1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Forum Game [Official] Bukan Thread Biasa

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Liu_Shen, Mar 18, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Liu_Shen Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    5,066
    Trophy Points:
    277
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +23,397 / -0
    ok, jadi langsung aja
    ntar ada sebuah artikel yang akan dipajang di sini, dan silahkan berikan pendapat kalian (terserah mau pro atau kontra)
    pendapat yang dianggap terbaik akan mendapatkan berkah dari langit hadiah VIP sebulan
    yang udah VIP ato Gatot Kacang kalo mau ikut juga boleh kok, tapi hadiahnya gak berubah :dandy:

    Rules of Engagement :
    1. NO GAJES
    2. SATU ORANG SATU REPLY
    3. DILARANG MASUKIN ALESAN PENDEK DAN GAK MUTU, APALAGI YANG CUMA PENGEN NGELAWAK
    4. YANG MACEM-MACEM DAPAT CIUMAN HANGAT


    artikel lihat di post bawah saya :cool:
    pertanyaan dan semacamnya langsung aja kemari :shifty:


    P.S : Thread ditutup tanggal 27 Maret 2012:ngacir:
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited by a moderator: Mar 24, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. escafl0wne Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    3,124
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +3,224 / -2
    best reply akan dipilih untuk mendapatkan free VIP:lalala:

    but...


    Read The Rules Dude, You've Been Warned
    :panda:
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. Shirayuki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2010
    Messages:
    4,797
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +23,025 / -8
    Iseng ikut aja ah. :lalala:

    Sebenernya ide ini bagus. Alasannya sederhana, Indonesia itu negara kaya sumberdaya gas dan tidak kaya akan minyak bumi. Hal ini yang sering salah kaprah dimengerti oleh rakyat kita. Orang terlalu terbuai dengan kata-kata bahwa Indonesia kaya akan sumberdaya alam. Memang kaya, tapi bukan dalam bentuk minyak bumi, melainkan dalam bentuk gas alam dan batu bara. Makanya saya sering sebal kalo ada orang bilang, "Indonesia itu kaya minyak, kalo harga minyak dunia naik harusnya kita untung, blah blah blah" (Kita importir, Bro. Produksi minyak kita nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan rakyat kita. Kita kebanyakan orang, salah sendiri tiap kawin ngelahirin 7-8 orang anak sekaligus) atau "Indonesia kan kaya minyak, kenapa harga BBM mahal?" (padahal harga BBM kita itu termasuk MURAH karena ada subsidi pemerintah), dll.

    Dibilang tidak kaya, bukan dalam artian jumlah minyak di Indonesia itu sedikit. Tergantung dilihat dari sisi mana dahulu. Sebenernya kalo dihitung, jumlah cadangan minyak Indonesia itu sekitar 4 milyar barrel. Bukan jumlah yang sedikit, tapi perhitungkanlah jumlah kepala orang Indonesia juga. Jika dihitung per kapita, alias jika dibagi dengan total jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 220 juta, bisa dihitung sendiri hasilnya. Saya sih males disuruh ngitung.
    Sumber: http://www.nationmaster.com/graph/ene_oil_res-energy-oil-reserves ---> Ga terlalu up-to-date sih, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran.

    Akan tetapi, di sisi lain, pengkonversian BBM ke BBG juga membutuhkan biaya besar. Lagi pula, para pemilik kendaraan bermotor tentu harus mengubah sistem pembakaran kendaraan mereka dan tetek bengek yang lainnya yang berbiaya besar, dan jika dilihat dari tipikal orang Indonesia mungkin kebanyakan udah males duluan kalo disuruh ngganti. Yah, setidaknya sih saya seperti itu.

    Intinya saya setuju ato nggak sih? Saa~. :lalala:
     
    Last edited: Mar 19, 2012
  5. HiddenSkills M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,018
    Trophy Points:
    47
    Ratings:
    +83 / -0
    Artikelnya yang di Post#2 kan ? :turned:

    kalo menurut ane sih terserah aja akan hal tersebut, TAPI :
    1. Jika tabung gas elpiji dipasang di kendaraan, maka berat kendaraan secara tidak langsung akan bertambah. Itu bisa membuat pengemudi harus lebih berhati-hati lagi dalam membawa/mengendarainya karena jika tidak terkendali sedikit saja, bisa berakibat fatal :hiks:
    2. Yakin elpiji ?karena sudah banyak masalah yang terjadi karenanya, yang sering kita lihat "tidak sedikit" tabung-tabung gas yang meledak, ntar kalo lagi enak-enak berkendara, tiba-tiba ..bsstt.. Duarr !Duar ! zzzttsz.. Bum ! ,nah lo? kan gak asyik [​IMG]
    3. Lebih baik memanfaatkan sesuatu yang lebih ramah lingkuangan, akan tetapi nggak berbahaya.. seperti :

    -Angin = bisa saja loh, kendaraan menggunakan tenaga angin, dengan cara yang tepat, maka kendaraan tersebut bisa menjadi kendaraan Ramah Lingkungan
    -Air = udah banyak yang mencobanya dan berhasil, kenapa tidak ?
    -Sinar Matahari dengan Panel Surya = kalo diteliti lebih lanjut, inilah tenaga "super" Ramah Lingkungan yang bisa dimanfaatkan

    hal-hal diatas percaya atau tidak akan sangat penting di masa yang akan datang, apalagi jika terus dan terus dikembangkan, dan akhirnya menjadi :
    Kendaraan Ramah Lingkungan + Harga Murah + Aman dan Tidak Berbahaya !​


    jika terjadi suatu masalah dan menyebabkan hal buruk terjadi, 90% karena kesalahan manusia, bukan karena kendaraannya..
    kendaraan ngomong : "gw nggak ngapa2 kok disalahain, zz :swt:"

    kesimpulan = terserah yak, ane mah ngikut aja, wek ! [​IMG]
     
  6. ilcloud M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,388
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    ngakak juga sih liat idenya :lol:

    well,

    konsep peralihan BBG ke BBM sebenernya bukan barang baru di sini. konsep ini udah pernah dikenalkan sekitar tahun 90an dengan percoabaan ke taksi2 dan spbg nya ada di sekitara monas... cuman ya kebelakang ga jalan juga karena > conversion kit yang lumayan mahal dan klo ga salah harus memodif mesin mobil yang juga makan biaya... meskipun sejak jaman itu harga bbg emang selalu lebih murah dari premium, tapi cost awal yang diperlukan itu yang bikin konversi ini gak populer... ditambah emang berkurang fokus dari pemerintah ke dalam hal ini....

    IMO, alternatif lain yang JAUH LEBIH BAGUS dan LEBIH IDEAL , meskipun aplikasinya juga LEBIH RUMIT, ketimbang mikirin konversi bbm ke bbg ialah perbaikan sistem trasportasi massal di indonesia dengan beralih ke transportasi masal yang berbasis rel sebagai focal point... dengan mempertimbangkan pemberian subsidi bagi BUMN penyelenggara fasilitas publik...
     
  7. izzie CO-ADMIN

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    5,609
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +85,211 / -0
    klo saya sih setuju saya kalau memang membantu mengurangi pemakaian BBM yg notabene memang semakin langka, tetapi mengingat kondisi tabung2 gas 3kg yg sekarang beredar bukan rahasia umum lagi kalau tabung2 yg beredar belum aman sepenuhnya, banyak sekali kejadian tabung meledak dan yg lain.

    sebenarnya kembali lagi ke sifat personal tiap orang, banyak sekali orang yg cuma pengen untung sendiri tp mengesampingkan orang lain, tabung2 dibuat tapi tidak memenuhi standart keamanan..ditambah lagi masyarakat yg kurang aware tentang keamanan itu sendiri

    kembali ke awal permasalahan harga BBM yg akan naik, coba tengok ke luar negeri, masyarakat di luar negeri tidak dimanja dengan subsidi, jadi mereka sudah terbiasa dengan mahalnya harga BBM yg notabene memang sebenarnya sangat mahal..

    seandainya BBM mahal mungkin orang2 akan berpikir 2x untuk membeli kendaraan sendiri, klo seperti itu kendaraan bermotor menjadi berkurang, kemacetan mungkin jg bs teratasi
    biaya yg digunakan untuk subsidi BBM bs dialihkan untuk membangun infrastruktur transportasi yg lebih baik.

    bahan bakar gas jg sumber yg tidak bs diperbaharui..
    saya berpikir seandainya ada yg mengembangkan bahan bakar gas dari kotoran sapi, itu lebih ramah lingkungan dan bs diproduksi lebih baik jg..
     
  8. chaniago M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 13, 2009
    Messages:
    4,009
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,451 / -0
    NO gajes, Singkat Padat, Jelas, dan langsung ke intinya:

    SAYA SETUJU, Alasannya:

    Sebagai perbandingan penggunaan, sebelum menggunakan bensin itu satu hari bisa habis 3 liter bensin. Jika menggunakan gas, untuk satu tabung ukuran 3 kilo biasanya bisa dipakai untuk 5 hari.
    Jadi kesimpulannya lebih hemat memakai gas :ngacir:

    Biar para pengemudi motor atau mobil ga harus repot2 ngeluarin kocek yg cukup besar ke bengkel cuma buat nge modif tempat bahan bakarnya, saya kira pemerintah harus sesegera mungkin mensetujui sistem bahan bakar gas di setiap kendaraan yang ada di indonesia :top:
     
    Last edited: Mar 19, 2012
  9. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,005
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,824 / -0
    secara ekonomis saya setuju
    tapi ada banyak kelemahan yang harus ditemukan dulu solusinya
    barulah solusi BBG ini bisa dijadikan solusi yang bisa diterapkan ke masyarakat

    pertama
    faktor ketersediaan gas
    PGN belum mampu memenuhi kebutuhan gas nasional
    dan juga PGN terikat perjanjian kontrak pemenuhan permintaan ekspor gas
    bagaimana kita berharap ketersediaan gas dalan jangka panjang pada bidang transportasi kalau untuk pemenuhan industri saja sering lalai

    kedua
    solusi sepeda motor BBG berdasarkan diagram di atas saya tolak
    faktor safety tabung gas, regulator, bahkan sambungan selangnya sangat membahayakan karena kurang terjamin keamanannya
    belum lagi faktor tabung gas dan regulator tidak berstandar dan banyak ditemukan produk palsu yang kurang mampu ditertibkan aparat yang berwenang

    ketiga
    faktor budaya lalu lintas
    ada banyak pengemudi yang kurang taat aturan lalu lintas
    satu hal saja yang sederhana tapi sangat vital sekali dalam keamanan lalu lintas
    pengendara kendaraan bermotor di Indonesia suka menggunakan jalur kanan sehingga banyak yang mendahului via jalur kiri
    efeknya membahayakan penyebrang jalan, dan pengguna jalan lain pada akhirnya akan melahirkan situasi rentan kecelakaan lalu lintas
    dan kecelakaan lalu lintas dengan kendaraan bertabung gas efek ledakannya sangat lebih berbahaya dibandingkan menggunakan bahan bakar lainnya

    keempat
    kondisi jalan lintas di Indonesia sangat kurang bagus
    kondisi jalan yang kurang baik menimbulkan kerawanan lalu lintas
    dan efek finalnya adalah pada bencana akibat tabung gas yang lebih masif (sama dengan poin ketiga)


    berkaitan dengan hal itu
    aku menawarkan solusi yang mungkin lebih baik dari solusi di atas
    solusinya terdiri dari beberapa poin solusi yang harus dijalankan secara kronologis berturutan :
    1. memperbaiki kondisi jalan secara keseluruhan (tidak harus beraspal sangat baik, tapi tidak boleh berlubang, dan berentetan polisi tidur tanpa tanda jalan)
    2. mengintensifkan dan memaksakan aturan lalu lintas dengan tegas (sidang di tempat pada pelanggar lalu lintas, tidak ada istilah damai di jalan)
    3. menegaskan target pemenuhan gas nasional dengan jatah yang jelas untuk kalangan industri, kewajiban kontrak ekspor, kebutuhanumum, barulah untuk kebutuhan transportasi
    4. bila hal prerequisite di atas terpenuhi, dimulailah konversi BBM ke BBG secara bertahap per daerah, dimulai di daerah dengan tingkat mobilitas dan polusi yang tinggi
    5. semua peralihan mesin, konverter dan lain sebagainya akan ditenderkan dan semua tahapan konversi mutlak menjadi hak dan tanggung jawab sepenuhnya pemenang tender
    6. sebelumnya desain kendaraan bermotor BBG wajib dirumuskan dahulu bentuk idealnya (diagram mobil di atas memang sudah umum, tapi diagram motor sangat tidak aman)


    rancangan ideal kendaraan motor BBG (karena mobil sudah ada bentuk bakunya)
    poin yang harus dipenuhi
    1. tabung gas yang memenuhi standar safety
    2. selang yang aman dan regulator yang sangat aman (lebih baik kalau dibuat menyatu dengan tabung)
    3. mesin mengalami perubahan untuk optimalisasi efisiensi pembakaran gas (terutama di tabung pembakaran BBG)
    4. skema fail safe untuk menjamin safety pengendara kendaraan BBG dan pengendara umum lainnya
    5. aturan tegas mengenai batas expired kendaraan, tabung gas, mesin tabung gas yang wajib ditegakkan dengan tegas ke semua penjuru Indonesia


    solusiku tersebut sangat mahal
    dan tergantung dari kerelaan pengguna kendaraan untuk konversi
    seandainya pengguna kendaraan tidak mau konversi, hal itu akan menghadang keberlangsungan program ini

    jadi karena itu menurut saya
    solusi terbaik adalah pemerintah turun tangan sendiri
    membenahi sistem transportsai umum berbasis gas yang terintegrasi
    kita bisa meniru sistem transportasi terintegrasi negara2 yang sudah berhasil
    contoh yang menurutku cocok dan bagus adalah : konsep transportasi New York, Paris, dan Bolivia (konsep busway berasal dari Bolivia)


    berharap tidak mendapat kiss mesra dari momod maho :pistol:
    awas kalau momod maho berani cari masalah :cambuk2:
     
    • Like Like x 1
  10. mastemind05 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 20, 2008
    Messages:
    10,050
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +25,736 / -4
    Menurut gw... Plan diatas semua mesti direjek dah....
    Masa makenya tabung....
    Ikir aja dah... Cara gantinya gimana?
    Cara ngisinya gimana?
    Emang kek yg lg ngetren di medan jualan nasi pake mobil ato motor gitu...

    Solusi belum terpikirkan...
    Tapi sepertinya banyak yang harus dipertimbangkan lar....

    Spt kalo emang disetujui memakaintabung gas...
    Ini berarti semua spbu wajib menyediakan tabung gas...
    Trus risk dari kebocoran tabung itu gimana?

    Emang di satu sisi perhitungan yg dikemukakan oleh chaniago masuk akal...
    Hitungannya spt pemakaian minyak tanah dengan tabung gas 3
    Emang secara ekonomi hemat dibiaya...
    Tapi penghematannya tidak seberap bila beban yg dibawa bertambah serta menambah efektifitas kemampuan kendaraan...

    Sejauh ini gw belum liat ada negara yg mengaplikasikan pemakaian bbg sbg pengerak kendaraan...
    Yg gw tau sih... Tenaga solar, tenaga listrik dan bbm aja...

    Cmiiw...


    Tobe added setelah tulisanne gw rapiin di notes...
    Ngetik pake ipad capek sekali....
     
  11. Kazama_Mana M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    2,701
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,430 / -0
    kurang setuju :sigh:

    inovasi seperti gambar diatas menurut gue terlalu terburu-buru untuk diterapkan, :lol:

    untuk mobil dulu:
    dilihat dari desain, sudah lumayan lah :top:
    minimal secara tampilan luar tidak ada yang berubah jadi ngak gengsi makainya:lol:

    dari keamanannya,
    karena gas tank dipasang permanen mungkin jadi lebih aman dibanding yang motor:top:
    selang juga dipasang didalam jadi rapi dan lebih aman:top:
    tapi perlu dipertanyakan juga sih, kan biasa indonesia :ngacir:

    kelemahannya
    karena tanki permanen, maka untuk pengisian bahan bakar harus lewat SPBU BBG :sigh:
    padahal tau sendiri keberadaan SPBU tsb masih terbatas jumlahnya :sigh:
    di jakarta aja pernah denger baru puluhan :iii:
    apalagi di daerah lain :swt:


    untuk yang motor:

    dilihat dari bentuknya aja dah mau muntah gue:facepalm:
    masak pakai tabung 3KG, selangnya itu juga :facepalm:


    dari keamanannya, jelas tidak aman,:dead:
    itu kan pakai tabung, dipakai dijanan, kalau cuaca panas apa tidak meledak itu :dead:
    belum lagi selangnya rawan bocor:swt:
    kalau tabrakan motor gimana :lol:




    satu lagi, pendapat gue ini didukung pemerintah :ngacir:
    Jika memang ide diatas bagus dan mungkin untuk dilakukan dengan berbagai pertimbangan maka pemerintah tidak perlu menaikkan harga BBM kan :ngacir:

    tambahan:
    pengembangan transportasi masal tidaklah semudah yang dibayangkan, harus liat dulu budaya dan kebiasaan masyarakat :lol:
    biarlah masyarakat dikapokkan dan disadarkan dulu bahwa harga BBM itu mahal:ngacir:


    dapet VIP please, VIP gue abis 5 hari lagi :nangis:
     
  12. escafl0wne Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    3,124
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +3,224 / -2
    this reply has been choosen as the best reply
    congratz, a PM will be sent to you


    buat yg ga menang jangan kecil hati yah:iii:
    masih ada kesepatan buat yang besok-besok:lalala:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.