1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Disease Kenali pengobatan nyeri pinggang

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by vincentrevival, Aug 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    VIVAnews - Nyeri pinggang kerap muncul akibat aktivitas fisik yang berlebihan, jarang berolahraga, obesitas, dan gaya hidup tak sehat. Hampir 80 persen penduduk di seluruh dunia pernah mengalaminya. Di Indonesia, berdasar data tahun 2002, 18,37 persen masyarakat menderita keluhan serupa.

    "Banyak anggapan nyeri pinggang hanya penyakit ringan karena aktivitas sehari-hari dan akan segera hilang. Padahal, nyeri pinggang dapat berakibat fatal dan harus disembuhkan dengan operasi jika dibiarkan berlarut-larut,” ucap Dr. Muki Partono, Sp.OT, dokter ahli bedah tulang dari Rumah Sakit Puri Indah.

    Nyeri pinggang dibedakan berdasar tingkat keseriusannya yakni, akut dan kronik. Nyeri pinggang akut umumnya sembuh setelah enam minggu, yang biasanya akibat cidera olahraga atau aktivitas berat. Sedangkan nyeri pinggang kronik bisa bertahan hingga lebih dua bulan. Nyeri pinggang kronik memerlukan perhatian serius karena ada kemungkinan terkait dengan penyakit seperti radang, infeksi, atau osteoporosis.

    Penyembuhannya bisa dengan metode tanpa operasi atau operasi. Metode yang dilakukan fokus untuk memperbaiki bantalan lumbal, yang berada di sekitar lima tulang belakang bagian bawah. Karena biasanya, nyeri pinggang terjadi akibat bantalan paling elastis tersebut tidak mampu lagi mengangkat beban sehingga mengakibatkan perenggangan tulang pinggang, peradangan sendi, atau iritasi saraf karena pergeseran mekanis.

    Meski demikian, nyeri pinggang juga bisa dipicu faktor lain seperti gangguan pada usus, ginjal, infeksi, tumor, hingga gangguan organ reproduksi wanita.

    Untuk pengobatan tanpa operasi, umumnya dilakukan dengan pemberian obat antiinflamasi dan pereda sakit, fisioterapi dengan ultrasound dan UKG, serta physical treatment seperti manipulasi otot dan pemijatan.

    Sedangkan opsi operasi adalah opsi terkhir yang akan dilakukan dokter setelah pengobatan tersebut gagal. Operasi juga dilakukan setelah melalui serangkaian pemeriksaan seperti X-Ray, CT Scan, MRI, Selective Nerve Root Block untuk mendeteksi daerah nyeri, dan suntikan Epidural Steroid untuk mengendalikan nyeri.

    Kalaupun harus diadakan operasi, luka sayatan tidak akan sebesar operasi-operasi tulang punggung sebelumnya karena saat ini telah dikembangkan pembedahan dengan metode minimal invasive yaitu dengan Micro Discectomy per Endoscopy (MDE).

    “MDE adalah tindakan bedah pada kelainan penekanan saraf tulang belakang dengan menggunakan kamera dengan sayatan minimal kira-kira 1-1,5 cm. Salah satu metode MDE adalah sistem ENDOSPINE dimana sayatan lebih kecil, pendarahan operasi minimal, perawatan di rumah sakit hanya satu hari, dan tidak memerlukan **********,” kata Dr. Muki.

    Jadi, tidak ada lagi ketakutan untuk mengobati nyeri pinggang. Karena, kalaupun harus dilakukan operasi, luka sayatan yang diterima pasien hanya sepanjang 1,5 cm. Pasien pun dapat segera pulang dan memulihkan luka sayatan dengan obat or*l selama dua minggu.

    Namun, mencegah lebih baik dari mengobati. Olahraga seperti berenang, yoga dan pilates dengan konsentrasi di area tulang belakang, serta menggunakan korset secara tepat dan dengan menjalani pola hidup sehat adalah tindakan pencegahan yang dapat dilakukan.

    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Aug 31, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. heffpl Members

    Offline

    Joined:
    Jul 27, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    167
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +60,165 / -0
    di indonesia sendiri chiropractor kok masih jarang ya?

    rata2 yg sakit pinggang gitu pasti malah pergi ke tukang urut yg notabene kualitasnya hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan dari mulut ke mulut
     
  4. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Chiropractor masih terbatas di kota besar aja deh kynya.
    Padahal kalo bisa sampe ke pelosok kan lumayan tu... Secara yg nyeri punggung banyak banget di indo...

    ==sent from zz11's taplak==
     
  5. peter18 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 15, 2011
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    ane sering nyeri pinggang, setelah ke dokter, ternyata ada batu ginjal,gan, akibat sering duduk dan jarang minum
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.