sebagai presiden Honda Corporation. Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia. Rekayasa mesin Honda yang sangat baik dan pemasaran yang pintar membuat Honda berhasil melebihi penjualan sepeda motor Triumph dan Harley-Davidson di pasaran lokal mereka masing-masing.
    Honda tetap menjabat presiden perusahaan hingga dia pensiun pada 1973, kemudian tinggal sebagai direktur dan diangkat sebagai “penasehat tertinggi” pada 1983. Setelah pensiun Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Dia meninggal pada 1991 karena gagal lever.

    Sochiro Honda lahir sebagai anak pertama seorang pandai besi bernama Gihei Honda, pada 1906 di sebuah desa kecil bernama Komyo (sekarang bernama Tenryu), Jepang. Ia tidak mengenyam pendidikan formal memadai dan tidak cemerlang di sekolah. Namun memiliki semangat dan cita-cita yang sangat tinggi.
    Berbagai literatur menyebutkan bahwa awal ketertarikannya pada dunia diawali pada usia yang sangat muda. Pada tahun 1922 dia bekerja pada bengkel Art Shokai, tidak meneruskan keahlian ayahnya sebagai seorang pandai besi. Pekerjaannya tidak langsung berhubungan dengan mesin seperti yang dia inginkan namun sebagai seorang tenaga cleaning service sambil mengasuh bayi dari pemilik bengkel, sampai pemilik bengkel menemukan bakat Honda yang sesungguhnya. Enam tahun kemudian dia dipercaya membuka bengkel cabang Art Shokai di Hamamatsu. bengkel itulah yang membuka jalan selanjutnya.

    Awalnya, dia merasa bahwa bengkel miliknya adalah yang satu-satunya di kota itu, namun tak lama kemudian dia dihadapkan pada kenyataan bahwa dia tidak sendirian. Segera muncul pesaing-pesaing baru namun ia memiliki 2 langkah untuk memenangkan persaingan. Pertama ia menerima perbaikan yang ditolak sebelumnya oleh bengkel lainnya dan kedua adalah bekerja secepat mungkin sehingga pelanggan tidak butuh waktu lama untuk menunggu.

    Namun Sochiro bukan tipe yang puas dengan satu keberhasilan. Dia banyak menginginkan gagasan yang perlu diwujudkan. Contohnya ide membuat velg dengan jari-jari logam menggantikan jari-jari kayu. Obsesinya membuatring piston yang saat itu masih sulit untuk didapat. Masa itu, buatan luar negeri jarang yang sempurna dan sukar dibuat. Ring piston itulah yang membuat dirinya kembali ke sekolah pada usia 28 tahun setelah bergulat dengan berbagai macam percobaan, ring piston yang dibuatnya tidak sesuai harapannya. Butuh tiga tahun untuk mewujudkan proyek ring piston ini. Namun di masa perang dunia akhirnya menjadi penyuplai industri militer.

    Setelah perang usai, ia muncul ide memasang mesin pada sepeda yang merupakan cikal bakal sepeda motor di kemudian hari. Awalnya ia memanfaatkan mesin-mesin bekas perang. Sewaktu buatannya dijual, respon masyarakat luar biasa. Dagangannya cepat laku hingga mendorongnya untuk membuat sepeda motor yang sebenarnya. Pada 24 September 1948 didirikannya Honda Motor Company. Prototype pertamanya sendiri lahir pada Agustus 1948 yang dinamai “Dream” (Seperti halnya spirit dan filosofi Honda Company, “The power of The Dream“).

    Meski sepeda motornya sukses, Honda ternyata terbentur masalah finansial bahkan terancam bangkrut. Ia memang seorang penemu dan mekanik yang hebat namun tidak pandai mengelola keuangan. Inilah yang kemudian mempertemukan dirinya dengan Takeo Fujisawa orang yang sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis Honda selanjutnya. Saat itu Honda berusia 42 Tahun dan Fujisawa berusia 38 tahun. Dengan mimpi dan keinginannya untuk menjangkau dunia, dan itulah yang terjadi selanjutnya sehingga produk-produk Honda tak hanya menjadi nomor 1 di Jepang tetapi juga di Amerika dan di belahan lainnya.

    Di mata karyawannya, Sochiro terkenal keras, bahkan tak jarang dia “main tangan” dalam arti yang sesungguhnya. Bekerja dengan Sochiro berarti ada dua pilihan: pindah ke perusahaan lain atau belajar dengannya. Satoshi Okubo, salah seorang chairman Honda, seperti yang dikutip Robert L Shook dalam bukunya, Honda an American Succes Story, mengatakan : “pada tahun 1950-an tidak banyak lowongan pekerjaan pada perusahaan besar. Saya ingat ucapan Sochiro Honda dihadapan karyawan baru bahwa perusahaan lain mungkin tidak mempertimbangkan anda, tapi kami percaya pada anda semua, kalau ingin keluar silakan. Beritahu kami jika ada yang tidak puas dan kalau ada kesempatan yang lebih baik silakan ambil“. Namun kekerasan Sochiro biasanya mencair ketika acara minum sake bersama. Di saat itu dia dikenal menjadi murah hati dan penuh welas asih.

    Selain mencintai dunia permesinan, Sochiro sendiri tergila-gila dalam dunia balap. Itu pula yang kemudian menjadi kunci suksesnya. Dari arena balap, dia mendapatkan masukan berharga bagi pengembangan produknya. Bahkan ketika baru memasuki dunia pembuatan mobil pada tahun 1962, hanya 2 tahun sesudahnya, ia langsung merealisasikan idamannya, terjun di arena Formula 1. Sedangkan di kancah produksi massal, Honda menelurkan produk yang sangat disukai pasar, hemat bahan bakar dan berkecepatan tinggi, yang menjadi trade merk Honda hingga sekarang.

    Pengagum Napoleon Bonaparte ini dikenal sebagai antinepotisme. Ia tidak suka menempatkan keluarganya di posisi penting begitu saja. Ketika ia pensiun pada 1973, ia menyerahkan pimpinannya pada Kiyoshi Kawashima. Sochiro meninggal pada tahun 1991 di usia 84 akibat penyakit liver. Meninggalkan istrinya, Sachi dan seorang anak laki-laki serta dua anak perempuan.VIDEO http://vodpod.com/watch/1247620-honda-the-dream-comes-true?pod=sadewa22
    source: http://spartachus.wordpress.com/penemu-sepeda-motor-honda/

    Sejarah Honda tidak terlepas dari tangan seorang Soichiro Honda, sang pendiri. Soichiro Honda ini seorang pembalap, juga seorang businessman … dan juga seorang manufaktur sejati. Disamping semua itu… yang paling penting adalah Soichiro Honda itu adalah seorang pemimpi … !!! Dia memimpikan membuat piston ring yang lebih baik… mendirikan sebuah perusahaan kecil dan memproduksinya
    [​IMG]

    Perusahaan kecil di Hamamatsu (sebelum lahir Honda Motor Company) … berhasil membuat motor bikez.. di bulan Oktober 1946. Motornya ini menggunakan rangka sepeda … !!! Karena gasoline sangat langka waktu itu, makanya Honda mengembangkan motornya ini menggunakan turpentine (semacam minyak yang disuling dari pine tress). Namun karena mutunya nggak begitu bagus, motor tersebut harus dipedal terlebih dahulu untuk bisa jalan. Di bulan November 1947, Seichiro Honda mengembangkan motor bikez berkekuatan 0.5HP yang disebut A-Type dan masih menggunakan turpentine… dan motor ini dikenal sebagai “Chimney”…!!!
    [​IMG]

    Barulah pada tahun 1958 Seichiro Honda mendirikan pabrikan Honda bersama dengan Takeo Fujikawa yang sangat mendukung dari sisi finansial. Bersama-sama mereka mendirikan emperium Honda.

    Di tahun 1948 juga, Honda mengeluarkan motobikez dengan engine 90cc modifikasi dari type A, yang dikenal sebagai “B-Type”. Tahun 1949, Honda mengeluarkan motor “D-Type”. Mr. Honda selalu mengikuti setiap step dalam proses pembuatan motor ini dan makanya disebut D-Type karena Dreamnya mulai terwujud. Dan milestone ini membuat Honda semakin memproduksi motor yang lebih baik dan semakin canggih.
    [​IMG]

    Setelah mengeluarkan D-Type, selanjutnya Honda mengeluarkan engine 146cc, OHV, 4 stroke yang dikenal sebagai E-Type. Engine ini dapat mengeluarkan power 5.5HP dan dapat dipacu sampai dengan kecepatan 80 km/h. Selanjutnya bikez dengan engine ini diproduksi, dan bisa mencapai 130 unit sehari.

    Tahun 1952, Honda mengeluarkan motor “Cub” pertamanya dengan engine F-Type, 50cc, 2 stroke dan produksinya mencapai 6500 unit sebulan atau hampir menguasai 70% market share motor di Jepang.

    Tahun 1953, Honda memproduksi motor 90cc, 4 stroke yang dikenal sebagai “Benly” atau yang berarti nyaman. Motor ini mempunyai 3 speed gearbox, dan motor ini bisa laku terjual sebanyak 1000 unit sebulan.
    [​IMG]
    Honda Benly​

    Tahun 1954, Honda juga mengeluarkan scooter yaitu Juno. Juno ini diadaptasi dari Vespa yang sedang dibikin di Jepang.
    [​IMG]
    Honda Juno​

    Tahun 1957, Honda mengeluarkan untuk pertama kalinya twin cylinder motorcycles, 250cc OHC, 4 stroke C70. Motor Honda C70 lumayan cukup canggih dimasanya. Mulailah berbagai produk muncul .. seperti C71 dimana telah menerapkan electric starter pada engine 250cc.
    [​IMG]
    Honda C70​

    Tahun 1959, Benly 125cc juga dikeluarkan dan sanggup mencapai kecepatan 110 km/h. Dan era keemasan Honda muncul pada bulan Juni 1958, yaitu dengan dikeluarkannya C100 Super Cub yang disebut-sebut the most successful motorcycles. Super Cub ini dikembangkan selama 3 tahun, agar murah dan gampang dikendarai oleh siapapun. Motor ini menggunakan 50cc, OHC, 4 stroke, centrifugal clutch dengan 3 transmisi kecepatan. Motor ini sangat mudah dikendarai,.. bahkan bagi pemula sekalipun. Bentuk ini yang dikenal sebagai bebek sekarang dan menjadi populer pada zamannya. Wanita pun mudah mengendarainya.. soalnya nggak perlu terhambat oleh bentuk konvensional motor yang ada tanki bensin etc… Motor ini kemudian muncul berbagai versi… ada yang 50cc, 70cc dan 90cc. Tahun 1959, Honda mulai mengekspor dan memasuki pasar Amerika Serikat… !!! Dan terkait dengan motor ini… pada akhir Desember 2005, motor ini sudah diproduksi sebanyak 50 juta unit…!!! Bentuknya beda-beda tipis namun engine nya.. mirip banget.. !!! Dan jumlah tersebut adalah jumlah yang sangat fantastis untuk sebuah motor… !!!
    [​IMG]
    Honda Super Cub​

    Semasa hidup Honda selalu menyatakan, jangan dulu melihat keberhasilanya dalam menggeluti industri otomotif. Tapi lihatlah kegagalan-kegagalan yang dialaminya. ”ORANG MELIHAT KESUKSESAN SAYA HANYA SATU PERSEN. TAPI, MEREKA TIDAK MELIHAT 99 PERSEN KEGAGALAN SAYA,” tuturnya.

    Ia memberikan petuah, ”KETIKA ANDA MENGALAMI KEGAGALAN, MAKA SEGERALAH MULAI KEMBALI BERMIMPI. DAN MIMPIKANLAH MIMPI BARU.”<
    [​IMG]

    5 Resep keberhasilan Honda :
    1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.
    2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru, khususkan waktu memperbaiki produksi.
    3. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisi kerja Anda senyaman mungkin.
    4. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.
    5. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama.
    source: http://putrasaimima.blogspot.com/2011/04/sejarah-motor-honda.html


    Pada tahun 1920 perusahaan yang kita kenal sekarang sebagai Suzuki didirikan oleh seorang yang bernama Michio Suzuki. Ketika pertama kali diperkenalkan, pertumbuhan itu tidak mendadak, melainkan perusahaan tumbuh dengan kecepatan yang konsisten lambat. Suzuki sejumlah model yang menjadi populer dan beberapa yang tidak begitu populer. Pada 1953 sepeda motor Diamond free memenangkan Gunung Fuji Hill Climb. Ini adalah ketika konsumen benar-benar mulai untuk mengenal perusahaan Suzuki.

    Ketika Anda akan mempertimbangkan untuk mendapatkan Sepeda Motor Suzuki, Anda tidak akan hanya mendapatkan sebuah motor sederhana, tetapi Anda akan mendapatkan sepeda yang sebenarnya adalah hasil dari lebih dari 50 tahun evolusi dan penemuan inovatif. Salah satu model pertama mereka bahwa mereka telah merilis adalah sepeda Diamond Free dan dirilis ke publik pada tahun 1953.

    Logo Suzuki diciptakan pada tahun 1954, yang masih ditampilkan bahkan sampai hari ini. Suzuki pertama kali diperkenalkan sepeda motor mereka di Amerika Serikat pada tahun 1963, dan telah tumbuh bahkan lebih sejak saat itu karena kemampuan mereka untuk membangun sepeda motor yang sangat efisien, terjangkau, dan dapat diandalkan.

    Salah satu sepeda motor pertama yang dirilis di Amerika Serikat adalah Hustler X-6. Ini adalah salah satu mesin tercepat yang tersedia selama pemerintahan itu. Model ini digantikan dengan Titan, yang berkapasitas 500cc. Suzuki mengejutkan dunia ketika memadamkan GT750 yang merupakan sepeda motor yang sangat cepat yang bertype mesin dua langkah.
    source: http://media61.blogspot.com/2011/04/sejarah-motor-suzuki.html

    [​IMG]
    Michio Suzuki (nama orang), adalah pemilik usaha yang membuat alat (peralatan)
    untuk menenun Sutra...
    Usaha ini di mulai pada tahun 1909an.

    [​IMG]
    Suzuki Power Free 36cc

    [​IMG]
    Suzuki Diamon Free 60cc​

    Seperti kita ketahui, setelah Perang Dunia ke 2 banyak, perusahaan-perusahaan
    yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh.
    Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.
    Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel
    pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free
    (untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (utk Kapasitas 60cc).

    [​IMG]
    Suzuki COLLEDA 90cc​

    Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan
    nama COLLEDA 90cc. Tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki saat itu.
    Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi sedikit karena permintaan export
    tidak banyak.

    [​IMG]
    Suzuki T500

    [​IMG]
    Suzuki GT 500​

    Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport
    ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris).
    Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi
    GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977.

    Sebenarnya tahun1971, Suzuki membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak sukses
    untuk pasar Superbike didunia pada saat itu.
    Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari
    GT750. GS750 ini sangat cepat menjadi populer (cukup sukses).

    Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada tahun 1978.
    GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat diterima market saat itu.
    Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor
    lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan
    GSX 1100 Katana di tahun 1982
    Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal power full
    (kencang larinya), style-nya yang modern, body ringan dan harganya yang
    sangat kompetitif.

    [​IMG]
    GSX 1000​

    Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya
    GSX-R750 dan GSX-R 1100.
    Wah.. yang ini terkenal sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model
    ini benar-benar mengadobsi motor balap beneran...
    tapi memang diperuntukan dijalan raya... jadi ya.... kuenceng banget larinya.....
    GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini ...(karena good sale),
    Tetapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan tidak baik,
    dan distop produksinya.

    Kemudian di tahun 1990an, GSX-R 1100 dicoba didesign ulang, tetapi tetap
    kurang mencapai kesuksesan.
    Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya dengan
    memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA yang
    sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia ...
    karena kecepatan mencapai 310km/jam.
    Note:
    Masih banyak model-model Suzuki,
    tapi yang kita bahas disini adalah yang menjadi model andalan Suzuki didunia...

    [​IMG]
    Suzuki GSX1300R Hayabusa​
    Source: http://andizaslyrais28289.blogspot.com


    Yamaha diambil dari nama Torakusu Yamaha, dilahirkan pada tahun 1851 merupakan penemu dan pembuat alat musik Piano dan organ. Pada tahun 1890 Torakusu Yamaha mendirikan perusahaan dengan nama Nippon Gakki Company Limited yang memproduksi alat musik dengan logo 3 (tiga ) garpu tala.
    Genichi Kawakami anak pertama kaici kawakami generasi ketiga presiden Nippon Gakki Company Limited ( sekarang Yamaha Corporation) lulusan dari sekolah Sekolah Tinggi Takachicho pada maret 1934 dan pada Juli 1937 bergabung dengan Nippon Gakki Company. Dan menduduki generasi Presiden ke empat pada tahun 1950 di usia 38 Tahun.

    Pada tahun 1953, “ Saya ingin melakukan percobaan manufaktur mesin sepeda motor” itu kata-kata yang diucapkan oleh Genichi Kawakami (Presiden Yamaha Motor pertama), kemudian Genichi mulai melebarkan usaha ke produk termasuk mesin jahit, auto parts, scooter, kendaraan roda tiga serta sepeda motor. Dan mulai focus untuk mengembangkan perusahaan pada pasar sepeda motor. Pada periode tersebut ia kerap mengunjungi Amerika untuk mempelajari peluang di bisnis ini. Riset untuk membangun sepeda motor ia lakukan sampai ke poabrik sepeda motor di Jerman.

    “Jika anda membuatnya, maka jadikanlah yang terbaik” adalah motto mereka dalam menciptakan sepeda motor. Semua itu dituangkan pada pembangunan prototype pertama sepuluh bulan kemudian tepatnya bulan Agustus 1954 keluarlah Yamaha YA-1. sepeda motor dengan spesifikasi berpendingin udara, 2-stroke, 125 cc dengan satu silinder mesin.

    Setelah selesai sepeda motor tersebut di uji sejauh 10.000 km yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan memastikan bahwa kualitasnya adalah kelas atas.
    Kemudian, pada Tahun 1955 setelah perang dunia II presiden Genichi Kawakami menyadari bahwa untuk membangun kembali Jepang, Negara membutuhkan alat transportasi terjangkau. Akhirnya Yamaha YA-1 alias “Red Dragonfly” mulai diproduksi dan sangat sukses dipasaran. Dengan keyakinan tersebut pada tanggal 1 Juli 1955 Yamaha Motor Co,Ltd didirikan dengan jumlah karyawan sebanyak 274 orang, dan sanggup memproduksi 200 unit sepeda motor perbulan.

    Pada tahun yang sama Yamaha YA-1 mengikuti acara balap motor terbesar di Jepang, yaitu Mt Fuji Festival dan Asama Highlands Festival. Di debut balapan tersebut berhasil menjuarai di kelas 125 cc. Pada tahun berikutnya kembali Yamaha YA-1 merajai kelas tersebut.

    Tahun 1956, model kedua YCI siap dilahirkan, dengan 175 cc, silinder tunggal dan dua stroke. Di tahun 1957 mulai produksi yang pertama YD-1 250 cc, dua stroke twin merupakan perbaikan dari versi Jerman.
    Untuk lebih meluaskan pemasaran Yamaha, pada tahun 1958 mulai merambah pasar Amerika dengan model andalan YD-1 250cc dan MF-150cc. dan ditahun yang sama Yamaha berhasil bertengger di posisi ke 6 pada gelaran balap international Catalina Grand Prix di Amerika Serikat.

    Genichi berkata, “ Saya percaya bahwa yang paling penting ketika membangun sebuah produk adalah untuk selalu diingat orang yang menggunakannya” dengan kata lain Yamaha selalu mengedepankan kepuasan produsen dalam menciptakan hasil karyanya. Dan dengan visi dan filosofi kejujuran total, Yamaha Motor Company sukses menembus pasar motor dunia.
    Genichi Kawakami dengan sejarah panjang Yamaha, di tahun 1982 berhasil menembus 20 juta roll off assembly. Pada 25 Mei 2002 Genichi wafat namun ia menjadi visi hidup di masyarakat melalui produk Yamaha di seluruh dunia.

    [​IMG]
    Torakusu Yamaha

    [​IMG]
    Aka Tombo​

    Yamaha berhasil menancapkan bendera sebagai pembuat motor 2 tak
    terbaik terutama Model YDS 250cc tahun 1960 dan YR1 350cc.
    Pada tahun 1970 dilanjutkan membuat YR 5, nah motor ini lah yang
    terkenal ringan dan relatif terjangkau harganya
    dibanding motor2 dikelasnya saat itu.

    Tahun 1969an, sebenarnya Yamaha mulai mencoba membuat mesin 4 langkah
    (4 Tak) dengan model XS 1 650cc sangat sukses di Inggris
    dan model ini memasuki pasar Amerika pada tahun 1980an
    dan juga sukses di Amerika.

    [​IMG]
    Yamaha XS 1​

    Dan kesuksesan Yamaha didunia sepeda motor mendominasi
    pasar motor dunia setelah Yamaha mengeluarkan FZR 750 dan
    FZR 1000 yang terkenal sangat sukses di tahun 1980an.
    Motor inilah motor Jepang yang melakukan improvement spektakuler,
    karena mengaplikasi up side down pada fork depan, sasis yang sangat stabil,
    dan exhaust system.

    Trend motor sport touring pada tahun 1984 an yamaha mengeluarkan FJ 1100 dan dilanjutkan FJ 1200 pada tahun 1986an. Model ini populer sampai tahun 1990an.

    [​IMG]
    Yamaha FJ 1100​

    Kesuksesan demi kesuksesan Yamaha terus berlanjut,
    Sampai tahun 1996 lahirlah YZF-R6 dan YZF-R1 (1000cc).
    Motor ini terkenal dengan design nya yang cantik,
    handling juga sip, lalu power luar biasa....
    Kalo mau style pilihlah kedua model ini ....
    begitulah diibaratkan saat itu.

    Dan akhirnya tahun 2001 diluncurkan YZS 1000 dan ini
    adalah versi Road bike.
    Sebenarnya model ini masih sama menggunakan enginenya R1.

    [​IMG]
    Yamaha YZS 1000

    [​IMG]
    Yamaha YZF-R6​
    Source:
    http://www.facebook.com/notes/arista-yamaha-sukabumi-pilihanku/sejarah-motor-yamaha/248809135415


    Kawasaki didirikan oleh Shonzo Kawasaki, tahun 1878, di Tokyo, jadi bukan di kota Kawasaki di Jepang sono, bahkan nama Kawasaki ga ada kaitannya sama kota Kawasaki apalagi kota Sidoarjo . Ceritanya Shonzo Kawasaki adalah seorang juragan yang sebel karena kapalnya bolak balik karam. Akhirnya Opa Shonzo move on dari kapal ala Jepang jadi kapal besi-nya orang Barat yang terbukti lebih kuat. Tahun 1878, dibantu oleh temen sak-kampungnya yang pas itu jadi pejabat di kerjaaan, Shonzo dapet pinjeman tanah pinggir kali yang bisa jadi pabrik kapal. Mungkin kaisar Meiji seneng, kan pas itu jamannya Restorasi Meiji atau bisa disebut per-modern-annya Jepang. Dengan dibangunnya galangan kapal ala barat, berati Jepang tambah modern.

    Galangan kapal Shonzo Kawasaki berkembang pesat, bahkan habis Shonzo kawasaki tutup umur tahun 1912, karena sakit. Ya jujur ane ga yakin kalau Shonzo meninggalnya karena kelep sama Titanic yang juga tenggelam tahun 1912 . Pada masa perang negara api dan Avatar Aang dunia dua, Kawasaki juga membuat pesawat terbang dan kapal selam.

    Di tempat lain, ada juga pabrik motor pertama di Jepang, namanya Meguro. Jadi kalau saya pernah bilang di sini, kalau Honda itu motor jepang pertama, saya mohon maaf dan saya ralat ndek sini . Tapi betulnya definisi sepeda motor di Jepang pas itu agak bingugi, soalnya Daihatsu dan Mazda sebelumnya juga buat sepeda motor roda 3 (modelnya kayak sepeda galon-nya Fukuda dan Viar). Kalau Meguro memang jelas-jelas buat motor, tapi sepeda motornya gaya gaya Linggis Inggris. Kalau motor ala Jepang yang Jepang banget jelas Honda yang pertama. Hmm… bingung sendiri ane hehehe

    Contoh motor meguro yang ngetop adalah Meguro Z97, yang pertama keluar tahun 1937 mesinnya 500cc ketularan motor Swiss. Z97 juga dipakai untuk kebutuhan militer. Entah tentara Jepang bawa Meguro Z97 pas mampir ke Indonesia atau ga? Mungkin bawa terus udah dipulangi ke Jepang semua, atau beneran ga bawa. Ahh auk ah gelap . Oh ya buat sipil, Meguro Z97 juga laris lho, terbukti umurnya lumayan panjang, diproduksi 13 tahun (1937-1950).

    [​IMG]
    Meguro Z7​

    Disamping itu, Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance twin cylinderz. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat. Hmmm… kayaknya yang pantas berkata “Rajanya 4 tak” atau “King of 4 strokes” ya Meguro deh, bukan Honda — mengingat teknologi dan kemampuan motor 4 taknya sama dengan motor buatan Amerika atau Eropa pada masanya.

    Tahun 1949, Kawasaki tertarik dengan industri sepeda motor. Kan pas tahun 1947, sepedanya Soichiro Honda yang ditempeli mesin 50cc laku keras. Kawasaki bikin motor (mesin doang gak sak sepeda motornya) 2 tak 60cc terus motor 4 tak 150cc dan 250cc. Teknologinya ketularan teknologi motor BMW Jerman yang juga kerja sama dalam pembuatan pesawat tempur Jepang pas jaman perang dunia 2 (Kan Jepang dan Jerman-nya Hitler sak kubu dalam PD II ). Kawasaki baru buat motor tahun 1954 namanya Meihatsu.

    Kawasaki dengan Meihatsunya juga buat skuter (niru2) vespa , tapi kalah saingan dengan skuter buatan Mitsubishi (busyet, pabrik boil juga buat motor ). Kelihatannya skuter Mitshubishi laku poll, sampe skuter matic-nya Honda, Honda Juno juga gak umur panjang (1956-1961)
    Tapi Meihatsu 125 Deluxe, yang mesinnya 125cc, walaupun cuma bisa lari 81km/jam (jaman dulu bro ), durabilitynya edan bro. 50.000 km jalan nonstop ga ada yang rusak blas . Wong kebanyakna motor sekarang, 25000 km aja kadang2 udah banyak masalahnya hehehe

    [​IMG]
    Meihatsu 125 deluxe

    [​IMG]
    Kawasaki KH250​

    Tahun 1960, Meihatsu yang mulai bangkrut, resmi diakusisi Kawasaki Group, terus tahun 1962, Nama Meguro diganti jadi Kawasaki . Jadi, motor Meguro belum mati, cuma ganti nama jadi Kawasaki . Dan kawasaki yang sekarang ini ada adalah gabungan dari pengalaman Kawasaki buat kapal, aerodinamisnya pesawat ala Jerman, sama tehnik buat motor kenceng ala Meguro.

    Contoh produk pertama Kawasaki habis ngakusisi Meguro adalah Kawasaki Meguro 500, bentuknya emang kayak BSA Rondline, tapi larinya lebih edan daripada Harley Davidson 74 punyanya geng motor di Amrik pas itu. Padhal rata-rata motor milik geng motor Amrik cc-nya 750cc keatas. Wahh 500cc ngasapin 750cc. Apa gak sakti tuh. Akhirnya polisi ndek USA pesen beberapa Kawasaki Meguro buat patroli dan ngejar anak2 Hells Angels dan Geng motor lain di Amrik.

    Inilah sekilas sejarah motor Kawasaki
    1949
    Para insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun KE (Kawasaki Engine) pada 1949. Tahun 1952 desain mesin KE-1 selesai dibuat dan diproduksi massal mulai tahun 1953. Mesin berpendingin udara, 148cc, OHV, 4 tak ini memiliki power maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.

    1954
    Kawasaki memproduksi sepeda motor utuh dengan nama Meihatsu 125 Deluxe dengan mengusung mesin KB-5. Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya saat itu. Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 km tanpa henti dan tidak mengalami kerusakan.

    1960
    Kawasaki mengambil alih pabrik motor Meguro, salah satu pabrikan motor Jepang pada waktu itu. Meguro merupakan satu-satunya pabrikan Jepang yang membuat motor 500cc 4 tak (waktu itu). Meguro bahkan lebih senior daripada Honda, Yamaha dan Suzuki. Pada 1962, namanya diubah menjadi Kawasaki Motorcycles.

    1961
    Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh pertamanya, sejak mengakuisisi Meguro, dengan nama B8 bermesin 125 cc 2 tak.

    1962
    Kawasaki merilis motor-motor 2 taknya yang memiliki kapasitas mesin 50-250 cc dengan nama Samurai.

    1966
    Kawasaki memproduksi motor W1 650. Ini motor Jepang pertama yang memiliki cc besar. Mengandalkan mesin 647cc, 4 tak, 2 silinder paralel, berpendingin udara, dengan power maksimum 47 dk pada 6.500 RPM. Motor ini diadaptasi dari British Bike BSA A7.
    Motor ini dikembangkan tahun 1967 menjadi W1SS dengan perubahan pada exhaust muffler. Motor W1 ini terus dikembangkan menjadi W2SS dengan double karburator. Pada 1973 lahir W3 dengan dual disc front brake. Produksi W series ini discontinue pada 1974.

    1969
    Kawasaki juga mengembangkan H1 dengan mesin 500 cc, 3 silinder, 2 tak. H1 juga dikenal dengan nama Mach III. H1 merupakan motor produksi massal yang terkencang untuk drag race ¼ mil. Dirilis juga H1R 500 cc untuk keperluan balap.
    Pada saat yang sama, Kawasaki juga mengembangkan seri S1 bermesin 250 cc dan S2 dengan mesin 350 cc.

    1972
    Kawasaki merilis motor cc besar yaitu H2 atau Mach IV bermesin 750 cc 2 tak.

    1973
    Kawasaki memproduksi motor 4 tak pertamanya sesudah W series dengan merilis Z1 903 cc dengan DOHC. Motor ini yang di kemudian hari menjadi cikal bakal Kawasaki Z-1000.

    1974
    Kawasaki mulai memproduksi motor dengan cc yg lebih kecil. Waktu itu ada A1 Samurai bermesin 250 cc dan A7 Avenger 350 cc. Produk-produk ini cukup sukses di pasaran dibandingkan W series.

    1978
    Motor Kawasaki dengan big-bore diperkenalkan, yaitu KZ-1300 berpendingin air, 6 silinder dan berpenggerak gardan. KZ-1300 kemudian dikembangkan dengan digital fuel injection dan dengan versi full touring fairing dan diberi nama Voyager. Dipasarkan dengan moto "a car without doors).

    1983
    Motor berpendingin air 4 silinder, DOHC, 16 valves, 908 cc dengan nama GPZ900R Ninja diperkenalkan di Laguna Seca. Catat: inilah motor pertama Kawasaki yang diberi nama NINJA. Tahun 1984, namanya tercatat di buku rekor sebagai motor terkencang (waktu itu). Kelak motor ini akan digantikan oleh Kawasaki ZZ-R1100.

    1989
    ZXR yang pertama lahir dengan mesin 750 cc dan 400 cc.


    SEJARAH KAWASAKI MOTOR INDONESIA

    Kawasaki memulai kiprahnya di Indonesia lewat distributor PT. Bintang Terang. Nama distributor inilah yang kemudian dijadikan nama produk Kawasaki saat itu, yaitu Binter.

    Binter KZ200
    Lebih dikenal dengan nama Binter Merzy. Bermesin 200cc 4 tak dan silinder tunggal. Motor ini beredar tahun 1980-1984. Binter Mercy terakhir yang diproduksi bernama Merzy Cobra.

    Binter Joy
    Berjenis motor bebek 4 tak, 1 silinder, 100 cc.

    Binter KE 125
    Berjenis motor semi-trail bermesin 125 cc, 2 tak.

    Binter AR125
    Berjenis sport touring bermesin 2 tak, 1 silinder, 125 cc dan monoshock.

    Binter GTO
    Motor sekelas Suzuki A100 dan Yamaha RX100, bermesin 2 tak 100 cc.

    PT. Bintang Terang mengakhiri kiprahnya pada tahun 1984 (ada yang bilang 1985).

    Kawasaki memulai lagi kiprahnya di Indonesia pada tahun 1996 dengan bendera PT. Kawasaki Motor Indonesia, dengan mengeluarkan seri motor sport dan bebek, hingga motor dual purpose.

    Ninja Series
    1996
    KMI merilis motor sport bermesin 2 tak, silinder tunggal, 150 cc dengan nama Ninja 150. Kode produksi KR150C dengan kode mesin 1855.

    1997
    Kawasaki Ninja 150 berubah nama menjadi Ninja 150R dengan kode produksi KR150J dengan kode mesin 1855.

    2002
    Varian Ninja di Indonesia bertambah dengan masuknya Ninja 150RR. Diimpor built up dari Thailand dengan kode produksi KR 150K dengan teknologi KIPS dan menggunakan fairing. Kode mesin 1878.

    2006
    Keluar Ninja 150R dan Ninja 150RR yang baru dengan teknologi Super KIPS, HSAS dan catalytic converter. Kode mesin menjadi 1855.

    2008
    Ninja 4 tak dirilis di Indonesia. Berbekal mesin 250 cc, 2 tak, 2 silinder dan 2 karburator

    Source:
    http://www.facebook.com/notes/ninja-comunity/sejarah-kawasaki-motorcycles/219517051419441
    http://redbike92.wordpress.com/2012/06/23/kawasaki-dari-kapal-selam-sampe-ninja-250-d/


    Jika Repost mohon didelete ja ya
    :ogtop:
     
    • Like Like x 10
    • Thanks Thanks x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ojanpoenya1988 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    2,247
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,548 / -0
    PERTAMAX komen..

    lumayan udah lama juga ya motor pertama masuk ke indonesia..tahun 1893 chuy..

    :niceinfo: :top:
     
  4. kyokugo MODERATOR

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    1,205
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +44,967 / -2
    Iya bro, cuma ane nyari2 model motor doski kagak nemu euy :oghoho:
     
  5. PulZe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    774
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +72 / -0
    Waaah bagus juga nih info sejarahnya.....buat pengetahuan.....tenkyu brooo....
     
  6. ohsiahoei Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +15 / -0
    nice, tq dah sharing info.. baru tau honda yg populerkan motor bebek.. trnyt 4tak pun honda juga.
     
  7. konik Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 25, 2012
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +5 / -0
    Saking populernya sampai2 di beberapa daerah, orang menyebut 'sepeda motor' dengan 'honda'
    Seperti menyebut sabun deterjen dengan 'rinso'
     
  8. kyokugo MODERATOR

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    1,205
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +44,967 / -2
    Iya itu salah satu brand psychology, makanya dalam dunia marketing menjadi pioneer itu cukup penting :oghoho:
     
  9. amoury Members

    Offline

    Joined:
    Nov 22, 2012
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +3 / -0
    Info yg sangat menarik bro...
     
  10. jackster Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 3, 2012
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    11
    Ratings:
    +2,038 / -0
    nice info , nambah pengetahuan lagi..
     
  11. workinfunwerk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2012
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -2
    nice inpo gan.... wah.. jadi tau asal usul sepeda motor terkenal di indo nih... makasih sharenya gan....
     
  12. nonstop Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 19, 2012
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    honda juno tuh.....gw blom pernah liat aslinya....masih ada gak ya.....
     
  13. aasakti Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2010
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    Binter KZ200 motor favorit ane itu :ogtop:
     
  14. irfanjuansyah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 10, 2013
    Messages:
    523
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,176 / -0
    salut sama seiciro honda..,teruslah bermimpi...,pantesan ampe sekarang penjualan honda tinggi..,yang buat merk ternyata memiliki visi yang maju..
     
  15. eonkjagoanneon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    motornya kaya gimana ya ?
    kayanya keren pisan ..
     
  16. muhammadjibril Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 9, 2010
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    dikampung ane juga sepeda motor ditranslasikan dengan HONDA, yang aneh Mobil ditranslasikan MOTOR :ngakak
     
  17. ecallica Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 9, 2011
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    nais inpoh gan.
     
  18. faridsw Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 23, 2011
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info. tenyata yang merilis sepeda motor pertama adalah honda.
     
  19. bocool Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 23, 2009
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    bukannya yang pertama rilis motor yang dijual untuk umum Hildebrand & Wolfmüller ya?
     
  20. dedithea Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    nice inpoh bro.. jadi tau nih asal usul nya motor.
    btw, jaman dulu masinis itu gajinya gede banget kali ya.. bisa beli motor pertama segala..
    bukannya masih ada raja2 juga tuh, masih demen kuda-kudaan kali ya
     
  21. awesome_bas Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2014
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +3 / -0
    Weh bermanfaat infonya, lumayan nambah2 wawasan :D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.