1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Benarkah Soekarno adalah anak dari Seorang Haji di pulau Buton?

Discussion in 'History and Culture' started by HerryFir2510, Feb 13, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. HerryFir2510 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2012
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +30 / -0
    [​IMG]

    Dalam kisah terbatas dikalangan masyarakat tertentu pulau Buton, dikisahkan bahwa ayah biologis Soekarno itu yakni Laode Muhammad Idris yang tak lain adalah cucu dari Syech Haji La Ode Ganiyu merupakan orang yang disegani dikalangan petinggi kesultanan Buton karena dia disamping ahli kanuragan, juga dia ahli perang, ahli sejarah dan budaya, ahli kebatinan juga ahli agama. Ketika terjadi peristiwa pemilihan calon Sultan Buton ke-33, dia sangat kecewa atas proses pemilihan sultan karena menurutnya mestinya dialah sebagai sultan Buton ke-33, namun ketika itu dia dihianati oleh kelompok petinggi dari Ba’dia, Keraton/Wajo.

    Sebagai akibat dari kekecewaannya itu, Pada tahun 1898 dia melarikan diri dan mengasingkan diri ke pulau Bali tepatnya di Buleleng dengan pergi meninggalkan pulau Buton ikut dengan kapal perahu pedagang membawa hasil-hasil laut pulau Buton. Dipermukiman dipesisir pantai Buleleng pulau Bali ketika itu banyak dihuni oleh orang-orang Buton para saudagar perahu dan pedagang dan tinggal disana. Disalah satu tempat saudagar itulah ayah biologis Soekarno yang bernama La Ode Muhammad Idris tinggal sementara sambil menenangkan diri.

    Dalam pengasingannya di Buleleng Bali, dia sering setiap waktu melihat anak gadis dengan paras cantik merupakan anak petinggi Kerajaan yang bernama Nyoman Pesek. Rupanya anak gadis dengan paras cantik ini bernama Ida Ayu Nyoman Rai dengan nama panggilan Srimben yang merupakan anak kedua Nyoman Pesek dengan ibunya bernama Ni Made Liran.

    Dalam kisah singkatnya, maka kawinlah La Ode Muhammad Idris dengan Ida Ayu Nyoman Rai dan tak lama kemudian lahirlah Soekarno kecil di Buleleng pulau Bali (6 Juni 1901). Namun masa kebahagiaan mereka hanya berlangsung singkat selama lebih kurang tiga tahun lamanya. Kemudian karena sesuatu hal penting terjadi masalah perselisihan antar golongan bangsawan di Pemerintahan Kesultanan Buton. Maka pulanglah ayah biologis Soekarno yang diperkirakan usia Soekarno kecil baru menginjak tiga tahunan. Selama La Ode Muhammad Idris meninggalkan Buleleng Bali kembali ke pulau Buton tak ada kabar berita juga tidak menafkahi lahir dan bathin Ida Ayu Nyoman Rai. Maka diapun hidup sendiri membesarkan Soekarno kecil hingga usia Soekarno menginjak lima tahunan. Waktupun berjalan, Ida Ayu Nyoman Rai melalui perantara sahabat dekatnya bernama Made Lestari memperkenalkan dia dengan seorang guru bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo. Dan selanjutnya bapak ini menaruh hati dan jatuh cinta dengan Ida Ayu Nyoman Rai lalu dibawah larilah ibu Soekarno kecil itu ke Surabaya yang hampir saja menimbulkan pertumpahan darah akibat dari persitiwa ini. Dan Raden Soekemi inilah yang pada akhirnya menjadi ayah Soekarno dan yang telah membesarkannya sebagaimana diriwayatkan dalam lembaran sejarah Indonesia.
    +-+-+-
    [​IMG]

    Kisah yang menguatkan
    1. DR (HC) La Ode Unga Wathullah di Makassar sekitar tahun 1980-an berkisah bahwa Soekarno itu merupakan orang Buton yang lahir di Bali dan karena sesuatu perasaan dendam dengan Buton, dia telah berjanji untuk tidak sama sekali menginjakkan kakinya di pulau Buton, kecuali bila ada urusan dan keperluan ketika semasa perjuangan persiapan kemerdekaan Indonesia dengan sultan Buton maka dia sempatkan bertemu dengan sultan Buton di Benteng Port Rotterdam Makassar.

    2. Dr.La Ode Supri Asadi atau sering dipanggil Dr. Upi, pada tahun 1970-an di Jakarta berkisah bahwa ayahnya diceritakan oleh guru Ali (nama panggilan) adalah seorang guru pada Sekolah Dasar Lawele Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara. Dikatakan dengan sangat yakin tanpa ragu-ragu bahwa Soekarno itu merupakan orang Buton. Untuk mengecek kebenaran kisah ini maka sekitar pertengahan tahun 1970-an di Jakarta guru Ali melalui perantara La Ode Asadi dipertemukan dengan La Ode Muhammad Tooha. Dan selanjutnya La Ode Muhammad Tooha mengantar langsung guru Ali ke rumah kediaman Sukmawati Soekarno Putri. Setelah ketemu dan melakukan konfirmasi masalah kisah tersebut dengan Sukmawati Soekarno Putri yang merupakan anak ke-empat dari Presiden Republik Indonesia Pertama Soekarno dari ibunya bernama Fatmawati, maka seketika itu juga Sukmawati Soekarno Putri mengatakan bahwa “pernah Bapak (Soekarno) menceritakan kepada mereka (sekeluarga) bahwa kakeknya adalah seorang haji yang tinggal di pulau Buton”… “Dan mereka akui bahwa nenek mereka itu berasal dari pulau Buton”. Dan setelah mengatakan itu semua, Sukmawati menambahkan bahwa Soekarno melarang lagi mereka semua untuk mengingat itu semua dengan alasan bahwa mereka sudah tinggal dan besar di pulau Jawa.

    Note:
    1. La Ode Moane Oba merupakan salah seorang Tim Kerja penyusunan sejarah Oputa Yikoo atau sultan Himayatudin yang merupakan sultan ke-20 dari susunan kesultanan Buton untuk mengusulkan ke Pemerintah Republik Indonesia agar mendapat gelar kepahlawanan atas perjuangannya melawan Belanda pada tanggal 24 Februari 1755.

    2. Dr.La Ode Supri Asadi salah seorang pengurus DPP Hanura pusat.

    Sumber : http://bumibuton.blogspot.com

    Note : di edit ulang dari originalnya supaya mudah di baca. :peace:

    sori klo repost :takut:
     
    Last edited by a moderator: Feb 13, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    pertamax :cheers:
    tapi ane ngga ngerti tuh pulau button tuh di mana :oghoho:
    soalnya di tipi - tipi ngga pernah nayangin sejarahnya Bung Karno presiden kita yang pertama ini :elegan:
    ato mungkin sejarah ini masih menjadi polemik di kalangan para wartawan dan menganggap berita ini tidak signifikan :ogelegan:
     
    Last edited: Feb 13, 2012
  4. HerryFir2510 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2012
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +30 / -0
    Pulau Buton ada di sulawesi tenggara, klo pelajaran geografi inget penghasil aspal. :toa:

    Buton ga kedengeran masuk ke sejarah Indonesia,

    Karena Kesultanan buton anti Hassanudin (pahlawan nasional dan Raja Kerajaan Gowa).:ogohno:
    Malah pro belanda:oghoho:

    Menurut cerita yang saya dengar dari bapak ku sendiri (ehhh iya bapak saya asli orang buton). Pendekatan kerajaan gowa tidak manusiawi dalam memperluas kerajaannya, membunuh anak kecil dan orang tua.. Sedangkan belanda lebih ke perjanjian-perjanjian dagang dalam menjalankan hubungan dengan kesultanan Buton. Dan kesultanan buton terjebak dalam intrik siasat bengis belanda.. Untuk melawan kerajaan gowa.. walaupun pada akhirnya pecah kongsi antara belanda dan kesultanan buton (konon lidah pemimpin angkatan laut belanda yang ada di perairan buton di potong secara metafisik)...

    :oggomen:
     
  5. Xchalant M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 26, 2008
    Messages:
    488
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +114 / -1
    Nama Soekarno itu pemberian siapa? sampai usia 3 tahun pasti sudah diberi nama sama orang tuanya kan?
    Menurutku Soekarno bukan nama yg familiar di buton kecuali apa bapaknya memang sengaja menghilangkan ciri asal kepulauan itu?
     
  6. HerryFir2510 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2012
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +30 / -0
    oh iya ya kenapa namanya Soekarno...:bingung:
     
  7. cutterline M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    Lah ini malah TSnya juga bingung kenapa namanya Soekarno...
    Kalo menurut 'sejarah yang dibenarkan' memang ayah Soekarno ga dikasih tau??
    Ane jujur aja ga paham soal beginian, mungkin bisa dikasih sumber yang 'dibenarkan'
     
  8. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    iyaya , baru kepikiran , kalo Soekarno itu kan nama nya lebih deket ke orang jawa :facepalm:
    berarti itu emang sengaja di kaburkan/dirahasiakan demi kepntingan politik :unyil:
     
  9. TerraMore M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 2, 2012
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +314 / -0
    mungkin sebagai kedok belaka gan
     
  10. HerryFir2510 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2012
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +30 / -0
    Sumber yang lain hanya dari cerita mulut ke mulut, dan sayang nya belum ada riset secara komprehensif mengenai hal ini:ogohno:

    Namun klo lihat di judul thread, secara ga langsung ane mempertanyakan hal ini :peace:
    mohon maaf jawaban ane tidak memenuhi ekspektasi ente:maaf:
     
  11. TNIC M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 7, 2011
    Messages:
    424
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +127 / -0
    hemm, fakta emang susah dicari jaman sekarang. apalagi bukti otentik :oghoho:
     
  12. BozzRaff Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 29, 2012
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    baca yang seperti ini nih baru buat kita nambah wawasan
    apalagi yang menyangkut sejarah tanah surga "INDONESIA"
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.