1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Medicine Ditemukan: Obat Baru untuk Kanker Pankreas

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by yuma, Jun 3, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,014 / -0
    Para ilmuwan dari Inggris berhasil menemukan obat untuk kanker pankreas. Menurut para ilmuwan dari Cancer Research UK, kanker pankreas yang agresif mungkin disembuhkan dengan obat baru ini.

    1154485p.jpg

    Tumor atau kanker pankreas sangatlah berbahaya. Hanya satu dari lima orang yang dapat bertahan hidup selama satu tahun setelah didiagnosa. Hal ini dikarenakan gen penderita dimatikan oleh sel kanker tersebut.

    Sekarang, peneliti tengah menguji obat yang memiliki potensial untuk mengubah gen dan menghentikan penyebaran sel kanker. Pengobatan ini telah dipraktikkan kepada tikus yang menunjukkan bahwa gen USP9x yang mengontrol sel untuk membelah diri dimatikan oleh sel kanker tersebut.

    Gen tidak bermutasi, tetapi protein dan bahan kimia lain terhenti dan membuat gen tersebut mati. “Kami menduga bahwa kesalahan tidak pada kode genetik, tetapi kimia yang mengubah gen menjadi mati atau hidup. Setelah beberapa tes lagi, kami akan konfirmasi,” papar peneliti dari Cancer Research UK, David Tuveson.

    Peneliti dari Wellcome Trust Sanger Institute, David Adams, mengatakan, bahwa penelitian ini memperkuat pemahaman kita tentang biologis sel. “Kita harus melihat ke dalam sistem biologis sel untuk mengidentifikasi semua gen yang berperan dalam kanker,” jelasnya.

    Tiap tahun, sekitar 7.800 orang di Inggris didiagnosa menderita kanker pankreas. Kanker pankreas sangatlah berbahaya, hingga termasuk ke dalam lima kanker yang paling mematikan.


    Sumber

    Sayang tidak disebutkan lebih detail soal bahan-bahan yang terkandung dalam obat baru ini :sigh:
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Sis yuma,

    Ada info tidak ya, obat ini udah diteliti sampe fase berapa di uji klinis?
    Atau baru ditemukan khasiatnya secara invitro aja?

    Selama ini sepertinya masih pake tyrosine kinase inhibitor, itu pun survivalnya kanker pankreas ini belum naik jadi bagus2 amat. :iii:
     
  4. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,014 / -0
    Penelitiannya masih ke hewan, belum ke manusia Sis :sigh:
    Menurut artikel ini, mereka masih dalam tahap meneliti removal chemical tag di gennya.
     
  5. bilnity M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    661
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +150 / -0
    Perkiraanny obat ini bisa efektif sampai pasien stadium keberapa? Kanker Pankreas membahayakan soalny sulit dideteksi sampai stadium lanjut. Kalo gk salah Steve Jobs juga meninggal akibat terkena kanker pankreas.
     
  6. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,014 / -0
    Karena kanker pankreas deteksi dininya lebih sulit dibandingkan kanker jenis lain, sepertinya tujuan penelitian ini memang untuk pasien yang sudah stadium 3 ke atas. Ini kesimpulan saya pribadi lho.

    Kalau saya nggak salah mentafsirkan artikel ini, para peneliti sebenarnya mengincar chemical tag yang ada pada gen manusia. Sebab, sel kanker menyerang chemical tag itu sehingga akhirnya fungsi perlindungan diri gen jadi rusak/hilang.
     
  7. bilnity M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    661
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +150 / -0
    Kalo saya gk salah baca, kesimpulan yg saya ambil obat ini bisa menghentikan penyebaran kanker. Sedangkan pengobatan pada stadium lanjut harus ad pemulihan organ pankreas dan organ2 yg terpengaruh sel kanker ini, sehingga untuk saat ini, dari hasil penelitian, mungkin obat ini lebih manjur untuk pengidap stadium-stadium awal saja.
     
  8. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Studi yg ditaro linknya sama sis yuma itu masih in vitro yah.
    Jadi masih sebatas onkogen mana yg berperan pada kejadian adenokarsinoma duktal pankreas.

    @bilnity
    Ya bisa menghentikan tumorigenesis, sehingga dianggap punya efek tumor supressor dan secara teoritis mungkin bisa dikembangkan jadi obat kanker pankreas.
    Tapi utk saat ini sepertinya belum sampai sejauh itu.
     
  9. bilnity M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    661
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +150 / -0
    Kita harus menunggu studi lebih lanjut untuk tahu kapabilitas obat ini, dan juga efek sampingny apa. Semoga saja bisa mendatangkan kabar baik bagi penderita kanker pankreas. Bagaimanapun juga kita harus mengapresiasi kerja keras mereka, karena ini bisa menjadi batu lompatan bagi studi obat2 kanker lainnya yg memiliki karakteristik serupa. Apalagi apabila secara teori, bisa dilakukan, maka tinggal menunggu praktikny saja.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.