1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Antara Penulisan Asli dan Copy Paste

Discussion in 'CurHat' started by Ari_K, May 10, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Ari_K Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2012
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +51 / -0
    Kalau berbicara masalah copypaste tentulah bukan suatu hal yang baru. Copypaste alias jiplak, meniru, mencontoh, atau hal-hal lain yang terkait. Ada sebagian tidak menyukai ini, sebagian tidak mengetahui dan sebagian masa bodoh. Copy paste bisa terjadi dikarenakan artikel itu menarik atau banyak yang menyukainya atau ingin sekedar memberikan informasi kepada pembaca perihal pengalamannya atau juga sekedar memenuhi posting blog / website nya. Dan itu semua tergantung dari niat dan tujuan dari si pemilik blog website. Namun tetap saja berstempel copy paste / penjiplak.
    Lalu bagaimana membuat artikel yang benar-benar baru. Dari sesuatu yang belum ada menjadi sesuatu yang ada, karena itu diberi nama, BARU..... Namun tetap pada topik yang bisa dimengerti pembaca (PENTING), misalnya ; " Mengenai cara daftar ke IDWS atau Bagaimana menjadi anggota IDWS atau Cara bikin pasangan tertarik atau bla bla bla bla......... dst
    Alhasil kita akan menemukan kata-kata ; Login, Sign in, Sign out, Sign up, formulir, daftar, email, html, kode, compose, posting, peraturan, share, topik dan lain-lain. Pertanyaannya, apakah ada kata-kata yang baru ? Jika ada, apakah kata-kata baru itu bisa di mengerti atau di pahami oleh pengunjung atau pembaca ??? Toh, tujuan penulisan artikel adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung / pembaca. Sedangkan pengunjung / pembaca tidak memperdulikan, apakah artikel tersebut hasil karya asli atau hasil copy paste ??? Mereka hanya perduli bisa memperoleh kepuasan dan puas. Kepuasan berarti, informasi yang mereka dapatkan dapat dimengerti dan dipahami dan jelas poin terpenting adalah "Penerapan". Lalu bagaimana dengan artikel hasil karya asli namun tidak bisa dimengerti / dipahami malah bikin pusing dan lebih parah lagi bikin emosi karena informasi yang berbelit-belit atau bahasa yang terlalu tinggi.....??? Lalu bagaimana dengan hasil copy paste dengan kalimat-kalimat yang mudah dimengerti . dipahami dan terutama bisa diterapkan ? Tentu pembaca / pengunjung akan lebih memilih hasil copy paste dari pada berpusing ria.... Dan itu suatu hal yang wajar. Inilah yang dinamakan pintar mengolah kata-kata untuk mencari peluang. Dalam dunia blog / website copy paste adalah sesuatu hal yang wajar. Seperti halnya kehidupan, kalau makan harus pakai piring, ini adalah hasil copy paste / jiplakan turun temurun dari nenek moyang kita. Atau ada ide-ide baru maka siap-siap dikatakan kurang waras / gila....... weleh-weleh. Dan bagaimanapun juga ada sisi perbedaan diantara si penulis asli dan penulis yang dikatakan jiplak, yaitu PENDALAMAN AKAN ILMU TERSEBUT.
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. k1bo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 7, 2011
    Messages:
    968
    Trophy Points:
    131
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +923 / -0
    aduuuh ga ditata rapi klo nulis pusing gw bacanya :madesu:


    ngomong2 ini theard copy-paste juga ya :hahai:
     
  4. hunteres Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 17, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    mau baca tapi kuk ...tulisannya acak acak kaya gini

    :hot::hot:
     
  5. DevilDarkNight M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    677
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +45 / -0
    acak adut gini ini trit , benerin dong TS :swt:
     
  6. Ari_K Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2012
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +51 / -0
    maklum ini dulu hasil pemikiran dadakan. Ini pun ada sedikit perubahan pada kata-katanya. Kalaupun ada perbaikan dan tertata rapi, wah bisa panjang gan.... wkwkwkwkwkw. Sekali lagi harap maklum....:oghoho:
     
  7. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,132
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,135 / -19
    (1) tentukan dulu topiknya. Baru cari info sebanyak2nya. Trus buatlah intisari dari info yang didapet dengan bahasa sendiri
    (2) Itu sih bukan copas namanya. Kalo copas, dia 100% menuliskan hal yang sama sampai titik-komanya. Kalo membaca dari suatu artikel lalu menuliskan kembali dengan kata2nya sendiri, ya bukan copas namanya. Tapi alangkah baiknya kalo memcantumkan link artikel yang menjadi acuan dia ketika menuliskan di-blognya
    (3) berarti itu sih blog cupu namanya. Ngga mutu blognya..
     
  8. cynara154 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2012
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    setuju banget.,
    penulis pertama membuat tulisan asli yg terbilang rumit, informasinya berbelit-belit atau bahasanya terlalu tinggi sedangkan penulis kedua membuat tulisan hasil copy paste dengan kalimat-kalimat yang mudah dimengerti n dipahami.
    Kalaupun kasusnya demikian,, berarti dalam prosesnya, sang penulis kedua ini mengerti dan memahami isi dari artikel pertama yg terbilang rumit tadi..
    hanya saja, diterjemahkannya ke dalam bahasa sendiri dan dituangkannya kembali ke dalam bentuk tulisan baru yg mudah dimengerti dan dipahami umum..
    kalau menurut saya, ini tidak tergolong copy paste deh.. lebih tepatnya, seperti point no 1 di atas..
     
  9. sherlock1524 MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    7,159
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +22,538 / -150
    tapi yang namanya penjiplak tetap penjiplak ...

    kalau mau copas, yah, ijin dulu dengan yang empu punya aslinya...
    jadi gak perlu banyak alasan lagi ...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.