1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Sejarah Illuminati

Discussion in 'History and Culture' started by yoshikanji, Mar 1, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,453
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,473 / -0
    Illuminatus
    Illuminatu, Enlightened


    [​IMG]





    Illuminati adalah nama yang diberikan kepada beberapa kelompok, baik yang nyata (historis) maupun fiktif. Secara historis, nama ini merujuk pada Illuminati Bavaria, sebuah kelompok rahasia pada Zaman Pencerahan yang didirikan pada tanggal 1 Mei tahun 1776.

    Sejak diterbitkannya karya fiksi ilmiah postmondern berjudul The Illuminatus! Trilogy (1975-7) karya Robert Shea dan Robert Anton Wilson, nama Illuminati menjadi banyak digunakan untuk menunjukkan organisasi persekongkolan yang mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru. Dalam konteks ini, Illuminati biasanya digambarkan sebagai versi modern atau keberlanjutan dari Illuminati Bavaria.


    History


    Gerakan ini didirikan pada tanggal 1 Mei 1776 di Ingolstadt (Bavaria Atas) dengan nama Ordo Illuminati, dengan anggota awalnya sebanyak lima orang, dan dipelopori oleh Adam Weishaupt (m. 1830) yang Jesuit. Dia adalah profesor hukum kanon di Universitas Ingolstadt. Kelompok ini terdiri dari para pemikir bebas sebagai perwujudan Pencerahan dan nampaknya mencontoh Freemason. Anggota Illuminati melakukan sumpah rahasia dan berikrar untuk mengabdi kepada atasan mereka. Anggotanya dibagi menjadi tiga kelas, masing-masing dengan beberapa tingkatan, dan banyak cabang Illuminati menarik anggota dari loji Mason yang sudah ada.

    Pada awalnya Weishaupt berencana bahwa kelompok itu akan dinamai "Perfectibilists". Kelompok itu juga disebut Illuminati Bavaria dan ideologinya disebut "Illuminisme". Banyak intelektualis dan politisi progresif terkenal yang menjadi anngotanya, termasuk Ferdinand dari Brunswick dan diplomat Xavier von Zwack, yang menjadi orang kedua di organisasi. Organisasi ini memiliki cabang di banyak negara di Eropa. Dilaporkan bahwa ada sekitar 2.000 anggota dalam kurun waktu 10 tahun. Organisasi ini juga menarik kalangan sastrawan semacam Johann Wolfgang von Goethe dan Johann Gottfried Herder, serta para duke yang berkuasa di Gotha and Weimar.

    Pada tahun 1777 Karl Theodor menjadi penguasa Bavaria. Dia adalah seorang pendukung Despotisme Tercerahkan dan pemerintahannya melarang segala bentuk kelompok rahasia termasuk Illuminati. Perpecahan dan kepanikan Internal terjadi di dalam Illuminati sebelum akhirnya kelompok ini mengalami pembubaran, yang dipengaruhi oleh Dekrit Sekular yang dikeluarkan oleh pemerintah Bavaria. Dekrit pada tanggal 2 Maret 1785 tersebut "nampaknya menjadi pukulan mematikan bagi Illuminati di Bavaria." Weishaupt sendiri membawa kabur dokumen dan korespondensi internal Illuminati, namun kemudian berhasil diambil pada tahun 1786 dan 1787, lalu dipublikasikan oleh pemerintah pada tahun 1787. Rumah Von Zwack digeledah untuk mencari lebih banyak dokumen mengenai kelompok tersebut.

    Pada perkembangan selanjutnya, ia beserta organisasi yang dipimpinnya memiliki pandangan-pandangan yang menyimpang (bid'ah) dari ajaran resmi gereja Katolik, sehingga ia diekskomunikasi (dilarang mengajarkan pahamnya) oleh gereja dan dikeluarkan dari kelompok gereja kristiani. Illuminatus adalah orang - orang yang mencari jawaban apa yang disebut agama sebagai misteri Tuhan. Menurut mereka dengan ilmu pengetahuan tidak ada lagi misteri Tuhan, semua ada jawabannya.

    Sejak saat itu illuminatus diburu oleh para kaum gereja. Mereka diburu dan diberi stamp salib didada mereka baru kemudian dibunuh. Illuminati kemudian bergerak dari bawah tanah sebagai sebuah kelompok rahasia yang paling dicari oleh gereja. Para illuminatus yang melarikan diri kemudian bertemu dengan kelompok rahasia lainnya yaitu kelompok ahli batu yang bernama Freemasonry atau lebih sering disebut sebagai kelompok Mason.


    Organisation


    Rahasia paling berharga dari Illuminati adalah sistem moral mereka otoritas, yang sudah dipraktekkan di dalam perintah itu, namun sekarang seharusnya diterapkan pada dunia luar. Para penipuan dan menggurui anggota yang lebih rendah posisi yang segera memancing perbedaan pendapat dalam pesanan. Hal ini disebabkan tujuan Weishaupt untuk menyempurnakan individu dengan mendorong untuk berlatih lebih disiplin diri dan kepemimpinan rahasia. Dia beranggapan bahwa untuk perbaikan individu langkah pertama yang diperlukan adalah untuk mengetahui rahasianya. Mungkin, ia mengadopsi konsep ini dari lengkungan musuh-Nya, para Jesuit, yang dikenal karena ketaatan budak mereka dan kepemimpinan mereka lembut tetapi masih efektif dengan cara pengakuan dosa.

    Sebenarnya, menurut Illuminati-ahli Agethen, pesanan tinggal di sebuah belitan dialektika dengan lawan-lawannya: mereka menggunakan metode Jesuit menyelidiki hati nurani untuk membebaskan individu dari dominasi intelektual dan spiritual dari gereja, mereka juga menggunakan sistem peringkat dan rewel mistis, mirip dengan irasionalitas antusias dari Rosicrucian, untuk meneruskan keberhasilan dari Pencerahan dan rasionalitas. Mereka dikenakan anggota mereka untuk monitoring sama sekali totaliter dan teknik psikologis untuk akhirnya membebaskan manusia dari despotisme para pangeran dan raja.


    Members


    Keberhasilan ini sementara tidak dapat menyembunyikan fakta bahwa ordo Illuminati terutama terdiri dari akademisi cukup bawahan yang mungkin bergabung dengan ordo ini terutama dengan harapan peluang karier yang lebih. Memang harapan mereka berkorelasi dengan konsep Weishaupt infiltrasi. Tentu saja anggota baru tidak mengetahui tentang mereka niat. Perintah itu hampir tidak mencapai tujuan yang sebenarnya, yaitu untuk membentuk elit intelektual dan politik masyarakat. Terlepas dari pengecualian yang disebutkan (Goethe, Herder, Knigge), semua perwakilan sangat penting dari "Spätaufklärung" Jerman baik benar-benar absen diri dari tatanan (seperti Schiller, Kant, Lessing, tetapi juga Lavater siapa Knigge gagal mencoba meyakinkan bergabung untuk waktu yang lama) atau tak lama kemudian berhenti, seperti Friedrich Nicolai lakukan, karena kecewa tentang struktur kaku dalam pesanan. "Bookworm Weishaupt dan teman-temannya, utopists dalam yang baik dan cara yang konyol" tidak pernah dianggap sebagai ancaman nyata bagi negara bagian Bavaria tetapi "tantangan bagi rezim tua itu tentu saja masih terlalu kuat, bahkan dalam bentuk moderat."


    Conspiracy Theory


    Barruel and Robison

    Antara tahun 1797 dan 1798 Memoirs Illustrating the History of Jacobinism karya Augustin Barruel dan Proofs of a Conspiracy karya John Robison memengemukakan teori bahwa Illuminati terus bertahan dan melaksanakan persekongkolan internasional yang masih berlangsung. Mereka mengklaim bahwa Illuminati merupakan dalang di balik Revolusi Prancis. Kedua buku itu sangat populer, terus dicetak ulang dan dikutip oleh banyak buku lainnya (misalnya oleh Proofs of the Real Existence, and Dangerous Tendency, Of Illuminism karya Pendeta Seth Payson, diterbitkan pada tahun 1802). beberapa tanggapan terhadap karya tersebut bersifat kritis, contohnya On the Influence Attributed to Philosophers, Free-Masons, and to the Illuminati on the Revolution of France karya Jean-Joseph Mounier.
    Karya-karya Barruel dan Robison juga memberikan pengaruh di Amerika Serikat. Di New England, pendeta Jedidiah Morse dan beberapa lainnya berkhotbah menentang Illuminati. Khotbah mereka dicetak dan berita tentang itu masuk ke surat kabar. Pada dekade awal tahun 1800-an, masalah tersebut mulai tak lagi mendapat banyak perhatian, meskipun mengalami kebangkitan selama Gerakan Anti-Mason pada tahun 1820-an dan 1830-an.


    Modern Era

    Ketertarikan terhadap Iluminati pada masa sekarang berawal dari diterbitkannya The Illuminatus! Trilogy, sebuah karya fiksi ilmiah postmodern yang ceritanya menampilkan Illuminati sebagai penguasa dunia. Para penulis seperti Mark Dice, David Icke, Texe Marrs, Ryan Burke, Jüri Lina dan Morgan Gricar berpendapat bahwa Illuminati Bavaria terus bertahan, bahkan mungkin hingga saat ini. Banyak dari teori tersebut mengemukakan bahwa banyak kejadian di dunia dikendalikan dan dimanipulasi oleh kelompok rahasia yang menyebut diri mereka sebagai Illuminati. Para penganut teori persekongkolan mengklaim bahwa banyak orang terkenal yang menjadi anggota Illuminati. Presiden Amerika Serikat sering menjadi sasaran yang umum untuk klaim semacam itu.

    Tokoh penting dalam gerakan teori persekongkolan, Myron Fagan, berusaha mencari bukti-bukti bahwa banyak peristiwa bersejarah, mulai dari Pertempuran Waterloo, Revolusi Prancis, sampai pembunuhan president John F. Kennedy, semuanya didalangi oleh Illuminati.


    Modern Illuminati


    Beberapa kelompok persaudaraan modern mengklaim sebagai "pewaris" Illuminati Bavaria dan telah secara terang-terangan menggunakan nama "Illuminati" dalam pelaksanaan ritus mereka. Beberapa, misalnya banyak kelompok yang menyebut diri mereka sebagai "Ordo Illuminati", menggunakan nama itu secara langsung dalam organsiasi mereka, misalnya Ordo Templi Orientis, menggunakan nama "Illuminati" sebagai tingkatan inisiasi dalam organisasi mereka.


    Popular culture


    Novels

    Illuminati sering digambarkan dalam novel terkenal, seperti Illuminatus itu! Trilogy oleh Robert Shea dan Robert Anton Wilson, dalam Foucault's Pendulum oleh Umberto Eco; atau Angels and Demons oleh Dan Brown. Para penulis ini tidak bergantung pada sumber serius yang menyediakan informasi bersejarah tentang perintah, tetapi lebih pada teori konspirasi yang beredar tentang hal itu. Jadi Illuminati digambarkan sebagai penjahat jahat dan misterius, kejam konspirator atau mereka digambarkan sebagai manusia yang tercerahkan berusaha untuk melindungi dunia dari kejahatan. Namun informasi ini spekulatif tentang Illuminati sering keliru sebagai kebenaran. Baik Galileo Galilei (1564-1642) atau Bernini (1598-1680) adalah seorang anggota Illuminati, seperti yang digambarkan dalam novel Brown, dan tidak mengikuti tradisi ribuan tahun lama druid Celtic, pembunuh dan Templers, yang memiliki niat untuk menemukan "umbilikus telluris" (dari bahasa Latin, yang berarti "pusat dunia").







    Sumber:
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 2
    Last edited: Mar 1, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,327 / -0
    salah satu yg keren dari illuminati ini adalah lambangnya :blink:

    dibaca dari kiri maupun kanan sama, dibolak balik juga bacanya tetep illuminati (efek liat film angel and demons :peace: )


    pertanyaan mendasar : apakah memang masih eksis sampai sekarang? kayaknya engga ya :iii:
     
  4. thecrasher M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 18, 2008
    Messages:
    297
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +259 / -0
    lluminati udah ga ada, melebur menjadi freemason
     
  5. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,327 / -0
    tapi sempet ada? :???:


    atau cuman isapan jempol aja?
     
  6. datuk99 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 21, 2011
    Messages:
    600
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +28,706 / -0
    Sekarang ini kita hidup di jaman iluminati gan... coba pelajari lambang negara2 di dunia ini... semuanya merupakan simbol-simbol pengembangan iluminati/freemason.. iluminati dimulai sejak manusia menggunakan uang sebagai alat transaksi, menjadikan sistem dan aturan manusia mengalahkan aturan tuhan, menghalalkan yang haram dan mengaggap kuno yang dilarang agama dan menggunakan media informasi untuk melalaikan misi manusia didunia ini (ibadah)..
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,453
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,473 / -0
    memang sempet ada dan beneran ada kok...
    cuma skrg udh gk ada, krn mreka jadi musuh utama vatikan dulu, banyak yg di hukum setelah ketauan klo mreka pengikut iluminati.

    setau gw katanya banyak pelarian iluminati yg gabung dgn freemason, tp gk tau apa tujuan mreka tetap sama atau murni ikutin idenya freemason.

    iluminati itu greja pencerahan (menggunakan akal, logika, dan ilmu pengetahuan)
    freemason itu buat tatanan dunia yg baru (klo doyan nonton naruto, idenya secara garis besar sama dengan tujuan madara) menciptakan dunia yg baru dimana tidak ada perselisihan dan perbedaan (perbedaan menurut mereka)
     
  8. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,327 / -0
    oh jadi gitu ya.... yang merasa dapet pencerahan mendirikan organisasi baru..

    mengenai "ciri khas" illuminati, tulisannya yg bisa dibaca dari sisi kiri-kanan, punya contoh2 lain tulisan khas illuminati ga?
     
  9. am4terazu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,654 / -0
    saya juga taunya dari film nya Dan Brown gan...
     
  10. dhachan_kun Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    3,375
    Trophy Points:
    277
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,147 / -1
    :takut:
    ini mah keren pisan gan :niceinfo:
    organisasi internasional punya agen2 dari sini nggak yah :iii:
     
  11. blink182maniac M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 24, 2011
    Messages:
    656
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +138 / -1
    bingung sama masalah iluminati

    dari dulu isinya menurut ini menurut ini jadi hanya dari mulut kemulut yang dituliskan , nggak ada bukti nyatanya illuminati kayak gimana
     
  12. dani007 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2012
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    iiluminati msh ada sampe skrg. tp hebatny, jejakny ud susah dikenali gan..
     
  13. LoeXie Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    yg paling keren dari organisasi ini cuma logonya! jenius banget yg nyiptain, di baca bolak balik juga tetep iluminati. cool!
     
  14. dharmawartha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 22, 2010
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    ini organisasi rahasia kan? tapi kok terkenal
     
  15. HiddenSkills M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,018
    Trophy Points:
    47
    Ratings:
    +83 / -0
    syukur bukan ane aja yg sadar..
    yang jelas yg membuat Lambangnya pasti orang pintar

    bisa seperti itu :matabelo:
     
  16. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    setahu ane yang kayak gini (tulisan bisa dibaca secara cermin atawa bolak-balik) namanya ambigram..dan seni penulisan ambigram ini sudah lama ada jauh illuminati berkembang....sekarang model tulisan ambigram juga lumayan banyak dipakai logo perusahaan...klo mau coba ada tuh ambigram generator...googling aja..
     
  17. sparkdix M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    2,804
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,224 / -0
    Yup bener apa yg kk bilang, cuma gw lupa namanya d googling ada web generator buat tulisan kaya' gitu

    Klo piramida terbalik tuh lamabang Illumati bukan? :???:
     
  18. CpL Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24 / -0
    klo udh segini detail tentang organisasinya, knp dunia ga mencemaskan pergerakannya gan?
    ato kita udh hidup dibawah kendali illuminati yoi?
     
  19. Jigokushitsuji Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 7, 2011
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +3,257 / -0
    Sekarang Simbol Freemason, / Illuminati udah ada dimana2, salah satunya dimata Uang Dollars America,
    Yang ada gambar Pyramid di Bagian uang kertasnya.

    perasaan simbolnya pernah liat di Film Angels & Demons ya ? :bloon:
    Serem banget, sekarang hampir menguasai dunia, penyembah2 Selain Tuhan.
     
  20. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,327 / -0

    iya, illuminati kan artinya pencerahan.

    di masa itu yg gabung adalah org2 yg pinter2....


    oh ada ya :xiexie:


    kirain itu ciri khas illuminati
     
  21. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,453
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,473 / -0
    iya, di internet banyak, cuma rata" pada bayar semua,,,
    gk ada yg free...
    :iii:

    klo itu bukan illuminati, tapi freemason.
    ada di pecahan dolar yg bergambar, G.Washington (selain pendiri amerika beliau juga anggota freemason)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.