1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

7 Kiat Sukses Jadi 'Anak Baru' di Kantor

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Nov 18, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    Menjadi anak baru di kantor memang bukanlah hal yang mudah. Jangan terjerumus dalam hal-hal kecil yang bisa membuat anda diasingkan. Pelajari 7 tips berikut ini.

    Setelah melalui proses rekrutmen yang menantang, kini saatnya Anda memasuki kantor baru. Seperti apa teman kerja, lingkungan, dan apakah mereka akan menyukai Anda tentunya membuat hati berdebar-debar.

    Jangan khawatir, selalu ada cara agar Anda mudah diterima. Ingat, jangan hanya fokus ke diri Anda tapi juga perhatikan lingkungan dan teman sekerja.

    1. Cara Berpakaian
    Anda adalah anak baru di kantor. Jangan berharap teman sekerja langsung bisa mengenali kepribadian Anda. Penampilan luar merupakan salah satu poin kesan pertama Anda. Gunakan pakaian yang pantas dan tidak berlebihan di hari pertama bekerja. Seperti apa gaya berbusana di kantor baru bisa Anda pelajari saat datang wawancara atau ketika proses rekrutmen di kantor tersebut. Jika Anda belum pernah sama sekali mengunjungi kantor Anda, tak ada salahnya memilih pakaian yang lebih rapih ketimbang yang lebih santai. Ini adalah momen untuk menciptakan kesan pertama, pastikan pakaian yang dipilih bisa memberi gambaran seperti apa kepribadian Anda di tempat kerja. Jangan menggunakan aksesori atau makeup berlebihan yang seakan meminta perhatian. Bisa jadi hal tersebut malah membuat Anda menjadi bahan omongan miring di tempat kerja baru.

    2. Budaya Kantor
    Mempelajari seperti apa budaya kantor baru Anda sangatlah penting. Ada kantor yang santai, formal, atau kombinasi antara keduanya. Pastikan Anda mempelajari dulu seperti apa budaya kantor Anda dari perilaku teman-teman sekerja, hubungan teman sekerja dengan atasan, dan sebaliknya. Ada kantor yang Anda bisa dengan santai menghampiri meja bos untuk berdiskusi, ada juga kantor yang bahkan Anda tak akan punya kesempatan untuk berbicara dengan bos besar Anda. Anda tentunya tak mungkin mengingat banyak hal dalam waktu yang singkat. Gunakan catatan untuk mengingat hal-hal yang penting.

    3. Kepribadian yang Positif
    Dalam proses bekerja, suatu saat Anda pasti membutuhkan bantuan rekan kerja. Jangan bangun dinding yang tinggi pada hari pertama kerja. Sapa rekan kerja yang Anda temui dengan senyum. Untuk awal, cukup sapa dengan senyum atau hai. Tak perlu terlalu keras berusaha mengobrol seakan Anda sudah mengenal mereka lama. Terlalu 'sok akrab' malah akan membuat Anda dijauhi di tempat kerja. Biarkan hubungan Anda tumbuh secara alami lewat proses interaksi sehari-hari. Pada masa-masa awal kerja, jika ada ajakan untuk hang-out selepas kerja, usahakan untuk ikut serta. Lewat kesempatan yang lebih santai tersebut Anda bisa mengenal rekan kerja lebih jauh dan mengakrabkan diri. Usahakan untuk seimbang dalam mendekati berbagai jenis rekan kerja. Terlalu banyak mendekati rekan kerja laki-laki atau terlalu memilih mendekati atasan akan membuat Anda cepat jadi bisik-bisik kantor.

    4. Mengingat Nama & Posisi
    Ini merupakan hal yang penting untuk membangun kesan pertama. Usahakan untuk mengingat nama teman sekerja Anda, minimal yang satu bagian atau divisi. Anda juga bisa membuat semacam peta nama agar mudah mengingat. Gambar secara umum posisi duduk dan tulis nama teman Anda untuk memudahkan mengingat. Pilih satu atau dua orang yang Anda ingat betul, lalu minta bantuan mereka untuk mengingat nama-nama teman lainnya. Mengetahui posisi orang tersebut di perusahaan juga penting. Jangan sampai sikut-sikutan di lift dengan rekan sekerja yang ternyata salah satu orang penting di perusahaan Anda. Memang tidak mudah untuk melakukan hal tersebut dalam minggu pertama. Lakukan bertahap dimulai dari orang yang paling sering berinteraksi dengan Anda.

    5. Bantu & Inisiatif
    Salah satu cara untuk mudah disukai di tempat kerja baru adalah menjadi rekan kerja yang senang membantu dan berinisiatif. Tentunya lagi-lagi jangan berlebihan. Pastikan pekerjaan Anda tetap bisa diselesaikan walau harus membantu tugas rekan kerja. Jika pekerjaan Anda sudah selesai, jangan hanya berdiam diri dan menunggu penugasan selanjutnya. Tanyakan kepada atasan atau rekan kerja apa yang bisa Anda lakukan atau siapa yang bisa Anda bantu.

    6. Semangat Bekerja
    Pernah saya memiliki rekan baru yang selalu datang telat dan sering pulang cepat. Hal tersebut tentunya bukan hal yang tepat untuk memberi kesan pertama yang baik. Usahakan selalu datang sedikit lebih cepat jika memungkinkan dan pulang setelah waktunya atau sudah ada rekan kerja lain yang pulang. Pelajari dulu bagaimana kebiasaan kantor baru Anda. Ada kantor yang karyawannya tidak pulang sebelum bosnya pulang. Ada juga yang bebas pulang pergi asal pekerjaan selesai. Untuk bulan-bulan awal selama Anda masih masa penilaian, usahakan selalu tepat waktu saat datang dan berkontribusi lebih. Setelah mempelajari kebiasaan perusahaan, pelan-pelan Anda bisa menyesuaikan diri. Salah satu kesan pertama yang harus dihindari adalah malas!

    Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah meminimalisir kepentingan pribadi pada jam kerja. Usahakan sesedikit mungkin chatting, membuka situs jejaring sosial, atau izin untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

    7. Hindari Bergosip
    Godaan terlibat bergosip memang kadang susah ditolak. Untuk masa-masa awal sebaiknya hindari terlibat dalam kegiatan pergosipan. Jangan sampai citra Anda sebagai anak baru menjadi miring karena ikut-ikutan berkomentar dan terlibat dalam tim gosip. Sebagai anak baru, sebaiknya perbanyakan teman daripada lawan.

    sumber : http://id.she.yahoo.com/7-tips-sukses-jadi--anak-baru--di-kantor-.html
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. brianrifkialfin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    97
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    wah cocok buat saya yang sebentar lagi terjun payung ke dunia kerja

    makasih ya kak tips nya :hero:
     
  4. jojoet Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +3 / -0
    pas banget nih bentar lagi gw mau pindah ke tempat baru....

    bisa langsung praktek nih...
     
  5. biksutong M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 25, 2011
    Messages:
    690
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +285 / -0
    penting ini.
    gue mau nambahin harus pinter pinter bersosialisasi dan ramah senyum.
     
  6. tecoomz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    62
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +7 / -0
    thanks banget buat infonya..
    kebetulan gw baru diterima di perusahaan baru...
    moga2 gw bisa lama kerja di tempat baru gw
    :hahai: :hahai:
     
  7. Chloe_Moretz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 16, 2011
    Messages:
    1,816
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,436 / -0
    makasih infonya, bentar lagi masuk tempat kerja baru soalnya :hehe:
     
  8. chikojamz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +188 / -0
    pas banget nih nambah pengetahuan buat jd anak kantoran bntr lg..
     
  9. elblackid M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 3, 2011
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +624 / -0
    dan yg pasti "harus selalu senyum" apapun kondisinya..

    iyalah, masa disuruh2 pasang muka gag enak??yg ada mah bakal dijadiin bahan gosipan gag enak sekantor..
     
  10. leezak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 18, 2009
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +117 / -1
    mantep neh infonya, buat jaga2 kalo pindah ke kantor baru jadi dah ada pegangan
     
  11. thania_putra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 14, 2011
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +15 / -0
    nice,, yg trpntg jg, hrz jaga perasan org lain agar tdk slh paham/ tersungging
     
  12. zulkryogi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +60 / -0
    waahh..cucok niiii...
    tp kok dihindari bergosip ya?? buknny terkadang gosip bs mencairkan suasana??
     
  13. juragancengos Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2010
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Betul juga nih,yang penting sih bawa diri aja.Kenalin situasi nya...ikutin kebiasaan nya...dan tetap senyum
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.