1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Setting korek harian buat Satria FU

Discussion in 'Otomotif' started by _GoDLiKe_, Oct 5, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. _GoDLiKe_ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 21, 2011
    Messages:
    615
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,305 / -0
    Riset ini didedikasikan untuk para pengguna FU Karena sekarang ini sering dijalan semakin banyak anak sekolahan menggunakan FU sebagai sarana transportasi ke sekolah, beberapa tampak masih standar, dan beberapa telah di upgrade sedikit misalnya pasang knalpot free flow tapi tanpa diikuti langkah lain, jadinya hanya suaranya saja yang kenceng tapi larinya kalah dengan motor standar. Dari hasil pengamatan beberapa bengkel top dalam melakukan up-grade terhadap FU selalu mengandalkan penggantian part dengan merek-merek terkenal yang jelas harganya mahal. Menurutku siy semua orang juga bisa ngencengin FU klo duitnya banyak,tinggal tebus part-part racing yang mahal trus dipasang, jadi deh FU kenceng.
    tpi bagaimana untuk kita dengan uang yg terbatas ?:panda: tentu itu akan menjadi masalah..:hulk:

    Berikut tipsnya korek harian satria Fu::boong:
    1. Langkah pertama yg paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5, bisa pake punya shogun lama. Harga sekitar 30rb,merk thailand 50rb. Klo mau lebih murah pake merek Kitaco harnganya 17,5ribuan

    Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4. Langkah ini sih ke bengkel aja, misalnya sekalian pas servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba mekanik jogja dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.

    Porting lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.

    Ganti karbu (Klo ini langkah nomor 1 ga perlu), saran pake punya RX King (karena murah, dan cocok dan bisa langsung pasang ke intake manifold dan filter udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 135, setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor bisa beda2), posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas. Alternatif lain bisa juga pake punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang Thailand (Awas barang palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga pasang keran bensin model kompresor buat gantiin aslinya yang model vakum…biar aliran bensin lancar…

    majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi.), hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya. Yang ini jelas mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya juga harus yang jago.

    lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi).

    potong kabel koil 2 cm (untuk ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat.

    ganti pake busi Iridium (saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm

    oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40.

    ganti knalpot free flow, saran yang murah dan cukup ampuh, atau AHAU 400rb,SKR 375rb,Creampie 250rb .yang jelas tampilan jadi lebih sangar bin bengis karena bahan knalpot dari pelat yang di pernis doang plus coklat-coklat kaya karatan …jauh dari kesan klimis yang sering ditimbulkan bila pake knalpot aluminium atau krom…hehehe…no offense ya buat yang pake knalpot mahal 2 )saran pake R9 New Mugello

    Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.

    Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling (bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15 ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang sering dipakai di rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling agar baliknya cepet. Hasilnya kopling jadi cepet baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas….yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi….per kopling standar terutama yang CBU kayanya lebih durable dan dengan diganjel, kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet.

    Pulser digeser 1 ampe 2 mili.. Suruh orang bengkel aja yang mundurin.


    nah klo semua langkah diatas atau beberapa udah dilakukan pasti performa motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di Jakarta ato daerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR…beli aja yang buatan aspira atau indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan (lagian kan disaranin buat yang sering kena macet jadi ga pernah nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed

    Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, untuk teman2 di jawa tengah ma timur lebih suka pake CDI Rextor. Untuk CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsennya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.

    Bila CDI telah diganti racing maka sebaiknya per klep juga diganti yang lebih keras, bisa pake merek2 racing seperti WRD, CLD, TK, dll…atao bisa juga pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini lebih recommended karena kasusnya sama dengna per kopling, yang racing kadang jadi lembek lama-lama…


    Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa (850 – 1 jutaan…ato NMF yang hampir 2jutaan) Klo dah ganti chamshaft pake yang racing berarti langkah No. 5 tidak perlu dilakukan


    Performa: gigi 4=120 kpj (mentok limiter) gigi 5=135 kpj gigi 6=Coba saja sendiri di jalan yang sepi untuk full throttle hehhe.:hahai::hahai:
    semoga berguna..

    Sumber=Om Wisnu.
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. MizoRe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    1,203
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +785 / -0
    wuih lengkap bener :top:
    dulu sih cuma ganti karbu NSR SP, CDI XP, sama knalpot aja uda mantep banget kak, cuma masalahnya itu bensinnya itu loh, awal2 otak atik sih seru banget, tapi pas uda mulai bosen kebut"an terus jalan2 biasa bensinnya bener keliatan banget borosnya :stress:
     
  4. _GoDLiKe_ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 21, 2011
    Messages:
    615
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,305 / -0
    btw karbu NSR SP brpa gan? gw juga mo ngincer tu karbu gan..
    trus modelnya yg apa ya gan??
     
  5. kaneea Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    saya sempat wktu 2005 lalu pake Endurance+Mikuni TM28, spek mesin full std, cmn pake paking 1 + porting polish made in dewek wakwakw..
    setiingan basah kek kek suara heli n lari dahsyat hahhaha..cmn ngerasain 4 bulan aja settingan begini..jadiin full std lg deh gak sanggup bensin na deres kwakkwa
     
  6. savie22 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 13, 2011
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    deres gan bensinnya ya wkwkwk..
    ane pake PE 28 filter aftermarket + pipa dbs.. ganti koil, cdi sama busi.
    alhasil 30 ribu pertamax kira2 = 50 kilo jarak tempuh.
     
  7. rimasfakhri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 8, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    cara paling gampang dari jaman astrea sampai n250 yaitu boreup, tapi kalo ga dibarengi dgn printilan seperti koil,cdi,:haha:ya khasiatnya beda dikit
     
  8. dimazyoga Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 19, 2009
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    yang di langkah ke-13, mundurin pulser itu efeknya apa ya?
    terus pulser sendiri apa fungsinya di motor? hehe newbie nih di dunia permotoran
     
  9. eski Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    gan mw tanya.. kondisi fu ane cdi pake brt duall band, knalpot dbs tp selincery agak pendek, mesin standar cm paking blok d cabut satu aj..trss ane skrng lg pake karbu king tp gk dpt2 settinganny.. ane pake pj 22.5 dan mj antara 160-200 (ane gk tw pasti brp mj ny cos gk ad tulisanny :hammer ) ni settingan yg lumayan menurut ane cm msh ndut2an d rpm tinggi tp gk separah pake pj 20 n mj 135 kaya agan ksh tau d atas..

    kira2 gmn lg gan solusiny??

    mksh
     
  10. DjakartaSoera M V U

    Offline

    Red Carpet

    Joined:
    May 16, 2011
    Messages:
    50,429
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +8,646 / -3
    :nice info:
    tpi mencari bengkel yg biasa nanganin Satria susah klo di bengkel sembarangan bisa BRB jadinya
     
  11. coupai Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 6, 2012
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    wah kebetulan ane punya FU... hehehe
    tp soal busi irridium yg pernah ane baca klo motor cuma dimaenin di putaran bawah bakal cepet mati businya
    coz irridiu itu busi dingin, dan kurang cocok tuk harian apalagi klo macet-macetan, soalnya cepet mati tuh busi
    mending sih teteppake yg std ato yg platinum
     
  12. _GoDLiKe_ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 21, 2011
    Messages:
    615
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,305 / -0
    Cari bengkel balap aja gan..
    kalo satria 2 tak sih mnrut gw emg susah carinya.. pengalaman nee
     
  13. esstatus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    36
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +439 / -0
    kalo ane seh......... semua std unt bagian mesin. yg ane sedikit rubah:, main n pilot naik 1 mata, trus karbu cukup di alusin n goson pake batu ijo, knalpot TDR thailand full set, olie mesin pake motul 3000v yg paling encer. harga olie sekitaran 350rb an per 1 liter

    kalo yg lain yg ane ganti:
    ban batlax soft depan belakang
    sok belakang kitaco ajst
    sok depan ganti 1 set lengkap pake ninja 150r, as leher buat/bubut,
    knalpot TRD thailand
    gas spontan kitaco
    selang rem kitaco
    step

    [​IMG][/URL] Uploaded with ImageShack.us[/IMG]
     
    Last edited: Aug 25, 2012
  14. guh_adjah M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 5, 2011
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +132 / -0
    saya cm ganti CDi resing aja biar ngilangin brebet n ganti PJ ke 15 dari standarnya 12.5..:D
     
  15. esstatus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    36
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +439 / -0
    kalo ane pernah coba ganti cdi trd thailand, emang hasilnya mantep bro.... tapi yg ane alami jarum rpm jadi ngaco dan mesih itu kering banget, harus nail main n pilot lagi. padahal karbu asli std yg ane dah licinin dan naik 1 mata.
    jadi ane cdi balik std lagi.
     
  16. driftculture Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2012
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    lengkap banget gan thanks for sharing...klo fu ane sih cm ngurangin perpak, porting inlet n oulet,karbu standart cm pake pilot jet 17.5 main jet standart, per skep karbu dipotong sedikit, kampas kopling diganjel 1 kampas lg..sama gear depan pake 13..menurut ane sih udah pas banget buat harian.
     
  17. esstatus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    36
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +439 / -0
    kalo ane kaga minat unt ngoprek mesin gan.... stdnya juga dah sip. tinggal di alusin dikit aja. dan olie pake motul 300v yg paling encer itu emang yahuttt. tenaga mantep, kaga gampang panas.

    kalo per kopling yah ganti yg keras and hasilnya emang ada efek.
    dan unt rantai keteng yg sering kendor bisa pake shogun punya tapi sedikit di ubah.
    soalnya kalo std fu sering kendor setelan rantai ketengnya n buat bunyi kaga nyaman.
    kalo kolongnya bag belakang ane buat pake aklirik bening n di bentuk supaya bisa masuk n pas.
     
  18. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    cosutmnya over gan , tapi mantap.
    ngga di saranin buat nambah pendingin nih :ogtanya:
    torsi besar , kecepatan tinggi , kompresi tinggi.
    Ring Piston , Klep , Kopling , Conrod kan jadi cepet aus gan :iii:
    kasi cooler ekstra pa gimana gitu , biar jaga-jaga supaya ngga blow engine :hehe:
     
  19. esstatus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    36
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +439 / -0
    bener seh gan, tapi unt apa yg ane dah rasain kayanya dah cukup gan. lagian kalo dah kecepatan diatas 130 setang sudah kaga stabil. padahal ane dah pake sok lengkap ninja rr. tapi kalo dibandingkan yg std yah jau lebih stabil. dan unt panas mesin kayanya ane dah puas dgn pae olie motul 300v yg paling encer. emang harganya nyebelin tapi emang kualitasnya sippp.
    sekarang ane lagi seneng matik. ane pake pcx. wuih..... emang nyaman bangen gan....
    ada saran gan?
     
  20. gurit_ndb Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 31, 2012
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    makasi buat TS yg ud start ,

    ane kebetulan lagi kepengen banget naikin kapasitas motor, apalagi uda 6 taun ni satria ane. tapi kalo ikut langkah2 diatas, perubahan konsumsi bensiny gmn tu?
     
  21. gurit_ndb Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 31, 2012
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    gan, bisa minta rekaman suara knalpotny g?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.