1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cerpen In The Corner of The Universe

Discussion in 'Fiction' started by kyotou_yasuri, Feb 29, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kyotou_yasuri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    Numpang posting cerpen... :peace:


    GIANT
    Tentara milik Union yang digunakan untuk membantu konflik/peperangan yang pecah di penjuru dunia. Memiliki teknologi yang jauh melebihi militer negara lain, meski jumlah tentara yang mereka miliki tidak terlalu banyak.

    Union
    Disebut sebagai ‘Observer of The Universe’. Organisasi yang mengatur keseimbangan dunia dari balik bayangan. Bertugas menangani konflik kecil maupun besar yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Di mata umum kegiatan mereka kurang lebih mirip dengan PBB di dunia nyata.

    Micro Tank
    Seperti namanya, tank kecil yang tingginya kurang lebih 180-190 cm, panjang 200 cm, lebar 150 cm. Kalau bingung membayangkan bentuknya, mirip Tachikoma dalam Ghost in The Shell tapi kokpitnya di tengah. Persenjataan Micro Tank milik tiap anggota Shi Sei Jyu berbeda-beda. Seiryu dan Suzaku dibuat seimbang antara jarak dekat dan jarak jauh (minigun serta sepasang peluncur roket ukuran kecil), Byakko memiliki tangan tambahan di punggung untuk pertempuran jarak dekat, dan Genbu membawa Railgun serta beberapa peluncur roket ukuran menengah untuk support jarak jauh.

    Amored Frame
    Kendaraan berbentuk humanoid ,seperti Mobile Suit dalam Gundam, tapi bentuk dan ukuran lebih mirip Wanzer dari Front Mission series, namun lebih ‘langsing’.

    Shi Sei Jyu
    Special Infiltration Unit Four Sacred Beast, aka Shi Sei Jyu adalah pasukan khusus dari kesatuan GHOST yang beranggotakan 4 orang augmented human. Seiryu (alias: Tatsuki Kuroba), Suzaku (alias: Thomas Thunderbird), Byakko (alias: Bai Shen), Genbu (alias: Ramon Tortuga) yang punya spesialisasi di bidang masing-masing. Biasanya digunakan untuk menyusup ke daerah musuh atau bahkan markas besar. Meski perawakan mereka muda, mereka jauh lebih tua dari pada kelihatannya, disebabkan karena tubuh mereka sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga pertumbuhan mereka tidak akan terlalu mencolok.

    GHOST
    Kesatuan yang juga bagian dari Union. Jika GIANT bertujuan untuk mengakhiri konflik, GHOST bertujuan untuk mencegah konflik, sehingga mereka memiliki spesialisasi dalam hacking, pembunuhan, dan penyusupan. Meski begitu, bukan berarti GHOST tidak pernah berpartisipasi dengan operasi GIANT, malah mereka sering bertindak bersama.

    Karena ada beberapa istilah yang tidak mungkin dijelaskan di cerita....

    “Unit, Status?”

    “Byakko, siap di posisi.”

    “Genbu, siap di poisi.”

    “….Seiryu, siap di posisi.”

    “Operasi akan dimulai dalam sepuluh menit. Semuanya, bersiaplah.”

    Seiryu menarik nafas dalam. Ini bukanlah sebuah misi yang unik untuknya. Namun entah kenapa hatinya sedikit berdebar. Dilihatnya ke bawah gedung, tentara sekutu mulai bergerak masuk ke dalam kota. Pasukan gabungan dari tentara Inggris dan GIANT dari Union, seharusnya tidak butuh bantuan pasukan khusus seperti kami untuk mengatasi pemberontakan kelas menengah seperti ini, pikirnya.

    “Tatsuki, kepikiran apa? Detak jantungmu agak terlalu cepat,” Suara kekanakan Byakko sedikit membuat Seiryu terkejut.

    “Tidak… Aku cuma—”

    “Byakko, apa yang kau lakukan? Kita sedang bertugas, gunakan codename.”

    “Aduh, Tommy~ jangan terlalu kaku begitu. Siapa pula yang bisa meretas jalur komunikasi kita.”

    “Sudah kubilang jangan panggil aku Tommy. Kita harus selalu sigap, untuk antisipasi kemungkinan terburuk.”

    Terpisah di Micro Tank masing-masing, tidak menghentikan Byakko untuk menggoda Suzaku. Seiryu hanya bisa menghela nafas panjang mendengar argumen mereka yang biasanya tidak ada juntrungannya sama sekali.

    “Hei, Seiryu. Kau ada pikiran?” Di tengah-tengah ‘perbincangan’ Byakko dan Suzaku, Genbu memotong dengan nada malas.

    “Aku hanya tidak habis pikir kenapa mereka masih butuh kita, padahal kemenangan mereka sepertinya sudah pasti. Para pemberontak itu sudah tidak punya apa-apa lagi.”

    “Kau tahu tentang percobaan pembunuhan pemimpin pemberontakan Red Hands, Drake Logan? Kabarnya percobaan itu gagal. Mata-mata yang dikirim malah terbunuh. Sepertinya, karena itulah sekarang orang-orang atas ingin segera menyelesaikan permasalahan ini dengan bantuan kita. Drake punya koneksi di timur tengah. Kurasa mereka hanya ingin menghentikan ini sebelum permasalahan makin runyam,” jelas Genbu yang sepertinya sedang mengunyah permen mint kesukaannya.

    “Begitu ya…”

    Suzaku kemudian memotong, “Genbu, muntahkan permen itu! Fokus! Misi sebentar lagi dimulai!”

    Beberapa detik kemudian, keempat Micro Tank bertengger di atas gedung kota itu bergerak. Melompati gedung demi gedung, keempatnya kompak bergerak menuju ke arah markas besar Red Hands—sebuah kastil kuno yang dimiliki oleh seorang bangsawan yang juga menjadi sponsor mereka—yang disebut ‘Istana Kemeredekaan’. Sesuai rencana, sebagian besar penjagaan di Istana Kemeredekaan mengendur karena harus menghadapi serangan pasukan sekutu di garis depan. Dengan optic camolage mereka pun melesat mulus ke dalam daerah halaman Istana Kemerdekaan.

    Sementara yang lainnya terus bergerak mendekat ke bangunan, Genbu berhenti. Ia mematikan optic camoflage-nya dan menembakkan Railgun yang terpasang di Micro Tank-nya ke arah gedung, membuat pintu masuk untuk Suzaku dan yang lainnya.
    Begitu mereka bertiga masuk, Suzaku berseru, “Tujuan utama, temukan Drake Logan, dan bunuh dia. Menyebar!”

    Seiryu pun berpisah dari kedua rekannya, menelusuri lorong-lorong tinggi bangunan besar itu. Meski kuno, kastil itu masih kelihatan megah. Di langit-langitnya yang tinggi terdapat berbagai ukiran. Amunisi dan suplai makanan bercampur dengan perabot-perabot eksotis, terlihat di sepanjang lorong yang lantainya dilapisi karpet merah yang kelihatan mahal. Bagaikan sebuah pemandangan dalam buku dongeng yang entah bagaimana menjadi markas sebuah pasukan militer.

    Dalam pencariannya, Seiryu harus menghadapi beberapa anggota pemberontakan. Persenjataan Red Hands yang cukup hebat mengejutkan Seiryu. Dari FAMAS, RPG, hingga LAW. Namun semua itu tidak cukup untuk menghentikan Seiryu dan Micro Tank-nya. Setidaknya Seiryu cukup yakin akan hal itu sebelum beberapa menit kemudian ia melihat pemandangan yang lebih mengejutkannya.

    Di depannya berdiri sebuah Armored Frame bersenjata berat. Sinar merah yang mengerikan memancar dari mata raksasa besi setinggi tiga meter lebih itu.

    “Markas tidak bilang mereka punya yang seperti itu di sini!”

    Seiryu menurunkan posisinya serendah mungkin ketika Armored Frame itu menembakkan roket di pinggangnya. Dua roket lanjutan yang dilancarkan raksasa besi itu, kembali bisa dihindari oleh Seiryu dengan mendaki tembok di sampingnya. Ia terus mendaki hingga berada di langit-langit, kemudian menjatuhkan diri di belakang Armored Frame itu. Ketika ia mendapatkan sudut 45 derajat, Seiryu mengunci target dan mengaktifkan peluncur roket di Micro Tank -nya, menghancurkan senapan dan peluncur roket di pinggang Armored Frame itu.

    “Kena telak—heh?”

    Bukannya menyerah, Armored Frame itu melompat menerobos kepulan asap menuju lokasi jatuh Micro Tank, tanpa memberinya kesempatan untuk menghindar. Raksasa besi itu langsung mencengkram Micro Tank Seiryu dengan segenap tenaganya.

    “Sial… Kupertaruhkan semuanya disini!”

    Mengetahui Micro Tank -nya tidak akan bertahan lama dalam pelukan penuh kebencian itu, Seiryu membuka hatch dan menyiapkan granat EMP. Kemudian dengan tangan kanannya—yang bukan tangan kanan biasa—ia hujamkan granat itu ke dalam celah di leher Armored Frame yang tidak terlapisi besi. Setelah mengaktifkan sistem penghancuran di Micro Tank–nya Seiryu melompat menjauh.

    Ledakan gelombang listrik terjadi, diikuti oleh ledakan Micro Tank Seiryu. Armored Frame yang sudah tidak berkutik itu, terjatuh begitu saja bagaikan seonggok besi besar. Seiryu—yang pendaratannya tidak begitu mulus—terjatuh di sekitar dua meter di depannya. Dilihatnya sang pilot merangkak keluar dari kokpit. Seiryu terkejut ketika pilot itu membuka helmnya.

    “Perempuan…?!”

    Saat itu, tiba-tiba terdengar suara ledakan dari luar kastil, menyebabkan getaran yang cukup hebat. Langit-langit mulai runtuh. Seiryu menyadari pijakan di sekitar pilot itu mulai retak. Spontan, ia berlari menuju ke arah pilot itu—mencoba menyelamatkannya.

    ***

    Ketika Seiryu membuka matanya, yang menyambutnya adalah sebuah laras pistol.

    “Angkat tanganmu!” Seru pilot itu, seraya menendang perut Seiryu dengan lututnya, menyuruh Seiryu menyingkir dari atasnya. Dengan sedikit enggan, Seiryu bangkit dan menjauh dari gadis itu dengan kedua tangan terangkat.

    “…Kenapa kau menyelamatkanku, hah?”

    “Entahlah.”

    “Apa karena aku perempuan?”

    Seiryu bungkam. Gadis berambut merah itu berjalan mendekat dan menghantam pipi Seiryu dengan gagang pistolnya. Seiryu jatuh terhempas dengan keras.

    “Argh!”

    “Kau meremehkanku… Apa kau menganggapku seperti sampah di tengah peperangan ini? Apa kau pikir aku cuma pajangan yang tidak bisa melakukan apa-apa?!” Gadis itu kembali mengarahkan laras senjatanya ke arah Seiryu.

    Seiryu tidak membalas. Ia sendiri tidak tahu kenapa ia menolong gadis ini—yang tak lain adalah seorang musuh yang nyaris saja membunuhnya tadi. Lagipula, ia sudah biasa melihat perempuan di medan perang.

    Lalu kenapa..? Tanya pemuda itu dalam hati.

    Seiryu duduk, kemudian melihat sekeliling. Selain gadis berambut merah yang menodongnya dan reruntuhan, tidak ada apa-apa di sekitar. Terpancar cahaya dari lubang di langit-langit yang kira-kira setinggi lima meter. Tidak ada pintu maupun jendela. Sepertinya, ia terjebak di sini bersama si gadis berambut merah.

    “Kau kelihatan muda,” gadis itu tiba-tiba mulai bicara, “berapa usiamu?”

    “Bukan urusanmu. Kau sendiri kelihatan tidak lebih tua dari murid SMA,” balas Seiryu dingin.

    “Kau ini… Aku hanya ingin tahu, kenapa orang muda sepertimu bisa terlibat dengan perang bodoh ini! Kau punya pilihan! Kau bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik!” Balas gadis itu. Ia kelihatan kesal.

    “Sudah kubilang, itu bukan urusanmu. Pilihan? Aku tidak punya yang semacam itu. Sejak aku bisa merangkak, yang mereka pertama ajarkan adalah cara memegang senapan. Alasanku hidup hanya untuk berperang.”

    Gadis itu makin terlihat kesal mendengar jawaban Seiryu, namun sejenak kemudian raut mukanya terlihat terkejut. Tangannya yang memegang pistol gemetar.

    “J-jangan-jangan, kau ini… benar, logo di dadamu itu… Shi Sei Jyu, unit khusus yang tergabung dalam GHOST… Rupanya memang benar rumor itu…”

    “Apa maksudmu…?”

    “Aku tahu, kalau Union melakukan eksperimen terhadap manusia untuk membuat tentara khusus! Kau pasti salah satunya…! Tangan kanan itu juga…”

    Seiryu menatap tangan kanannya, “Ini memang bukan tangan biasa. Ini tangan buatan… Namun bukan kenapa-kenapa, tangan ini ada untuk mendukungku dalam kegiatan di lapangan. Bukan karena—eh?”

    Seiryu tidak bisa mempercayai mata kepalanya ketika ia kembali menatap gadis itu.
    Air mata—menetes di pipinya.

    “Oi, kau…”

    “Pasti… Menyakitkan ya?”

    “Eh?”

    “Hidup seperti itu… Hidup sebagai seorang tentara sejak kau lahir… Pasti menyakitkan, bukan…?”

    Seiryu kembali bungkam. Tetapi bukan karena ia tidak ingin—ia benar-benar tidak bisa menjawab. Ia bahkan tidak tahu harus berbuat apa.

    Gadis berambut merah itu meletakkan pistolnya di lantai. Sedikit lunglai, ia mendekati Seiryu. Berjongkok, ia meraih tangan kanan Seiryu dan menggenggamnya erat.

    “Tangan ini… Terasa dingin,” katanya perlahan.

    “S-sudah kubilang, tangan ini buatan…”

    “Bukan itu.”

    Kedua mata yang tadinya terpusat di tangan kanan Seiryu—sekarang berhadapan dengannya. Berwarna hijau berkilauan bagaikan batu zamrud, seakan merasuk ke dalam diri Seiryu. Menusuk ke dalam hatinya yang terdalam.

    “Tangan ini sudah berlumuran darah sejak kau tidak mengetahui apapun… Itu sangat menyedihkan, kau tahu? Bertahun-tahun, kehangatan yang pernah dirasakan tangan ini mungkin hanya hangatnya darah manusia…”

    Bagaikan terhipnotis, Seiryu mendengarkan semua perkataan gadis itu tanpa memikirkan apapun—termasuk mengambil senjata di lantai.

    Ia hanya diam dan mendengarkan, menatap kedua mata kehijauan itu tanpa berkata sepatah kata pun.

    “Takdir terkadang begitu kejam….!” Dari kedua mata hijau itu, mulai mengalir air mata lagi.

    “Kau… kenapa kau menangis?” Seiryu yang begitu ingin tahu, akhirnya memutuskan untuk bertanya.

    “Aku bisa merasakannya… Semua penderitaanmu. Semua pengalaman yang seharusnya tidak pernah kau alami… Aku bisa mengerti semua itu.”

    “Kau… mengerti?”

    “Ya… Aku tidak berbeda jauh denganmu. Takdir jugalah yang membuatku harus mengangkat senjata… Aku tidak pernah menginginkan takdir yang seperti ini,” jawab gadis itu sambil menyeka air matanya.

    “Kau juga—”

    “Darahku. Keluargaku adalah keluarga pejuang… Mau tidak mau, aku harus meneruskan langkah mereka,” Gadis itu memotong pertanyaan Seiryu.

    Kemudian, air muka gadis itu berubah sedikit muram, “Tentu saja terkadang terpikir, apa jadinya jika jalan hidupku tidak seperti ini… Mungkin aku akan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan gadis seusiaku. Bersekolah, berteman… Semua itu, terasa jauh sekali…” Terasa nada kesedihan dari kata-kata gadis itu.

    “Tetapi aku tidak menyesali jalan ini. Aku bisa membantu banyak orang… Itu saja sudah cukup,” lanjutnya sambil tersenyum tipis.

    Setelah itu, hening. Gadis itu hanya terdiam, terus memandangi tangan Seiryu. Pemuda itu sendiri tidak tahu harus berkata apa, sehingga ia juga bungkam.

    Beberapa saat kemudian, gadis itu mulai meraba telapak tangan Seiryu. Tentu saja, yang bersangkutan tidak bisa merasakan apa-apa, karena itu adalah tangan mekanis yang tidak dipasangi sistem syaraf, agar performa-nya bisa maksimal. Namun entah mengapa—dalam hari Seiryu terasa sedikit kehangatan.

    Perlahan, bibir gadis itu kembali terbuka, “Hei, kalau kau mendapat takdir yang berbeda… Menurutmu, akan jadi seperti apa hidupmu?”

    “Ah—”

    Tiba-tiba, terdengar suara yang keras dari bebatuan di sebelah barat. Perlahan, cahaya mulai menyusup masuk, diikuti oleh sebuah Micro Tank. Di depannya, seseorang berjalan dengan pistol di tangannya—

    “…Eh?”

    Ketika Seiryu menyadarinya, gadis berambut merah itu sudah tergeletak di lantai. Dari kepalanya, perlahan darah merembes hingga membentuk kubangan.

    “Seiryu, kau tidak apa-apa?”

    “Suzaku….”

    Suzaku mendekat, sementara Micro Tank —yang sepertinya milik Genbu—terdiam di dekat reruntuhan. Suzaku membalikkan tubuh gadis itu, menunjukkan wajahnya yang separuh hancur.

    “Gretchen Logan—pemimpin pemberontakan Red Hands. Rupanya operasi pembunuhan Drake Logan berhasil, namun karena mata-mata kita juga terbunuh, kita tidak tahu nasibnya. Gretchen Logan mengambil alih posisi sebagai pemimpin, menjaga kestabilan organisasi. Kita baru saja mengetahui hal ini setelah menginterogasi beberapa anggota pemberontak. Semuda ini… Dia punya kharisma yang mungkin menyaingi ayahnya.”

    Seiryu menatap wajah separuh hancur itu dengan sedikit tidak percaya, “Jadi, gadis ini…”

    “Ya… Dia menggunakan Armored Frame untuk melarikan diri ke pesawat yang menanti di luar. Ia ingin mencari bantuan di Timur Tengah,” Lanjut Suzaku sambil meletakkan kembali tubuh Gretchen Logan, “misi berhasil. Kita kembali ke markas,” katanya sambil mulai berjalan menjauh.

    Seiryu bangkit, namun tidak langsung mengikuti Suzaku. Ia berjongkok di tengah kubangan darah, menatap wajah Gretchen. Ia menggenggam tangan kanan Gretchen, dan merabanya seperti yang Gretchen lakukan padanya.

    “Benar katamu… Cuma genangan ini saya yang hangat,” kata Seiryu sambil menutup mata hijau Gretchen yang hanya tersisa satu.


    ***

    “Tatsuki~”

    Byakko berjingkat, mendekati Seiryu yang menyendiri di bawah langit malam.

    “Kok kau tidak di dalam?”

    “Tidak… Kau tahu kan kalau aku tidak begitu suka keramaian?”

    Byakko tersenyum, “Aku tahu, kok. Aku juga tidak begitu suka pesta pora seperti itu. Yang di dalam cuma Ramon—dia makan terus. Thomas sepertinya masih di markas, mengurus berkas untuk misi kita selanjutnya.”

    “Begitu?”

    Seiryu kemudian mengamati sosok Byakko. Gadis yang sudah bagaikan adiknya ini, adalah anggota Unit Khusus GHOST Shi Sei Jyu, sama seperti dirinya.Tingginya tidak lebih dari 150 cm, seukuran anak SD atau SMP. Namun tubuhnya sudah dirombak total sehingga nyaris kehilangan kemanusiaannya. Gadis berambut hitam seleher ini—adalah senjata pembunuh berjalan yang sangat mahir menggunakan senjata tajam dan jarak dekat lainnya.

    “Hei, Byakko.”

    “Jangan panggil aku begitu. Kita sedang tidak bertugas… Lagipula, Thomas tidak ada di sini,” gadis itu menjawab tanpa melihat Seiryu.

    Seiryu menghela nafas, “Okelah… Shen.”

    Saat itu, Byakko berbalik menghadap Seiryu, dengan senyum lebar terpasang di bibirnya yang kecil, “Ya?”

    “Menurutmu… Kalau kau mendapatkan takdir yang berbeda, akan jadi seperti apa hidupmu?”

    Byakko terdiam sejenak sebelum menjawab, “Maksudmu kalau aku tidak berada di Shi Sei Jyu?”

    “Ya.”

    Byakko menutup kedua matanya.

    “Entahlah. Aku tidak punya bayangan.”

    “Benarkah?”

    “Imajinasiku tidak terlalu bagus sih,” katanya, masih dengan senyum di bibirnya, “aku… tidak bisa membayangkan hari-hari yang kosong, hari-hari dimana kita tidak berada di medan perang… Aku hanya tidak bisa membayangkannya sama sekali.”

    Seiryu tidak bicara. Ia diam, sambil menatap langit yang berbintang. Di kota yang baru saja dijadikan medan perang ini, sebagian besar lampu mati, sehingga bebas polusi cahaya. Langit di sudut dunia yang biasanya gelap gulita itu, sekarang gemerlapan bagaikan sebuah konser musik yang megah.

    “Tatsuki sendiri, membayangkan hidup yang seperti apa?”

    Di langit itu, Seiryu seakan bisa melihat kilatan cahaya hijau, yang mirip zamrud—

    “…Entahlah. Aku juga tidak bisa membayangkannya.”

    ***

    Semoga bisa dinikmati :maaf:
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Grande_Samael M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2011
    Messages:
    264
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +283 / -0
    Permisi numpang komen ya :peace:

    Baca paragraf2 awal bikin bingung coz karakternya banyak bgt, ditambah lagi ada karakter yang manggil temennya pake nama aslinya, dipadukan ma nama kode nya, jadi bingung deh akhirnya, hehehe :hahai:

    trus agak aneh juga si pas seiryu ngeliat cewek musuhnya trus langsung ditolongin, uda gitu ceweknya langsung luluh begitu aja.. rasanya janggal.

    tapi yang membuat menarik menurutku pas si ceweknya ditembak begitu saja sama anak buahnya si seiryu :fufu:

    overall ya, lumayanlah... :peace:
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. kyotou_yasuri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    Iyah diawal agak bingungin tp kalo udah baca glossary nya harusnya ga terlalu masalah kan? :hmm:

    Untuk bagian Seiryu nolongin cewek itu, emang gak pernah bener-bener ane jelasin (payah nih penulisnya.... :jotos ) tapi ane nganggepnya sih mungkin berbasis insting doang kali ya. Lah, kalo mengenai ceweknya 'luluh begitu saja', masa' sih? Dia baru luluh setelah ngerti masa lalunya si Seiryu kan? Kirain udah cukup jelas bagian ini :iii:

    Sori kalau rasanya agak campur aduk, ini karena banyak banget elemen baru yang ane jadiin eksperimen di cerpen ini, jadi banyak bagian yang masih kasar.

    Oke, tengkyu for the comment gan :maaf:
     
  5. red_rackham M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 12, 2009
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +355 / -0
    Mecha~! Akhirnya ada yang bikin fict mecha~!

    Uhum.... :ehem:

    Here i go

    Sebenarnya ini cukup menarik. Ada 4 legged mecha dan humanoid mecha, cyborg, dan yang pasti adegan tembak2an.

    Sayangnya plotnya ga terlalu solid. Misi 4 orang elit itu terkesan....setengah2. Lalu adegan dialog antara si Seiryu dan si cewek (Gretchen) itu tidak alami. Di tengah2 situasi kayak begitu, si cewek malah terkesan lemah dan simpati pada musuhnya, padahal baru pertama kali ketemu dan pastinya ga kenal dengan si Seiryu. Padahal dia pimpinan dari kelompok pemberontak Red Hands. Lain cerita kalo mereka udah beberapa kali ketemu (entah dalam battlefield atau gimana) dan lama2 si Gretchen simpati pada Seiryu (mirip plot2 di serial Gundam :-3).

    Selain itu, masalah dengan Red Hands itu tidak dijelaskan dengan memadai, sehingga ini membuat plot utama cerita ini (which is: memburu dan membunuh Drake Logan, pimpinan Red Hands) jadi tidak terkesan solid, karena masalah apa yang disebabkan si pimpinan dan kelompok pemberontak itu ga disebut2 dengan jelas.

    Btw....adegan si Gretchen ditembak mati kurang dramatis. Terlalu tiba2 dan tanpa dramatisasi adegan. Harusnya dibuat lebih dramatis, karena saia amati peran si cewek ini cukup sentral dalam cerpen ini (terlebih saia baca, part 2 adalah inti cerpen ini kan?).

    Anyway.....ini bagus kalau digali lagi, so keep on writing~! (o____<)b
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. kyotou_yasuri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    Wah, emangnya belum ada selain ane yang bikin fic mecha? :panda:

    Hmmm... Iya komentar kk emang bener banget. Ane berusaha numpukin banyak hal yang pengen ane coba2 di cerita ini, jadi kayaknya malah plot dan karakter jatuhnya kerasa datar. Ane pengen bikin novel tapi euduh :hot:

    Cuma sekedar nambahin, adegan Gretchen tiba-tiba nangis dan semacamnya itu sedikit terinspirasi dari seri UC Gundams (Terutama bikinan Tomino yang kadang karakternya berubah drastis dalam hitungan detik) :hmm:

    Tengkyu berat atas komen dan kritiknya nya yang super detil. :maaf:
     
  7. Adhyaksa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +11 / -0
    Keren~, tapi menurutku terlalu pendek. Mungkin tertarik dijadiin series?
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. kyotou_yasuri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    Hehe, niatnya juga gitu tapi nggak segampang dugaan....:madesu:
     
  9. Lazt_stand M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    4,286
    Trophy Points:
    193
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,432 / -0
    sy komen scr overall aja, nggak scr spesifik mcm rincian adegan

    sy jg masi newbie, baru nulis 1 fict di sini, so mungkin komen sy gak terlalu berbobot :maaf:

    ini temanya berat, mecha, melibatkan banyak negara, satuan khusus, jelas bgt itu semua berat. dan sy rasa tema smcm it rada susah dibikin cerpen yg dibatasi max 12000 kata

    sy pribadi nggak akan bs mbuat fict dgn tema semacam ini sbg cerpen

    usul sy, crita dgn tema ky gini bagusan dibuat panjang ato setidaknya ckup panjang bang
    sy kurang bs nangkep sesuatu yg "pull me in" ke dalam story sampeyan

    it aja komentar dr newbie seperti sy :maaf:

    Keep going :top:

    nb: silakan baca karya pertama sy di IDWS :malu
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. kyotou_yasuri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    Thanks for the comment :maaf:

    Memang kelihatannya cerita ini banyak istilah dan semacamnya, tapi inti ceritanya sebenernya simpel kok, nggak ada konflik yang muter-muter ala mecha anime :hehe: . Cuma latar belakangnya yang agak berbelit. Tapi yah, mungkin itu cuma pendapat penulis yang kurang memperhatikan sekitar sih :kecewa:

    Keputusan bikin cerpen untuk ini karena bikin yang panjang ala novel gitu sama sekali nggak gampang buat ane. Karena ane tetep pengen eksperimen, ya jadinya beginilah, cerpen setengah hati...

    Anyway, cerita ente ane bukmark dolo ye :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.