1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Disease Membedakan Pilek Dengan Flu

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by smkosasih, Oct 29, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Orang awam kebanyakan sulit membedakan antara flu dan pilek (cold), padahal keduanya memiliki konsekuensi yang berbeda. Asal tahu saja, flu lebih berbahaya dari pada pilek. Lalu bagaimana membedakannya?
    [​IMG]
    Belajar mengenali pilek atau flu sangat penting, karena flu dapat menyebabkan komplikasi serius seperti radang paru-paru (pneumonia) hingga kematian. Segera mengobati flu dalam waktu 48 jam setelah munculnya gejala adalah langkah yang terbaik.

    Cara mengenali pilek dan flu seperti dilansir dari WebMD, adalah:

    1. Flu Datang dengan Cepat dan Tiba-tiba
    Gejala flu seperti sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, nyeri otot, hidung mampet dan batuk cenderung datang tiba-tiba dan lebih intens dari gejala pilek. Pilek biasanya hanya menyebabkan hidung meler atau tersumbat.

    Gejala flu biasanya membaik setelah dua sampai lima hari, tapi kemudian merasa lemah selama seminggu atau lebih. Pilek datang secara bertahap dan berakhir setelah sekitar satu minggu.

    2. Demam Biasanya Pertanda Flu
    Beberapa orang mungkin sedikit mengalami demam ketika pilek, namun kebanyakan tidak. Sedangkan pada flu, penderitanya akan mengalami demam 37-38 derajat Celcius atau lebih tinggi. Demam flu pada anak-anak cenderung lebih tinggi suhunya dan anak-anak lebih mungkin terserang demam karena flu biasa.

    3. Kelelahan Karena Flu Bisa Berlangsung Berminggu-minggu
    Ketika sudah terserang flu, penderitanya akan mulai merasa sangat lelah dan pegal di seluruh tubuh. Kelelahan dan kelemahan tersebut dapat berlangsung sampai 3 minggu atau bahkan lebih lama pada orang tua dan penderita penyakit kronis atau gangguan sistem kekebalan tubuh.

    Sedangkan pada pilek, gejalanya hanya berlangsung beberapa hari.

    4. Pilek dan Flu Dapat Menyebabkan Sakit Kepala
    Sakit kepala bukan merupakan indikator flu yang dapat diandalkan, karena pilek juga dapat menyebabkan sakit kepala. Tapi sakit kepala yang disebabkan oleh pilek cenderung lebih ringan daripada yang disebabkan oleh flu.

    5. Batuk Pertanda Pilek Maupun Flu
    Karena pilek dan flu adalah penyakit pernapasan yang mempengaruhi saluran udara, kedua-duanya dapat menyebabkan batuk.

    6. Pneumonia atau radang paru-paru adalah infeksi paru-paru yang dapat menjadi komplikasi dari flu.
    Hubungi dokter jika mengalami batuk terus-menerus, demam lebih tinggi dari 38 derajat Celcius, meriang, kesulitan bernapas, sesak napas, atau nyeri dada akibat batuk, atau batuk berdahak kuning kehijauan atau berdarah.

    7. Sakit telinga Bisa Disebabkan Karena Pilek atau Flu
    Pilek dan flu dapat menyebabkan sakit telinga karena mengiritasi saluran eustachius yang menghubungkan tenggorokan dengan telinga tengah. Iritasi dapat menyebabkan nyeri atau rasa terbakar. Sakit telinga karena pilek dan flu biasanya hilang dengan sendirinya.

    Jika rasa sakit berlangsung lebih lama dari penyakitnya atau tiba-tiba merasakan sakit yang sangat, temuilah dokter. Mungkin telah terjadi infeksi telinga dan perlu perawatan.

    8. Pilek Dimulai Dengan Sakit Tenggorokan
    Kebanyakan pilek dimulai dengan sakit tenggorokan selama satu sampai dua hari. Hidung meler dan tersumbat juga umum dijumpai. Sakit tenggorokan juga dapat merupakan gejala flu. Tapi pada flu, sakit tenggorokan disertai dengan kelelahan dan gejala lainnya yang sering terjadi secara bersamaan.

    9. Hidung Tersumbat Rata-Rata Disebabkan Pilek
    Kecuali jika disertai demam yang sangat sakit dan menguras energi, hidung tersumbat umumnya disebabkan oleh pilek, meskipun banyak orang dengan flu juga melaporkan hidung tersumbat dan bersin.

    10. Baik pilek maupun flu dapat menyebabkan infeksi sinus.
    Gejalanya ditandai dengan rasa sakit yang dalam dan konstan di tulang pipi, dahi, atau hidung. Rasa sakit biasanya makin memburuk jika menggerakkan kepala tiba-tiba.

    11. Tes Flu Dapat Mengenali Flu dengan Cepat
    Cara tercepat dan paling efektif untuk mengetahui apakah terserang flu atau pilek adalah dengan menjalani tes di kantor dokter. Dengan memeriksa hidung atau tenggorokan, dokter dapat mengetahui apakah itu pilek atu flu hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

    Jika ternyata positif mengidap flu dan gejalanya telah dimulai sejak 48 jam terakhir, dokter akan menyarankan pengobatan antivirus untuk mempercepat penyembuhan.

    12. Segera Mulai Pengobatan Anti Flu
    Flu bisa menjadi berbahaya, tapi obat-obatan antivirus dapat membuat pasien merasa baikan dan mempersingkat waktu sakit satu atau dua hari jika dimulai dengan segera.

    13. Obat Pilek Bisa Kurangi Gejala
    Obat-obatan yang biasa dibeli di apotek seperti dekongestan, obat batuk, dan antihistamin dapat meringankan gejala hidung mampet, batuk, dan hidung meler. Acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen dapat mengobati nyeri atau sakit kepala.

    14. Bacalah bahan aktif dan peringatan pada semua label produk.
    Kebanyakan obat batuk dan flu mengandung bahan yang sama, sehingga bisa menyebabkan overdosis secara tidak sengaja.




    Pencegahan Pilek dan Flu: Cuci Tangan
    Mencuci tangan dengan benar dapat membantu mencegah penyebaran flu. Gosoklah kedua tangan dengan sabun dan air hangat selama 20 seconds Jangan lupa gosok juga sela-sela jari dan sekitar kuku. Bilas dan keringkan secara menyeluruh. Pembersih tangan berbahan dasar alkohol juga terbukti ampuh.

    Seringlah mencuci tangan selama musim pilek dan flu, terutama setelah batuk, bersin, atau meniup hidung. Jika tidak dapat menemukan tisu, bersin atau batuklah ke siku, jangan ke tangan.

    Pencegahan Flu: Vaksin
    Vaksin flu terbuat dari virus flu dalam versi yang tidak berbahaya untuk membantu tubuh mengenali dan melawan flu sebenarnya. Vaksin ini sangat penting untuk anak-anak berusia 6 bulan ke atas, ibu hamil, orang dewasa berusia 50 tahun ke atas, dan pasien penyakit kronis atau penyakit sistem kekebalan tubuh. Anak sehat yang berusia 2 tahun ke atas dan orang dewasa sehat berusia di bawah 50 tahun yang tidak hamil dapat memilih vaksin semprot hidung.




    Apakah Flu Babi (H1N1) Masih Mengancam?
    Flu babi pernah mengguncang dunia pada tahun 2009, namun wabah ini resmi berakhir pada tahun 2010. Vaksin flu yang ada saat ini mampu melindungi dari flu babi dan flu musiman.

    Flu babi dan gejala-gejala flu musiman biasanya berupa batuk, sakit tenggorokan, demam (meskipun tidak semua penderita flu mengalami demam) dan nyeri badan. Banyak pasien flu babi juga mengalami gangguan perut seperti muntah dan diare.


    sumber:detikHealth

    tambahan

    Flu dan pilek (cold) adalah dua penyakit yang memiliki konsekuensi yang berbeda tapi gejala yang ditimbulkan nyaris serupa. Meski risiko flu lebih berat dari pilek namun keduanya bisa dicegah keparahannya mulai dari gejala awal.
    [​IMG]
    Dibanding pilek, flu dapat menyebabkan komplikasi serius seperti radang paru-paru (pneumonia) hingga kematian. Maka itu flu harus diobati dalam waktu 48 jam setelah munculnya gejala adalah langkah yang terbaik.

    Gejal pilek dan flu tersebut dapat berupa rasa gatal dan sakit pada tenggorokan, kepala terasa berat dan sakit, pegal-pegal, dan lain-lain. "Orang dewasa rata-rata terserang pilek 3 kali setiap tahun, masing-masing berlangsung rata-rata 9 hari," kata Jane Sadler, MD, seorang dokter praktek keluarga di Baylor-Garland Rumah Sakit, Garland, Texas seperti dikutip dari Health.

    Beberapa cara untuk mencegah keparahan gejala pilek dan flu antara lain:

    A. Begitu merasakan gejala awal

    1. Mulai memperbanyak minum air putih atau jus
    "Minum lebih banyak air atau jus dapat untuk menghindari gejala dehidrasi seperti, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat," kata William Schaffner, MD, profesor dan ketua Bagian Kedokteran Preventif di Vanderbilt University School of Medicine.

    2. Berkumur dengan air garam
    Untuk meredakan tenggorokan gatal tambahkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. "Garam dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi di tenggorokan," kata Philip Hagen, MD, editor kepala medis di Mayo Clinic.

    3. Pastikan hidung bersih dan tidak mampet
    Menggunakan semprot hidung yang mengandung saline segera setelah gejala pertama pilek muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hal tersebut dapat mencegah perkembangan gejala lebih lanjut. Selain itu, sebaiknya juga mandi dengan air hangat.

    B. Dalam dua jam pertama

    1. Membeli obat ke toko terdekat
    Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen untuk melawan rasa sakit. "Obat-obatan alergi yang dijual bebas, seperti Zyrtec dan Benadryl, dapat membantu meredakan gejala seperti hidung meler dan mata berair. Obat-obatan alergi yang mengandung dekongestan, seperti Claritin D atau Alavert D, akan membantu membersihkan sinus," kata Mark Moyad, MD, MPH, Jenkins/Pokempner director of preventive and alternative medicine di University of Michigan Medical Center.

    2. Tidak harus mengonsumsi obat yang dijual bebas bisa juga madu
    Madu dapat berguna untuk meredakan gejala pilek, Kata Harley Rotbart, MD, profesor dan wakil ketua pediatrics and pediatric infectious diseases di University of Colorado School of Medicine.

    Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi 1 sampai 2 sendok makan madu secara langsung atau dengan cara dicampurkan ke dalam teh. Sehingga tidak harus mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas.

    C. Selama enam jam berikutnya

    1. Lebih banyak beristirahat
    "Tubuh dapat melawan virus dengan lebih baik jika tubuh telah beristirahat dengan cukup," kata Janet O'Mahony, MD, seorang dokter penyakit dalam di Mercy Medical Center in Baltimore. Untuk menjaga dari berbagi kuman, maka cuci tangan secara teratur atau menggunakan gel disinfektan yang berbasis alkohol.

    2. Terus menyeimbangkan asupan cairan
    Terus minum banyak air, jus, teh, atau dapat dengan makan sup ayam untuk makan siang.

    3. Melakukan latihan fisik ringan
    "Latihan fisik ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata Dr. Sadler.

    D. Sehari setelahnya

    Diet sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi pilihlah menu makan malam dengan makanan yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, dan banyak sayuran yang kaya antioksidan. Mandi dengan air hangat sebelum tidur. Kemudian tidur dengan kulitas yang baik dan waktu yang cukup.

    E. Hari berikutnya

    Jika masih merasa tidak ada kemajuan atau kondisi tubuh justru memburuk dengan gejala seperti, demam, mulai muntah, atau sakit kepala yang semakin buruk, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Karena hal tersebut mungkin menunjukkan bahwa Anda memerlukan obat-obatan antivirus, antibiotik atau pengobatan lainnya.

    sumber:detikHealth
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 2
    Last edited: Jul 12, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Penting banget ni informasi.
    Jadi kita mesti tau bedanya common cold (pilek) sama influenza (flu).
    Influenza lebih parah, dan bisa bikin pasiennya tergeletak di tempat tidur.
    Sedangkan pasien common cold biasanya masih bisa jalan2, cuma batuk ma pilek aja yg menonjol.
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. fallofthe3rdreich M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,067
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,987 / -0
    nambahin juga, walaupun berbeda terapi untuk keduanya relatif hampir sama..
    pada prinsipnya infeksi virus (flu) bersifat self limiting disease (bisa sembuh sendiri) jadi obat hanya bersifat mengurangi gejala yang timbul

    di jerman saya pernah liat sendiri, untuk common cold pasien hanya disuruh istirahat dan minum-minuman hangat
    sementara untuk flu bisa diberikan antiviral (mis, oseltamivir ; amantadine, ga usah repot2 nyari di apotik sini ga ada yg jual. hanya ada di apotik RS tipe A)
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. jatiwulung Members

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2011
    Messages:
    595
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +56 / -0
    :???: pengaruh iklim juga ya? Jerman kan selalu lebih dingin daripada Indo
    :keringat: RS tipe A buat elit ya, itu sebabnya flu bisa berakibat fatal?
     
  6. fallofthe3rdreich M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,067
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,987 / -0
    ga juga, maksudnya ga perlu minum obat juga bisa sembuh sendiri..
    bukan masalah elit enggaknya, akreditasi RS dibuat berdasar kelengkapan SDM dan fasilitas.
     
    • Like Like x 1
  7. nikoankabut Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo menurut ane, Flu itu ada 2 obatnya yang sangat manjur = Makan yang banyak + Istirahat Total..
    it's worked!
     
  8. garuda_guard Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 19, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +3 / -0
    informasi yang sangat membantu
    sebelumnya saya gak tahu tuh kalo pilek n flu itu beda, kirain sama aja
    btw vaksin flu didapat dimana ya?
     
  9. andreey M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    909
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +4,943 / -0
    iya gan bener. malah saya kira flu dan pilek itu sama aja.
    bahaya benget kalo saya sampai gak tau.
    soalnya kalo pilek saya suka cuek aja gak diobatin paling istirahat.
    berguna jg buat keluarga nih

    thanks banget utk infonya
     
  10. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,918 / -0
    Kalau flu di biarin aja nanti juga sembuh sendiri
     
  11. andrew_sheva Members

    Offline

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    rasanya percuma kalau flu diobatin...
    aku pernah flu belom parah diobatin...alhasil ga sembuh2
    dibiarin sampe parah dulu baru diobatin
    soalnya kalau belum parah diobatin malah ga sembuh2...
     
  12. zakaroth Members

    Offline

    Joined:
    Sep 16, 2009
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Setahu saya juga flu tidak akan pernah bisa "dihilangkan" karena virusnya yang selalu berevolusi menjadi lebih kuat.

    Yang bisa kita lakukan adalah menjaga kondisi tubuh agar sistem imun bisa menangkal virus-virus tersebut.
     
  13. arienyan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2012
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    informasi yang bagus..

    kalau saya yang paling penting menjaga kondisi tubuh, ketika gejala flu atau pilek mulai terasa, segera istirahat yang cukup dan jaga pola makan..
     
  14. hydenista M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 5, 2011
    Messages:
    320
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,456 / -7
    Kalo gw biasanya dari gejala flu trus pilek :bloon:
    Nah tar pileknyha sembuh jadi batuk berdahak :dead:
    Selalu seperti itu, borongan mulu, ga pernah pilek doang :dead:
     
  15. boulevard32 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 10, 2011
    Messages:
    992
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +182 / -0
    mantebs sesuai dengan pengalaman ane nih
    kadang kalo tenggorakn dah ga enak banget pasti besoknya pilek
    nah kalo malem meriang pagi sih g ketauan gejalanya tapi siangnya tuh
    pilek bersin sambil punyeng flu deh
     
  16. GFA Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,299 / -0
    Lebih baik kita menjaga tubuh kita dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup dan menjaga tubuh kita agar tetap sehat
    Flu akan menyerang kita jika kondisi imun tubuh sedang melemah
     
  17. intel_inside M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 28, 2011
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +5,910 / -0
    Mantap banget infonya, sering menyamaratakan pilek n flu soalnya..
    Pantesan lama banget gue sembuhnya, ternytaa treatmentnya bakalan beda...

    Kalo pilek biasanya tinggal istirahat, nah yg flu musti ke dokter..
     
  18. sora_boyz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +612 / -0
    ribet bgt ya cara bedainnya, haha....
    liatnya aja dah pusing.... :pusing:
    tp klo sebutan gw klo terkena begitu selalu bilangnya pilek ga pernah flu loh... :peace:
    trus flu lebih identik kek flu burung ya, haha... klo pilek lebih ke dr manusianya.... *sotoy
     
  19. rezzoku M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    1,010
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +20,719 / -0
    ou baru tau ane ada yang kyk gini , kl aen yg seirng jumpai
    biasanya sakit tenggorokan dl kyk terasa panas stlh itu baru hidung meler dah.
     
  20. kasugaromio Members

    Offline

    Joined:
    Jun 20, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah.. cukup sulit juga ya bedain ny..
    tp tips yang kumur pake air garam tu bner2 efektif.. ane dah nyoba, it work.
     
  21. toni_folksy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 23, 2012
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    baru tau kalo pilek tu beda sama flu.
    kalo lagi kena sih biasanya istirahat aja trus sembuh. jarang minum obat
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.