1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Self Problem bingung harus gmn

Discussion in 'CurHat' started by yukoadam, Jul 18, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yukoadam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2011
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +196 / -0
    agan agan semua.. boleh minta pendapat?

    (MAAF ceritanya agak panjang tp ini semua hrs diceritakan dgn detail agar maksudnya tercapai)

    dlo jaman kuliah sekitar 10 atau 11 thn yang lalu gw pernah pacaran ama 1 orang cewe sebut saja dia namanya F,kita pacaran ga lama yaa sekitar 1 thnan, hubungan kita awal awalnya seh baik baik saja, dan F itu tinggalnya ga jauh dr rumah saya hanya berjarak sekitar 5 rumah.

    dan sewaktu hubungan sudah berjalan sekitar 6 bulan, kita punya rencana utk nikah, tetapi sayang niatan kami ditolak mentah mentah oleh pihak keluarga saya, dgn alasan Personal antara ibu saya dan ibunya F, saya ga tau apa persisnya masalah itu, dlo saya berjuang habis habisan agar niatan saya nikah dgn F terlaksana, karena saya merasa dia adalah jodoh saya walaupun kami blom lama pacaran,

    dan juga ternyata F juga mengalami hal yg sama pd ortunya ketika saya mengutarakan niat pd mereka ttg niatan NIKAH itu, alhasil bertambahlah masalah yg saya kami berdua hadapi, saya tau laki-laki bisa menikah tanpa adanya wali/ortu yg mendampingi, tetapi tidak demikian dgn perempuan, perempuan hrs ada orang tua/ wali jika orang tuanya sudah meninggal dunia,

    oh ya jaman itu walaupun saya maseh berstatus mahasiswa, tapi saya sendiri sudah mempunyai pendapatan yg cukup atau mungkin lebih dr cukup krn saya pd saat itu mensuplai jamur utk beberapa pasar tradisional sekitar cimahi, dan dr situ saja saya mampu membayar uang kuliah saya sendiri + uang jajan saya sehari hari walaupun saya juga pda saat itu msh tgl di rumah ortu saya.

    singkat cerita akhirnya kami menjalani hub "back Street" sampai kami mencapai sebuah momen dimana kami merasa hubungan kami terasa sia sia tuk dijalani, dan dia tahu ada seorang laki laki yg dijodohkan oleh ortunya kepada F, dan ortunya menyambut baik niatan laki laki itu..maka pada saat itu saya memutuskan untuk menyudahi hub itu.

    dan demi menghormati orang tua maka F menyanggupi tuk menikah dgn laki laki itu, tetapi pada 1 hari sebelum pernikahannya mereka, F kembali menelpon saya dan mengajak saya ketemu dia di sebuah mall di bandung,dan akhirnya saya ktm dgn F, setelah lama berbincang bincang sebenarnya F tidak rela menikah dgn dia krn F maseh mencintai saya, dan saya pun berkata saya pun juga msh mencintai F, dan akhirnya F pun berkata saya tidak ikhlas memberikan maaf, "keperawanannya" pd dia, F lebih rela saya saja yg ngambilnya.

    krn pada saat itu saya maseh diliputi oleh "kegalauan" dan saya tdk bisa berpikir dgn jernih akhirnya saya menyanggupi permintaan F dan melalkukannya di sebuah hotel msh di seputaran bandung..(maaf pd point ini saya tdk bisa melanjutkan ceritanya takutnya bakal merugah inti ceritanya).

    setelah hari itu terakhir kalinya saya melihat F,tepatnya thn 2004 yg lalu...setelah itu saya pergi meningglkan kuliah, pekerjaan semuanya di bandung dan pergi rantau ke kalimantan kerja pd suatu perusahaan tambak udang selama 3 thn saya mencoba menyembuhkan luka tsb walaupun tidak mungkin tuk dilupakan.

    setelah 3 thn. pd thn 2007 saya pun kembali lagi ke bandung karena saya berniat utk menyelesaikan kuliah saya yg tertinggal krn saya hendak menyembuhkan hati dan luka perasaan saya itu dan saya tinggal kembali di rmh ortu saya, dan saya dgn ortu sudah berbaikan kembali, dan saya pun tahu bahwa F sudah pindah ke sulawesi di bawa oleh suaminya..dan pada suatu lebaran saya lupa kpn pastinya sewaktu shalat id di komlek rumah orang tuaku, disitu aku lihat F sedang berdiri di pinggir jalan sambil menggendong seorang anak perempuan menunggu suaminya pulang dr sholat ied juga,

    saya pun menyapa dia dan menghampirinya sekedar ingin bertanya gmn kbr dsb, disitu saya melihat F sedng menggendong anak perempuan yg pd saat itu klo ga salah berumur 2 thn lebih, lalu saya mencba menghitung umur anak tsb "gila ne anak umur 2 thn lebih klo dipikir pikir terakhir kali g ktm F itu 3 thn yg lalu di sebuah hotel???......INI ANAK SIAPA???????

    saya pun bertanya itu pdnya dgn suara perlahan di pinggir jln pd saat itu org ramai baru pulang dr sholat ied.." ini bukan anak dr gue kan???.....dan F pun hanya menjawab dgn SENYUMAN..!!!!!...OMG

    dan setelah lebaran itu saya tidak pernah bertemu dgnnya lg. dan pada tahun 2008 akhirnya saya menyelesaikan kuliah saya dan akhirnya lepas sudah 1 beban hidupku..dan saya pun bertemu dgn seorang wanita dan akhirnya saya memutuskan utk menikah .. dan menikahlah kami dan sekarang saya sudah punya anak laki laki umur 2 thn dan saya skrg kembali tgl di kalimantan di tempat yg sama dgn tempat saya rantau pd thn 2004 silam ketika saya melihat daftar teman saya di fesbuk saya melihat ternyata ada F saya ga tau kpn memasukkan dia ke daftar teman fesbuk saya, dan disana saya melihat anak perempuan dr F yg sudah besar, saya perhatikan betul betul wajah anak itu saya bandingkan dgn wajah F dan suaminya, anak itu memang terlihat sama dgn F tp tidak ada miripnya sama sekali dgn suaminya..dan bisa dibilang dia lebih mirip dgn anak laki2x saya????........HOLY SHITTTTTT......apa maksud dgn senyuman F pd saat saya bertemu terkahir kali itu????

    dan saya bingung bagaimana saya hrs bersikap....saya ceritakan masalah dgn istri saya,dia bilang yaa udah biar waktu yg berbicara......

    saya mohon masukan dr bro/sis sekalian
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Gantz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    682
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +712 / -0
    Pertanyaan dari gw, apakah F sekarang sudah bahagia dengan suami dan pernikahannya? Kalau sudah, kenapa harus merusak rumah tangga mereka?

    Dan apakah anda mencintai istri anda? Kalau iya, kenapa masih memikirkan wanita lain yang sudah menjadi masa lalu anda? Seharusnya anda memikirkan perasaan istri anda.

    Untuk anak tersebut karena belum mendapat jawaban yang pasti, gw nga bisa kasih komentar. Tapi kenapa anda harus bingung, apakah F ada/pernah meminta pertanggung jawaban dari anda? Bila tidak ada, artinya dia juga sudah ikhlas menerima segalanya, jadi sebaiknya jangan bermain api.

    Pertanyaan terakhir, apa yang ada dipikiran anda sehingga membuat anda bingung dalam bersikap? Apakah anda bingung itu anak anda atau bukan?

    Andaikan itu memang anak anda, kembali lagi ke statement diatas, F tidak meminta pertanggung jawaban anda, karena dia telah membuat keputusan dan pilihannya, tapi apabila anda tetap merasa bertanggung jawab, mungkin anda bisa tanyakan kepada F, apa yang bisa anda lakukan untuknya, namun ini sebenarnya "bermain api", bahaya kalau dicium/ketahuan pihak lain, segalanya bisa berantakan. Jadi kalau sekarang keadaan semuanya dalam kedamaian, kenapa harus diusik? Coba pikirkan itu.

    Semoga terbantu, TS.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. gund13haim M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    kalo saran ane sih gan selama F tadi udah bahagia dengan kehidupanya sekarang agan harus relain aja, meskipun agan pasti akan kepikiran tentang kebenaran tersebut..
    takutnya jika agan memaksa mengetahui akan menjadi masalah d kehidupan F nantinya...
    dan agan sendiripun udah memiliki kehidupan sendiri, jangan sampai merusak kehidupan istri dan anak2 agan karena hal ini.
     
  5. gaara_hisoka M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    8,320
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +79,341 / -0
    Gini loh om...

    sejak awal situ berdua udah salah dan khilaf...

    inget petuah "cinta tak harus miliki" itu benar adanya...

    Kalo emang dulu masbrow sayang sama dia, seharusnya masbrow respek ke dia en gak memerawani dia... :panda: kasih dia pengertian bukan malah menyanggupi permintaan ngaco kayak gitu... :panda:

    lagian juga ge er amat cuma gara-gara senyum sama feeling doang jadi yakin itu anak situ...

    Kalo berani, tes DNA sana... biar lebih akurat :obiii:

    ah tapi apa gunanya juga ngasih tau sekarang... nasi udah jadi bubur :yareyare:

    ---------------------------------

    masa lalu mah kubur dalem-dalem aje masbrow... :obiii:

    usul aye sih jangan cerita apa-apa ke sang istri... dan masbrow juga jangan mengungkit-ngungkit bangkai masa lalu dengan tetap berhubungan -komunikasi- ato apapun ke si cewe mantan masbrow...

    Kenapa?

    Karena dengan cerita, semua bisa jadi runyam... ignorance is a bliss...

    Jangan sok wise, cerita ke sang istri... karena masalah ini magnitude nya bukan main-main... situ bisa kena cerai... :panda:

    dan setelah kena cerai masalah gak berhenti sampe situ...

    Pasti kisah busuk masa lalu masbrow akan terkuak... en guess what... rumah tangga si dia juga bakal gonjang ganjing... :panda:

    en kalian berdua bakal dicap gak bener selamanya oleh lingkungan sekitar sana... :facepalm:

    for the sake of everyone else... dont tell this to anyone... :facepalm:

    semua orang punya rahasia masbrow... :obiii:

    ----------------------------------------------
     
  6. dennisgon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +206 / -0
    kalo menurut gw bener kata istri lu
    biarlah waktu yang menjawabnya
     
  7. boltzz123 M V U

    Offline

    Inocence User

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    12,152
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +52,576 / -585
    jangan ungkit2 lg om :takut: walau saya belom nikah jg abis liaty cerita diatas dan liat statement ini jadinya ngeri :takut:

    spt yg di post2 atas, gak perlu diceritakan , cukup anda, dia dan Yang Di Atas yg tahu :takut:
     
  8. Zervo CO-ADMIN

    Offline

    Oniisan

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,183
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,281 / -2
    gw setuju dengan "yaa udah".
    Soal waktu menjawab, itu gak penting2 amat sih, cuman tambahan aja biar gak kependekan.

    Intinya, u gak usah cari tau lagi soal itu anak siapa, belum tentu juga itu anak u.
    U waktu berhubungan gak pake k*nd*m?
    terus emang waktu itu keluar di dalem? :facepalm:

    :yareyare:

    btw, lanjut ke inti permasalahan.
    Terus kalau memang itu anak u, lalu masa u mau dateng terus ngasih tau suami dan keluarga si F?
    yang ada bakal rusak.

    mendingan sih diemin aja. gak usah di apa2in..
    u hidup dengan keluarga u sendiri yang sekarang, dia juga dengan keluarga dia. Terlepas dari itu anak u ataupun bukan
     
  9. yukoadam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2011
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +196 / -0
    tidak ada keinginan sedikit pun utk mengganggu kehidupan keluarga dia,..cba bayangkan saja kalau anak itu kelak dewasa dan ia ingin menikah, kan pasti hrs ada "bapak"nya kan???...

    iya emang semua org pny rahasia, tp ini satu rahasia dr masa lalu gw yg trus mengganggu,maunya gw seh bgt...tes DNA...tp apa pantas gw berkata seperti itu langsung ke dia di depan suaminya yg ga tau apa apa ttg masalah ini

    lah kok malah jd ente yg ngeri???....

     
  10. Gantz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    682
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +712 / -0
    Kita sekarang anggap saja anak itu anak anda (walaupun tidak pasti), ANGGAP BENAR DAHULU, biar pembahasan kita ga lari kemana-mana.

    Bukankah dia mempunyai seorang bapak dari sejak dia dilahirkan? Suami F adalah bapak yang sah bagi anak anda, karena dia dilahirkan setelah mereka menikah, dan nama dia pasti tercantum dalam Kartu Rumah Tangganya. Walaupun dia bukan "Bapak Kandung" (Yang tahu ini hanya anda dan F), tapi dia untuk sekarang dan kedepannya adalah bapak yang sah menurut hukum.

    Jadi untuk urusan dia menikah nanti, yang menjadi wali anak ini tentu saja suaminya F. (Kalau hal ini tidak diketahui siapapun).

    Tentu saja tidak pantas mengabari suaminya yang tidak tahu menahu sama sekali tentang ini, sangat tidak pantas.

    Sebaiknya cari dulu F, sebelum anda mencari suaminya. Jangan melibatkan pihak ke 3 (Suaminya), karena dia tidak tahu apa-apa.
    Kalian berdua bahas dulu tentang anak ini dan pastikan segalanya, terus tanyakan apa yang diinginkan F tentang hal ini dan hormatilah keinginannya.

    Bagus kalau istri anda bisa pengertian dan menerima masa lalu anda. Anda termasuk orang yang beruntung, karena banyak manusia yang sulit menerima kenyataan seperti ini.

    Namun bagi gw hal ini seharusnya tidak diceritakan, anda jangan mengira istri anda tidak sakit hatinya sama sekali. Dia sudah pasti terluka, namun tidak diperlihatkannya kepada anda.
     
  11. Zervo CO-ADMIN

    Offline

    Oniisan

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,183
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,281 / -2
    bapaknya ya suami dari si F sekarang.
    Kalau nanti dia cerai dan kawin lagi sama cowo lain, dan anaknya ngikut si F, bapaknya ya suami F yang baru itu rasanya.

    "Bapak" disitu kan bukan bapak kandung, tapi bapak yang tertera dalam surat2 (berkas2)

    jadi soal "cba bayangkan saja kalau anak itu kelak dewasa dan ia ingin menikah" << gak relevant.

    Tapi gw bingung, maksud dan tujuan u sebetulnya apa? :bloon:
    Apakah u mau ikutan ambil hak asuh nya?
     
  12. gaara_hisoka M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    8,320
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +79,341 / -0
    aye juga bingung om...

    maksut nya apa :obiii:

    toh situ udah bahagia dengan keluarga situ, begitu juga sebaliknya... :obiii:

    lupain aje lah om... buat apa juga coba diungkit-ungkit... kaya orang kurang kerjaan aja... :obiii:

    mendingan perhatiin keluarga sendiri deh daripada sibuk ngurusin yang gak jelas kayak gitu :obgaring:
     
    • Thanks Thanks x 1
  13. Vaynestein Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Lah bro itu terlalu parno sendiri. Bro itu sebenarnya msh mencintai F sampai sekarang, iya kn?
    Dia udh pny rumah tangga sendiri&bro juga sama, jadi buat apa ngurusin?
    Yang berlalu biarkanlah berlalu bro
     
  14. angkuz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2012
    Messages:
    1,063
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +228 / -0
    Jgn di ungkit" lg .. Dia sudah ber keluarga ..
    biarlah dy bahagia
     
  15. yukihime87 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    586
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +547 / -0
    bener neh...
    klo ente yakin itu anak ente ya udah mo gimana lagi. toh masing2 udah bahagia...
     
  16. Venneta M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 20, 2012
    Messages:
    501
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    bener kata istrinya bero, toh istri nya bero udah maafin kesalahan yg bro buat beberapa tahun lalu yg ngelakuin diluar nikah kan :ehem:
     
  17. nostradummy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2011
    Messages:
    494
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +9 / -0
    ya sudah, yang lalu biarlah berlalu..
    cinta gak bisa dipaksain, dan karena dia udah bahagia, ya biarlah dia bahagia gan.. :sigh:
     
  18. feedayen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 10, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Hebat banget istri ente, cuma jawab "biarlah waktu yang berbicara". Apa gak ada rasa cemburu atau apa gitu.

    Ente udah berkeluarga sekarang dan mempunyai anak, Hormati keluarga ente.

    Soal kemungkinan anak ente dengan F.... ane juga bingung....
     
  19. maxh1312 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    882
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,549 / -0
    Hati2 lo gan,

    anaknya perempuan kan,

    bakal jadi beban mental yang berat kalo dia sampe tahu

    emang keputusan yang complicated,

    mau ga mau harus dibuktiin demi kebaikan si anak,

    kalo bukan anak ente ya syukur kalo anak ente ya ente hadapi konsekuensinya,
     
  20. Odut Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +11 / -0
    Kan F & bro sudah menikah dengan orang lain, jadi biarkanlah semua yang sudah terjadi. Jangan dilupakan, simpan dengan baik saja sebagai kenangan yang indah. Jangan membuat hubungan dengan F saat ini, karena bro dalam kondisi yang galau.
     
  21. yukoadam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2011
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +196 / -0
    sekarang jam 2 pagi, ane baru aja kebangun gara gara ane mimpi ketemu ama anak perempuan yang bilang ane "ayah", ane kebangun minum segelas air putih langsung keinget ama thread ane ini, duh beneran deh akankah dosa masa lalu akan selalu menghantuiku dan akankah ini akan berakhir???, kok jadi galau yah pagi buta begini........seandainya saja......:sedih1:onion-10::onion-07::hiks::dead:..............:sigh:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.