1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna 7 Maksud Tersembunyi di Balik Kebiasaan Kucing

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Hyperangel, Oct 22, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    Yang selama ini kita percaya : Kucing mempunyai beragam cara untuk berkomunikasi dengan sesama kucing dan manusia, salah satunya adalah dengan mengeong.


    1. Mengeong

    [​IMG]

    Suara kucing ini sangat khas saat dia ingin bermain, saat dia lapar, ataupun hanya menyatakan rasa terima kasihnya pada kita.

    Faktanya : Kucing beradaptasi dan berevolusi, tidak seperti keluarganya di alam liar, kucing rumah mengembangkan kemampuan khusus untuk meniru suara bayi manusia.

    Penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa suara mengeong kucing mempunyai frekuensi yang sangat mirip dengan suara tangis bayi.

    Hal ini tentu membuat kita bergegas untuk menuruti permintaan si kucing. Kebetulan saja? Tidak, ini adalah mekanisme adaptasi dan evolusi tingkah laku kucing agar bisa bertahan hidup menjadi peliharaan kita.



    2. Mengubur kotoran mereka

    [​IMG]

    Yang selama ini kita percaya : Kucing adalah hewan yang bersih. Tiap kali buang air besar, dia selalu akan menguburnya. Hal ini tentu sangat membantu si pemilik.

    Faktanya : Insting 'kebersihan' ini tidak timbul begitu saja. Kucing adalah predator dengan ukuran tanggung, yang artinya dia masih punya banyak musuh yang jauh lebih besar darinya di alam bebas. Bagaimana dia mengatasinya?

    Dia mengatasinya dengan 'menyelundup' ke daerah kekuasaan predator lain ataupun kucing lain yang lebih dominan. Kucing yang tidak dominan tidak ingin keberadaannya diketahui karena itu berarti perkelahian yang sulit mereka menangkan?

    Bagaimana ketika kucing anda ternyata tidak mengubur kotorannya? Berarti kucing anda merasa dia adalah predator paling dominan di lingkungannya sehingga dia tidak perlu menyembunyikan kotorannya, malah justru menandai wilayahnya.



    3. Menggosokkan tubuhnya dengan manja

    [​IMG]
    Yang selama ini anda percaya: Inilah cara kucing bermanja-manja dengan pemiliknya, juga untuk mengucapkan rasa terimakasih.

    Faktanya : Seperti mamalia lain, kucing mempunyai kelenjar penghasil feromon pada kulitnya, kelenjar ini banyak terdapat di dekat ekor, sisi samping tubuh, dan leher dekat muka.

    Feromon ini digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama kucing mengenai berbagai hal, misalnya batas wilayah, kepemilikan dan jenis kelamin kucing tersebut.

    Dengan menggosokan tubuhnya ke anda, kucing anda mengklaim anda dengan label 'Milik si manis, jangan sentuh'.



    4. Mendesis

    [​IMG]

    Yang selama ini anda percaya : Kucing pada dasarnya menghindari perkelahian. Bila berselisih dengan sesama kucing mereka akan lebih banyak saling memberi peringatan dengan mendesis dan menarik telinganya ke belakang.

    Hal ini juga berlaku ketika mereka tidak dalam mood yang baik untuk bermain dengan anda, mereka akan mendesis untuk memberi peringatan pada anda bahwa mereka tidak dalam mood yang baik.

    Faktanya : Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kucing merupakan predator dengan ukuran tanggung dan mereka sebisa mungkin menghindari pertarungan dengan hewan yang lebih besar. Bagaimana caranya?

    Di sinilah hebatnya kemampuan adaptasi kucing, mereka akan meniru binatang yang sangat ditakuti, bahkan oleh predator yang lebih besar yaitu ULAR.

    Dengan mendesis dan menarik telinganya ke belakang serta membungkukkan badannya, kucing akan terlihat seperti ular berbisa yang sedang mendesis. Hewan yang lebih besar tersebut seringkali justru menjadi takut dan membatalkan niatnya untuk menyerang si kucing



    5. Mandi ala kucing

    [​IMG]
    Yang selama ini kita percaya : Kucing adalah hewan yang peduli akan kebersihan. Dia akan selalu menjaga tubuhnya tetap bersih dengan menjilatinya.

    Faktanya : Kucing menjilati tubuhnya untuk menghilangkan bau lain, termasuk bau anda. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kucing mempunyai kelenjar yang menghasilkan feromon untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

    Bila terdapat bau lain, maka komunikasi ini tidak akan maksimal, untuk itu kucing menjilati bulunya. Dia menyingkirkan bau lain yang melekat di tubuhnya (termasuk bau anda) dan menstimulasi kelenjarnya untuk kembali menghasilkan feromon. Jadi jangan heran bila kucing anda selalu menjilati tubuhnya setelah anda peluk.



    6. Memberi kado hasil buruan

    [​IMG]
    Yang selama ini kita percaya : Kucing adalah pemburu alami, maka jangan heran bila dia akan membawakan anda burung atau tikus hasil buruan mereka. Ini adalah 'persembahan' kepada ketua kelompok, seperti pada kelompok kucing yang lebih besar, yaitu singa.

    Faktanya : Kucing berbeda dengan singa. Singa merupakan hewan yang hidup berkelompok sedangkan kucing cenderung tinggal sendiri.

    Kucing mengajarkan pada anggota keluarganya yang lain bagaimana cara berburu melalui berbagai tahap, tahapan yang paling pertama adalah membawakan binatang hasil buruan ke anak mereka untuk 'dibuat mainan', baru kemudian induk kucing akan berlanjut ke tahapan berikut dengan mengajarinya berburu.

    Anda 'dikado' hasil burunannya? Sisi baiknya, anda dianggap bagian dari keluarganya.



    7. Ritual Kucing Kawin

    [​IMG]
    Yang selama ini kita percaya : Kucing betina tidaklah mudah untuk dikawini. Perlu proses merayu yang lama hingga berjam-jam hingga sang kucing jantan bisa mengawini sang betina.

    Faktanya : Kucing betina memang tidak langsung menerima jantan yang mengajaknya kawin. Apakah karena harga diri? Atau karena ingin dirayu dulu?

    Ternyata tidak, saat ada jantan yang mengajak betina untuk kawin, sang betina akan mengeong keras memanggil semua pejantan lain untuk berkompetisi.

    Yang menang akan mendapatkan hak istimewa untuk kawin dengannya. Hal ini merupakan naluri wajar karena sang kucing betina hanya menginginkan sperma terbaik dari kucing jantan paling kuat yang masuk ke rahimnya.


    Sumber
     
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. kitaru Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 28, 2011
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +845 / -0
    hehehe...lucu2 ya. kucing ane jorok tuh gan...pd point 2, beol ga pernah d kubur...he jorok... pd point 6, ane belum pernah seumu2 d kasih hasil buruan ma kucing ane, malahan ketika berburu tikus, tuh kucing kaga berani....
     
  4. a1d12s88 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    24,222
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +73,179 / -0
    7 kegiatan kucing dah pernah liat semua terutama kucing kawin .. rumah sekarang jadi ajang kucing kawin
     
  5. ttopengg M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 13, 2011
    Messages:
    610
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +126 / -0
    baru tau soal yg mengubur kotoran tu gara2 dominan dan tidak dominan.. :haha:
    kalo anjing kan kalo ga salah kecingnya buat menandai tempat.. kucing ko aneh.. :bingung:
     
  6. yopisukita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    206
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,025 / -0
    hahahhahaha lucu nya kalo mendesis itu kucing ane tiap liat muka ane pengen nya mendesis mulu tau gara2 apa hahahahha?? aneh aj itu kucing.. itu setiap kalo ane liat muka dia mendesis kox... ada msalah ap ya?? hahahhaa
     
  7. felix12 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    487
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +9 / -0
    Ternyata kucing itu lumayan pintar juga ya.

    Ternyata begitu alasannya mengapa kucing kalau menangis terdengar seperti suara bayi
     
  8. Will M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,932
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,282 / -0
    pantesan pas denger suara bayi nangis malah sering dikira suara kucing :lol:

    ternyata itu salah satu bentuk adaptasi untuk bisa berada di sekeliling manusia :top:
     
    • Like Like x 1
  9. zhuko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    1,183
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +350 / -0
    ou, ternyata kalo lagi ngeong2 kenceng gitu tandanya mau kawin tho,...
    wah kalo udah gini berisik banget,...
    :facepalm:
     
  10. pulpenbujel M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    6,719
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,558 / -0
    wkwkwkw...
    sikapnya kayak manusia juga ya...
    pilih2 kucing mana yang pas buat dirinya... :lol:
     
  11. confalz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2011
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +132 / -0
    :keringat: iya, kadang-kadang
    :swt: hhhh!!! Kan jadi ane yg mesti ngubur tuh bangkai, padahal itu tikus wirog :kaget:
     
  12. pulpenbujel M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    6,719
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,558 / -0
    wakakakaka....
    itu sebagai wujud bales budi karena abang udah ngasih dia makan tiap hari, sekarang sebagai hadiah hasil usaha berburu tikus, harus dihargai tuh perjuangan si kucing, ngga mudah loo, nangkep tikus, mungkin abang ndiri juga masih kalah sama kucing dalam hal menangkap tikus.. :lol:
     
    • Thanks Thanks x 1
  13. masuakal M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,506
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,653 / -0
    yang terakhir tuh memang benar . . .
    btw berarti kita selama ini salah sangka dun ama kucing :lol:
     
  14. sz13 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 23, 2011
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    :niceinfo:...

    tapi klo kucing yang suka di elus" juga biasa aja kalo kucingnya emang banyak kutunya ..

    :haha:
     
  15. pabuaran M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2010
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +738 / -0
    wow,, ternyata kucing pilih2 yah buat kawin, kirain asal masuk ajah :hihi:
    salut gua yang ida ngasih kado ke orang,,
    :top:
     
  16. elfira91 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 23, 2011
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    hooooh pantes kucing ane yang cewek pinter banget ngubur kotorannya, tapi yang cowo ga pernah dikubur. ternyata buat menandai wilayahnya toh
    nice info gan!
     
  17. luvEUN Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 25, 2011
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +301 / -0
    mantap infonya gan,, btw, foto kucing nya unyu,,..

    pantes aja kucing ane sering bawa macem-macem ke rumah,, kayak tikus, ikan, ayam (idup malah), burung, kodok, serangga,,..
    kirain cuma buat pamer ma kucing-kucing yang laen,, tyt mau dikasiin ke ibu ane,,, secara yang ngasi makan ibu ane,,..

    satu lagi kebiasaan kucing ane,, hobi banget kentut :facepalm:
     
    • Thanks Thanks x 1
  18. stnho Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    semuanya kan prediksi manusia, makannya dibuatnya mirip" kaya manusia yaitu komuniikasi yang baik antar manusia diterapkan / dianggap ke kucing, ane baca sih gitu..
     
  19. rapturous M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +123 / -0
    wah pantesan kucing sering2 manja ke manusia..
    tapi emang kucing lucu c..:lol:
     
  20. Oguyzehaha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    1,897
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +5,438 / -0
    kucing ane kalo dipangku kok mesti gerakkan kaki depannya kayak mijet gitu ya..
     
  21. yunniebun Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo gua dulu dikasih tau temen katanya kalo kucing betina lagi demen-demennya nempel-nempel geliat-geliat di kaki orang tandanya tu kucing lagi kebelet kawin, bener ga sih?
    kocak juga sih, mengingat karna gua seneng kalo tu kucing lagi nempel-nempel di gua padahal faktanya dia cuman kebelet kawin hahahaha
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.