1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other 18 Raksasa Elektronik & kepedulian mereka terhadap lingkungan

Discussion in 'Science and Technology' started by DesertClaw, Apr 9, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. DesertClaw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    640
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,322 / -0
    setiap tahunnya ratusan ribu sampah komputer, telepon genggam dan gadget-gadget lainnya menumpuk di sebuah area siap untuk dihancurkan, dibakar dengar hasil yg tidak sempurna yg mengakibatkan polusi dan racun secara langsung atau tidak langsung yg merusak bumi ini.
    untuk menghindari hal tersebut, Greenpeace mencoba untuk meminimalisasi hal tersebut dan menekan 18 perusahaan gadget-gadget besar dunia untuk lebih memperhatikan efek perusakan lingkungan atas produk-produknya. Guide to Greener Electronics adalah sebuah pedoman untuk mengukur seberapa ramah produk-produk yg mereka ciptakan.


    Peringkat 10: Panasonic

    [​IMG]
    tetap bertengger di posisi 10 dengan poin 4,9. peformanya maksimal pada kriteria pada hemat energi namun banyak kelemahan di sektor limbah elektronik dan daur ulang. Panasonic banyak mencetak skor dari kriteria kimia mengingat banyak produk Panasonic yg keluar dipasaran tanpa bahan PVC. selain itu produk Panasonic juga bebas BFRs pada produknya seperti lampu neon dan lampu dapur. namun mereka belum sepenuhnya berkomitmen untuk menghilangkan semua PVC dan BFRs di seluruh portofolio produknya.


    Peringkat 9: Samsung

    [​IMG]
    Raksasa koperasi asal Korea Selatan ini mengalami penurunan peringkat yg drastis dengan poin 5,1. walau tahun lalu mereka bisa merebut runner-up, tapi karena tidak konsistennya mereka dalam menjaga penggunaan BFRs dan PVC di semua produk terbarunya sehingga Greenpeace memberi penalti berupa pengurangan poin. Samsung masih bisa bernafas lega karena notebook buatan mereka masih dikategorikan aman hingga tahun depan. yg tidak bisa diselamatkan adalah produk televisi dan peralatan rumah tangga buatan mereka.


    Peringkat 8: Motorola

    [​IMG]
    dengan poin 5,1. masalah pelanggaran karen tidak mengikuti standar EU RoHS (Restriction of Hazardous Substances in electronics) juga menimpa perusahaan asal Amerika ini hingga turun ke peringkat 6. Greenpeace menganggap Motorola telah melanggar mengenai pengadopsian metodologi end-of-life focussed untuk menambah zat baru dalam peralatan elektronik serta larangan langsung senyawa klorin dan bromin pada produk mereka.


    Peringkat 7: Sony

    [​IMG]
    mendapat poin 5.1 setelah keberhasilan mereka mengurangi kandungan emisi gas rumah kaca sebanyak 17% dalam periode 8 tahun (2000-2008). kemudian salah satu alasan peringkat Sony naik adalah energi baru yg digunakan kini mengisi 8% dari jumlah energi yg dibeli setiap tahunnya, naik 2,5% dari tahun lalu. masalah efisiensi penggunaan energi pada produk-produk Sony juga meningkat pesat. 75% disumbangkan dari energi produk VAIO yg dikeluarkan ke publik pada bulan April dan Agustus 2009 telah memenuhi ketentuan ES. lalu produk AC dan televisi telah dinilai memenuhi standar Energy Star V.2.0.


    Peringkat 6: LG Electronic

    [​IMG]
    layak mendapatkan poin 5,1 karena ketika produk elektronik lainnya melanggar ketentuan tentang penggunan PVC dan BFRs, LG justru memantapkan target berkomitmen untuk membebaskan produk mereka dari bahan plastik PVC dan BFRs di akhir tahun 2010. bahkan LG telah meluncurkan ponsel pertama tanpa penggunaan zat halogen. sedangakan komputer dan PC ditargetkan bebas racun pada tahun 2012. oleh karena itu, Greenpeace menaikan peringkat mereka ke peringkat 6, setelah sekian lama mereka tertahan di posisi 11.


    Peringkat 5: Apple

    [​IMG]
    memiliki poin 5,1 sebab Apple dinilai sebagai yg terbaik dalam penanggulangan zat kimia beracun, namun juga termasuk yg terburuk dalam menangani limbah. semua produk Apple sekarang telah tebebas dari pengaruh PVC dan BFRs dengan pengecualian pada PVC-free power cords di negara-negara yg belum juga mengeluarkan sertifikat keselamatan produk bagi Apple. ddengan kekurangan dan kelebihan yg dimiliki Apple dalam penanggulangan zat beracun, Greenpeace menilai usaha yg dilakukan Apple selama ini telah cukup untuk mengurangi kerusakan dunia.


    Peringkat 4: Philips

    [​IMG]
    produk keluaran negeri kincir angin ini mampu naik ke peringkat 4 dengan poin 5,3. Philips dinilai mampu menanggulangi isu-isu tentang penggunaan zat kimia beracun dan pembuangan energi pada peralatan elektronik. satu-satunya kelemahan Philips adalah kegagalan dalam mendukung RoHS demi mengadopsi metodologi end-of-life focussed untuk penambaan zat baru serta pelanggaran langsung penggunaan senyawa klorin dan bromin.


    Peringkat 3: Toshiba

    [​IMG]
    meski naik dari peringkat 5 ke peringkat 3 dengan poin 5,3, namun Toshiba dinilai banyak kehilangan poin positif dari produk-produknya karena kegagalan mereka dalam mendukung terlaksananya RoHs dengan metodologi end-of-life focussed untuk penambaan zat baru serta pelanggaran langsung penggunaan senyawa klorin dan bromin. resiko penurunan peringkat Toshiba tahun depan sangat besar jika saja mereka tidak mampu membebaskan produk-produk terbarunya dari penggunaan plastik PVC dan BFRs paling lambat April 2010 yg merupakan komitmen Toshiba sendiri.


    Peringkat 2: Sony Ericsson

    [​IMG]
    produk joint venture dari Sony asal Jepang dengan Ericsson asal Swedia ini dinilai Greenpeace sebagai salah satu produk yg ramah lingkungan, terbukti naiknya mereka ke peringkat 2 dengan poin 6,9. Sony Ericsson adalah pemain terbaik dalam urusan penanggulangan pemakaian zat kimia beracun, sekaligus produk pertama yg mendapat nilai sempurna untuk kategori bahan kimia. tidak hanya bahan kimia, Sony Ericsson juga terdepan dalam penggunaan energi dunia.


    Peringkat 1: Nokia

    [​IMG]
    tidak berubah dari tahun lalu di peringkat 1 dengan poin 7,3. Nokia masih dinilai sebagai produk terbaik dalam kategori ini. satu-satunya kelemahan Nokia adalah tidak aktif melobi revisi RoHS yg mengadopsi metodologi end-of-life focussed untuk penambaan zat baru serta pelanggaran langsung penggunaan senyawa klorin dan bromin. karena sebuah perusahaan elektronik tidak hanya dinilai baik dari kebijakan mereka dalam penanggulangan pemakaian zat kimia, tapi juga harus ikut pro mendukung revisi RoHs.

    peringkat 11: HP
    peringkat 12: Acer
    peringkat 13: Sharp
    peringkat 14: Dell
    peringkat 15: Fujitsu
    peringkat 16: Lenovo
    peringkat 17: Microsoft
    peringkat 18: Nintendo

    ps: poin dari masing-masing produsen akan terus berganti dan bukan tidak mungkin akan berubah dalam beberapa bulan ke depan.
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kulocaki M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    5,007
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,800 / -2
    Nokia emang bisa dikatakan no.1 dah dalam hal teknologi dan pemasaran....
    tapi aku kurang setuju klo dikatakan no.1 dalam hal greener teknologi
     
  4. Holey_Kitty M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 8, 2010
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +236 / -0
    mereka pedli lingkungan karena mereka sadar, [produksi mereka telah membuat lingkungan menjadi tidak hijau:hihi:
     
  5. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +59 / -0
    mudah2an kedepannya produk2 yang dihasilkan perushaan2 tsb bener2 aman buat lingkungan...
     
  6. zhaaltar M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 29, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,172 / -0
    bener tuh Go Green Jaga lingkungan kita
     
  7. tian_1800 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 5, 2010
    Messages:
    17,355
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +23,142 / -0
    so penilaannya melingkupi support terhadap RoHS, efisiensi energi, penanggulangan zat beracun, penggunaan plastik PVC & BFRs...

    belum pernah denger tentang plastik BFRs :yareyare:
     
  8. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,883
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +744 / -0
    Hmm bagi sebuah industri yang besar juga tentu kesulitan dalam pengolahan limbah karena biaya pengolahan dan investasinya besar ... tapi bagus kok kalau korporasi besar semacam ini malah memberikan andil bahwa produk mereka aman dan limbahnya dapat diolah kembali ... kebanyakan perusahaan yang berada di Asia yah terutama jepang dan Korea yang eropa kok malah sedikit ... :bingung:
     
  9. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,635 / -1
    ternyata nokia ada di posisi 1.. :haha:
    ngalahin Sony Ericsson gak nyangka..
    saingan terberat dan selalu memberi tekanan pada nokia.. :top:
     
  10. bluesekai Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    97
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +886 / -0
    yupz,,,, moga ja para produsen ini makin memaksimalkan produk yg aman buat alam ini...
    secara bumi kita ini dah tua sangadh... jdi sering sakit2n....
    nd semoga jg produkny jdi lbih bs murah nd lbih brkualitas agy... heheheh :hehe:
     
  11. seithz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 15, 2008
    Messages:
    1,029
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,890 / -0
    Sony Ericsson itu gabungan dari sony sama ericsson :iii:
    Gak nyangka juga nokia ternyata no 1
     
  12. lawrence3 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2011
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    Tidak mengherankan kalau nokia no. 1 , krn negara2 eropa yg northern semacam finland, sweden itu emang jagonya soal lingkungan (dan juga kesehatan)
     
  13. santeesanti Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 16, 2010
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wah thnx info..
    baru tau nih ternyata sampah limbah jauh lebih berbahaya n jadi qta musti bantu like ga terlalu consumer atas barang elketronik keluaran terbaru
     
  14. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Sebagai environmental engineer, aku bisa memahami tuntutan aktivis Greenpeace. Tapi, aku juga bisa memahami dilema yang dihadapi perusahaan elektronik. Di satu sisi mereka dikejar target pendapatan untuk menghidupi karyawan-karyawan mereka dan memenuhi demand masyarakat. Di sisi lain mereka menghadapi tekanan dari berbagai pihak yang menyuarakan kepedulian lingkungan. Untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan kan butuh riset panjang dengan dana yang nggak sedikit. Kalaupun bisa menciptakannya, masih ada kendala lain, biaya produksi tinggi. Akibatnya, konsumen yang harus menanggungnya. Apalagi konsumen zaman sekarang kan kritis dan ekonomis.

    Semoga saja perusahaan-perusahaan lainnya bisa segera mengeliminasi penggunaan B3 dalam produk-produk mereka supaya beban bumi nggak semakin berat :hmm:
     
  15. reinhardt21 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    533
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +92 / -0
    nokia nomor satu?? tp kok doi ga pnh gembar gembor ngiklan soal go Green ny ya??
     
  16. bugs5 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 8, 2010
    Messages:
    754
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +102 / -0
    gila gw baru tau sony ericsson itu gabungan dr sony juga
    gw kira emang beda perusahaan
     
  17. riyanjo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 5, 2011
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +0 / -0
    banyak yang dari ponsel yach..
    terus pabrikan besar laptop n komputer termasuk yang tidak ramah lingkungan klo gt..
     
  18. CliffordDlewiS Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 1, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    nokia di peringkat 1
    wkekekekek
    Microsoft raja software malah di peringkat 2 paling bawah
    ckckkc
     
  19. eternal M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    701
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,333 / -0
    ane jadi bangga nih pake Soner
    hahahha
    btw soner bisa kalah ama nokia tuh..
    baru tau ane..
     
  20. Di4m0nD M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +88 / -0
    yg no.2 sony ericsson ya,
    nokia masi mempertahankan posisi nya..
     
  21. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    40,778
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +757,057 / -6
    Semoga produsen lain juga ikut-ikutan, terutama produsen makanan di indonesia,,
    lihat aja sampah yang dihasilkan dari bungkusan snack dan fast food, berjibun dah,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.