1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Bumbu Termahal Di Dunia

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by Iya_an, Jun 20, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,104 / -89
    Saffron.jpg

    Ga heran kalau kita masak pasti menggunakan bumbu yang itu itu aja,baik berada di luar mau pun dalem negri,kalau mau masak sudah pasti akan bertemu dengan yang nama nya bawang putih,bawang Bombay,tomat,jahe,kunyit,cabai atau bumbu lain nya,hanya nama nya saja yang beda,dan kali ini ijin kan saya menulis tentang sesuatu yang belum pernah saya alami sebelum nya

    Mungkin Cuma kerja di sini saya bisa menemukan bumbu termahal di dunia,bukan Cuma melihat,tetapi menggunakan sebagai bagian dari masakan tersebut,saffron nama nya,saya katakan mahal karna ga semua orang bisa membeli,walau pun bisa mungkin akan pikir sepuluh kali,hanya untuk kalangan restaurant dan hotel yang menggunakan,walau pun ada perorangan yang menggunakan untuk keperluan masak di rumah nya,tapi mungkin sangat sedikit sekali,bagaimana tidak berpikir ulang sekilo saffron seharga 7 juta rupiah,itu pun kualitas yang kualitas nomer dua,sedang yang kualitas pertama nya bisa tembus 10 juta rupiah,sebetul nya saya ga tau apa itu saffron,katanya itu adalah dari bunga,tapi tau nya ya sudah berbetuk seperti benang sari yang terdapat pada bunga.

    Saffron digunakan untuk masakan india seperti biryani dan eropa seperti paella,dan masih banyak lagi.,menurut saya sebetul nya fungsi saffron itu sendiri hanya sebagai pemberi warna dan aroma saja,tidak mutlak penentu makanan itu enak,tetep menggunakan bumbu dan rempah lain nya,jadi tanpa saffron pun rasa dari makanan tersebut memang sudah enak,tapi jadi lebih terlihaat wah lagi jika ditambah si saffron,jadi ga usah berkecil hati jika memasak sesuatu yang di resep tertulis bahan saffron tapi ga punya saffron nya,,diskip aja,,heheheh

    Penggunaan nya pun juga tidak terlalu banyak,bukan karna mahal nya tapi karna dengan jumlah sedikit sudah dapat memberi warna dan aroma,sekilo beras yang akan diolah cukup dengan 5 gram saffron ,cara menggunakan nya si bubuk saffron direndam di air panas ,dan disiram ke masakan yang hampir matang,,

    Di tempat saya bumbu saffron ini disimpan ditempat khusus,tidak disatukan dengan bumbu kering lain nya,mungkin karna saking mahal nya,hehehehe,,,,,,harga makanan yang ada saffron juga ga terbilang murah,,saya sendiri pun hanya menggunakan saffron untuk keperluan restaurant, ternyata saffron juga membawa efek bisa menurun kan berat badan,karna bisa menimbulkan efek merasa tidak lapar,disamping itu bisa meredakan penyakit seperti asma,menstruasi depresi serta imnosia,tapi katanya juga bisa menimbulkan efek keracunan jika digunakan dalam jumlah yang sangat tinggi, wallahu alam.


    Asal Usul

    Saffron sebenarnya berasal dari tangkai sari (stigma) bunga Crocus sativus. Bunga yang memiliki famili Iridaceae ini dipanen dengan cara dipetik manual memakai tangan. Dalam setiap bunga Crocus safivus terdapat tiga tangkai sari. Tangkai sari yang didapat kemudian mengalami proses penjemuran hingga kadar airnya turun, setelah itu tangkai sari kering bisa disimpan langsung atau bisa digerus halus dan dikemas rapat dalam kertas aluminium atau toples serta disimpan di tempat sejuk dan tidak terkena sinar matahari. Penyimpanan serbuk saffron ini sangat memegang peranan karena semakin rapi dan teliti, maka rasa dan aroma saffron akan terjaga.

    Menurut beberapa sumber, saffron berasal dari daratan Asia, tepatnya Persia (Iran). Akan tetapi, bibitnya dikembangkan di Eropa, yakni di Yunani. Kata saffron sendiri berasal dari bahasa Francis kuno abad ke-12, soffran, dan merupakan turunan kata safranum dari bahasa Latin. Sajranum ini juga dekat dengan bahasa Italia, zafferano dan bahasa Spanyol azafran. Safranum ini juga berasal dari bahasa Arab, ashfar yang berarti kuning dan mirip dengan kata za'faran yang berarti bumbu.
    Di alam bebas, bunga Crocus sativus hidup sebagai tumbuhan yang tetap hijau sekalipun dalam musim gugur. Di daerah timur Mediterania, bunga yang tumbuh adalah spesies asli, Crocus cartwrightianus. Spesies liar ini kemudian direkayasa menjadi mutan triploid steril oleh ahli biologi, yang bagian stigmanya mengalami pemanjangan, dan jadilah spesies penghasil safron sekarang ini, yaitu Crocus sativus.

    Di bulan Oktober, setelah bunga-bunga lain membentuk biji, bunga Crocus sativus mulai mengeluarkan warna bunga yang cukup tajam, dari pastel terang, ungu terang, lembayung, hingga warna yang gelap. Crocus sativus tumbuh di tempat gersang dan semigersang, tetapi toleran terhadap musim salju hingga suhu minus 10 derajat Celcius. Crocus sativus tumbuh paling baik pada tempat dengan sinar matahari kuat dan langsung.
    Sekitar 150 tangkai bunga crocus sativus menghasilkan 1 gram safron kering.Untuk memproduksi 12 gram saffron kering diperlukan 72 gram stigma segar (safron basah).Rata-ratanya dari 1 tangkai bunga segar menghasilkan 0,03 gram saffron basah (segar) dan bila dikeringkan menjadi 0,007 gram saffron kering. Jadi, untuk mendapat saffron sebanyak 1 ons diperlukan bunga Crocus sativus sekitar 4.500 tangkai. Hal ini menjadi salah satu sebab mengapa saffron menjadi begitu mahal.

    Negara penghasil "saffron"

    Setiap tahunnya dihasilkan sekitar 300 ton saffron kering di seluruh penjuru dunia. Iran, Spanyol, India, Yunani, Azerbaijan, Maroko, dan Italia adalah negara penghasil saffron terbesar.
    Saffron Spanyol dikenal karena kelembutannya dan biasa disebut sebagai Spanish superior and creme. Sementara itu, saffron Italia yang lebih pontensial, ada salah satu jenis saffron yang dikenal sebagai The Aquilla dan diakui banyak pihak sebagai saffron premium. Kemudian, saffron Khasmir dikenal karena warnanya yang berwarna merah keunguan dan termasuk kepada saffron berwarna gelap yang bersugesti pada kuatnya rasa, aroma, serta efek pewarnaan. Walaupun demikian pada kenyataannya, saffron Yunani, Iran, dan India lebih dicari karena keasliannya.

    ISO 3632

    Berdasarkan penelitian laboratorium, karakter warna saffron (crocin), rasa (picrocrocin), dan aroma (safranal} dapat menjadi acuan dalam penentuan kualitas saffron. Pengukurannya dilakukan berdasarkan standar intensitas zat yang ada dalam larutan saffron (serbuk saffron yang diberi larutan tertentu). Standar ini menjadi baku dan ekslusif untuk pengukuran saffron,yang disebut sebagai IS0 3632

    Dengan metode spektrofotometri, saffron digolongkan kepada empat kelompok kualitas, yakni, IV (kualitas rendah), III, II, dan I (kualitas terbaik). Kualitas terendah mempunyai nilai absorbansi di bawah 80 (kelas IV), sedangkan kelas terbaik nilai absorbansinya di atas 190 (kelas I). Selama ini, nilai absorbansi tertinggi yang pernah dicapai adalah sebesar 250 untuk saffron terbaik yang berwarna merah marun gelap.

    Hasil uji laboratorium tersebut banyak diragukan para pedagang dan pembeli saffron. Mereka lebih percaya kepada cara lama yakni mengguna- kan aroma, rasa, dan warna sebagai acuan dalam pengelompokan kualitas saffron. Banyak para ahli ani menggambarkan aroma saffron itu meng- ingatkan mereka pada madu berlogam dengan sedikit aroma rumput/jerami, tetapi sebagian dari mereka ada yang menyebut saffron itu beraroma pahit


    Maaf cm share pengetahuan tentang bumbu, jika punya duit berlebih silahkan coba meracik reseps dengan bumbu yang satu ini. :peace:
    Semoga bermanfaat sebagai tambahan wawasan. Salam dari :idwsmania: untuk :idwslovers:
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. jazdev1820 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 4, 2009
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    buset mahal amat ampe juta-jutaan..
    saffron itu cuman buat ngasi warna doang kan ya gan?
    kenapa gak pake pewarna makanan cap koepoe-koepoe aja ya? :peace:
     
  4. dhyhasdy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    138
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +717 / -0
    Nambahin info tentang saffron dr wiki

    klo gk salah ane pernah maen game tentang memasak gitu, saffron bnyk digunain buat menu desert (hidangan penutup)
    ada yg tau gk bli saffron didaerah jakarta?
     
  5. kak_rama M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 9, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +244 / -0
  6. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,132
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,135 / -19
    Katanya sih saffron memberikan 'taste' tersendiri..
    Yang make ni bumbu umumnya masakan2 eropa dan timur tengah..
    Kalo untuk warna, sama2 memberikan efek warna kuning...

    CMIIW..

    Subtitusinya sih palingan kunyit...
    Apa pun yang berlebihan pastinya ngga baik untuk kesehatan..
    Biar pun dari bahan alami....
    :hmm:
     
  7. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,104 / -89
    ini bahan alami yang banyak manfaatnya, sudah terbukti dan dapat dipertanggung jawabkan :peace:
     
    • Like Like x 1
  8. rushuna M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +432 / -0
    saffron:matabelo:
    setau saya ini adalah pucuk bunga krokus
    dan bener emang mahal ini
    untuk hasilnya kalo dipake di makanan
    warnanya dia itu antara kuning-oranye
    yg biasanya aku tahu dipake di masakan eropa kayak spanyol/italia
    sedangkan aslinya sendiri klo ga salah dari yunani
    mungkin kalo disana saffron risotto, disini nasi kuning gitu ya:lol:
     
  9. rangreng Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2011
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +17 / -0
    klo mau beli Saffron di mana ya gan? :???:
     
  10. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,132
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,135 / -19
    Yang pasti sih ngga semua supermarket menjualnya...
    Harus ke supermarket yang menjual bumbu2 timur tengah + supermarket super-duper elit...
     
  11. randyarmy2000 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 11, 2010
    Messages:
    669
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +178 / -0
    emang entar rasanya , jadi apa ??? pait , manis , asin ??

    kalo di kuliner indonesia apakah sudah dirapkan ? :bingung:
     
  12. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,132
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,135 / -19
    Rasanya: entahlah... Ane sendiri juga belom pernah nyobain..
    Kaya sih masakan indo emang ngga pernah make saffron deh...
    Soalnya saffron umumnya dipake di kawasan eropa ama timur tengah...
     
  13. enciwul4 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 14, 2010
    Messages:
    159
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +9 / -0
    pake rempah2 asli indonesia aja udah enak
    kalo ditambahin saffron lebih wah lagi (y)
     
  14. koreandramalover Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    memang saffron ini punya karekteristik tersendiri yg sulit dicari substitusinya. contoh lainnya itu biji pala.
     
    • Thanks Thanks x 1
  15. blackkuma M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 10, 2010
    Messages:
    254
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +26 / -0

    tambah lagi efeknya bisa menyembuhkan asma dll, makin wah lagi tuh

    dah enak menyehatkan pula
     
  16. shoopysunny Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    ak biasa masak masakan Italy, jd taunya cuman oregano & tmn2nya hehehe... kl saffron lom prnh dngr gan, tp menilik hrgnya, kayanya ga akan coba2 masak dgn bumbu satu ini gan. muahalllnyaa... hehehehe.. btw, nice share gan :)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.