1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Frame Per Second (FPS)

Discussion in 'Games Free Talk' started by santos_o, Jun 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. santos_o M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 29, 2009
    Messages:
    455
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +3,522 / -0
    Arti istilah Frame per Second dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
    Disingkat dengan FPS. Jumlah bingkai gambar yang ditunjukkan dalam satu detik untuk gambar bergerak.:dead:

    Untuk mengukur performa keseluruhan dari sebuah kartu grafis dapat menggunakan frame rates sebagai acuannya. Frame rate adalah Jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak, diwujudkan dalam satuan fps (frames per second), makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus gambar bergeraknya. Game dan film biasanya tinggi fps-nya. Frame rate menggambarkan berapa banyak gambar yang diselesaikan oleh kartu grafis dan ditampilkan dalam frame pada setiap detiknya. Ketika serangkaian gambar mati yang bersambung dilihat oleh mata manusia, maka suatu keajaiban terjadi. Jika gambar-gambar tersebut dimainkan dengan cepat maka akan terlihat sebuah pergerakan yang halus, inilah prinsip dasar film, video dan animasi. Jumlah gambar yang terlihat setiap detik disebut dengan frame rate. Diperlukan frame rate minimal sebesar 10 fps (frame rate per second) untuk menghasilkan gambar pergerakan yang halus.

    :onion-09:

    Pc Games , images ,Movies itu sudah smooth dan enak dinikmati di range fps 25-30.

    Penggunaan Fraps ini bisa sangat useful, sekaligus Racoooon … ada kecenderungan untuk kita terlalu fokus mengamati naik turunnya FPS di beberapa area saat gaming. Ini namanya bukan gaming dong? Tapi pengamatan terhadap “number and number”. Salah-salah anda malah berhenti main game, dan berencana ganti hardware yang lebih kuat untuk mendapatkan fps yang tinggi. NOPE! Itu namanya melenceng dari tujuan gaming dan menyiksa diri anda sendiri, jadi bijaksanalah menggunakan Fraps. Ingat, 30fps sudah nyaman secara garis besar (tapi jika ada dana, ya upgrade itu gak tabu kok, LoL)

    Lalu bagaimana menggunakan Fraps secara bijaksana untuk pendukung alat gaming kita? GRAPHIC OPTION. Anda akan sangat terbantu performa fpsnya apabila mau menilik kembali kemampuan PC anda terutama VGA. Saya tidak akan membahas VGA di sini, pokoknya ada harga ada barang deh,Back to FPS. … jadi apabila anda kurang nyaman saat bermain game dengan laporan 20an fps ato kurang, maka sebaiknya anda menurunkan presentasi graphical dari game itu. Urutannya adalah sebagai berikut (dari yang paling berpengaruh terhadap fps berdasarkan pengalaman) :

    * Antialiasing atau AA: kurangi, ato matikan saja apabila berat
    * Resolusi, TIPS: kalikan panjang dan tinggi dengan kalkulator untuk hasil pembenanan pixel, makin besar tentu makin membunuh VGA anda. Hint: 1280x1024 adalah seberat 1440x900
    * Matikan VSync (pembahasan VSync ada setelah ini)
    * Shadow: sudah dari jaman bahola, shadow itu overkill
    * Lighting dan HDR: membutuhkan komputasi yang rumit
    * Shader: efek-efek tempelan kosmetik yang canteeek, juga membutuhkan komputasi yang rumit
    * Texture detail, ini lebih ke RAM/memory, baik di VGA maupun chace dari system memori

    Sudah … selanjutnya silahkan anda bereksperimen sendiri mengkombinasikan yang terbaik antara eye candy vs FPS vs Comfort itu sendiri

    Berikut adalah chart tentang angka frame-rate-per-second terahdap kenyamanan gaming. Skala adalah mutlak ala penulis:[​IMG]

    VSync
    Apa itu VSync, adalah Vertical Synchronization. Yakni nge-LOCK fps ke angka Refresh Rate monitor anda. Misal monitor anda set di refresh rate 60Hz, maka fps akan locked di max 60fps saja. Min dan average fps bisa bervariasi.

    Side effect positive dari VSync adalah hilangnya TEARING, yakni garis horizontal yang kerap muncul di beberapa game. Lalu side positive lain adalah kenyamanan mata, tentu ini untuk game-game yang berjalan ratusan fps di PC anda. Daripada anda nanti mabok 3D karena gambar tampil lebih cepat daripada control, sebaiknya anda nyalakan VSync.

    Namun ada sisi lain yang perlu diperhatikan akan penggunaan VSync ini. Ada beberapa game yang ternyata mengalami mouse-lag apabila mengaktifkan VSync (missal Dead Space PC). Dan janganlah sekali-kali menyalakan VSync apabila VGA anda kedodoran di sebuah game, misal under 30fps, di sini akan sangat konyol apabila anda menyalakan VSync.

    Nb : VSync tidak berpengaruh terhadap image quality.

    [​IMG]

    Download Fraps

    UnHidden Content Hide H:
    untuk informasi lebih lanjut (sumber)
    UnHidden Content Hide H:
    "http://pandukom.blogspot.com/2009/03/frame-rate-per-second-in-focus.html"]
     
    • Thanks Thanks x 74
    • Like Like x 47
    Last edited by a moderator: Oct 20, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. cimpli2005 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Info yang menarik.

    Om mau tanya nih.
    Apa arti dari Anti Aliasing sama Anisotrophic Filtering itu, maklum masih newbie
     
  4. santos_o M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 29, 2009
    Messages:
    455
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +3,522 / -0
    Anti-aliasing dalam pemrosesan sinyal digital adalah teknik mengurangi artifak distorsi dalam merepresentasikan sinyal resolusi tinggi pada resolusi yang lebih rendah. Artifak distorsi disebut aliasing. Anti-aliasing digunakan dalam fotografi digital, grafik komputer, audio digital, dan bidang lainnya.
    :haha:

    kalo gambarnya di game bengkok.
    kamu naikan AA 2x ato 4x
    untuk render di game agar ndak bengkok karena
    frame dalam game tersebut akan dilakukan pemprosesan selama 2x (AA x2)
    semakin kamu naikan AA nanti nurunin FPS kamu..!

    Video Cards / VGA

    Grafik adapter, atau video card, menjadi central fokus pada industri PC game sejak akselarasi 3D diluncurkan pertama kali pada pasaran tahun 90 an. Sejak game membuat transisi dari 2D sprites ke 3D maps dan model. Akselarasi 3D sesungguhnya dari card tambahan yang hanya berkerja dengan standard card 2D.Anda mengkonekkan output card 2D untuk input pada 3D akselarasi dan out put dari keduanya akan menuju kemonitor.

    Saat ini, pasar video card 3D telah berubah pesat. Kedua card (2D&3D) telah menjadi satu card.Pasar Graphic card juga terbagi menjadi dua seperti pada pasar processor.Antaranya , Nvidia dan ATI adalah perusahaan graphic cards terbesar.Walau beberapa tahun yang lalu perbedaan mereka sangat besar, dengan generasi card terbaru mereka perbedaan menjadi minimal.

    Terdapat banyak faktor yang membagi performance video card.Card modern adalah seperti komputer mini dengan Graphics processing unit (GPU) mereka sendiri.Kebanyakan card juga mengharuskan solusi pendinginan untuk mencegah kerusakan dari suhu panas.Clock kecepatan dari GPU membuat perbedaan besar pada performancenya.Model tingkat tinggi akan dapat secara umum di overclocked versi mainstream model dengan tambahan data pipelines.Spesifikasi yang lain adalah ukuran memori.Kebanyakan card sekarang adalah 128mb atau 256mb, ATI RadeonX800 dan Nvidia Geforce 6800, perbedaannya pada performance dan kualitas adalah sangat dekat dan itu tidak ada untungnya.

    Pesan saya disini hanyalah memilih card yang tidak terlalu mahal middle end tetapi secara substansial murah.Anda akan menemukan ketika anda meneliti semakin kebawah harga turun hingga $600 sampai $300 sebelum anda dapat mengatakan "anisotropic filtering".

    Berbicara mengenai ini, kebanyakan orang terkadang bingung mengenai apa itu anisotropic filtering dan full screen anti aliening itu. Disini terdapat dua kualitas utama setting yang dapat mempengaruhi dua hal yaitu kualitas dan performance.Tingkat yang makin tinggi pada settingan akan berakibat semakin hebat kualitas gambar, tetapi performance akan semakin buruk.

    Anti-aliasing (FSAA)

    Full screen anti aliasing (FSAA) adalah standard feature pada semua graphic card baru. Ini adalah perhitungan/computation yang membantu menghilangkan tepian yang pecah/patah pada objek 3D. Hal ini mungkin tidak penting untuk image yang static, tetapi hal ini akan jelas ketika anda mulai bergerak.FSAA pada level yang tinggi akan membuat jarak objek terlihat mulus dimana jika tanpa FSAA akan terlihat patah-patah dan kasar.

    Anisotropic Filtering

    Ini adalah feature yang rumit yang mana berhubungan dengan penglihatan kualitas texture pada jarak dan angle. Level tinggi pada anisotropic filtering membuat pemain melihat objek jarak jauh dengan terfokus tanpa kesan blur atau distorsi.Performance akan menurun dengan anda menggunakan anisotropic filtering jadi umumnya anda harus tetap mensetting pada level rendah untuk performance.

    Yang mana harus dibeli?

    Pada titik ini sangat sulit mengatakan card siapa yang lebih baik. Benchmark pada akhir-akhir ini menunjukan ATI dan Nvidia'a hight end card sepertinya mengindikasikan radeon X800 XT diluar performance oleh Geforce 6800 ultra pada hampir semua kategori.Tetapi, card-card itu dbandrol hingga $600 bahkan lebih dan akan tetap menjadi mahal dan hanya digunakan oleh beberapa persen orang saja. Pada model-model mainstream, standard x800 dan geforce 6800, performance dan kualitas setting hampir sama. Menyadari kebanyakan pemain game bahkan tidak mempedulikan bagaimana gambar terlihat (isi dari game harus lebih menarik) anda harus tetap berpegang untuk mempunyai card yang secara sederhana perform baik pada hal frames persecond (fps,bukan dibingungkan dengan First person shooter). Konsultasi pada benchmark online untuk melihat bagaiman spesific performance card pada games-games populer, dan hanya pilihlah yang sesuai dengan kategori performance.

    sumber


    you are welcome
    :dead:
     
    Last edited by a moderator: Oct 20, 2011
  5. karaya14 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    mau nanya tentang AA om santos, kan om santos bilang AA semakin tinggi AA semakin nurun FPS, Jadi semakin tinggi AA juga Quality Image semakin tinggi?
     
  6. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,024 / -0
    klao dihubungin dengan game (terutama konsol)

    bro... konsol punya fps rate yang konstan untuk tiap game ato tiap game bisa beda fps ratenya?
     
  7. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,981
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Tiap game bisa beda fpsnya. Yang biasa sih sekitar 30-60. Contoh? Coba aja maen Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition dan bandingkan dengan Harvest Moon: Save The Homeland. Masih dalam satu keluarga Harvest Moon tapi fps beda jauh. Ga usah beda game, dalam A Wonderful Life itu aja fpsnya variable dalam berbagai lokasi
     
  8. EvilLurkInTheDark M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    762
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,662 / -0
    wah sep bagus info nya :top:
    btw tuh fraps guna nya buat pa an tolong d jelasin dunk d atas blom d jelasin tuh..
     
  9. santos_o M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 29, 2009
    Messages:
    455
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +3,522 / -0
    ya gitu dech..!
    AA semakin tinggi misal (8x)
    maka image quality per second pun semakin MANTAP (misal gambar tangan yg sedikit tidak rata di hidupkan AA (2x) akan semakin halus dan rata dan berikutnya akan semakin halus waktu bergerak)
    (maap jika ada penjelasan yg salah)
     
    Last edited: Jun 20, 2009
  10. HungryFriend M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2007
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +452 / -0
    haiz... ambigu dunk... klo cuma ditulis FPS g bakal kirain First Person Shooter... hoohooh... tQ infonya gan... ^ ^
     
  11. ZaXtheAlien M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +0 / -0
    bruakakakaakakakak first person shooting . . . kok bisa mikir kesono . . .

    btw nanya,
    kalo monitor refresh rate cuma 50, dikasih fps lebih tinggi dari itu ga bisa yah?
     
  12. Kimoi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    ga ada hubungannya refresh rate monitor sama fps keknya tapi bisa
    refresh rate =
    Kecepatan Menampilkan Citra. Adalah kecepatan munculnya citra pada display LCD atau CRT. Makin cepat tampil, makin stabil kemunculan citra bagi user.

    Dalam monitor teknologi CRT, refresh rate adalah berapa kali image(gambar)dalam tampilan tiap detiknya. Jika monitor CRT mempunyai refresh rate 72 Hz,maka putaranya melalui semua pixel dari atas ke bawah sebanyak 72 kali per detik. Refresh rate sangat penting karena mengontrol kedipan. Putaran perdetik yang terlalu sedikit dan akan didapatkan kedipan yang menyebabkan sakit kepala dan ketegangan pada mata.

    Televisi memiliki refresh rate yang lebih rendah dibanding dengan monitor komputer. Untuk membantu mengatur refresh rate yang lebih rendah, digunakan metoda interlacing yang berarti penembakan elektron dalam CRT televisi akan mengamati semua baris yang dirasa aneh dari atas ke bawah, dan dilanjutkan dengan baris lainnya. Fosfor membuat cahaya yang cukup panjang sehingga mata kita akan tertipu untuk berpikir semua garis tersebut digambar bersama.
    http://www.total.or.id/info.php?kk=Refresh Rate

    Frame rate per second Disingkat dengan FPS. Jumlah bingkai gambar yang ditunjukkan dalam satu detik untuk gambar bergerak.

    Untuk mengukur performa keseluruhan dari sebuah kartu grafis dapat menggunakan frame rates sebagai acuannya. Frame rate adalah Jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak, diwujudkan dalam satuan fps (frames per second), makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus gambar bergeraknya. Game dan film biasanya tinggi fps-nya. Frame rate menggambarkan berapa banyak gambar yang diselesaikan oleh kartu grafis dan ditampilkan dalam frame pada setiap detiknya. Ketika serangkaian gambar mati yang bersambung dilihat oleh mata manusia, maka suatu keajaiban terjadi. Jika gambar-gambar tersebut dimainkan dengan cepat maka akan terlihat sebuah pergerakan yang halus, inilah prinsip dasar film, video dan animasi. Jumlah gambar yang terlihat setiap detik disebut dengan frame rate. Diperlukan frame rate minimal sebesar 10 fps (frame rate per second) untuk menghasilkan gambar pergerakan yang halus.
    dari atas.^

    jadi refresh rate monitor rendah bisa dikasih fps yang lebih tinggi (tapi monitornya bikin sakit mata klo refresh rate segitu)
     
  13. Dori_Dori M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 22, 2008
    Messages:
    1,549
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +33,283 / -0
    kategori2 fps

    > 60 fps = best game performance, ga usa incer sampe 100 fps atau lebih (emang mata kita mata superman yg bisa ngeliat fps sampe 100? :hihi:)
    30 fps = playable, ga bakal ada gangguan berarti di kisaran fps segini
    20-30 fps = laggy but okay, buat orang yg masih penyabar :haha:
    < 19 fps = upgrade your rig, kecuali anda emang org yg nrimo2 aja :swt:
     
    • Thanks Thanks x 1
  14. stigmata Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +49 / -0
    kurang gtu ngerti point nmr 2 ttg resolusi. jelasin dong. he2
    maap klo oot, kok gw mual y maen fps yg graphic/gambarnya bagus n environmentnya byk bgt. npa y??

    klo kaya CS msh kuat tp klo kaya COD, Brother In Arms, dll cpt mual gw. ikz
     
  15. Rujaet Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +40 / -0
    ano.. ttg refresh rate, jadi bisa disimpulin refresh rate 75Hz lebih baik dari 60Hz? ato gmn ya?

    trus kalo untuk monitor tipe LCD katanya refesh rate tidak terlalu berpengaruh..
    benar ga tuh infonya bro?:shuriken:
     
  16. Dori_Dori M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 22, 2008
    Messages:
    1,549
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +33,283 / -0
    yup kaga ngaruh refresh rate di lcd, aye aja pake 60hz doang kok n gambarnya lebih enak diliat walau dibandingin sama crt yg pake 85hz
     
  17. stigmata Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +49 / -0
    gw pake lcd yg 17 widescreen ngaruh refresh ratenya. klo yg 60hz gambarnya rada kabur trs pas diubah 75hz jd bagus gambarnya.

    katanya semakin tinggi refresh rate semakin nyaman dimata n g jenuh.

    cmiiw
     
  18. santos_o M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 29, 2009
    Messages:
    455
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +3,522 / -0
    tentu aja bisa monitorku 60hz aku bisa dapat lebih fps pass main call of duty 2 misal 70
     
  19. santos_o M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 29, 2009
    Messages:
    455
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +3,522 / -0
    100 fps untuk komputer super ato mainin game lawas:)
     
  20. andi msc Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,434
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,855 / -2
    wah keren nih infonya...

    FPS frame per second..

    untuk mainin game gw rasa yang paling cepet mainin game lebih terasa enak

    kayak mainin game XBOX ato console lainnya...
     
  21. Dori_Dori M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 22, 2008
    Messages:
    1,549
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +33,283 / -0
    kebalikannya ama lcd gw, kalo diset 75Hz malah burem
    gw pake kabel DVI sih, n mungkin beda2 juga tiap merk/tipe monitor
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.