1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fenomena 13 Fakta Mengenai Jumat Tanggal 13

Discussion in 'Dunia Lain' started by mysthique, Jun 3, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mysthique M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 2, 2011
    Messages:
    818
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +100 / -0
    Oleh: Sabrina Utami

    Bagi masyarakat Barat, angka 13 dianggap angka sial. Lebih dari itu, hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 juga dipercaya mengundang kesialan serta memberi pengaruh buruk. Banyak orang mengurungkan niat bepergian ke luar rumah demi mencegah hal-hal tak diinginkan. Bagaimana dengan Indonesia? Meski tidak semenakutkan malam Jumat Kliwon, beberapa orang ikut pula mengurungkan niat bepergian pada Jumat tanggal 13.

    Ketika saya masih kelas 4 SD, saat istirahat jam pertama wali kelas kami berdiri di depan kelas serta menyuruh kami pulang — karena hari itu hari Jumat tanggal 13. Karena dia tidak memberikan penjelasan panjang lebar mengenai apa itu Jumat tanggal 13 — hanya raut muka ketakutan — saya mengira Jumat tanggal 13 adalah suatu peristiwa besar.

    Sekarang saya mengerti, ketakutan memang tidak memerlukan alasan cukup jelas. Untuk menambah pengetahuan, berikut ini adalah beberapa fakta mengenai Jumat tanggal 13.

    Tiga kali sepanjang tahun 2012
    Jumat tanggal 13 terjadi sebanyak tiga kali sepanjang tahun 2012. Yakni pada bulan Januari, April, dan Juli.

    Ketakutan akan Jumat 13
    Orang yang mengidap ketakutan akan Jumat tanggal 13 disebut sebagai paraskevidekatriaphobia. Atau sebagian lain menyebutnya, friggatriskaidekaphobia. Sedangkan orang yang takut terhadap angka 13 disebut triskaidekaphobia.

    Orang-orang yang takut
    Saking takutnya terhadap angka 13, mantan presiden AS Franklin D Roosevelt ternyata tidak pernah bepergian pada tanggal 13 dan tak pernah menjamu tamu yang jumlahnya 13 orang. Sudah tentu, dia memilih berdiam diri pada hari Jumat tanggal 13.
    Selain itu, Napoleon, Stephen King dan presiden Herbert Hoover mengalami hal yang sama, mereka menderita triskaidekaphobia.

    Budaya Barat
    Kepercayaan terhadap kesialan akan terjadi di Jumat tanggal 13 ini lebih dikenal di Britania Raya, Amerika Serikat. Hal serupa juga terjadi di beberapa negara lain, seperti orang Spanyol yang takut sial di tanggal 13 yang jatuh pada hari Selasa. Dan budaya di Italia yang juga takut akan tanggal 17 yang jatuh pada hari Jumat.

    Tidak baik bagi kesehatan
    Ketakutan terhadap Jumat tanggal 13 rupanya berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa rumah sakit menyatakan bahwa korban kecelakaan transportasi yang di hari Jumat tanggal 13 meningkat sebanyak 52 persen. Mereka lebih menyarankan untuk diam di rumah.

    Kesialan terjadi hanya dalam pikiran
    Menurut Thomas Gilovich dari Department of Psychology at Cornell University Amerika, kesialan di Jumat tanggal 13 hanya terjadi pada orang-orang yang mengasosiakan hari tersebut dengan hal-hal buruk yang terjadi menimpa mereka.

    Kerugian pada dunia bisnis
    Orang yang benar-benar takut akan Jumat tanggal 13 akan mencegah segala aktivitas keluar rumah seperti berpergian dengan menggunakan pesawat terbang. Salah satu contoh perusahaan yang mengalami kerugian akibat hal ini adalah Delta Airlines dan Continental Airlines. Pendapatan mereka berkurang sekitar $ 800-900 miliar di hari tersebut.

    Jumat tanggal 13 di Indonesia, Tragedi Semanggi
    Di Indonesia, peristiwa besar yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13 adalah puncak dari Tragedi Semanggi 1. Peristiwa tersebut terjadi tanggal 11-13 November 1998. Tragedi ini bermula dari aksi protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa dan mengakibatkan tewasnya warga sipil.

    Ketakutan Angka 13 di Indonesia
    Beberapa budaya takut akan angka 13 rupanya menyebar ke Indonesia. Banyak gedung bertingkat tidak memiliki lantai 13 dan kamar nomor 13. Selain 13, angka 4 juga dianggap angka sial karena merupakan hasil penjumlahan dari dua angka tersebut, 1+ 3 = 4. Gedung-gedung yang memiliki lantai 4 kemudian akan menggantinya dengan 3a.

    12 dianggap genap dan sempurna.
    Mark Twain menjadi tamu yang ke-13 pada suatu jamuan makan malam. Pada awalnya, seorang teman telah memperingatkannya untuk tidak hadir pada acara tersebut. Dan benar saja, makanan yang dipersiapkan hanya cukup untuk 12 tamu saja. Tidak hanya itu, angka 12 dianggap sebagi penyempurna bilangan dalam hitungan. Ada 12 bulan dalam setahun, 12 zodiak, 12 emas dalam Olimpiade dan 12 benda dalam satu lusin.

    "Friday The 13th", buku karangan Simon Hawke.
    Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1987. Buku ini bercerita tentang pembunuhan misterius yang dilakukan oleh Jason akibat dendam masa lalu terhadap orang-orang yang telah membunuh ibunya. Beberapa tahun berlalu, Jason tetap saja meneror orang-orang yang datang ke Camp Crystal Lake.

    "Friday The 13th", film yang berkisah tentang Jumat tanggal 13.
    Film ini dirilis pada tahun 2009 dan diangkat dari buku berjudul sama karangan Simon Hawke, cukup fenomenal di masanya hingga kini. Sudah semakin jelas kan mengapa orang-orang semakin takut dengan Jumat tanggal 13 atau Friday the 13th?

    Yang beruntung di Jumat 13
    Pasangan asal Inggris memenangkan $ 17 miliar setelah membeli tiket lotere di hari Jumat tanggal 13. Tapi di hari yang sama, kaca di rumah mereka, jatuh dan pecah. Pertanda apa itu sebenarnya?

    Bagaimana dengan Anda? Percaya dengan kesialan yang terjadi di hari Jumat tanggal 13?

    Sumber: http://id.berita.yahoo.com/blogs/berandakomunitas/13-fakta-di-hari-jumat-tanggal-13-070312181.html
     
    • Thanks Thanks x 3
    Last edited: Jun 3, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. analee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    percaya gak percaya sih yg kaya ginian... sebenernya sih apa yg kita takutkan yg sering terjadi, tapi buat org yg sama sekali gak tau menau soal angka 13 pst bakal cuek aja dan biasanya gak terkena apa2, justru org yg ketakutan malah yg sering ketimpa musibah..
     
  4. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,922 / -0
    Ini menurut gw yang perlu di perhatikan!
    Mungkin banyak yang sudah tau dan dengan tentang "Sugesti". Jika kita bersugesti pada diri sendiri maka akan memberikan efek.

    Karena kita sudah terdogma dengan kata "Tanggal/Angka 13 itu Sial, Jumat 13 itu sial, bla bla bla dst"
    Maka secara otomatis kita akan tersugesti dan merasa was-was pada saat/hari yang berhubungan dengan angka 13. Hal sepele pun dianggak seperti kesialan, misalnya kena bola voli. Karena kita sudah tersugesti maka bola voli yang menghantam (sadis bahasanya) itu dianggak sebagai kesialan yang besat (atau berdampak signifikan).

    Coba bandingkan jika kita kena bola voli tersebut pada hari/saat yang tidak berhubungan dengan angka 13 pasti gak akan terlalu di permasalahkan.
    So (anyway btw), 13 sebagai angka sial itu hanya efek dari sugesti akibat dogma-dogma yang sudah banyak beredar di dunia. Kematian/hal-hal besar yang terjadi pada tanggal 13 pasti akan langsung dihubungkan dengan kesialan.

    *Coba banyak jika mendinag Steve Jobs meninggal pada tanggal 13 pasti akan langsung dihubungkan dengan kesialan. Tapi ketika Mendiang Steve Jobs meninggal pada tanggal 5 itu dianggap hal yang biasa.
     
  5. mysthique M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 2, 2011
    Messages:
    818
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +100 / -0
    bener sih ya... percaya ga percaya deh... kalo orang yg ga percaya/ ga tau apa2, ga akan mikir hal negatif tentang tanggal 13.

    saya cuma mo sharing aja sih... jumat tanggal 13 april 2012 (sialnya dobel2 ya... jumat tanggal 13, bulan 4, lagi -> balik lagi, percaya ga percaya deh) temenku nombok 725rb karena orang yang bli mesin, nipu pas bayarnya. kasian banget temenku ini. ya tu juga kan ada dalam artikel di atas, kerugian perusahaan. well... ruginya si temenku karena dia yang nombokin :sedih:
     
  6. isaiyee M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 15, 2011
    Messages:
    2,398
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +38,607 / -2
    ane sih gak percaya gitu - gituan soalnya tanggal 13 april kemarin gak ada apa ?
     
  7. tyanhardy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 3, 2011
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    percaya g percaya kembali ke pribadi masing2,,,kalo dalam islam Hari Jumat hari yg penuh berkah
     
  8. vaxyu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 3, 2011
    Messages:
    412
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0

    tapi katanya kiamat juga hari jumat kn?
     
  9. cynara154 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2012
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    imo, hari/tanggal sial itu ga ada..
    sial atau beruntung itu sudah ditentukan.. :hmm:
    tapi kalau hari baik/berkah itu ada.. dan itu hari Jumat..
     
  10. RiseKnight M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 3, 2011
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +188 / -0
    Orang yg biasa sial, pada tanggal 13 bisa beruntung, yg seperti itu juga misteri. :\
     
  11. dimasterof32 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 30, 2009
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +17 / -0
    mungkin cuma kebetulan lagi sial di jumat 13 doang.
     
  12. monyotlu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Jumat itu kan hari raya umat Muslim tiap minggu, yg hukum sholatnya tu wajib! (ngalahin Idul Fitri & Idul Qurban yg hukum sholatnya cuma sunnah)
    Trus, angka 13 tu adalah jumlah rukun sholat.
    Jadi bagi ane, Jumat 13 itu ya brati "Yuk, sholat Jumat ^_^"
     
  13. belahdur3n Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 27, 2012
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah ane kurang percaya gan kalo hal2 begituan
    menurut ane cuma sugesti aja
     
  14. abu_nidal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 28, 2012
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    Kalau menurut ane tanggal 13 sama saja seperti tanggal2 lainya.
     
  15. therezarinaldi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 5, 2012
    Messages:
    1,165
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +92,054 / -0
    jika tanggal 1 pada hari minggu berarti nanti tanggal 13 hari jum'at dan di sebut friday 13th
     
  16. rickykapri M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    740
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +8,351 / -0
    kurang percaya yg beginian gan, tp nice inpo jd tau banyak ttg friday 13th
     
  17. MoviesLover Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2012
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    baru tau ternyata angka 13 itu angka sial :D

    dan Negara Maju ky Amerika jg ternyata Percaya Ama mitos yaa .. hha kirain Negara" maju ga prnah kenal ama Mitos :D
     
  18. erricksandesu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 5, 2011
    Messages:
    457
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,849 / -0
    nama phobia jumat 13 ribet amat, tp jadi tau hihihi .
     
  19. cilduto Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 8, 2011
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +6 / -0
    percaya gak percaya sih sebenernya. tapi aku malah lebih suka angka/nomor 13 dibanding angka-angka lain yang dianggap hoki,.,.
     
  20. countach M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2012
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +3 / -0
    ga tau juga sih tapi berdasarkan pengalaman ane sering mengalami nasib sial pada hari jum'at
     
  21. yanhiksan Members

    Offline

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    hm.... Malam jumat, saatnya melaksanakan sunnah Rosul biar hasilnya juga berkah
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.