1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Di Balik Keampuhan Pil KB Pria

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Sep 12, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    VIVAnews - Setelah melalui serangkaian penelitian dan ujicoba sejak 1987, pil pencegah kehamilan khusus pria segera diproduksi massal di tanah air. Pil kontrasepsi itu menjadi harapan baru yang akan semakin menepikan k*nd*m dan vasektomi.

    Pil pencegah kehamilan atau populer disebut pil KB mengandalkan ekstrak tanaman gandarusa sebagai bahan baku utama. Dengan nama latin Gendarussa vulgaris Nees, tanaman obat itu diklaim efektif untuk menekan pertumbuhan spermatozoa.

    “Meski berhubungan dengan pasangan, dengan mengkonsumsi pil KB pria ini secara teratur kelahiran bisa dicegah. Bahkan, para pria yang merupakan akseptor KB tersebut mengaku makin jantan,” kata sang penemu, Drs. Bambang Prayogo, Apt dari Jurusan Farmakognosi Universitas Airlangga.

    Menurutnya, cara kerja senyawa gandarusa lebih mudah diterapkan dan berpeluang berhasil. Karakter tanaman obat ini juga bersahabat bagi pria karena tak akan mematikan kesuburan pria secara permanen. Tingkat kesuburan pria akan kembali normal setelah konsumsi dihentikan.

    Sebagai tanaman obat, daun gandarusa selama ini dikenal sebagai bahan ramuan untuk mengatasi kaki terkilir, nyeri, dan bengkak. Ada juga yang memanfaatkannya untuk memperlancar siklus menstruasi, mengatasi mual dan meredakan sakit kepala.

    Demi menjaga ketersediaannya, gandarusa terus dibudidayakan di sejumlah wilayah seperti Mojokerto, Jombang, dan Pasuruan. “Kami terus mengembangkan pembudiyaan tanaman ini agar penelitian yang mahal dan lama ini tidak sia-sia. Penelitiannya sudah selesai, eh pilnya tidak dapat diproduksi karena bahan baku tidak ada,” ujarnya.

    Bambang mengatakan, tahapan menjadikan pil hasil ekstrak gandarusa sebagai produk kesehatan untuk masyarakat umum sudah terpenuhi akhir tahun lalu. PT Indofarma bahkan telah menyanggupi untuk mulai mengedarkan produk ini November mendatang.

    "Pihak industri farmasi juga sudah menyelesaikan uji klinis dan siap untuk memproduksi secara massal. Jadi tinggal menunggu izin dari BPOM untuk peredarannya,” katanya. "Tapi yang perlu dicatat, jika benar ini sudah diedarkan jangan sampai disalahgunakan.”

    Kontrasepsi Pria
    Selama ini, tanggung jawab mengontrol kehamilan cenderung dilimpahkan kepada kaum wanita. Banyak pria menolak melakukan vasektomi karena sifatnya permanen dan perlu tindakan operasi. Sementara pemakaian k*nd*m kurang populer karena dianggap mengurangi kenikmatan seksual.

    Berikut beberapa alat kontrasepsi pria lainnya:

    1. Suspensory
    Alat ini dirancang untuk menjaga testis pada tempatnya, meningkatkan temperaturnya yang berdampak pada berkurangnya produksi sperma. Alat yang berbentuk seperti celana dalam pria ini, harus digunakan setiap hari agar efektif.

    2. External Heat
    Sumber panas dari luar ini mirip dengan suspensory yaitu meningkatkan temperatur disekitar alat vital untuk mengurangi produksi sperma. Karena tergantung dengan temperatur tubuh, waktu yang dibutuhkan lebih cepat dibandingkan menggunakan suspensory. Sauna, alat penghangat dan beberapa peralatan bisa digunakan untuk membuat temperatur tubuh meningkat dan produksi sperma berkurang.

    3. RISUG
    Reversible Inhibition of Sperm Under Guidance adalah senyawa kimia yang diberikan melalui suntikan dan memiliki dua efek kontrasepsi. Yaitu, menghambat vasa deferentia (tabung tempat sperma mengalir) dan merusak sperma yang behasil masuk ke dalamnya. Suntikan ini sangat efektif dan per dosis bisa bertahan hingga 10 tahun. Efek sampingnya juga sedikit dan dosisnya bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

    4. Nifedipine
    Adalah jenis obat yang termasuk calcium channel blockers (CCBs). Penelitian menunjukkan CCBs bisa menghambat saluran kalsium dalam membran sel sperma. Hal itu akan berdampak menghambat kerja sperma tetapi tidak berpengaruh pada produksinya. Seseorang yang mengonsumsi nifedipine jumlah spermanya tetap tetapi fungsinya akan menurun.

    5. Vasektomi
    Adalah proses mengikat atau memotong saluran sperma. Vasektomi dilakukan dengan membuat satu atau dua sayatan kecil pada kulit skrotum (kantung buah zakar). Kemudian saluran sperma sebelah kiri dan kanan dipotong atau diikat, sehingga air mani yang keluar saat berhubungan intim tidak mengandung sperma.

    Tujuannya untuk mencegah terjadinya pertemuan cairan sperma dan sel telur, mencegah kehamilan. Proses ini tidak memakan banyak waktu dan cukup sederhana.

    6. Suntikan progesteron
    Pemberian hormon progesteron pada pria akan berdampak pada turunnya produksi sperma.

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/246288-di-balik-keampuhan-pil-kb-pria
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Fikrix M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 27, 2011
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    waaaawww...... mendingan yang alami2 aja deh
     
  4. 878579 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +14 / -0
    menurutku k*nd*m atau Coitus Interruptus tetap metode KB terbaik.. [​IMG]
     
  5. fendyyyyy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 11, 2011
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    udah deh,k*nd*m tetap the best hhha
     
  6. Musashiden Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 4, 2011
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    wah gak mau pake pil KB gituan ah
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.