1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

16 Fakta (Mengejutkan) Tentang Rokok dan Perokok --> penting neh!

Discussion in 'Lifestyle' started by silentgirl, May 4, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. silentgirl M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    327
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +1,293 / -0
    Fakta (Mengejutkan) Tentang Rokok dan Perokok
    Perhatikanlah fakta-fakta berikut tentang rokok dan perokok di Indonesia dan dunia:

    1. Sejauh ini, tembakau berada pada peringkat utama penyebab kematian yang dapat dicegah di dunia. Tembakau menyebabkan satu dari 10 kematian orang dewasa di seluruh dunia, dan mengakibatkan 5,4 juta kematian tahun 2006. Ini berarti rata-rata satu kematian setiap 6,5 ******* Kematian pada tahun 2020 akan mendekati dua kali jumlah kematian saat ini jika kebiasaan konsumsi rokok saat ini terus berlanjut

    2. Diperkirakan, 900 juta (84 persen) perokok sedunia hidup di negara-negara berkembang atau transisi ekonomi termasuk di Indonesia. The Tobacco Atlas mencatat, ada lebih dari 10 juta batang rokok diisap setiap menit, tiap hari, di seluruh dunia oleh satu miliar laki-laki, dan 250 juta perempuan. Sebanyak 50 persen total konsumsi rokok dunia dimiliki China, Amerika Serikat, Rusia, Jepang dan Indonesia. Bila kondisi ini berlanjut, jumlah total rokok yang dihisap tiap tahun adalah 9.000 triliun rokok pada tahun 2025

    3. Di Asia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak jumlah perokok yang mencapai 146.860.000 jiwa. Namun, sampai saat ini Indonesia belum mempunyai Peraturan Perundangan untuk melarang anak merokok. Akibat tidak adanya aturan yang tegas, dalam penelitian di empat kota yaitu Bandung, Padang, Yogyakarta dan Malang pada tahun 2004, prevalensi perokok usia 5-9 tahun meningkat drastis dari 0,6 persen (tahun 1995) jadi 2,8 persen (2004).

    4. Peningkatan prevalensi merokok tertinggi berada pada interval usia 15-19 tahun dari 13,7 persen jadi 24,2 persen atau naik 77 persen dari tahun 1995. Menurut Survei Global Tembakau di Kalangan Remaja pada 1.490 murid SMP di Jakarta tahun 1999, terdapat 46,7 persen siswa yang pernah merokok dan 19 persen di antaranya mencoba sebelum usia 10 tahun. “Remaja umumnya mulai merokok di usia remaja awal atau SMP,” kata psikolog dari Fakultas Psikologi UI Dharmayati Utoyo Lubis

    5. Sebanyak 84,8 juta jiwa perokok di Indonesia berpenghasilan kurang dari Rp 20 ribu per hari–upah minimum regional untuk Jakarta sekitar Rp 38 ribu per hari.

    6. Perokok di Indonesia 70 persen diantaranya berasal dari kalangan keluarga miskin.

    7. 12,9 persen budget keluarga miskin untuk rokok dan untuk orang kaya hanya sembilan persen.

    8. Mengutip dana Survei Ekonomi dan Kesehatan Nasional (Susenas), konsumsi rumah tangga miskin untuk tembakau di Indonesia menduduki ranking kedua (12,43 persen) setelah konsumsi beras (19.30 persen). “Ini aneh tatkala masyarakat kian prihatin karena harga bahan pokok naik, justru konsumen rokok kian banyak,”

    9. Orang miskin di Indonesia mengalokasikan uangnya untuk rokok pada urutan kedua setelah membeli beras. Mengeluarkan uangnya untuk rokok enam kali lebih penting dari pendidikan dan kesehatan.

    10. Pemilik perusahaan rokok PT Djarum, R. Budi Hartono, termasuk dalam 10 orang terkaya se-Asia Tenggara versi Majalah Forbes. Ia menempati posisi kesepuluh dengan total harta US$ 2,3 miliar, dalam daftar yang dikeluarkan Kamis (8/9/2005).

    11. Sekitar 50% penderita kanker paru tidak mengetahui bahwa asap rokok merupakan penyebab penyakitnya

    12. Dari 12% anak-anak SD yang sudah diteliti pernah merasakan merokok dengan coba-coba. Kurang lebih setengahnya meneruskan kebiasaan merokok ini.

    13. Besaran cukai rokok di Indonesia dinilai masih terlalu rendah. Saat ini, besarnya cukai rokok 37 persen dari harga rokok. Bandingkan dengan India (72 persen), Thailand (63 persen), Jepang (61 persen).

    14. Sebanyak 1.172 orang di Indonesia meninggal setiap hari karena tembakau.

    15. 100 persen pecandu narkoba merupakan perokok.

    16. Perda DKI Jakarta No 2 Tahun 2005, Pasal 13 ayat 1: Tempat umum, sarana kesehatan, tempat kerja dan tempat yang secara spesifik sebagai tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah dan angkutan umum dinyatakan sebagai kawasan dilarang merokok. — Pelanggarnya diancam dengan sanksi pidana berupa denda maksimum Rp 50 juta, atau 6 bulan kurungan. Kenyataannya, Perda ini seperti dianggap tidak ada oleh perokok, dan pemerintah pun tidak tegas dalam menjalankannya.

    terkejut?? atau biasa aja? klo yang paling menarik menurut gw yang no 5.

    JANGAN LUPA KLIK THANKS JIKA INFORMASI INI BERGUNA BAGI ANDA
     
    • Thanks Thanks x 12
    • Like Like x 8
    Last edited: May 4, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Red_Tomato M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +328 / -0
    :niceinfo:

    kk rokok ada baiknya ada jeleknya :hehe:
     
  4. myth73 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,374 / -0
    Kayaknya gak bakalan ada deh undang-undangnya...:swt:
    Koz, cukai rokok memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pemasukan APBN, termasuk pemasukan juga buat pejabat2:haha:
     
  5. rakun M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,096
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +885 / -0
    13. Besaran cukai rokok di Indonesia dinilai masih terlalu rendah. Saat ini, besarnya cukai rokok 37 persen dari harga rokok. Bandingkan dengan India (72 persen), Thailand (63 persen), Jepang (61 persen).



    makanya rokok itu sebaiknya di mahalin aja biar berkurang jlhnya pemakainya



    5. Sebanyak 84,8 juta jiwa perokok di Indonesia berpenghasilan kurang dari Rp 20 ribu per hari–upah minimum regional untuk Jakarta sekitar Rp 38 ribu per hari.

    6. Perokok di Indonesia 70 persen diantaranya berasal dari kalangan keluarga miskin.

    7. 12,9 persen budget keluarga miskin untuk rokok dan untuk orang kaya hanya sembilan persen.
     
  6. dicky1b M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 4, 2009
    Messages:
    516
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +24 / -0
    cuakakakkaa yg kalangan miskin rata2 merokok pantesan ga pinter2
     
  7. andreef Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +101 / -0
    wah peringatan nih buat yg ngerokok.. mudah2an setelah baca ini minimal mengurangi merokok.. kalo dapet berhenti :)
     
  8. Freegs Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 19, 2010
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    ya ampun ternyata perokok 70% nya warga miskin toh..
     
  9. silentgirl M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    327
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +1,293 / -0
    yups... gw juga kaget bacanya...
    ada perokok kah disini?
     
  10. shiro666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +686 / -0
    Bagaimana tidak rokok merupakan sponsor terbesar setiap acara :hihi: dan lagi acara olahraga di kita sponsornya rokok :dead:
     
  11. myth73 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,374 / -0
    Orang miskin itu mereka lebih baik ngerokok + kopi segelas daripada makan, koz biaya yang dikeluarin lebih besar. Apalagi kalo udah kecanduan, nahan laper mereka kuat, tapi nahan gak ngerokok, gak kuat.
    :sigh::sigh::sigh:
     
  12. nan_do_san Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 25, 2010
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    ^
    ^
    ^
    haha setuju gw ama yg ini...temen sekosan gw kalo dah akhir bulan jg kayak gini nih....
     
  13. royal_h M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,684 / -0
    meski bapak seorang perokok
    tapi niat saia sudah bulat, tidak akan menjadi perokok :piss:
     
  14. preman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 14, 2009
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +147 / -0
    sebenernya gwa masih blon 'ngeh....tentang kata2 "Sebanyak sekian juta orang meninggal setiap hari karena tembakau."
    kayanya bukan tembakau deh yang bikin mati..
     
  15. ppm06 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +123 / -0
    ^
    ^
    ^
    Setuju gan Tembakau Salah Satu Komoditas indonesia
     
  16. asnaeb M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    Emang kl yang udah ngrokok berat dah addict banget yah ,
    susah di stopnya gua dah sering nasehatin temen2 gua tetep ja kl dah ngrokok mah susah dah untung kampus btr lg bakal ada peraturan bebas rokok wkwkwkwkwk
     
  17. heryanto Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +228 / -0
    apa benar bro????? bukan HOAX kan?
     
  18. renz0 M V U

    Offline

    dududu~dadada

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    580
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,439 / -0
    wew,.. saya perokok berat,.. shari 3 bungkus, :rokok::rokok:
    boro" mo brenti, ngurangin aj susah . . :suram:
     
  19. hyriu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    806
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +313 / -0
    rokok oh rokok... mendng stop rokok, jgn sbg konsumen rokok, tp pabrik rokok ttp ada di indonesia :top: tp jual ke luar negeri :top:
     
  20. takuichijo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 20, 2010
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    setuju,baeknya buat buang stress n jeleknya rokok bikin kita cpat tua
     
  21. mazznoer1 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,225 / -0
    Wah bahaya juga yah
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.