1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Medicine Stem Cell Therapy

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by Nawainruk, May 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nawainruk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,677 / -0
    Seperti yang kita ketahui bahwa HIV akan berujung pada kematian, namun dengan ditemukannya pengobatan baru ini pengidap HIV/AIDS memiliki harapan hidup labih panjang. Stem Cell therapy atau disebut juga pengobatan Sel Punca telah terbukti bisa membangkitkan sistem imunitas yang rusak karena infeksi virus HIV.

    Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh para ilmuwan di City of Hope Medical Centre, Duarte, California, disimpulkan bahwa terapi sel puna dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang rusak karena HIV menjadi baik kembali.

    Tekhnik yang telah ditemukan mengarah ke modifikasi genetika dari sebagian kecil dari sel punca (stem cell) pasien dengan gen yang menargetkan virus HIV yang memungkinkan untuk mendapatkan kekebalan dalam sel dan mempercepat replikasi sel-sel imunitas.

    Percobaan yang dilakukan pada lima pasien HIV tersebut menunjukkan peningkatan kondisi pasien, dimana sel-sel punca dapat tumbuh dan menghasilkan sel darah putih baru untuk melawan HIV. Namun demikian, metode ini pun masih dalam proses penelitian yang lebih lanjut.

    Sel Punca (Stem Cell) diambil dari tubuh pasien dan disuntikkan kambali agar bisa mengganti dan memulihkan sel jantung, hati, ginjal, atau pankreas yang agar menjadi lebih baik. Sel yang digunakan disebut CD 34 sel. Sel ini dapat mengubah dirinya menjadi bentuk sel matang. Stem Cell dapat diambil dari tubuh pasien sendiri (auto transplant), atau diambil dari manusia lain (alo-tranplant) maupun dari jenis mamalia lain (xenotranplant) untuk kemudian diperbanyak dan disuntikkan kembali ke tubuh penderita.

    Sel Punca (Stem Cell) adalah jenis sel manusi/mamalia yang masih memiliki kemampuan untuk membelah diri yang berguna untuk memelihara fungsi jaringan di tubuh, misal otot jantung, jaringan hati, sel ginjal, bahkan sel-sel otak, dan lain-lain.

    Keuntungan adult stem cell:

    * Dapat diambil dari sel pasien sendiri sehingga menghindari penolakan imun.
    * Sudah terspesialisasi sehingga induksi menjadi lebih sederhana.
    * Secara etis tidak ada masalah.

    Kerugian adult stem cell:

    * Jumlahnya sedikit, sangat jarang ditemukan pada jaringan matur sehingga sulit mendapatkan adult stem cell dalam jumlah banyak.
    * Masa hidupnya tidak selama embryonic stem cell.
    * Bersifat multipoten, sehingga diferensiasi tidak seluas embryonic stem cell yang bersifat pluripoten
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. gildaditya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    harapan baru ya.
    tapi masih dalam penelitian.

    semoga bisa jadi manfaat nantinya deh
     
  4. gerry1990 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    tapi bukannya kalo steam cell diambil dari tubuhnya sendiri berarti ada virus HIV nya donk??
    kalo aku liat di film the island,,ntar steam cell itu diambilnya saat kita baru lahir,,ntar sel tersebut akan di inkubasi dan dirawat terus sampai kita tua,dan jika nanti kita sakit begitu,dipakai deh steam cell itu,,
    mungkin di masa depan nanti bakal ada beneran yang kayak gitu,,
    :hmm::hmm:
     
  5. renandzz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    yoi dan bagi pmilik stem cell yg imun pnyakit bakal kaya mendadak (ato diculik org jht wkwk...)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.