1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

3 strategi perang china

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by blacksheep, Apr 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,043 / -0
    [​IMG]

    Negara China mempunyai sejarah yang panjang dalam hal peperangan antar kerajaannya. Sehingga banyak orang pintar yang menjadi penasehat perang atau para jendral harus mengadu strategi untuk memenangkan sebuah peperangan. Di antaranya yang paling terkenal adalah Sun Tsu , Sun Bing , Qin Shi Huang, Liu Bang, Cao-Cao, Zhuge Liang , dll. Nah tulisan kali ini kita hanya akan membahas 3 strategi perang China jaman dulu yang dikembangkan dan dipraktekkan di jaman modern ini terutama di Indonesia. Kenapa cuma tiga ? Karena ada ribuan atau mungkin ratusan ribu strategi perang yang mereka terapkan jaman dulu yang tidak mungkin kita bahas satu persatu. Nah apa-apa saja strategi perangnya itu ? Mari kita bahas satu persatu.



    1. Untuk menaklukan dunia saya tidak perlu memiliki seribu pasukan tetapi saya hanya butuh satu anak perempuan yang paling cantik di negeri ini. (Sun Tsu)

    Maksud dari tulisan ini adalah :
    Pada jaman dahulu di negeri China seorang Kaisar dapat memiliki selir hingga mencapai 200 orang. Bagi yang memiliki anak perempuan yang cantik dapat di ajukan ke Kaisar untuk dipersunting sebagai selir. Nah kalau kita memiliki seorang anak perempuan yang cantik bahkan paling cantik di negeri itu maka otomatis pasti akan dijadikan selir oleh Kaisar. Dan dengan menjadi yang tercantik dari semua selir yang di miliki Kaisar maka tentunya akan menjadi selir kesayangan Kaisar yang mana akan dipenuhi semua permintaannya oleh Kaisar. Jadi dengan begitu kita bisa memerintah kerajaan melalui sang anak.
    Jadi inti dari seni perang ini adalah mempergunakan daya tarik wanita atau di negeri China dikenal dengan strategi " JEBAKAN WANITA CANTIK "

    Bagaimana hal ini dipraktekan di jaman modern ???
    Teori ini dikembangkan dengan baik di bidang pemasaran dan politik.
    Kita bisa lihat bagaimana tenaga-tenaga wanita dijadikan Sales Promotion Girls untuk menarik pembeli atau pengunjung suatu event dan bagaimana tenaga wanita juga dijadikan Lady Escourt yang kerjanya melakukan lobby kepada klien guna memenangkan sebuah tender. Selain dari pada itu kita juga mendengar wanita dimanfaatkan untuk menghancurkan karir seseorang dengan memakai jasa mereka sebagai pembuat scandal kepada lawan bisnis atau politik.


    2. Setelah sampai didaerah musuh bakar kapal dan buang persediaan makan. (Xiang Yu)

    Maksud dari teori ini adalah :
    Ketika seorang Jendral kejam yang bernama Xiang Yu ingin memaksa anak buahnya berjuang mati-matian sampai titik darah penghabisan maka cara yang ditempuhnya adalah dengan mengancam kelangsungan hidup dari para tentaranya dengan membakar kapal untuk mereka pulang serta membuang semua perbekalan untuk makan mereka. Sehingga kalau mereka tetap ingin hidup jalan satu-satunya adalah memenangkan perang. Karena kalau mereka dapat memenangkan peperangan berarti mereka dapat merampas semua kebutuhan yang mereka butuhkan dari pihak musuh yang kalah.

    Di jaman modern strategi ini dipraktekan di bidang perdagangan atau lebih tepatnya di bidang Ketenaga kerjaan.
    Cara yang dilakukan pengusaha atau perusahaan adalah dengan memberikan gaji yang kecil dan pas-pasan kepada karyawan agar mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka dan baru bisa mencukupi kebutuhan mereka kalau mereka mencapai target yang ditentukan perusahaan dengan imbalan bonus dari pencapaian target. Jadi dengan gaji yang pas-pasan atau malah kurang, maka tanpa disuruhpun para pegawai mereka akan bekerja mati-matian untuk mencapai target yang ditentukan agar menerima bonus yang dijanjikan perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

    3. Tempat yang paling aman adalah tempat yang paling berbahaya. ( Sam Kok )

    Apa maksud dari tulisan diatas ???
    Maksudnya adalah ketika melakukan pencurian di istana kaisar maka tempat yang paling aman bersembunyi adalah di istana itu sendiri. Kenapa ??? Karena kebiasaan orang mencuri di istana kaisar pasti sudah lari terbirit-birit dengan memakai jurus langkah sejuta. Karena kalau ketahuan mencuri akan langsung di hukum pancung atau disiksa sampai mati . Maka dengan tetap di istana bahkan berteriak maling dan ikut serta dalam pencarian pencuri itu maka pasti orang tidak akan menyangka bahwa dialah yang melakukan pencurian karena semua orang tidak akan mempunyai nyali seperti itu.

    Dijaman sekarang ini strategi perang ini malah lebih sering kita temukan di Indonesia. Para pejabat atau pemilik kekuasaan yang melakukan korupsi akan lebih dulu teriak maling kepada orang lain dan bertindak seakan-akan ingin memberantas korupsi agar orang menyangka dirinya bersih dari korupsi. Orang sudah pasti akan berpaling kepada orang yang diteriakan dari pada kepada dirinya yang pura-pura bersih bahkan orang akan mendukungnya atas usahanya memberantas korupsi padahal dialah biang dari korupsi itu.

    Dari tulisan diatas kita dapat melihat bahwa strategi perang China jaman dahulu tersebut telah dimodif sedemikian rupa agar dapat dipergunakan di abad modern ini .

    Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Kalau anda suka dengan tulisan ini , kasih komentar.
     
    • Thanks Thanks x 10
    • Like Like x 8
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. prince_of_darkness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,683 / -0
    wah keren gan, makasi inpo nya. strategi cewe2 di indo lagi nge trend skrg, eheheheh...
     
  4. achnime M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 19, 2007
    Messages:
    328
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    yang nomor dua pernah di lakukan panglima muslim ketika menaklukan spanyol.
    ===
     
  5. lerak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 22, 2009
    Messages:
    1,121
    Trophy Points:
    246
    Ratings:
    +6,735 / -0
    Wahaha, emang tuh smua byk dipraktekin di Indonesia

    Apalagi yg nmr 1 :haha:

    Klo yg nomor 3 betul brarti sby korupsi dong
     
    Last edited: Apr 16, 2009
  6. drake7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,968 / -0
    yang no 2 paling sering digunakan di perang beneran. Karena memang ini cara yang paling efektif untuk menjatuhkan moral musuh.
    Yang no 3 kayanya untuk membuat kita skeptis agar tidak tertipu orang2 yang mengaku "bersih". Ujung2nya don't trust anybody except yourself.

    Strategi lain yang sering digunakan di battle adalah pura2 sakit/lengah.
    Jadi sang mastermind sengaja menyebarkan info bahwa jenderal besar atau pemimpin pasukan sedang sakit kepada lawan.
    Dengan begini lawan akan overconfident dan menjadi lengah dengan sendirinya. Pada saat seperti ini adalah momentum yang paling tepat untuk menyerang lawan yang kebingungan karen info yang salah.
    Jadi bisa set ambush/jebakan dimana2 :haha:

    Atau strategi serupa yaitu strategi benteng kosong.
    Kalo strategi yang satu ini gimana penerapan nya di masa modern ya?? belum kepikiran hehe.
     
  7. sky07 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 1, 2007
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +457 / -0
    padahl cina masih banyak strategi2 yg luar biasa.. knp diambil ama TS yg tipe2 nya menurut gw kurang gentle

    hehe..

    no offense
     
  8. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,043 / -0
    yang namanya perang tuh yagh yang seperti ini
    gentle is out of question
     
  9. drake7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,968 / -0
  10. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,991
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,533 / -0
    Strategy Empty Fort?

    Conan chapter yang agak baru nunjukin koq caranya :D mau tau baca aj

    kalo males nih:

    strategi benteng kosong ditujukan untuk mengebalubi musuh dengan memperlihatkan kondisi target mereka tanpa bisa melawan sama sekali, membuat musuh terlena dan dengan cepat mencoba menguasainya. Saat itulah kita menyergap. Taktik ini dipopulerkan Zhao Yun dan Zhuge Liang, terutama waktu menghadapi invasi Wei

    Di dunia modern hal ini biasa dipraktikkan oleh intelijen2 atas. Umumnya mereka bertindak seperti orang biasa yang lewat tanpa ada urusan dengan yang dilindungi padahal memata2i. Bisa dengan cuma numpang lewat, ganti baju, lewat lagi, nunggu gilian, trus numpang lewat agi, sambil dimakeup dikit biar ga keliatan, ato melakukan hal yang ga mungkin dilakukan para "penjaga".

    Misalnya di suatu tempat yang ditentukan bakal dijaga polisi, dikasih liat 2 penjudi cuma nonton bola, padahal di sudut kiri atas TV mereka ada PIP (Picture in Picture, di dalam gambar ada gambar lain, jadi kaya ngeliat 2 layar di satu area) yang nunjukin gambar di belakang mereka ato pintu masuk, dan mereka sebenrnay melototin itu. Karena keliatan kaya penjudi biasa, ga bakal dicurigai. Target masuk gedung, lgsg disergap

    Karena taktik ini biasanya dipake buat killing spree ato kepentingan militer dan keamanan, praktik di dunia sosial dan ekonomi kayanya ga mungkin :D
     
  11. drake7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,968 / -0
    oh iyaya. yang kaya di atas itu bisa dibilang empty fort juga.
    Iya sih intinya bikin musuh lengah seolah ga ada kegiatan musuh di sekitarnya.
    Itu dia gw belum kepikiran kalo dijalanin di bidang ekonomi/bisnis.

    Hm... hm... pikir2 dulu sapa tau ketemu...
    iya sih kayanya ga mungkin karena setiap kegiatan bisnis pasti selalu terlihat dan pelakunya pasti banyak, emang spionase bisa stealth mode ^^
     
  12. buxbux M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +550 / -0
    escort lady tuh yg lagi ngetrend di abad 21 bos
     
  13. Sunoe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,968 / -0
    yang nomor 2 pe masih dipakai...
    jaman sekarang bukannya transport ud cepet ya...
    mungkin yang dipakai "down enemy morale" nya kali ya...
    perang sekarang ad ga ya yang masih pake seni kaya dulu...
     
  14. drake7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,968 / -0
    iya perang jaman sekarang kayanya susah untuk david menang melawan goliath.
    Kalo dulu, waktu zaman 3 negara kan ada zhuge liang tuh yg jago strategi.
    walaupun pasukannya jauh lebih sedikit dari wei (cao cao) tapi tetep bisa menang dalam beberapa peperangan.
    Sekarang mau ngapain kalo musuhnya punya persenjataan lebih canggih, ga bisa dikonter dengan senjata yg masih ecek2.
     
  15. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,991
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,533 / -0
    itulah yang dilakukan panglima perang Indonesia jaman dulu kala :D pistol dilawan pake bambu runcing.

    Paling bakar lumbungnya, babat abis logistiknya. Biar kata hebat juga, kalo ga bisa makan susah juga atuh

    lain kalo dia bawa makanan pake dijatuhin sama bomber....
     
  16. Xophien Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    2,778
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +4,605 / -0
    nice info kk . . .
    emang beneran terjadi di kehidupan nyata sih semuanya,,,
    yg paling keren SPG tu
     
  17. odie_jie M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2009
    Messages:
    287
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    perang .... jangan aja deh ..

    peace , ,,,,,,,,,,,, better than anything ...right????????
     
  18. refreshdudu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 19, 2008
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +298 / -0
    bener tuh, kedamaian adalah sesuatu yang diinginkan oleh siapa pun

    bahkan oleh para prajurit yang sedang perang
     
  19. flippin CO-ADMIN
    Music Enthusiast

    Offline

    Music Co-Admin

    Joined:
    Nov 5, 2008
    Messages:
    5,075
    Trophy Points:
    236
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,644 / -8
    Empty Fort ada di Red Cliff kan ?
    bener kata Raestloz, nongol di salah satu chapter terbaru Conan :D

    Fuurinkazan itu juga dari China ?
    strategi Sun Tzu yang diterapkan Shingen Takeda, cmiiw ;)
     
  20. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,937 / -0
    Klo ngebahas ttg negeri Tirai Bambu atau Gingseng sih, yh ga akan ada abizznya Bro.

    Dari doloe hingga skrg, dari jaman batu hingga jaman HighTech negara ini selalu dijadikan contoh kesuksesan.

    Gw salut pokoknya ama Cina..:cowboy:
     
  21. ladai M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    417
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +310 / -0
    tiga2 nya kepake yah ampe sekarang :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.