1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pic/Video [coming soon] TVS Apache RTR 180

Discussion in 'Otomotif' started by DesertClaw, Jan 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. DesertClaw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    641
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,355 / -0
    [​IMG]

    Pabrikan motor asal India memang luar biasa dalam hal inovasi, jadi wajar aja kalo mereka bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan pabrikan Jepang yang notabene penguasa motor dunia. Salah satu pabrikan India yang gak henti-hentinya melakukan inovasi adalah TVS. Bulan Februari nanti TVS bakal ngeluncurin motor baru TVS Apache 180 RTR + ABS (Anti Lock Braking System).

    [​IMG]

    Pada sistem ABS, perangkat pengereman dilengkapi dengan Hydraulic Electronic Control Unit (HECU) dan sensor kecepatan yang diolah dan kemudian disalurkan oleh unit kontrol untuk mengubah tekanan hidrolik pada sistem pengereman yang tidak memungkinkan roda untuk mengunci sehingga pengendara tidak kehilangan kontrol atas motornya.

    [​IMG]

    Selain ABS ada satu peranti lagi sebagai pendukung yaitu RLP atau Rear Wheel Lift-off Protection. RLP mempunyai fungsi untuk meminimalisir selip roda belakang ketika dilakukan pengereman roda belakang secara tiba-tiba. TVS telah mengembangkan RLP bekerjasama dengan Jerman Continental AG. Continental AG merupakan perusahaan ahli dalam hal sistem kontrol chassis dan telah menjadi partner merek terkenal seperti BMW Motorrads.

    [​IMG]

    TVS Apache 180 RTR + ABS sebelumnya pernah dipamerkan terlebih dahulu diajang India Auto Expo 2010 dan juga pernah mampir di JMS 2010 untuk tipe non-ABS. Motor ini mengusung mesin 177,4 cc dengan power yang dihasilkan sebesar 17,03 PS pada 8500 rpm atau setara dengan Bajaj Pulsar 180 dan Hero Honda Kharizma 223cc, sedangkan torsi maksimumnya 15,5 Nm pada 6500 rpm, gak cuma itu, top speed motor ini dapat mencapai 124 km/jam.

    [​IMG]

    Dan hebatnya lagi motor ini bakal jadi motor yang menyematkan teknologi ABS yang pertama di India mengalahkan Honda CBR 250R ABS yang baru keluar April nanti. Gak cuma itu, motor ini bakal dibanderol seharga 80.000 Rupee atau hampir 16 juta Rupiah, sedangkan CBR 250R ABS seharga 180.000 rupee atau sekitar 35,8 juta Rupiah, so motor ini bakalan jadi motor ABS termurah yang ada di India.

    [​IMG]

    Dengan adanya varian ini, pasar motor sport dibawah 200 cc di Indonesia nampaknya akan semakin ramai. Ini terbukti dari data Status Permohonan Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian. Data tersebut menuliskan tentang permohonan yang diajukan oleh PT TVS Company Indonesia selaku pemegang merek TVS di Indonesia. Dalam daftar permohonan pendaftaran tipe kendaraan bermotor itu menjelaskan, bahwa PT TVS Company Indonesia telah mengajukan permohonan untuk produknya, TVS Apache RTR 180 Manual Transmition.

    [​IMG]

    Engine
    * Type: 4 stroke
    * Cylinder: Single
    * Displacement: 177.4 cc
    * Maximum speed: 124 kmph
    * Maximum power: 17.03 PS @ 8500 rpm
    * Maximum torque: 15.5 Nm @ 6500 rpm
    * Compression ratio: 9.5:1
    * Carburettor: Mikuni BS-29
    * Valve train: 2 valves, single overhead cam
    * Valve per cylinder: 2 valves
    * Power to weight ratio: 124.08 bhp / ton
    * Starting: electric & kick start
    * Idle speed: 1400 rpm
    * Ignition: IDI-Dual Mode Digital Ignition

    Suspension
    * Front: Telescopic forks, 105 mm stroke
    * Rear: Monotube Inverted Gas filled shox with spring aid

    Dimensions
    * Length: 2085 mm
    * Height : 1100 mm
    * Width : 730 mm
    * Ground clearance: 180 mm
    * Wheelbase: 1326 mm
    * Saddle height: 790 mm

    Electricals
    * Battery: 12 V, 9.0 Ah
    * Head lamp: 35/35 W Halogen HS1, clear lens with multiface reflector
    * Tail lamp: 0.5 W LED-Twin Triangle with prism on lens

    Wheels & Tyre
    * Rim size (front): 1.85 x 17”
    * Rim size (rear): 2.15 x 17”
    * Tyre size (front): 90/90 x 17” tubeless
    * Tyre size (rear): 110/80 x 17” tubeless

    Brakes
    * Front: 270 mm petal disc
    * Rear: 200 mm petal disc
    * Brake fluid: DOT 3

    Weights
    * Kerb Weight: 137 kg
    * Max. payload: 130 kg

    Fuel Tank Capacity
    * Full: 16 litres
    * Reserve: 2.5 litres

    Chassis.
    * Type: Double Cradle Sychrostiff

    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Jan 26, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. dham_baylisstic M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,156 / -1
    wow, saingannya Pulsar 180 nih.. :em0100:
    teknologi RLPnya keren banget ya, bisa meminimalisir selip seandainya ngerem mendadak.. :top:
    kalo diliat2 desain motornya masih mirip sama desain motor kakaknya ya, Apache 160.. tapi ini grafisnya lebih keren dari kakaknya..

    harga 16 juta itu kan belum OTR di Indonesia, biasanya kalo di Indonesia bisa lebih mahal lagi.. kalo harganya lebih dari 16jt, bisa kalah bersaing sama Pulsar 180 donk..
    kabarnya Pulsar 180 mau diturunin harganya jadi 16jt, kan rencananya mau ada Pulsar 220.. :malu
     
  4. oraDonk M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    5,840
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,238 / -0
    Wih, suspensi belakangnya "canggih"
    (* Rear: Monotube Inverted Gas filled shox with spring aid)

    Bahasa teknisnya : Suspensi yang dibantu damping-nya oleh Gas

    Bahasa jalanannya : Suspensi jadul, cuman ditambahin embel-embel gas.... :peace:

    Torsinya khas motor India, melimpah di rpm rendah...cuman Topspeednya.....apa karena limiter? kalau iya, baguslah....bisa diganti nanti CDI-nya
     
  5. DesertClaw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    641
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,355 / -0
    emg byk yg bilang klo desainnya beda tipis ma apache rtr 160..
    klo masalah akselerasi, pulsar 180 msh kalah bro, klo harga pulsar menang.. soalnya 16jt tuh harga di india, ya smoga si rtr 180 di indonesia ga nyampe 21jt deh..amiin
    bener bro pulsar 220 mw keluar, tmpilanya jg lbh ok...

    :haha: soknya emg jadul, tp ada tabung udaranya bwt ngatur per nya..
    klo masalah ada limiter atw ga, gw ga tw :peace:
     
  6. boomee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +72 / -0
    wah emang spesialis touring :top:
    cc gede, spek gede, bodi gaban dan terutama si rider juga harus hobi. kalau sekedar untuk nganter ke pasar atau keperluan ngojek... mmm... kasian tuh cat motornya :hahai:
    oia, soal sparepart, service dan layanan purna jual merk yang atu ini bagaimana ya :???:

    * India sudah bangkit bersama industri otomotifnya, Indonesia .... :bolakbalik:
     
  7. DesertClaw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    641
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,355 / -0
  8. plankton M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 1, 2008
    Messages:
    1,521
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +383,662 / -0
    handle kakinya kurang sangar... hehehehee
     
  9. binalia Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +58 / -0
    itu berita dr bulan Januari, tp kayanya sampe akhir april ini belom brojol juga, malah bajaj 220 duluan yang keluar, kayanya TVS masih belum berani all out perang di segment motor laki, padahal bajaj aja tipenya banyak n harganya kompetitif dibawah tigi maupun pio even vixi
     
  10. DesertClaw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    641
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,355 / -0
    berita tentang bajaj 220 dah keluar duluan sebelum tvs 180 ini..
    kalo tvs berani ngeluarin produk ini + promosi yg baik, gua rasa bakal cukup laku nih di pasaran..
    mgkn tvs agak menunda produk ini karna modelnya gak beda jauh ma yg 160cc.
     
  11. hanhanyuki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +88 / -0
    wih keren ni tiger...ga kalh sm ninja.... udh keluar blm?
     
  12. Bigman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    loh kok tiger?? asal comment nih huahahahaha
     
  13. kalimambu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 11, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +741 / -0
    Keren harga segitu udah ada ABS... nyesel juga udah punya yang 160cc... tau gitu sabar dikit beli yang ini... tapi yang tipe lama oke juga kok... motor gede tapi lincah di dalam kota
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.