1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Berlibur Sambil Belajar

Discussion in 'Lifestyle' started by download_gila, Jun 11, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. download_gila Members

    Offline

    Joined:
    May 4, 2010
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    “Libur tlah tiba… Libur tlah tiba… hore… hore..horeeee…!” begitulah lirik lagu yang dinyanyikan oleh Tasya. Datangnya liburan sekolah bisa berarti berpulangya 100% tanggung jawab orang tua kepada anaknya.

    Tugas orang pula yang membuat liburan jadi lebih berarti dan berkesan bagi anaknya. Apalagi jika liburan yang dirancang benar-benar santai, namun tanpa terasa menambah pengalaman, pengetahuan baru, dan sekaligus bermanfaat bagi anak.

    Tunggu, jangan panik dulu. Mendengar kata ‘edukatif’ tidak sama dengan mengisi liburan diisi kegiatan belajar atau mengerjakan soal-soal. Maaf, anak sudah jenuh dengan belajar tanpa henti di sekolah.

    Orang tua tidak bisa memaksakan anaknya belajar dengan suasana dan cara yang orang tua inginkan. Sebab, masing-masing anak memiliki tipe atau gaya belajar berbeda. Dengan mengharuskan anak belajar ketika liburan akan menimbulkan kejenuhan pada anak.

    Keharusan anak untuk belajar ketika liburan akan berdampak pada kondisi psikologisnya. Bagi anak yang memang senang untuk menghabiskan waktu libur dengan tetap belajar, mungkin tidak akan menjadi masalah. Tapi, bagaimana jika anak belajar dalam keadaan terpaksa karena suatu keharusan dari orang tuanya? Hal ini akan berdampak pada kondisi psikisnya.

    Anak yang belajar dengan keterpaksaan akan merasa terbebani dengan semua paksaan dari orang tua dan dampak negatifnya anak bisa menjadi stres karena beban yang dirasakan.

    Tidak sulit merencanakan tempat-tempat liburan yang menyenangkan bagi anak-anak. Karena mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar sudah merupakan liburan yang mendidik.

    Mengunjungi museum, misalnya. Selain tiket masuk yang tidak terlalu mahal, juga dapat menambah pengetahuan anak. Atau misalnya saja ketika anak lebih memilih mal ketimbang melakukan kegiatan-kegiatan kreatif lainnya, maka carilah mal yang memiliki fasilitas menarik dan bermanfaat untuk anak.

    Berlibur di rumah pun bisa mengasyikkan. Ajak anak-anak melakukan aktivitas baru yang belum pernah mereka lakukan, gali rasa ingin tahu mereka. Rangsanglah mereka untuk kreatif.

    Misalnya saja, kita bisa memberikan buku bacaan yang menarik, lalu bimbing mereka untuk menceritakannya kembali. Jika perlu, berikan suasana dan perlengkapan yang mendukung cerita tersebut. Membuat karya seni bersama atau melukis juga bisa menjadi alternatif kegiatan kreatif yang menyenangkan.

    Ketika liburan sekolah sering kali terdapat berbagai tawaran paket-paket kegiatan yang menarik untuk anak. Namun, biasanya kegiatan semacam ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

    Misalnya, program outbound untuk anak, berkemah di alam terbuka, belajar memasak bersama koki ternama, ataupun belajar menunggang kuda. Mengikuti kegiatan kreatif semacam ini, selain merupakan alternatif kegiatan baru untuk anak, juga dapat menambah wawasan serta pergaulan anak karena mereka akan bertemu banyak teman-teman baru di luar lingkungan rumah dan sekolah.

    Selalu luangkan waktu bersama untuk menemani anak-anak berlibur. Jangan berhenti untuk menemukan inovasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang bisa membuat anak kreatif selama liburan. Selamat berlibur dengan anak-anak.

    Artikel Terkait OktoMagazine
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. bujubuneng M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2011
    Messages:
    1,268
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +212 / -0
    daripada liburan ke mall mending ke museum tuh
    kasian museum lebih sepi dibandingin sama mall
    :swt:
     
  4. reisher M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    488
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +76 / -0
    Sip lah. Kalau di luar negeri, biasanya ada summer camp ya...
     
  5. CahYou Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 7, 2012
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +599 / -0
    Libur ya libur.... :haha: tugas ya tugas... :rokok:

    jangan nanti ketuker pas orang sekolah kamunya libur :hoho:
     
  6. Mitos_Orang_Plontos Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    liburan dikasur aja lebih hemat
     
  7. melmellyka M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2011
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +39 / -0
    setuju gan, lebih bermanfaat kalo liburan ke museum daripada ke mall. .
     
  8. gorgomyth Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 12, 2012
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +6 / -0
    liburan itu pokoknya yg kita senang
    bisa bareng2 temen2
    mau kemana aja boleh :D
     
  9. faceles M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2012
    Messages:
    585
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +48,594 / -0
    stuju bnget klo wktunya libur ya dgunakan untuk libur spuassnya
    klo wktunya blajar fokus ke belajarnya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.