1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

10 Perilaku yang Bikin Anda Berisiko Flu Tanpa Anda Sadari

Discussion in 'Lifestyle' started by wolfhart, May 10, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. wolfhart Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 5, 2012
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Terlepas Anda akan terserang flu atau tidak, penting bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dari flu-flu musiman seperti H1N1 atau yang biasa disebut flu burung.

    Bahkan meski Anda telah mencuci tangan dan baju yang terkena bersin serta menghindari keramaian dimana virus-virus tersebut dapat menyebar dengan mudah, sebenarnya Anda masih berisiko terkena flu, bahkan tanpa menyadarinya.

    Jika tak percaya, simak 10 perilaku yang tanpa Anda sadari telah menempatkan Anda pada risiko terserang flu seperti dilansir dari Health.com, Kamis (10/5/2012) berikut ini.

    1. Terlalu Banyak Khawatir
    Panik dan takut sakit justu bisa membuat Anda sakit. Penelitian sendiri sudah menunjukkan bahwa kecemasan dapat memanifestasikan di rinya dalam berbagai macam penyakit, termasuk refluks asam, insomnia, ruam kulit dan depresi.

    Tak mengherankan jika stres tambahan yaitu mengkhawatirkan datangnya sesuatu juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda lebih rentan terserang penyakit.

    2. Berpelukan, Berciuman dan Berjabat Tangan
    Apa yang berbahaya dari jabat tangan sederhana? Kontak langsung dengan orang yang terinfeksi adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan virus. Namun itu bukan berarti Anda harus menjadi antisosial saat musim flu melanda, sebaliknya Anda hanya perlu menyadari peluang untuk penularan yang mungkin terjadi.

    Jika Anda berada dalam situasi dimana perlu adanya ucapan selamat tinggal atau halo secara fisik yang diperlukan, cobalah untuk tidak menyentuh mulut atau mata sampai Anda mencuci tangan.

    Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun merekomendasikan agar kita menjaga jara k 6 kaki dari orang-orang yang sakit agar kemampuan virus untuk menyebar berkurang. Jadi sebagai langkah pencegahan, hindari segala jenis budaya salam mulai dari berjabat tangan, berpelukan atau cium pipi kanan dan kiri selama musim flu.

    http://static.guim.co.uk/sys-images...9/7/20/1248112832429/A-box-of-tissues-001.jpg
    3. Merokok
    Merokok melemahkan rambut kecil yang berfungsi melawan penyakit di dalam saluran hidung dan paru-paru dengan menjebak dan membuang kuman-kuman yang masuk. Hal ini dapat membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap serangan virus.

    Pascal James Imperato, MD, dekan School of Public Health di SUNY Downstate Medical Center, Brooklyn pun memperingatkan bahwa kerusakan paru-paru seperti yang disebabkan oleh merokok juga bisa membuat Anda lebih berisiko terkena komplikasi flu serius.

    "Perokok kronis selalu jauh lebih rentan terhadap infeksi virus parah terhadap pernapasan," katanya. "Rokok telah merusak paru-paru sehingga lebih rentan sakit dan terserang penyakit pneumonia."

    4. Ke Gym
    Beberapa perilaku ringan yang bisa membuat Anda sehat justru sebenarnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda jika dilakukan secara ekstrim. Contohnya, latihan fisik berlebihan dapat membuat tubuh Anda berjuang untuk mengatasi stres fisik tambahan, terutama jika Anda tidak tidur, tidak minum dan tidak memberikan pelumas yang memadai bagi tubuh Anda.

    Sayangnya, gym juga merupakan tempat yang tepat untuk penyebaran virus, dari alat treadmill hingga bangku-bangku di ruang ganti yang penuh dengan keringat, bahkan mungkin kuman-kuman tersebut bisa saja terbawa di tas gym Anda.

    Kami tidak mengatakan bahwa Anda harus melewatkan latihan. Namun sebagai upaya pencegahan, sapulah bagian bawah mesin gym sebelum menggunakannya atau bawalah tikar sendiri untuk peregangan atau tutupi tikar pinjaman dengan handuk agar Anda tak menyentuhnya secara langsung.

    Mandilah dengan sabun dan air segera setelah berolahraga untuk membantu membunuh kuman yang mungkin telah mengenai Anda.

    5. Minum Alkohol
    Sebuah studi di BMC Immunology menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi banyak alkohol dalam waktu singkat, sistem kekebalannya melemah sehingga sulit untuk tidak terinfeksi suatu penyakit.

    Efek samping lain dari minum alkohol terlalu banyak adalah alkohol dapat membuat Anda mengalami dehidrasi dengan cepat dan mudah sehingga mengganggu kemampuan hidung dan tenggorokan Anda untuk menjebak kuman dan mengusirnya keluar dalam bentuk lendir.

    6. Hanya Mengandalkan Hand Saniti zer
    Pertama, periksa komposisi hand sanitizer Anda yang seharusnya mengandung 60-95 persen alkohol, etanol atau isopropanol (menurut CDC, jika hand sanitizer berbasis alkohol tidak tersedia atau tidak diperbolehkan di tempat kerja Anda, produk bebas alkohol pun juga bisa membantu).

    Kedua, jangan pernah melupakan cara mencuci tangan yang konvensional. Hand sanitizer adalah pembunuh kuman yang efektif jika tidak tersedia wastafel, tetapi menurut Sanjay Gupta, MD dari CNN, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa hand sanitizer benar-benar bisa membunuh virus.

    Bagaimanapun menggunakan sabun dan air masih merupakan cara terbaik untuk menghindari flu. Bahkan jika Anda bisa mencuci tangan dengan benar, kata John M. Barry, penulis The Great Influenza, sabun biasa akan melakukan triknya sendiri untuk memperkuat perlindungan Anda terhadap virus dan kuman.

    7. Salah Mencuci Tangan
    Terlalu banyak oran g yang tidak mencuci tangannya dengan benar. Padahal sering mencuci tangan, terutama hingga 10 kali sehari, adalah salah satu pertahanan yang paling direkomendasikan terhadap flu.

    Namun 39 persen responden sebuah survei telepon yang dilakukan oleh Soap and Detergent Association mengaku jarang atau tidak pernah mencuci tangannya setelah batuk atau bersin. Bahkan hampir setengah dari responden yang mencuci tangan hanya melakukannya selama 15 detik atau kurang, meskipun rekomendasinya 20 detik atau lebih.

    Cara yang benar adalah gosok seluruh permukaan tangan dan sela-sela jari lalu keringkan tangan sepenuhnya. Matikan keran dan buka pintu kamar mandi dengan handuk kertas untuk menjaga tangan tetap bersih.

    8. Salah Memegang Masker Wajah
    Sebenarnya masker wajah tidak direkomendasikan oleh CDC untuk digunakan di rumah atau tempat kerja. Tetapi beberapa orang masih memilih untuk memakainya, terutama jika berisiko tinggi terserang flu atau sering berinteraksi langsung dengan orang sakit. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa masker tampaknya memang membantu mencegah penyebaran flu.

    Namun jika Anda akan memakai masker, pastikan Anda menggunakan dan melepasnya dengan benar. Hal ini karena "masker bisa menumpuk virus," kata Barry. "Anda harus sangat berhati-hati saat melepas masker. Pastikan masker tidak mengenai hidung, mulut atau mata Anda. Buanglah masker itu dan pastikan Anda mencuci tangan setelahnya."

    Lepaskan masker dengan hanya memegang tali di belakangnya sehingga Anda takkan menyentuh bagian depan masker yang diklaim sebagai bagian yang paling sering terkontaminasi.

    9. Mengonsumsi Obat Flu Sebelum Waktunya
    Di masa lalu, sebelum musim flu datang, beberapa pasien telah bergegas untuk menyediakan obat antivirus seperti Tamiflu. Namun sebenarnya orang-orang tak membutuhkan obat-obatan ini bahkan tak perlu m engonsumsinya karena justru bisa meningkatkan risiko resistensi virus terhadap obat-obatan ini.

    Pada catatan yang berkaitan dengan kasus ini, orang tua yang mendapatkan resep sirup Tamiflu justru memberikan jumlah dosis obat yang salah kepada anak-anaknya. Hal ini diperingatkan dalam situs web New England Journal of Medicine karena instruksi dosis tidak selalu sesuai dengan ukuran pada jarum suntik yang biasanya disertakan dengan obat.

    Oleh karena itu siapapun yang diberi resep Tamiflu harus menanyakan alasan dokter memberikan obat ini kepadanya dan pastikan juga dokter Anda memahami instruksi dosis yang tepat.

    10. Terlalu Sedikit Khawatir
    Hal ini mungkin tampak bertentangan dengan perilaku nomor 1, tetapi pada kenyataannya, pendekatan yang paling menyehatkan selama musim flu adalah mengambil posisi diantara panik dan ketidakpedulian. Anda dapat berasumsi terlalu muda atau terlalu sehat untuk mendapatkan in fluenza. Meski fakta itu benar, namun hal ini bisa saja berubah.

    Biasanya, pasien yang berisiko tinggi terserang flu berusia minimal 65 tahun, di bawah 2 tahun, hamil atau telah mengidap kondisi medis tertentu. Bahkan orang-orang di atas 65 tahun cenderung tidak mudah sakit, hal ini mungkin saja terjadi karena imunitas dari paparan beberapa jenis virus di masa lalu.

    Intinya: Kelompok umur atau status kesehatan tidak membuat Anda tak mempan oleh berbagai virus dan penyakit, oleh karena itu mau tidak mau kita harus melakukan semua tindakan pencegahan flu dengan serius.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. nidzam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 2, 2012
    Messages:
    153
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    I ALWAYS PLAY GYM N I DONT KNOW IT CAN AFFECT ME BY THAT WAY....
    from now on i need to be careful on what i'm gonna touch...:gigits:
     
  4. modkores M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    347
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,160 / -0
    Nice info...
    Tapi itu juga tergantung dari lawan bicara/adegan yang kita temui juga...
     
  5. corelestialbeing M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 31, 2011
    Messages:
    494
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +1,207 / -0
    wkwkwkwk yang jelas kalo flu
    gw pasti selalu jaga jarak
    biar ga nular
     
  6. kyu_999 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 7, 2012
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    intinya mesti jaga kebersihan diri n lingkungan

    klo ad temen yg lg kena flu,mending jaga jarak :lol:

    nice info :top:
     
  7. wyndh80 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +130 / -0
    Jarang lakukan hal hal diatas, tp juga sering kena flu. Memang dari sononya tubuh ini kurang daya perang ama virus. Asalkan ada teman yg kena pasti nantinya kena ke gw deh.
     
  8. hxh90 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 26, 2009
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    Pake masker flu blom cukup ya? Harus ditingkatkan nih pertahanan anti flu
     
  9. ramayuditya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 7, 2012
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo ke tempat rame penuh sesak kaya pasar atau mall mending pake masker gan, biasanya penularan paling konstan disana
     
  10. rockandrock Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 2, 2012
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    wooh gitu toh
    thanks for the share
    ane jg suka flu
     
  11. Fikrix M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 27, 2011
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    mengkonsumsi obat flu sebelum waktunya..
    ckckckck,, minum obat flunya aja bikn flu, :D
     
  12. spon2emo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info.... sippp
     
  13. thekillers Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 11, 2010
    Messages:
    62
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    cuma percaya sama yg nomer 1 aja sih, yg lain-lain sejauh ini ga bikin flu, tapi kalo pas giliran lagi banyak pikiran bisa tiba-tiba pilek, padahal udara biasa aja ga dingin ga panas
     
  14. netherstrike123 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 30, 2011
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +832 / -0
    Wah Minum Vitamin buat menjaga daya tahan tubuh.
    btw share infonya gan
     
  15. raad Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 9, 2011
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    kalo flu di setiap pagi itu kenapa ya kira2??
     
  16. syorissa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 17, 2011
    Messages:
    458
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +47 / -0
    Minum obat flu terlalu cepat?
    Wah wah...kebiasaan yg buruk.
    Obat y buat mengobati..bukan buat mencegah.
    Udah flu aja saya masih menghindari minum obat klo ga parah2 amat.
     
  17. RA_Legacy Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    bingung ane maksud ente no.1 dan no.10 :bingung:
    nggak usah khawatir beresiko~
    kalau terlalu khawatir beresiko~ :bingung:
     
  18. dunbo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 8, 2013
    Messages:
    487
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +8 / -0
    ah masa nih [​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.