1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Berpuasa bisa memperlambat penuaan

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Aug 1, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puasa, selain kewajiban bagi umat Islam, juga dari sisi ilmu kedokteran, berpuasa ternyata bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

    Menurut dr Siti Setiati SpPD, spesialis penyakit dalam dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indoenesia (FKUI), dengan berpuasa, jumlah kalori makanan yang kita konsumsi biasanya akan berkurang.

    "Pembatasan jumlah kalori makanan adalah salah satu cara yang telah terbukti dapat memperlambat penuaan. Serta mencegah penyakit yang sering timbul pada usia lanjut dan kanker," kata siti Setiati, Rabu (27/7/2011) lalu, di Jakarta.

    Saat berpuasa, umumnya akan terjadi pengurangan jumlah kalori yang diasup hingga 10-40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Hasil penelitian pada binatang menunjukkan, dengan mengurangi jumlah kalori ternyata dapat memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan risiko kanker, mencegah berkembangnya penyakit seperti diabetes dan ginjal.

    "Penelitian pada manusia juga sudah ada. Dan hasilnya, komposisi lemak tubuh berkurang, tekanan darah membaik, kolesterol turun, risiko diabetes berkurang, dan dapat memperlambat proses penuaan," katanya.

    Siti mengatakan, berbagai penelitian dan literatur memang telah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan. Tetapi, seseorang tentu tidak akan langsung merasakan khasiatnya jika hanya puasa sebulan saja. "Ini tentu bukan puasa yang hanya dilakukan satu bulan saja. Tetapi harus terus menerus dilakukan dalam bulan-bulan berikutnya," jelasnya.

    Manfaat restriksi (pembatasan) kalori, lanjut Siti, juga berpengaruh pada kesehatan jantung. Pembatasan kalori, dipercaya dapat memompa jantung menjadi lebih kuat dan membuat seseorang tidak mudah lelah setelah melakukan aktivitas atau olahraga.


    sumber : http://id.berita.yahoo.com/berpuasa-bisa-memperlambat-penuaan-041931977.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. x1210x M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +744 / -0
    yup.. setuju banget!! :top:
    puasa yg cuma 1 bulan ini banyak banget manfaatnya :XD:
     
  4. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    Hindari kafein saat puasa

    REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK - Sebaiknya, hindari minuman berkafein selama bulan Ramadhan. Pasalnya, seperti dikatakan Dokter Titus Nursyirwan, minuman ini bisa mempercepat proses dehidrasi.
    "Bagi para pecinta kopi, selama Ramadhan sebaiknya kurangi minum kopi karena minuman mengandung kafein, teh atau minuman bersoda, bisa mempercepat proses dehidrasi," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat ini.
    Selama Ramadhan, katanya, sangat penting menjaga tubuh jangan sampai mengalami dehidrasi. "Makanya konsumsi air minum sebanyak delapan sampai 10 gelas per hari saat berbuka dan santap sahur," katanya. Mengkonsumsi minuman bersoda dan berkafein, katanya, selain akan membuat terjaga di malam hari, juga memiliki efek diuretik, atau memperbanyak air seni.
    Titus juga menerangkan berpuasa Ramadhan merupakan waktu tepat memperbaiki metabolisme tubuh sehingga tubuh makin sehat. Jangan memikirkan berpuasa sebagai cara berdiet, namun bagaimana menahan nafsu dan menjalani hidup sehat. "Tanyakan pada dokter, bagaimana cara terbaik membantu tubuh agar bisa menjalankan puasa dengan sehat," katanya menyarankan.
    Selain itu, ia juga menyarankan, bagi yang menjalankan ibadah puasa tetap mempertahankan kebiasaan makan yang baik dengan menu seimbang dengan buah dan sayuran.

    sumber : http://id.berita.yahoo.com/hindari-minuman-berkafein-selama-puasa-081859513.html
     
  5. Dastan7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 6, 2011
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    oh ane ad liat d tvri kalbar........
    ane kan org pontianak juga....
    kalo buka ane minum aer putih/cincau/aer kelapa....
    abis sahur banyakin aer putih dah
     
  6. Alovera M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    654
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,584 / -0
    Puasa kan bisa mengatur ulang metabolisme kita, makanya bermanfaat bagi tubuh
     
  7. acehkhan12 M V U

    Offline

    جان چوك

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,580
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,526 / -1
    nah, ini yg super susah..coz puasa hr pertama dr siang dah mulai pusing..:pusing:waktu buka abiz makan lngsg sedot kopi..1 jam reaksi hilang tuh pusing..:unyil:mo gmn lg, dah coffeholic pecandu kaffein susah..:sigh:
     
  8. oxsi91 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 6, 2011
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +67,555 / -0
    wah :niceinfo:
    wah ane termasuk org yg beser(taukan?) apa lagi klo dah dingin, trus banyak minum. bee. sejam isa 3x ke toilet gan...:tega:
    tp ap ane punya penyakit y??? klo pas sma dolo kata guru ane kemungkinan kena diabetes militus.:madesu:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.