1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

tips menghindari "7 Peti Mati" di jalan

Discussion in 'Otomotif' started by oem4r, Jul 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. oem4r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,350 / -0
    Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dari kecelakaan yg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas. Mereka tak sempat menerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario ini, menghindari maut dan tetap selamat dgn mempelajari kesalahan mereka.

    1. Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)
    Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.

    Apa yg salah :
    Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.

    Cara menghindar kesalahan :

    * jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
    * masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
    * tanyakan pada diri sendiri “sudahkah saya terlihat?”, pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.

    2. Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)
    Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.

    Apa yg salah :
    Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dari depannya.

    Cara menghindar kesalahan :

    * rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
    * masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya - bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
    * jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang kendali.
    3. Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)
    Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.

    Apa yg salah :
    Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari arah lawan.

    Cara menghindar kesalahan :

    * kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
    * perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!, karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
    * lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.

    4. Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)
    Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.

    Apa yg salah :
    Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.

    Cara menghindar kesalahan :

    * berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
    * duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.
    5. Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)
    Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.

    Apa yg salah :
    4 motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.

    Cara menghindar kesalahan :

    * kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
    * beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
    * ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.

    6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)
    Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.

    Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).

    Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.

    7. Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)
    Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar bodoh ya? bisa jadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.

    Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn “pemandangan” yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.

    Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.

    Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)
    Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :

    Mobil

    * gagal melihat dgn semestinya 18%
    * gagal memutuskan10%
    * kecerobohan 9%
    * manuver yg buruk 8%
    * kehilangan kendali 8%

    Motor

    * kehilangan kendali 14%
    * gagal melihat dgn semestinya 14%
    * gagal memutuskan10%
    * manuver yg buruk 10%
    * kecerobohan 9%

    NB. Yang paling berbahaya diatas semuanya adalah...pas naik kendaraan...ngebut...mata jelalatan...ada cewek cantik...cengengesan...pas lihat kedepan...grubyaaaakkk.....modar wes :lol::lol::lol::lol:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Tanzmania M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    965
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,484 / -0
    Hidup ku di tangan Tuhan...
    :haha:

    TQ share na...laen x lbh hati2 dah :haha:
     
  4. mikiman Members

    Offline

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    banyak jg yah kesalahan dari pengguna motor...:((
    mesti ati2 neh...:innocent:
     
  5. ayeix Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    150
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +162 / -0
    kunci utama adl hati2..
    :hihi:
    yg kedua adl karma tuhan..
    :lol:
     
  6. Winoko21 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 11, 2008
    Messages:
    2,820
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +211,273 / -0
    k'lo mau aman, pake angkot aja... :D

    *sebenernya gak aman bgt sih... cuman kayaknya lebih aman dari motor :P
     
  7. raynaldo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2009
    Messages:
    1,861
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +47,735 / -0
    klo pake angkot juga g aman, soalnya angkot d t4 gw ngebut2 :lol:

    klo mw aman g usah pergi2 :lol:
     
  8. yuuki_nii M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +17 / -0
    Bener banget, klo mau aman, ga usah kemana2...

    Ga bakalan dech, yg namanya kecelakaan dari kendaraan itu terjadi..

    ^^

    Jalan kaki aj masih beresiko..
     
  9. detrio Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    kwkkwwkwkkwwk :)
     
  10. bang_abang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    jgn pake motor

    nah,,berhubung banyak kecelakaan yg melibatkan pngendara mtor,jadi kurangilah pake motor.
    nyo qt ngesot,biar skalian olah raga.mayan,nglatih otot tangan:em0100:
     
  11. kreusnach Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +15 / -0
    ah hati2 jg ga pasti kita selamat, ada aja pasti yg nabrak kita padahal kt jg udah hati2.
    naek mobil bisa tabrakan
    naek motor bisa tabrakan
    jalan kaki di tabrak
    semua udah diatur sama yg di atas ^^
    peace no offense
     
  12. tivaro27 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,226
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,838 / -0
    YAng pasti berdoalah sebelum berkendara karena kita gak tahu kapan nyawa ini di ambil ama sang pemilik jiwa! Klo naik motor waspada aja!
     
  13. blackwarr M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 1, 2008
    Messages:
    1,356
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,925 / -0
    gw kan sering bawa mobil
    yang paling bikin gw kesel itu motor sumpah
    tiap gw bawa mobil pasti yang bikin masalah motor
    gw udah kasih sen kiri tapi motor tetep aja ngambil jalan kiri
    klo ketabrak kan repot masalah nya
     
  14. BraM M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2009
    Messages:
    690
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,475 / -0
    jgn ditanya itu Motor Ama bis Juga galakan motor... hahahaha...

    yang penting selalu hati-hati,, :)
     
  15. renkinjutsushi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    1,432
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +12,304 / -0
    yang tambahan kayaknya yang paling parah
     
  16. sterindoweb Members

    Offline

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    hehehe ... pnglaman nih kayaknya ...
    thx a lot anyway ...

    ada gak cara mendahului kereta api dengan aman? :piss: :awas: :panik:
     
  17. andy46 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    yang penting, sebelum pergi berdoa dulu kepada tuhan...
    hahhahahha....
     
  18. WhiteSin M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    602
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +127 / -0
    Hidup emang di tangan tuhan tapi kalo kecelakaan ya tetep aja sakit, buang duit buat pengobatan pula :swt:
     
  19. lanankz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    154
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +6,049 / -0
    yang jelas kunci utamanya adalah berhatii-hati, berdoa sebelum melakukan perjalanan...
     
  20. galuhrestu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    474
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,075 / -0
    pengalaman pernah di tabrak dari belakang.. padahal gue jalannya santai.. yang nabrak cewe SMA lagi.. kayaknya belum lincah masih gugup jadi nabrak gue deh..
     
  21. basex M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +88 / -0
    pada intinya klonaek motor harus dalam kondisi SADAR....dan selalu konsentrasi..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.