1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Mengenal Lebih Dekat Makhluk Laut Terbesar Di Dunia Saat Ini

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by smkosasih, Nov 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Penghuni terbesar lautan adalah paus biru. Jenis paus yang dikenal sebagai “ikan paus biru” mempunyai berat lebih dari 150.000 kilogram dan panjangnya lebih dari 30 meter. Sebenarnya paus bukanlah ikan. Disebut "ikan" paus karena bentuknya mirip ikan saja, seperti halnya bintang laut bukan bintang dan kuda laut bukan sejenis kuda.

    Paus termasuk mamalia karena memliki kelenjar susu, berdarah panas, melahirkan, dan peredaran darah tertutup. Selain itu bentuk "sirip" depan paus memiliki struktur tulang seperti mamalia, bukan seperti ikan.

    [​IMG]

    Untuk bisa lebih membayangkan ukuran paus ini, coba lihat bangunan bertingkat lima, paus biru panjangnya sama dengan tinggi bangunan tersebut. Sementara itu, ingat bahwa berat paus ini sama dengan berat 25 sampai 30 ekor gajah.

    Baiklah, bagaimana seekor paus raksasa dapat menyelam hingga kedalaman 800-1000 meter dan kembali ke permukaan dengan mudah? Sebagai contoh, bayangkan sebuah kapal dengan bobot 150 ton dan panjang 30 meter.
    [​IMG]
    ---------------------- ---------------------- ---------------------- ---------------------- ----------------------
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Jika kapal itu tenggelam ke dasar laut sedalam 1000 meter, akan membutuhkan operasi besar-besaran selama bertahun-tahun untuk mengangkatnya kembali.

    Namun seekor paus dapat muncul ke permukaan dalam waktu 15-20 dtik Karena tulang paus terbuat dari bahan berongga yang terisi minyak, ia dapat dengan mudah mengapung di permukaan air.

    Paus juga sangat terampil menyelam. Tubuhnya sangat tahan terhadap tekanan yang tinggi di kedalaman air laut. Oksigen yang mengalir dalam darah dan otot-ototnya bercampur dengan zat-zat kimia memberinya tenaga saat di dalam air atau saat tidak bernafas.

    Paus mempunyai sistem sirkulasi yang khas yang dapat mengalirkan darah secara langsung dari organ menuju otak. Melalui cara ini, sampai saat paus muncul di permukaan air untuk bernafas, ia tetap dapat mengirim oksigen di dalam tubuhnya secara langsung ke otak, organ yang paling membutuhkan oksigen.

    [​IMG]

    Melalui cara ini paus dapat tetap berada di bawah laut selama kurang lebih 15-20 menit tanpa bernafas. Selain itu, tidak seperti manusia, paus tidak menderita "bend" (kejutan) ketika muncul secara cepat ke permukaan air.

    Kalian mungkin akan bertanya apa itu "bend". Bend adalah rasa sakit akibat penurunan tekanan di sekitar kita secara tiba-tiba. Saat penyelam ingin menyelam jauh ke dalam air, mereka berhenti sejenak di kedalaman tertentu dan menyesuaikan tubuhnya dengan tekanan di sekitarnya agar tidak terpengaruh oleh perubahan tekanan air.

    Cara ini membuat mereka mampu menyelam sangat dalam secara perlahan-lahan. Tapi ingat mereka perlu berhenti dan beristirahat pada jarak tertentu selama mereka kembali ke permukaan air. Jika tidak, pembuluh darah penyelam akan sakit atau pecah yang dapat mengakibatkan kematiannya. Sedangkan paus tidak mempunyai masalah tersebut.

    Ikan laut dapat hidup di lautan seperti halnya manusia yang dapat hidup di daratan. Kalian mungkin tahu bahwa paus menyemburkan air dari lubang di atas kepalanya. Tahukah kalian bahwa lubang itu memang hidungnya?

    Paus menggunakan hidungnya hanya untuk bernafas. Banyak orang berpikir bahwa paus hanya menyemburkan air dari lubang tersebut. Yang benar adalah, paus melepaskan udara dari dalam paru-parunya. Karena udara ini mengandung uap air dan suhunya lebih panas daripada udara luar, ini tampak sebagai air dari kejauhan.

    [​IMG]

    Badan paus biasanya berbentuk seperti torpedo dan sangat cocok untuk berenang dalam air. Sementara itu jika kebanyakan ikan ekornya tegak lurus dengan permukaan air, ekor paus melintang dan sejajar dengan permukaan air. Dengan ekor seperti ini, paus mampu mendorong dirinya ke depan di dalam air.

    Dibawah kulit paus ada lapisan lemak yang tebalnya sekitar 50 centimeter. Fungsi lapisan lemak ini untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap sekitar 34 - 37 derajat celcius.

    Pada bagian ini, mungkin berguna untuk mengingatkan kalian tentang hal berikut : Berkebalikan dengan dugaan orang kebanyakan, paus dan ikan lainnya tidak minum air laut karena air garam berbahaya bagi mereka. Karena itulah mereka mencukupi kebutuhan airnya dari makanan yang ditelannya.

    [​IMG]

    Setiap tahun di bulan Desember dan Januari, paus abu-abu berpindah dari Laut Utara ke pantai selatan Amerika Utara dan sampai di California. Tujuan mereka berpindah ke air yang lebih hangat adalah untuk melahirkan bayinya.

    Yang menarik adalah paus betina yang hamil tidak makan apapun sepanjang perjalanan mereka, karena ia sama sekali tidak membutuhkannya. Selama hari-hari panjang musim panas, ia telah banyak makan dari laut yang subur di Utara, karenanya ia telah menyimpan cukup tenaga untuk perjalanan yang panjang.

    Setelah paus betina mencapai pantai di Meksiko barat, ia segera melahirkan bayinya. Bayi paus menyusu induknya dan menyimpannya sebagai lemak sebanyak mungkin. Persiapan ini membuat mereka kuat untuk berpindah kembali, yang dimulai di bulan Maret.

    Seperti mamalia lainnya, paus juga menyusui anaknya. Tapi bayi paus tidak menyusu induknya karena mereka beresiko menelan air laut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air laut berbahaya bagi paus.

    Yang menarik, seperti halnya lumba-lumba, ada otot yang mengelilingi kelenjar susu paus betina. Ketika paus menggerakkan otot ini, tekanan yang dihasilkan membuat induk tersebut mampu menyemprotkan air susu langsung ke dalam mulut bayinya. Air susu paus berbeda dengan yang biasa kita kenal.

    Bentuknya hampir seperti padatan dan sangat berlemak. Karena wujudnya seperti itu, air susu tersebut tidak dapat tercampur dengan air laut. Zat yang diminum atau lebih tepatnya dimakan bayi paus tersebut akan terlarut di dalam perut.

    Makanan yang terlarut ini juga mengandung air yang dibutuhkan oleh bayi paus. Seperti yang telah kita ketahui, Tuhan telah menyediakan bayi paus dengan makanan yang paling sempurna.

    Lapisan berminyak, yang tembus pandang menutupi mata paus untuk melindunginya dari berbagai efek yang membahayakan dari air laut. Paus mempunyai indera peraba dan pendengaran yang tajam.

    Ia mengetahui arah di dalam air dengan mengikuti gema suara yang dibuatnya. Cara kerja indera tersebut mirip dengan radar. Sesungguhnya, keistimewaan paus ini menjadi ilham bagi pembuatan radar.

    Para ilmuwan mempercayai bahwa suara-suara yang ditimbulkan oleh paus berisi bahasa yang sangat rumit. Bahasa ini sangat penting dalam hubungan dan komunikasi di antara mereka.

    [​IMG]
    [​IMG]
    Paus Beluga
    [​IMG]
    [​IMG]
    Beluga atau Paus Putih (Delphinapterus leucas) adalah jenis cetacean yang terdapat di wilayah perairan laut kutub utara dan sekitarnya. Beluga adalah salah satu dari 2 jenis paus keluarga Monodontidae, bersama dengan Narwhal. Mamalia laut ini dikenal secara umum sebagai Beluga atau kenari laut karena ciri khas dari lengkingan suaranya yang tinggi. Panjang Beluga dapat mencapai 5 meter dengan warna tubuh yang putih, sementara kepalanya berbentuk melon.

    Paus Bryde
    [​IMG]
    [​IMG]
    Paus Bryde adalah salah satu spesies paus rorqual. Dengan standar rorqual, mereka termasuk kecil, dengan berat tidak lebih dari 25 ton. Paus ini menyukai perairan tropis dan hangat daripada perairan kutub. Makanan paus ini kebanyakan adalah ikan. “Bryde” diucapkan “broo-de”, dan namanya terkadang salah disebut sebagai “Paus Brutus”. Paus Bryde mendapat namanya dari konsul Norwegia di Afrika Selatan, Johan Bryde, yang membantu mendirikan pabrik penangkapan ikan paus pertama di Afrika Selatan pada awal tahun 1900-an.

    Paus Bungkuk(Humpback)
    [​IMG]
    [​IMG]
    Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) adalah paus balin, salah satu spesies rorqual terbesar, panjang paus bungkuk dewasa sebesar 12-16 meter dan memiliki berat 36.000 kilogram. Paus Bungkuk memiliki bentuk tubuh yang istimewa, dengan sirip dada panjang dan kepala menonjol. Hewan ini adalah hewan akrobatik, sering muncul di permukaan air. Jantan mengeluarkan lagu yang terdengar selama 10 sampai 20 menit dan diulang untuk beberapa jam pada satu waktu. Peran lagu ini belum diketahui, walaupun sepertinya memiliki peran dalam berpasangan.

    Paus Minke
    [​IMG]
    [​IMG]
    Paus Minke atau Rorqual Kecil adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Paus Minke pertama kali diidentifikasikan oleh Lacepede tahun 1804. Paus ini terbagi menjadi dua spesies, yaitu B. acutorostrata dan B. bonaerensis. Paus ini adalah paus balin terkecil kedua.

    Paus Pembunuh(Killer)
    [​IMG]
    [​IMG]
    Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Spesies ini ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Artik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat. Paus Pembunuh merupakan predator, kebanyakan populasi memakan ikan, perbandingan dengan manusiasementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar.

    Paus Sirip(Fin)
    [​IMG]
    [​IMG]
    Paus Sirip (Balaenoptera physalus) adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Paus, yang memiliki panjang hampir sepanjang 27 meter, adalah paus terbesar kedua dan binatang terbesar kedua di dunia setelah paus biru.

    Paus sirip adalah paus yang berpostur panjang dan langsing. Tubuh paus sirip berwarna abu-abu kecoklatan tetapi bagian permukaan bawah lebih terang. Terdapat 2 subspesies: paus sirip utara di Atlantik utara dan paus sirip Antartika di samudera daerah selatan. Paus ini dapat ditemui di semua samudera utama dunia, dari daerah kutub sampai lautan tropis. Paus ini tidak dapat ditemui di perairan ber-es seperti di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Paus ini juga tidak dapat ditemui di perairan kecil yang jauh dari samudera terbuka. Populasi terbesar paus ini ditemukan di perairan hangat dan dingin. Makanan paus ini adalah ikan, cumi-cumi dan crustacea, termasuk mysidacea dan krill.

    Sama seperti semua paus besar lainnya, paus sirip diburu selama abad ke-20 dan kini merupakan spesies terancam. Komisi Perpausan Internasional (IWC) mengeluarkan larangan perburuan paus ini,tetapi Islandia dan Jepang tetap menyatakan keinginannya untuk melakukan perburuan. Beberapa masalah yang cukup mengganggu pemulihan populasi spesies ini antara lain kematian yang disebabkan tubrukan dengan kapal dan polusi suara oleh manusia.

    Paus Sperma(sperm)
    [​IMG]
    [​IMG]
    Ikan paus sperma, Physeter macrocephalus, adalah spesies mamalia laut, ordo Cetacea, ikan paus bergigi (odontocete) yang memiliki otak terbesar. Nama berasal dari zat lilin-putih susu, spermaceti, ditemukan di kepala binatang itu, karena kemiripannya dengan air mani. Ikan paus sperma adalah satu-satunya anggota genus Physeter. The physeter sinonim Physeter merujuk pada spesies yang sama. Ini adalah salah satu dari tiga spesies yang tersisa di superfamili ikan paus sperma, bersama dengan ikan paus sperma pygmy dan ikan paus sperma cebol.

    Dapat tumbuh sampai 20,5 meter panjang. Ini adalah hewan bergigi terbesar. Kepala bisa memakan hingga sepertiga panjang binatang ini. Ia memiliki distribusi kosmopolitan di lautan. Memakan cumi-cumi dan ikan, menyelam sedalam 3 kilometer (9.800 kaki), yang menjadikannya mamalia menyelam terdalam. Makanannya termasuk cumi-cumi raksasa dan kolosal. vokalisasi paus sperma mengklik adalah suara keras yang dihasilkan oleh binatang apapun, tapi fungsinya tidak pasti. Paus ini hidup dalam kelompok yang disebut polong. Polong dari perempuan dan muda mereka hidup terpisah dari laki-laki yang lebih tua. Para perempuan bekerja sama untuk melindungi dan perawat muda mereka. Perempuan melahirkan setiap tiga sampai enam tahun, dan perawatan untuk betis selama lebih dari satu dekade.

    Paus Sei
    [​IMG]
    [​IMG]
    Paus Sei (dilafalkan: [seɪ] atau [saɪ]), Balaenoptera borealis, adalah paus balin, rorqual terbesar ketiga setelah paus biru dan paus sirip. Binatang ini dapat ditemukan di belahan dunia di seluruh samudra dan tengah laut, dan menyukai perairan lepas pantai. Binatang ini cenderung menghindari kutub dan perairan tropis dan perairan yang setengah tertutup. Paus Sei bermigrasi setiap tahun dari perairan dingin dan subkutub di musim panas menuju perairan hangat dan subtropis di musim dingin, meskipun di kebanyakan wilayah rute migrasi yang tepat tidak diketahui.

    Jangkauan panjang paus labih dari 20 meter (66 kaki) dan massa lebih dari 45 ton. Binatang ini mengkonsumsi rata-rata 900 kilogram (2.000 pon) makanan setiap hari, terutama copepoda dan krill, dan zooplankton lainnya. Binatang ini tercepat dari seluruh cetacea, dan dapat menjangkau kecepatan lebih dari 50 kilometer per jam (31 mil per jam, lebih dari 27 knot) jarak pendek.Nama paus ini berasal dari bahasa Norwegia untuk pollock, ikan yang ada di pantai Norwegia pada waktu yang sama dengan paus Sei.

    Karena perburuan komersial berskala besar terhadap spesies ini, antara abad ke-19 dan abad ke-20, lebih dari 238.000 ekor spesies diambil,paus Sei kini adalah spesies yang dilindungi pada dunia internasional, walaupun perburuan masih terjadi dibawah program penelitian kontroversial oleh Islandia dan Jepang. Pada tahun 2006, terdapat sekitar 54.000 paus Sei, sekitar seperlima populasinya sebelum diburu.

    Bowhead Whale
    [​IMG]
    [​IMG]
    (Balaena mysticetus) adalah paus baleen dari keluaarga Balaenidae. Paus hitam tanpa sirip dorsal, yang dapat tumbuh hingga panjang 20 meter. Perkiraan beratnya dapat mencapai 136 ton, beda tipis dengan paus biru, walaupun panjang maksimumnya tidak sepanjang paus lain.

    Habitatnya berada pada perairan Antartika dan sub-Antatika, tidak seperti paus lain yang bermigrasi untuk makan atau berkembang biak. Bowhead mungkin termasuk mamalia terpanjang dan juga memiliki mulut terbesar.

    Bowhead juga merupakan salah satu target perburuan. Populasi awalnya berkurang sebelum adanya memorandum di tahun 1966. Estimasi populasinya saat ini sekitar 24,900, turun hampir separuhnya dari perkiraan awal sekitar 50,000.

    Right Whale
    [​IMG]
    [​IMG]
    Jenis paus ini ada tiga macam, North Atlantic Right Whale, North Pacific Right Whale, Southern Right Whale.

    Paus Abu-abu(grey)
    [​IMG]
    [​IMG]
    Mencapai panjang sekitar 16 meter dan berat 36 ton, hidup 50-60 tahun. Nama umum paus berasal dari patch abu-abu dan bintik-bintik putih pada kulit yang gelap. Paus Gray pernah disebut devil fish karena perilaku melawan mereka ketika diburu. Paus abu-abu adalah satu-satunya spesies dalam genus Eschrichtius.

    Populasi Paus abu-abu tersebar di sebelah timur Pasifik Utara (Amerika) dan di sebelah barat Pasifik Utara (Asia). Populasi Atlantik Utara telah diyakini telah punah di abad ke-18. Namun, pada tanggal 8 Mei 2010, penampakan dari ikan paus abu-abu telah dikonfirmasi di lepas pantai Israel di Laut Mediterania, yang menyebabkan beberapa ilmuwan untuk berfikir untuk merepopulasi tempat perkembangbiakan lama yang belum digunakan selama berabad-abad.

    Paus Narwhal
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Narwhal (Monodon monoceros) adalah nama salah satu paus yg paling tidak diketahui manusia. Nama “narwhal” berasal dari bahasa Norse Kuno yg berarti “paus mayat”. Nama itu diberikan karena kebiasaannya yg kadang-kadang berenang tak bergerak di permukaan laut dengan posisi perut menghadap ke atas & warna tubuhnya yg bertotol-totol kelabu seperti pelaut yg tenggelam. Mereka diketahui hanya hidup di seluruh perairan Kutub Utara, tepatnya di Samudera Arktik. Narwhal adalah paus bergigi & termasuk karnivora yg memakan hewan-hewan laut seperti ikan, udang, atau cumi-cumi

    Tanduk spiral narwhal yang misterius ternyata berfungsi sebagai sensor raksasa yang membantunya mengetahui kualitas air dan untuk “mencium” narwhal lainnya.

    Tanduk paus narwhal yang panjangnya bisa mencapai 2,4 meter itu telah sejak lama menjadi teka-teki para ahli alam dan pemburu. Penjelasan mengenai fungsinya pun seringkali menimbulkan perdebatan, begitu kata Dr. Martin Nweeia, seorang peneliti Harvard School of Dental Medicine.

    Menurut Nweeia, tanduk tersebut sepertinya memiliki kemampuan penginderaan hidrodinamik. Ia mengungkapkan hal ini dalam prsentasi di Konferensi mengenai Biologi Mamalia Laut di San Diego.

    Narwhal (Monodon monoceros) adalah sejenis paus yang termasuk sangat langka. Panjang tubuhnya mencapai 4 hingga 4,5 meter, dan kebanyakan dijumpai di perairan lautan Artik sekitar Kanada, tapi kadang juga terlihat jauh ke timur hingga Rusia.
    [video=youtube;MSjjHiysBbE]http://www.youtube.com/watch?v=MSjjHiysBbE[/video]
    Tim Nweeia menemukan bahwa tanduk narwhal serupa dengan membran dengan permukaan yang amat sensitif. Ada sekitar 10 juta saraf yang terhubung ke permukaan tanduknya, guna mendeteksi perubahan suhu, tekanan, dan kadar garam air.

    “Tidak ada sesuatu yang sebanding dengannya di alam dan tak ada yang lebih unik dari tanduk narwhal dalam hal bentuk, kenampakan, dan fungsinya.

    Setiap paus narwhal (Monodon monoceros) juga menggunakan suara untuk berkomunikasi satu sama lain seperti halnya lumba-lumba atau ikan paus lainnya. Bahkan, masing-masing kemungkinan memiliki suara unik yang juga menunjukkan identitasnya.


    sumber:

     
    • Thanks Thanks x 16
    • Like Like x 7
    Last edited: Jan 16, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    ternyata Paus biru itu sangat menakjubkan Yah...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. andy211 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 28, 2010
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +3,420 / -0
    Hebatt gann
    i like kk
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. bluevanadise Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +2,205 / -0
    wow kk wow..
    gila tuh bobot nya.. @@
     
  6. edhoez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    1 Paus biru = 40 Gajah.
    :blinkbling:
     
  7. cannari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,629 / -0
    paus biru emang keren gan, cuma saat ini populasinya terancam
    CMIIW
     
  8. jalovitrue M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    1,099
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,041 / -0
    Wow. :niceinfo:
    Mamalia terbesar yang pernah ada. Baru tau ane gan kalo yang doi semburin itu bukan air, tapi udara yang suhunya lebih tinggi daripada udara di sekitarnya, jadi kelihatan seperti air. Tapi emang dimana-mana orang bilang itu air sehh :hahai:

    Btw, ada ya yang namanya sperm whale :hahai:
     
  9. zoleem Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 5, 2009
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +96 / -0
    Baru baca One Piece manga 604, q kira makhluk laut dalam tuh KRAKEN, ha5. Jadi inget Clash of Titans, di mana Kraken yang maha dahsyat itu cuma kalah ma kerlingan mata dari kepala Medusa yang putus dari badan, hi5. Bercanda kok brade
     
  10. linkonline M V U

    Offline

    ★★★★★

    Joined:
    May 3, 2010
    Messages:
    2,401
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +3,956 / -1
    pantas aja paus biru dijuluki makhluk laut terbesar,, lha beratnya aja bisa nyampe 200 ton..
    tapi tetep keren nih makhluk..
     
  11. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,825 / -0
    kalo paus putih itu urutan keberapa yah..??
    soalnya pernah denger kalo paus putih juga salah satu mamalia terbesar...:keringat:
     
  12. rakun M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,131
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +913 / -0
    o0o...ternyata gitu toh. benar2 makhluk yg mengagumkan, semoga populasinya dapat bertambah ^^
     
  13. shadiixx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    661
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,316 / -1
    paus biru bisa ane katakan kayak godzillanya laut nih....
     
  14. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    memang benar ada yang mengatakan paus putih(Delphinapterus leucas) atau BELUGA ini salah satu mamalia terbesar, tapi di perairan dangkal lho.
    panjang paus dewasanya mencapai 5 meter dengan berat 1.3 ton..
    [​IMG]
    :peace:
     
  15. nvn Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    212
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    Sayang ngga ada tempat perkembang biakan buatan untuk makhluk satu ini. Mungkin gara2 ukurannya jg kali yah.. :hahai:
     
  16. shien123 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 16, 2010
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    gan, ane baca dimana gitu, ternyata yg terbesar bukan paus :P
    tapi JAMUR!
    tanya mbah google coba
     
  17. terserahkulah Members

    Offline

    Joined:
    Nov 4, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
  18. jalovitrue M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    1,099
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,041 / -0
    Apaan? :kaget:

    Jamur bahkan bukan mamalia!

    Maksudnya makhluk laut terbesar di dunia saat ini adalah. . . jamur?? :bingung:
     
  19. popojuju M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 7, 2009
    Messages:
    489
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +43 / -0
    jangan2 yg u maksud
    P*n*s nya
    haha...
     
  20. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    aduh, jadi malu saya..:malu:
    :hahai:
    sarannya saya terima...:top:
    ****************************** * * *
    ah agan suragan bin gargantis, menurut ki joko bodo yang terbear itu jamur kaki.
    :lol:
     
    Last edited: Nov 20, 2010
  21. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    ternyata ada juga paus yg kaya gini..:shock:
    [​IMG]
    jangan2 kuda unicorn juga ada..:hahai:

    ni video paus yg punya tanduk unicorn:
    [video=youtube;MSjjHiysBbE]http://www.youtube.com/watch?v=MSjjHiysBbE[/video]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.