1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by finansialku_com, Mar 28, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Bagaimana cara mendapatkan uang tambahan untuk first jobber dan karyawan? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai sumber-sumber pemasukan dan cara mendapatkan uang.

    [​IMG]

    3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan
    • Apakah Anda termasuk karyawan dan first jobber yang mengandalkan pemasukan hanya dari gaji, bonus dan tunjangan?
    • Apakah Anda termasuk orang yang mendapatkan pemasukan sekali dalam sebulan (misal setiap tanggal 25 saja)?
    • Apakah Anda ingin menambah atau mendapatkan uang tambahan?
    Jika Anda menjawab ya untuk tiga pertanyaan di atas, maka Anda perlu mendengarkan nasihat Warren Buffet (Beliau adalah investor sukses kelas dunia dan salah satu orang terkaya di dunia).

    Bahasa Inggris

    Never depends on single a income make investment to create a second source.

    Warren Buffet
    [​IMG]

    Bahasa Indonesia

    Jangan bergantung pada satu sumber pemasukan, berinvestasilah untuk mendapatkan sumber pemasukan kedua.

    Warren Buffet

    Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara mendapatkan uang tambahan, apakah Anda sudah tahu darimana sumber pemasukan seseorang? Menurut Robert T. Kiyosaki dalam bukunya yang berjudul “Cashflow Quadrant” terdapat empat jenis quadrant yang mewakili sumber-sumber pemasukan seseorang, yaitu penghasilan sebagai karyawan (employee), penghasilan sebagai pekerja mandiri (self employed), penghasilan sebagai pebisnis (businessman) dan penghasilan sebagai investor. Perhatikan grafik di bawah ini:

    [​IMG]

    Saya sendiri sebagai perencana keuangan, banyak mengamati dan memperhatikan beberapa sumber pemasukan seseorang. Setidaknya ada tiga sumber pemasukan yang utama, adalah:

    #1 Penghasilan Aktif

    Penghasilan aktif adalah penghasilan yang didapat karena seseorang bekerja menukarkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkan pemasukan. Contoh:
    • Anda bekerja sebagai karyawan swasta dan mendapatkan gaji, bonus dan tunjangan.
    • Teman Anda bekerja sebagai broker rumah dan mendapatkan fee setiap rumah yang terjual.
    • Saudara Anda bekerja sebagai pemilik rumah makan dan mendapatkan keuntungan dari setiap makanan yang terjual.
    • dan lain sebagainya.
    Lebih dari 50% masyarakat Indonesia mendapatkan pemasukan dari penghasilan aktif (disebut juga active income).

    #2 Penghasilan Investasi

    Penghasilan investasi adalah penghasilan yang didapat karena uang seseorang bekerja dan menghasilkan pemasukan. Contoh:
    • Anda menyimpan uang Anda dalam deposito dan mendapatkan bunga deposito.
    • Anda berinvestasi saham dan mendapatkan dividen atau bagi hasil keuntungan perusahaan.
    • Anda berinvestasi di obligasi pemerintah (ORI, SUKRI, SBR) dan mendapatkan keuntungan (kupon).
    • Anda berinvestasi di situs P2P Lending dan mendapatkan keuntungan atau bagi hasil.
    • dan lain sebagainya.
    [​IMG]

    Banyak karyawan yang resah dan bertanya-tanya bagaimana cara memulai berinvestasi. Saran saya sebagai perencana keuangan adalah pelajari terlebih dahulu mengenai investasinya dan miliki rencana keuangan. Contoh jika Anda ingin berinvestasi reksa dana, maka Anda perlu tahu apa itu reksa dana, bagaimana cara kerja reksa dana, bagaimana cara menghitung keuntungannya dan lain sebagainya.

    #3 Penghasilan Pasif

    Penghasilan pasif adalah penghasilan karena aset seseorang bekerja dan mendatangkan pemasukan. Aset adalah segala sesuatu yang mampu menghasilkan pemasukan untuk Anda. Contoh:
    • Anda menyewakan mobil dan mendapatkan uang sewa mobil.
    • Anda menyewakan rumah dan mendapatkan uang kontrakan.
    • Anda memiliki blog dan mendapat pemasukan dari blog.
    • dan lain sebagainya.
    Dalam praktek di lapangan, penghasilan aktif, penghasilan investasi dan penghasilan pasif juga dapat dilakukan secara offline maupun online. Mungkin Anda sudah memiliki bayangan mengenai penghasilan aktif dari bekerja di kantor (offline), penghasilan investasi (offline) dan penghasilan pasif (offline). Kira-kira bagaimana cara mendapatkan uang dari internet?

    Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Dapat Anda Pertimbangkan

    Sebelum membahas lebih dalam, saya ucapkan selamat karena Anda termasuk orang yang mau tahu dan mau maju. Pada bagian berikut ini saya, akan berbagi informasi mengenai pengamatan saya di bisnis online dan hasil diskusi dengan para pelaku di bisnis online.

    Secara umum mendapatkan uang dari internet melalui investasi adalah cara yang sudah dikenal oleh sebagai orang. Mungkin Anda pernah melihat teman-teman Anda yang berinvestasi reksa dana di portal investasi (contoh Bareksa.com), investasi saham jenis online trading dan bahkan ada juga yang trading forex. Dalam artikel kali ini saya tidak akan mendalami investasi online, karena pembahasannya cukup detail. Kali ini saya akan membahas mengenai penghasilan aktif dan penghasilan pasif di Online.

    [​IMG]

    Penyebutan nama atau merek di bawah ini, bukan sebagai bagian saran. Penjelasan produk atau nama website di bawah ini bertujuan sebagai sarana edukasi dan pengetahuan.

    #1 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Jenis Penghasilan Aktif

    Ada beberapa jenis penghasilan aktif dari bisnis online, seperti:

    #1 Bekerja Menjadi Tutor Online

    Pekerjaan yang dapat Anda lakukan secara online adalah menjadi tutor online, contoh Anda menjadi guru les online. Ada beberapa website yang menyediakan ruang (marketplace) yang mempertemukan pengajar dan murid. Beberapa website diantaranya adalah: Ruangguru.com, Brainly.co.id, Zenius.net.

    Jenis pekerjaan seperti tutor atau guru les online adalah pekerjaan aktif (active income).

    [​IMG]

    #2 Menjadi Pekerja Freelancer

    Jika Anda termasuk seorang desainer atau ahli di bidang sesuatu, Anda dapat menambah pemasukan dengan menjadi seorang freelancer. Anda dapat mendaftarkan diri di sribulancer.com atau projects.co.id.

    Jika Anda menjadi freelance online, maka Anda perlu menukarkan waktu dan keahlian Anda untuk mendapatkan pemasukan. Misal Anda jago membuat desain website, jago coding dan lain sebagainya.

    [​IMG]

    #3 Bekerja menjadi Selebgram, Buzzer di Social Media, Key Opinion Leader (KOL)

    Cara ketiga adalah memanfaatkan pengikut social media yang sudah banyak. Jika Anda termasuk orang yang gaul dalam social media (Facebook, Twitter, Google+, Instagram), maka Anda dapat menjadi selebriti di social media, alias selebgram, buzzer bahkan menjadi key opinion leader (KOL). Jika Anda menjadi seorang buzzer, pemasukan Anda berasal dari perusahaan yang beriklan.

    #4 Membuka Toko Online

    Terakhir adalah dengan menjual barang-barang dagangan secara online di toko online, seperti BukaLapak.com, Tokopedia.com, Lazada.com, BliBli.com, Elevenia.com dan lain sebagainya. Anda akan mendapat pemasukan dari setiap barang yang laku terjual di website.

    [​IMG]

    #2 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Jenis Penghasilan Pasif

    Cara mendapatkan uang dari internet jenis penghasilan pasif dapat Anda lakukan di website sendiri (atau blog sendiri) maupun website orang lain. Penghasilan pasif di dunia online, sebenarnya bukan berarti 100% pasif (Anda tidak melakukan apa-apa dan mendapatkan pemasukan). Di awal bisnis online, Anda perlu membuat sebuah blog atau website, mendatangkan pengunjung yang banyak dalam website dan berinteraksi dengan pengunjung website Anda.

    [​IMG]

    Ibarat toko, jika toko Anda sepi maka Anda akan kesulitan untuk menjual atau menawarkan produk. Oleh sebab itu, Anda harus membuat toko online Anda ramai terlebih dahulu. Jika toko online sudah ramai, darimana saja yang dapat Anda jual dari website Anda (atau blog Anda)?

    #1 Penghasilan dari Website Sendiri

    Harus diakui membuat website atau blog sendiri memang bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu cukup lama. Anda harus berusaha agar pengunjung website Anda menjadi cukup signifikan. Darimana saja sumber pemasukan sebuah website? Setidaknya ada tiga sumber pemasukan sebuah website atau blog yaitu:
    1. Penghasilan iklan, Anda dapat bekerja sama dengan Google Adsense untuk menerima iklan. Selain itu Anda juga dapat menerima iklan langsung dari pemilik produk.
    2. Menjual produk digital: musik, gambar, template desain, e-book, kursus online, aplikasi. Anda dapat menjual produk-produk digital melalui website Anda. Produk digital dapat berbentuk musik, tulisan, buku, video dan lain sebagainya.
    3. Menjadi affiliate dari produk-produk digital orang lain. Anda bisa jadi tidak memiliki produk digital, tetapi Anda dapat memasarkan produk-produk yang dimiliki oleh orang lain. Jika Anda ingin mengetahui bisnis affiliate (dalam bahasa Indonesia disebut: bisnis afiliasi), Anda dapat mempelajari program Afiliasi di Finansialku.com. Kami menawarkan program afiliasi untuk mempromosikan Aplikasi Finansialku.
    Salah satu blogger di Amerika yang sukses dan berhasil mencetak pemasukan hingga ratusan ribu Dollar Amerika, adalah Pat Flynn (nama website: SmartPassiveIncome.com). Anda dapat melihat laporan keuangan website SmartPassiveIncome, pada bagian homepage (pada gambar di bawah ini tampak tulisan US$148.006).

    [​IMG]

    #2 Penghasilan dari Website Orang Lain

    Selain penghasilan dari website sendiri, Anda dapat menghasilkan pemasukan dari jualan produk-produk digital melalui website marketplace. Anda dapat memasarkan lagu-lagu Anda di iTunes, desain digital di envato dan lain sebagainya.

    Setelah Tahu Cara Mendapatkan Uang, Langkah Selanjutnya?

    Harus diakui untuk karyawan, khususnya first jobber pasti susah sekali untuk menambah pemasukan melalui investasi dan penghasilan pasif (menyewakan rumah dan mobil). Pilihan yang dapat Anda lakukan sebagai karyawan first jobber adalah
    • Mendapatkan pemasukan tambahan dari investasi, misal mulai dari reksa dana (karena start Rp100.000) dan investasi di P2P Lending. Jika Anda memiliki waktu yang lebih banyak, Anda dapat mempelajari investasi atau trading.
    • Anda juga dapat memanfaatkan waktu luang Anda untuk mulai membuat blog atau website. Tujuannya adalah mengejar penghasilan tambahan (penghasilan pasif) dari website dan blog.

    Jangan lupa sebarkan informasi ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga sama-sama maju seperti Anda. Selamat mencoba.


    Apakah Anda memiliki pertanyaan atau pendapat mengenai cara mendapatkan uang atau penghasilan tambahan? Tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.


    Sumber:
    3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan

    Baca Juga:
    Infografis Nasihat Warren Buffet untuk Mengurus Keuangan
    Kenali 4 Sumber Pendapatan ala Cash Flow Quadrant Robert T. Kiyosaki
    Para Karyawan, Gaji Minim Bukan Alasan Tak Berinvestasi
    Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini
    5 Usaha Sampingan Anak Muda yang Perlu Anda Praktekkan dan Tekuni
    Kisah Sukses Ryan Gondokusumo pendiri Sribu.com dan Sribulancer.com
    Kisah Sukses William Tanuwijaya pendiri Tokopedia.com
    5 Sumber Pendapatan dari Bisnis Online, Cari Tahu Sebelum Mulai Bisnisnya
    Kisah Sukses Pat Flynn Pendiri SmartpassiveIncome.com


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.