1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fortune Telling Asal usul zodiak

Discussion in 'Dunia Lain' started by Nathan_Prime, Nov 5, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nathan_Prime M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 22, 2010
    Messages:
    2,248
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +14,724 / -0
    Garis lengkung di langit, yang seakan-akan merupakan jalan yang dilewati Matahari dalam setahun, disebut Zodiacus, atau zodiak terbagi atas duabelas bagian atau duabelas gugusan bintang yang nama-namanya cukup terkenal lewat horoskop-horoskop: aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricornius, Aquarius dan Pisces.

    Dongeng kuno mengenai tanda zodiak itu adalah sebagai berikut:

    Aries

    [​IMG]

    Aries merupakan zodiak yang muncul pertama kali. Konon, Aries digambarkan sebagai domba jantan atau biasa disebut Ram. Domba jantan itu dianggap sebagai jelmaan dari Dewa Mesir kuno bernama Amon. Dalam mitologi Yunani. Zodiak ini digambarkan sebagai domba yang bertanduk emas (versi lain menyebutkan berbulu emas atau keseluruhan nya emas).

    Ceritanya, domba jantan itu dikorbankan untuk menyelamatkan seorang pangeran. Pangeran itu selamat. Karena pengorbanannya, Zeus menempatkan sang domba dilangit sebagai bintang. Bintang itulah yang kemudian diberi nama Aries.

    Taurus

    [​IMG]

    Zodiak Taurus yang dilambangkan dengan Banteng jantan, merupakan zodiak kedua. Menurut mitologi Yunani, banteng itu penjelmaan dari Dewa Zeus yang suka mengubah-ngubah dirinya. Pada jaman lampau, Zeus digambarkan sebagai penguasa kerajaan yunani. Zeus sangat kuat dan termasyhur. Selain itu, dia juga bijaksana. Kata Taurus berasal dari nama bintang Aldebaran yang disebut juga Alpha Tauri, yaitu bintang yang sangat cemerlang. Cahaya bintang yang kuat dan hebat ini cocok dengan gambaran Zeus yang hebat itu.

    Salah satu cerita menyebutkan itu adalah perwujudan Zeus ketika ia menculik putri Europa untuk diperistrikan. Cerita lain nya menyatakan bahwa banteng itu adalah Io yang dikutuk oleh Zeus dan dibawa ke angkasa.

    Gemini

    [​IMG]

    Gemini merupakan zodiak ke-3. Zodiak ini digambarkan dengan sepasang anak kembar. Lambang Zodiak tersebut memiliki banyak arti. Menurut Astrologi Mesir, Gemini dilambangkan dengan sepasang ayam jago kembar. Kekembaran ini, menurut metologi Yunani, dihubungkan dengan si kembar Romulus dan Remus, pendiri kota Roma.

    Menurut cerita, mereka yang berbintang Gemini berada di bawah naungan dua dewa, yaitu Castor dan Pollux. Atau bisa pula disebut Alpha dan beta Geminorum. nah, dari kata Geminorum inilah muncul zodiak gemini.

    Versi lain menyebutkan Gemini berasal dari anak kembar Zeus yang bernama Castor dan Pollux ketika memperistrikan anak raja Aetolia, putri Leda dalam wujud angsa.

    Cancer

    [​IMG]

    Kepiting atau Crab merupakan lambang zodiak Cancer. Sebagai zodiak ke-4, kepiting menggambarkan seekor makhluk yang sangat keras karena harus berjuang mempertahankan hidupnya. Menurut kepercayaan Yunani, kepiting ada hubungannya dengan dewa Hercules.

    Kisahnya, dahulu kala kepiting pernah mencepit kaki Hercules. Waktu itu, Hercules sedang berkelahi melawan Hydra yang dikirim oleh Hera, isteri Zeus(taukan cerita 12 tugas Hercules?). Meski kepiting tidak menang, toh Hera sangat berterima kasih padanya karena menolongnya melawan Hercules. Akhirnya, kepiting diberi penghargaan. Dia ditempatkan dilangit sebagai salah satu bintang.

    Leo

    [​IMG]

    Lambang zodiak ke-5 adalah singa. Binatang buas ini dihubungkan dengan Nemean, singa yang berhasil ditaklukkan Hercules sebagai salah satu 12 tugasnya. Sebagai orang yang perkasa, Hercules digambarkan bisa mengalahkan musuh-musuhnya dengan mudah. Bahkan, sejak bayi, hercules sudah sakti mandraguna. Waktu itu, dia bisa mengalahkan seekor ular yang sangat besar.

    Keperkasaan hercules itulah membuat orang yang berada dibawah naungan zodiak leo juga kuat dan perkasa. Leo berada di bawah naungan dewa Regulus atau Aplha leonis. Mungkin, nama leo diambil dari kata "Leonis" itu.

    Virgo

    [​IMG]

    Nama zodiak ke-6 itu digambarkan sebagai dewi yang kerap bertindak menjadi pelayan. Pelayan yang dimaksud bukan sembarang pelayan, Pelayan itu berwajah cantik, berambut emas, berjubah putih, dan membawa seikat gandum.

    Menurut kepercayaan Babilonia kuno, gadis pelayan tersebut dianggap sebagai dewi kesuburan. Orang yunani menganggapnya sebagai dewi panen. Virgo berasal dari kata Virgin, yang artinya gadis perawan. bagi mereka yang berbintang virgo, mereka berada dibawah naungan Spica alias Alpha Virginis.

    Ada beberapa versi cerita asal Virgo, pertama ia adalah Erigone, anak perempuan dari Icarius, yang merupakan contoh teladan untuk kebaktian anak terhadap orangtuanya.

    Yang kedua dia adalah jelmaan putri Astrea yang hidup di zaman emas. Pada waktu itu ia turun dari langit ke bumi. Tetapi ia tak tinggal di bumi, karena tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi, maka ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang.

    Libra

    [​IMG]

    Libra merupakan dewi keadilan. Zodiak Libra dilambangkan dengan seorang wanita (dewi keadilan) yang sedang memegang sebuah timbangan emas.Libra adalah zodiak yang ke-7. Makna yang terkandung pada timbangan itu adalah: orang yang berada dibawah naungan zodiak libra siap bertindak sebagi burung merpati perdamaian.

    Konon, bagi yang memiliki zodiak ini, berada di bawah lindungan dewa yang tidak bisa terlihat oleh mata. Seperti halnya untuk melihat keadilan itu sendiri.

    Kata Libra berasal dari bahasa Romawi kuno yang kerap dipakai sebagai ukuran berat. Sehingga, lambangnya cocok dengan timbangan.

    Scorpio

    [​IMG]

    Kalajengking berkaki delapan yang besar-besar dijadikan lambang zodiak ke-8 dalam urutan perbintangan. Bagi yang berzodiak kalajengking, ada di bawah naungan dewa Antares atau Alpha Scorpii.

    Menurut legenda yunani, kalajengking inilah yang menjepit kuda-kuda milik Helios(atau Apollo ya nama dewa matahari Yunani itu? lupa juga soalnya) dan anaknya, Paeton. Kuda-kuda itu kalah dan melarikan diri. Jadi, kekuatan kalajengking melebihi kekuatan seekor kuda. Itu pula sebabnya, bagi mereka yang berzodiak kalajengking atau scorpio, digambarkan sebagai orang yang kuat, cerdas, dan pantang menyerah.

    Beberapa versi lain menyebutkan karena terjadi adanya cinta segi empat antara Antara Orion (laki-laki), Arthemis, Aphrodite dan Aurora(3-nya ini perempuan). Karena ketampanan Orion, ia dicintai 3 dewi cantik sekaligus. Karena cemburu kepada kedua rivalnya, Arthemis mengirim kalajengking kepada Orion. Kalajengking itu menggigitnya hingga mati. Arthemis menyesal atas perbuatannya dan memohon kepada dewa Zeus agar Orion dijadikan bintang. Karena ia tidak bersalah, maka dewa Zeus mengangkatnya menjadi bintang dalam gugusan bintang scorpio.

    Satu versi lagi menceritakan Orion menganggap dirinya sebagai pemburu terbesar di dunia. Hal ini terdengar oleh Hera, istri Zeus, dan dia memutuskan untuk mengirim kalajengking pada Orion. Orion pun disengat hingga mati oleh kalajengking itu. Zeus menyesali hal ini dan menempatkan Orion di langit. Kalajengking itu pun juga ditempatkan di langit, sebagai rasi bintang Scorpio.

    Sagitarius

    [​IMG]

    Sagitarius masuk dalam urutan zodiak ke-9. Sang pemanah yang digambarkan menjadi lambang zodiak itu, wujudnya berupa campuran antara manusia dengan kuda yang disebut Centaurus. Sosoknya digambarkan dari pinggang sampai kepala berupa manusia yang akan membidik panahnya. Sedangkan dari pinggang ke bawah berupa tubuh seekor kuda.

    Menurut kepercayaan Yunani, Centaurus ada yang baik dan ada pula yang jahat. Sisi baiknya, dia mau menolong makhluk lain. tapi jeleknya, dia suka menculik gadis-gadis calon pengantin dari calon suaminya. Zodiak Sagitarius berada dibawah naungan dewa Sagitarius.

    Ada cerita yang menyebutkan Sagitarius berasal dari seorang Centaurus baik bernama Chiron, sahabat serta guru para dewa dan manusia. Ia mengajarkan cara menggunakan senjata dan memanah dengan baik. Karena jasa inilah, ia diangkat menjadi bintang.

    Capricorn

    [​IMG]

    Capricorn adalah zodiak ke-10 berwujud kambing jantan berjanggut dan berekor ikan. Ada beberapa versi juga darimana asal zodiak ini.

    Dahulu, di Yunani ada dewa bernama Pan. Suatu ketika, dia terpaksa terjun ke air untuk menghindari serangan monster Python. Saat melompat, dia mengubah dirinya menjadi hewan. Konon, bagian tubuhnya yang muncul dipermukaan air berubah menjadi kambing dan bagian yang berada di dalam air menjadi ikan.

    Cerita lain menyebutkan, Ialah kambing betina bernama Amaltheia, yang menyusuri Zeus ketika ia masih bayi. Ketika dewa tertinggi Olympus itu masih bayi, Zeus disembunyikan ibunya sebab takut dimangsa bapaknya yang ganas bernama Chronos. Karena jasanya, kambing ini lalu diangkat ke langit, dibekali cahaya dan jadilah bintang.

    Itulah sebabnya, bagi yang berzodiak Capricorn, bintang yang melindungi zodiak ini tidak begitu terang. Hanya terlihat jelas dibulan Agustus.

    Aquarius

    [​IMG]

    Zodiak ke-11 ini hubungannya erat sekali dengan air. Bahkan, lambangnya pun melukiskan seorang manusia yang sedang menuangkan air (aqua) dari sungai.

    Ceritanya, pada masa itu banjir melanda dimana-mana. Jadi, untuk mengurangi banjir, air itu harus dituang (dibuang dari sungai) dulu. Itu sebabnya, muncul manusia Aqua, yang jadi tempat berlindung buat kamu yang berbintang Aquarius.

    Versi lain menyebutkan pemuda yang menuangkan air itu adalah Ganimedes, pelayan paling setia dewa Zeus yang bertugas membawakan air minum untuk Zeus.

    yang lain mengatakan, bahwa Aquarius adalah Aristaeus, anak Apollo dan Cyrene, ayah Acteon yang dimakan anjing buruan nya sendiri.

    Pisces

    [​IMG]

    Zodiak ke-12 dan juga zodiak terakhir digambarkan sepasang ikan yang sedang berenang. Kedua ikan itu tidak berenang ke satu arah, tapi justru berlawanan arah. Satu melawan arus, satunya lagi mengikuti arus.

    Cerita ikan yang berlawanan arah itu berkaitan dengan Aphrodite si dewi cinta. Aphrodite bersama Eros (versi lain mengatakan Cupido, anak dari Aphrodite sendiri), temannya, harus menyelamatkan Typhon, monster berbentuk campuran ular dan manusia dari serangan berbahaya. untuk menyelamatkan Typhon, Aphrodite dan Eros harus mengubah diri menjadi ikan menyeberangi sungai Eufrat. Typhon akhirnya selamat. Pisces itulah gambaran Aphrodite dan Eros.(Versi lain mengatakan mereka berusaha kabur dari kejaran Typhon)

    Cerita lain mengatakan, bahwa kedua ikan itu ialah lumba-lumba yang membawa Amphitrite (istri Poseidon) ketempat Poseidon.

    Sumber
    1
    2
    3
    dan beberapa direfisi dikit

    :maaf: Karena sumbernya berbeda-beda, jadi mohon maaf kalo ada kesalahan segala macam :maaf:

    :maaf: kalo salah tempat silahkan dihapus moderator :maaf:
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Nov 5, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. EuzTaz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 10, 2011
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +69 / -0
    Wow , Mantap dari Centaur nih Zodiak ane .. :hero:
    Keren kali Setengah Manusia , Setengah Kuda ..
     
  4. belalang_tempur M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    1,173
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +559 / -0
    ane aries

    ane bangga soalnya seekor domba bisa begitu berarti dimata dewa sekaliber zeus

    ============================================================

    BTW PEJWAN
     
  5. Sagasano Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    10,709
    Trophy Points:
    296
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,827 / -14
    [​IMG]
    gambarannya pun seperti energi yang seimbang...
    Yin dan Yang :terharu:
     
  6. pilowz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 5, 2011
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,115 / -1
    wih, trnyata zodiak dari cerita romawi yah...
    baru tw gw taurus jelmaan zeus... :malu1:
     
  7. racay M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +214 / -0
    nice info gan :top:

    gw juga baru tahu kalo zodiac tuh berasal dari mitologi yunani

    btw saya adalah orang yang kuat, cerdas, dan pantang menyerah alias scorpio :hoho:
     
  8. HyugaHinata Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 18, 2010
    Messages:
    458
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +18,095 / -0
    Baru tau cerita mengenai zodiak saya ini :top:
    atau bahkan baru tau mengenai cerita semuanya :malu:
     
  9. ullen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    ini dia zodiak ane..... zodiak yang paling 'cool' mnurut ane sendiri wakakaka
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. totonpunk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +482 / -0
    Taurus memang oke banget
    Ternyata jelmaan dari zeus ya....
     
  11. kurosako Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 8, 2010
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +883 / -0
    saya juga pernah baca klo zodiak emg berasal dari mitologi yunani...
    di animenya pun juga ad....

    tp napa virgo it pelayan ya? :sedih1
    klo yg jelmaan dewi sih g mslh....
    pdhl saya bintangnya virgo...
     
  12. BabyOva Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 11, 2011
    Messages:
    384
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +39 / -0
    Wah, Aries zodiak pertama ya yang keluar. Sama banget kek zodiaknya, orangnya juga suka berkorban :hahai:
     
  13. thoms84 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 24, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ooo.. jadi aquarius itu nuang air kesungai ya.. untuk ngurangin banjir..
    dari dulu penasaran kenapa airnya di tuang
     
  14. hikaruchiha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 4, 2010
    Messages:
    516
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +51 / -0
    zodiak gw leo,, tp kok gw orang'a ga kuat kyk leo y?? :???:
     
  15. jack_sparoh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2012
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +29 / -1
    klo zodiak ke-13 gimana kabarnya ya:bloon:
     
  16. Kiryuu_Yuuzuki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    Berarti yang berzodiak sagitarius demen nyulik calon istri/suami donk :hahai:
     
  17. udhindbokek Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    :gunsmilie::gunsmilie:
    Leo gan
    sangar juga ternyata ya...

    trs orang-orang klo ramal zodiak itu taunya dari mana ya?
    bukannya percaya zodiak, cuman kok klo dirasa-rasa itu ramalan zodiak kyk emang ada benernya ya.. atau cuman kebawa sama mitos aja ya?
    :rokok::rokok:
     
  18. erdizier123 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 29, 2012
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +31 / -0
    nice info gan

    gw juga baru tahu kalo zodiac tuh berasal dari mitologi yunani

    btw saya adalah orang yang kuat, cerdas, dan pantang menyerah alias scorpi
     
  19. serasaaaa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    saya scorpio juga sama kaya diatas
    tapi ane nggak terlalu kuat :onion-10:
     
  20. vaxyu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 3, 2011
    Messages:
    412
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    wah banyak yg ngaku g terlalu kuat ya

    mugkin kuatny bkn c5 d fisik aja
     
  21. dani_kupo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 1, 2011
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kan ada zodiak 13 gan, ular klo g slh, gimana itu gan,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.