1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

3 Alasan Mengapa Investasi Properti Sangat Menguntungkan

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by finansialku_com, Apr 26, 2017.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4 / -0
    [​IMG]

    Apa yang membuat investasi properti begitu menguntungkan? Dari sekian banyak instrumen investasi, properti merupakan salah satu bentuk investasi dengan keuntungan yang menarik. Mari kita bahas beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba investasi properti.

    [​IMG]

    Investasi Properti adalah Investasi yang Unik

    Anda tentu sudah sering mendengar istilah investasi properti. Properti adalah salah satu bentuk investasi yang skemanya relatif unik. Berbeda dengan investasi reksa dana atau saham, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam investasi properti. Tetapi jangan salah, Anda perlu tahu bahwa ada banyak juga celah yang dapat dimanfaatkan dalam investasi properti. Jika Anda mampu membuat strategi yang cemerlang, investasi properti dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda dengan cepat.

    [​IMG]

    Mari kita bahas beberapa alasan mengapa investasi properti sangat menguntungkan:

    Keuntungan #1 Cashflow

    Investasi properti dapat memberikan keuntungan cashflow atau arus kas yang dapat dinikmati setiap bulan. Pendapatan ini sifatnya pasti, tidak dipengaruhi oleh faktor pasar. Berbeda dengan investasi saham hanya yang menghasilkan capital gain. Pada pendapatan capital gain, ada pengaruh kondisi pasar. Keuntungan yang diperoleh bisa berfluktuasi mengikuti kondisi pasar.

    [​IMG]

    Salah satu cara yang paling umum untuk mendapatkan keuntungan dari investasi properti adalah dengan menyewakan properti. Penyewaan properti akan memberikan keuntungan cashflow. Keuntungan Anda tidak akan dipengaruhi oleh kondisi pasar. Jika Anda sudah menentukan harga tertentu untuk penyewaan properti per satu periode, maka dalam periode tersebut Anda pasti mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang sama. Misalnya:

    Ricky memiliki sebuah rumah kost yang disewakan secara bulanan. Rumah tersebut memiliki 10 kamar dengan harga sewa Rp 1.000.000 per kamar / bulan. Karena itu setiap bulan Ricky akan mendapatkan keuntungan cashflow sebesar:

    10 Kamar x Rp 1.000.000 = Rp 10.000.000 / bulan​

    Keuntungan sebesar Rp 10.000.000 / bulan tersebut tidak mungkin berubah secara tiba-tiba karena pengaruh pasar apapun. Hanya saja Anda harus menyesuaikan harga dengan kondisi properti dan lingkungan sekitarnya. Artinya, risiko investasi akan tetap ada, tetapi risiko tersebut menjadi lebih rendah. Investasi yang menghasilkan keuntungan cashflow seperti ini akan sangat bermanfaat ketika Anda pensiun nanti.

    Ketika pensiun Anda tidak akan mendapatkan gaji dari perusahaan lagi, sehingga hanya pendapatan pasif dan pendapatan investasi yang dapat Anda gunakan untuk menutupi kebutuhan bulanan. Tentu Anda menginginkan kepastian bahwa setiap bulan kebutuhan Anda akan tercukupi. Bayangkan jika Anda memanfaatkan keuntungan capital gain untuk kebutuhan bulanan pada masa pensiun. Anda harus was-was apakah pendapatan tersebut dapat menutupi kebutuhan atau tidak.

    Keuntungan #2 Capital Gain

    Selain keuntungan cashflow, investasi properti sekaligus memberikan keuntungan capital gain bagi investornya. Properti adalah aset yang harganya terus meningkat. Apalagi jika Anda memiliki properti di daerah yang strategis. Semakin lama, daerah yang strategis akan semakin penuh sehingga harganya pun semakin mahal. Bagi orang yang tidak mampu membeli properti di daerah strategis akan mencari daerah pinggiran.

    [​IMG]

    Pada akhirnya daerah pinggiran tersebut pun akan penuh dan begitu seterusnya. Karena itulah harga properti cenderung terus meningkat setiap tahunnya. Ketika harga properti sudah meningkat, Anda bisa menjualnya di harga saat ini yang lebih tinggi daripada harga saat Anda membelinya. Disitulah Anda mendapatkan capital gain. Misalnya:

    Andi membeli sebuah rumah seharga Rp 1 Milyar pada tahun 2010. Pada tahun 2016 Andi ingin menjual rumah tersebut. Harga rumah tersebut sekarang sudah meningkat menjadi Rp 2 Milyar. Karena itu Andi mendapatkan capital gain sebesar Rp 1 Milyar.​

    Properti memang bukan tipe investasi dengan likuiditas tinggi. Menjual properti bukanlah hal yang mudah karena orde harganya yang tinggi. Tetapi jangan lupa bahwa dengan investasi properti Anda juga bisa mendapatkan keuntungan cashflow. Selama properti tersebut belum terjual, Anda dapat menyewakannya sehingga properti dapat tetap menghasilkan uang.

    Keuntungan #3 Apresiasi

    Keuntungan apresiasi ini memiliki skema yang hampir mirip dengan capital gain. Anda mendapatkan keuntungan dari harga beli properti dengan harga pasarannya saat ini. Perbedaannya, dalam hal apresiasi Anda tidak perlu menjual properti tersebut. Misalnya:

    Reni memiliki sebuah ruko yang dibeli pada tahun 2008 seharga Rp 1 Milyar. Saat ini Reni ingin mengambil kredit dengan agunan ke bank Ruko yang dimiliki Reni dapat digunakan sebagai agunan. Bank kemudian akan menilai berapa harga ruko tersebut jika dijual saat ini. Karena harga properti terus meningkat, setelah diperhitungkan bank menghargai ruko tersebut sebesar Rp 2 Milyar. Karena itu Reni dapat meminjam uang sebesar ± Rp 2 Milyar dengan agunan ruko yang dimilikinya. Dengan begitu keuntungan apresiasi yang didapatkan Reni adalah sebesar Rp 1 Milyar. Keuntungan ini didapatkan tanpa harus menjual asetnya.​

    [​IMG]

    Peningkatan nilai aset seperti itulah yang kemudian disebut keuntungan apresiasi. Jika Anda mendapatkan nilai pinjaman yang sangat besar sebagai hasil apresiasi, Anda dapat membeli properti baru lagi. Kemudian gunakan properti tersebut untuk disewakan. Usahakan penghasilan sewa dapat digunakan untuk menutupi cicilan kredit. Dengan begitu properti yang akan bekerja untuk menghasilkan uang bagi Anda. Inilah alasan mengapa investasi properti dapat berlipat ganda dengan cepat.

    Investasi Properti Memberi Keuntungan Ganda, Bahkan Triple

    Investasi properti adalah investasi yang mampu menghasilkan 3 macam keuntungan. Dengan investasi ini, akan sangat mudah menyeimbangkan portofolio investasi Anda. Modal yang dikeluarkan memang tidak kecil, tetapi coba perhitungkan setiap keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jika mampu mencari celah keuntungan dan membuat strategi cemerlang, investasi Anda dapat berlipat ganda dengan cepat.


    Apakah Anda pernah memiliki pengalaman unik saat berinvestasi properti? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini, terima kasih.


    Sumber:
    3 Alasan Mengapa Investasi Properti Sangat Menguntungkan

    Baca Juga:
    Jangan Asal Ikut-Ikutan Investasi Properti
    Aturan Investasi Properti Ala Dolf De Roos
    Investasi Properti Tidak Sama Dengan Cuma Beli Properti
    Rahasia Pebisnis Properti – Perbanyak Rumah Lewat Utang


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. spelfor Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 19, 2009
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +2 / -0
    Bisnis property memang salah satu bisnis yang paling menjanjikan, apalagi di Indonesia kebutuhan properti masih sangat tinggi berbanding suplai. Banyak yang ingin bisnis properti tetapi bingung karena gak ada modal, padahal ada cara untuk memulai bisnis properti dengan modal kecil salah satunya dengan mulai dari menjadi agen dulu agar pengetahuannya banyak. Kalau pengetahuan di bisnis properti udah banyak begitu melihat peluang bisa mencari pendanaan dengan jauh lebih mudah.
     
  4. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    1,121
    Trophy Points:
    137
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,794 / -3
    memang betul bisnis properti tidak ada kata rugi yang ada untung terus, harga tanah tidak akan mungkin bisa turun yang ada naik dan naik dan naik, modal awal memang sangat besar tapi nanti 7-10 tahun kedepan pasti balik modal tergantung dari lokasi tanah disertai sarana dan prasarana yang memadai seperti dekat rumah sakit, kantor, tk,sd, smp, smu, univ jalan masuk 2 mobil.
     
  5. boby96 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 21, 2017
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.