1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips [TIPS+Trik] Tata Cara Touring / Konvoi

Discussion in 'Otomotif' started by rungga, Nov 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    RULES TOURING INDOWEBSTER

    Untuk touring itu sendiri akan dipimpin oleh : (Kapten Touring Indowebster/KTI). Dia orang yang paling depan saat touring. Penunjukan untuk menjadi KTI, harus disetujui oleh anggota CMI. KTI harus tahu jalan/jalur yang akan ditempuh saat touring nanti. Didalam touring, kita tidak boleh seenaknya, semena-mena, rusuh atau egois terhadap pengguna jalan lainnya. Kita harus saling menghormati antar pengguna jalan lainnya.
    Posisi KTI paling depan dan diikuti oleh anggota touring lainnya dan yang paling belakang adalah WKTI (Wakil Kapten Touring Indowebster). WKTI bertugas menutup barisan disaat konvoi. KTI harus memberikan aba-aba didalam memulai touring atau saat tiba ditempat tujuan. Disaat siap untuk jalan, maka KTI wajib menyalakan mesin motor dan membunyikan klakson sebanyak 2 kali dan dibarengi dengan pengangkatan tangan kiri keatas dan memberikan acungan jari jempol. Selanjutnya WKTI juga membalas dengan klakson 2 kali dan dibarengi dengan pengangkatan tangan kiri keatas dan memberikan acungan jari jempol.
    TATA CARA KONVOI :

    1. Satu kloter maksimal ada 30 orang.
    2. Tidak membentuk garis lurus dengan motor didepannya.
    3. Posisikan motor lebih ke kanan atau ke kiri terhadap motor didepannya dan memberikan jarak untuk menghindarkan bila terjadi pengereman secara mendadak.
    4. Aturlah jarak aman sesuai dengan kecepatan.
    5. Pastikan kecepatan tidak melebihi 80 Km/Jam
    6. Tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas, seperti lampu merah, dll.
    7. Berikan pesan hand code / foot code secara estafet kepada anggota lainnya dibelakang anda.
    8. Nyalakan lampu penerang jalan (lampu dekat) disaat pagi, siang, sore.
    9. Hidupkan lampu jauh disaat jalan didepan gelap (Khusus KTI).
    10. Tidak boleh menggunakan lampu strobo ataupun flip-flop.
    11. Tidak membunyikan klakson terhadap hal yang tidak perlu atau sudah diwakili oleh KTI.
    12. Tidak boleh saling mendahului atau salip menyalip antar anggota.
    13. Pendengaran tetap dominan terhadap kondisi sekitar.
    14. Tidak boleh mengobrol antar anggota lain disaat jalan.
    15. Usahakan selalu dan tetap tenang.
    16. Tidak meninggalkan peserta yang mengalami masalah (troble) dijalan
    17. Tidak boleh mengendarai dalam keadaan MABUK, SAKAU & habis memakai NARKOBA, MIRAS.
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited by a moderator: Nov 13, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    1. Tangan Kiri terkepal diatas helm dengan jempol menghadap kebawah : Kode emergency dengan kendaraannya atau kondisi emergency lainnya. Wajib direspon petugas atau kawan dibelakangnya dengan klakson panjang.
    2. Tangan kiri/kanan direntangkan sudut 45 derajat disamping badan dengan posisi telapak menghadap kebelakang : Ada handicap berupa orang/kendaraan berhenti di sisi kanan/kiri.
    3. Tangan Kiri/Kanan direntangkan sudut 45 derajat memberikan tanda jempol : Kondisi sudah OK dan perjalanan bisa dilanjutkan.
    4. Tangan Kiri diangkat lurus keatas dengan jari telunjuk diacungkan (satu jari) : Barisan satu berbanjar kebelakang dengan posisi zig zag, dimulai dengan anggota terdepan dibelakang RC mengambil posisi sebelah kiri belakang RC, kedua di sebelah kanan belakang anggota pertama dan seterusnya dengan jarak lebar kira2 sebatas bahu kiri & kanan RC/anggota depannya.
    5. Tangan Kiri diangkat lurus keatas dengan jari telunjuk & jari tengah / jari telunjuk & jari kelingking (dua jari) diacungkan : Barisan berbaris sejajar 2 berbanjar kebelakang. (khusus digunakan untuk konvoi dalam kota/kondisi jalan padat agar rombongan tidak terpencar serta pada saat masuk kesebuah lokasi).
    6. Tangan kiri diatas helm melakukan gerakan melingkar : Rombongan berputar arah.
    7. Tangan kiri diangkat ditekuk sebatas kuping dengan telapak tangan mengepal : Rombongan berhenti (lampu merah).
    8. Tangan kiri diangkat lurus keatas, diayunkan kedepan dengan telapak tangan terbuka : Rombongan berjalan kembali.
    9. Tangan kiri diangkat lurus keatas, telapak tangan terbuka menghadap kekuping dan diayunkan keluar-kedalam : Rombongan satu banjar kebelakang merapat satu baris dari posisi zig zag. Biasanya kode ini dilakukan pertama oleh RC bila rombongan akan menyusul kendaraan atau jalanan sempit/gang.
    10. Ancungan Lima Jari Tanganl Kiri / Kanan = Salam brotherhood.
    11. Tangan Kiri diangkat lurus keatas dengan lima jari = konvoi bubar untuk kembali bergabung setelah melewati rintangan (macet).
    12. menunjuk arah = siap-siap berbelok ke arah yang ditunjuk.
    1. Turunkan kaki kiri = menunjukan adanya handicap/halangan dijalan berupa lubang atau con atau pembatas jalan dan lain2 yang berupa benda mati disebelah kiri.
    2. Turunkan kaki kanan = menunjukan adanya handicap/halangan dijalan berupa lubang atau con atau pembatas jalan dan lain2 yang berupa benda mati disebelah kanan.
    3. Turunkan kedua kali = menunjukan jalanan rusak, bergelombang, rel kereta api, polisi tidur atau genangan air.

    1. Bunyi panjang = konfirmasi siap berangkat (Kapten Touring Indowebster/KTI), tanda klotur putus (Kapten Touring Indowebster/KTI), atau tanda konvoi sudah kembali komplit setelah terputus (Kapten Touring Indowebster/KTI).
    2. Bunyi pendek dua kali = Salam brotherhood.
    3. Kondisi Darurat = Bunyikan klakson panjang tanpa henti dan diikuti oleh kawan2 yang lain agar petugas bisa menghentikan rombongan.
    4. Warning = Bunyikan klakson 2x sebanyak 3 kali berturut2. Digunakan kala kendaraan kawan didepan ada kerusakan/tidak beres. Contoh, barang bawaan miring, bracket box patah, ban kempes, Mesin rusak, dll.
    5. Stop and Go = Bunyikan klakson 3x sebanyak 2 kali dimulai dari barisan paling belakang dan disusul kawan didepannya sampai kepada PPD, sebagai penanda rombongan akan berjalan dari kondisi berhenti.
     
    Last edited: Nov 11, 2010
  4. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    1. KTI mengurangi kecepatan terutama saat lampu menyala kuning untuk menghindari putusnya konvoi.
    2. Tetap dalam konvoi kecuali ditentukan lain oleh KTI.
    3. Tidak menerobos lampu merah sekalipun konvoi harus terputus.

    1. WKTI memberikan pesan horn code (kode klakson).
    2. KTI mengurangi kecepatan.
    3. Setelah bebas dari hambatan, peserta yang terputus bersama Sp
    mengejar konvoi dalam kecepatan aman max. 80 Km/Jam.
    4. Setelah semua bergabung kembali Sp kembali memberikan horn code

    1. Maksimalkan jarak motor dengan motor didepannya sesuai kecepatan.
    2. Berikan tanda dan berikan jalan untuk mendahului kepada calon penyusup.
    3. WKTI berusaha mengeluarkan penyusup dengan cara-cara yang baik.

    1. Anggota berikan tanda darurat mohon berhenti jika memungkinkan.
    2. KTI memberhentikan konvoi.
    3. WKTI advice KTI bila tidak mengetahui.
    4. WKTI atau salah satu anggota memberi tanda kepada klotur berikut.
    5. Tidak meninggalkan peserta dijalan dalam situasi apapun.
    6. Tidak meninggalkan peserta sendirian atau lebih baik lagi pending klotur
     
    Last edited: Nov 11, 2010
  5. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    1. WKTI memberikan tanda kepada klotur berikutnya untuk tidak berhenti.
    2. Korban dirawat sementara.
    3. Bawa korban ke balai pengobatan terdekat bila perlu.

    1. Parkir semua motor di lokasi aman (ditunggui salah satu peserta bila perlu).
    2. Semua peserta mengamankan TKP dan atur lalu lintas.
    3. WKTI memberikan tanda kepada klotur berikutnya.
    4. Evakuasi dipimpin langsung oleh KTI.
    5. KTI broadcast berita dan wajib stop touring.

    1. Kloter emergency stop.
    2. Ditangani oleh peserta yang mengerti.
    3. KTI cari bengkel terdekat bila tidak bisa ditangani peserta.
    4. Antar dan kawal motor ke bengkel terdekat.
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Nov 11, 2010
  6. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    [​IMG]
     
    Last edited: Nov 11, 2010
  7. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    Last edited: Dec 10, 2010
  8. anshiro Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    wah bener-bener nice tips bgt nih, soalnya wa cuma tau beberapa aja dr tmn
     
  9. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    sama2 bro. ini buat anak2 CMI
     
  10. dham_baylisstic M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,156 / -1
    wah, mantap nih tipsnya.. :top: kayaknya bro rungga udah pengalaman touring ya?
     
  11. kamikaze_buster Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 9, 2010
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    tok..tok... keliatannya skill ma kemampuan i belum mempuni buat nambah RULES TOURING INDOWEBSTER.. i si ikut aja... sambil belajar dikit2x,, he2x.. sory ya.
     
  12. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    hahahaaaa ane buat rules doang tapi touring baru pernah kepuncak dan sukabumi aja, hihihiii deket bgt itu mah.
    kepengennya sih jauh2 gtu ke sumatera, sekalian pulkam ke medan gtu. tapi fisik badan apa kuat dan butuh lembur dari kantor nih.xixixiii

    masuk ga dikunci pintunya. besok2 kalo mau masuk ga usah ketok2 coz pintunya rapuh,heheee.
    ditunggu deh krtik / saran ya bro
     
  13. dham_baylisstic M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,156 / -1
    wah lintas pulau atuh kalo ke sumatera mah.. sekalian bro rungga mudik ya.. :hihi:
    emang touring itu minimal berapa km sih? saya pernah touring bareng kawan2 dari cimahi ke cianjur.. jaraknya sekitar 50km.. itu termasuk touring bukan ya? :???:
     
    • Like Like x 1
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    he..3x kalo jarak 50 km mah belum bisa di sebut touring mas bro, yang namanya turing itu biasanya rata2 jaraknya di atas 200 km bro, saya aja sehari2 tj. priuk - depok = 70 km (Pulang-Pergi) per hari selama 6 hari (Senin-Sabtu) udah 4 tahun ini... :D


    kapan ya anak2 idws ngadain turing bareng gitu, sama mod dan admin nya juga... :D
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Nov 17, 2010
  15. dham_baylisstic M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,156 / -1
    oh begitu ya.. ternyata rata2 yang touring itu menempuh jarak lebih dari 200km..
    kalo saya mungkin bisa disebut juga sebagai "mini touring" kali ya.. cuman menempuh 50km soalnya.. :hihi:
    makasih bro.. :xiexie:
    anak2 IDWS ngadain touring, nunggu CMI grup sampe membernya banyak kali ya, baru ntar ngadain touring.. :peace:
     
  16. zzii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +630 / -0
    mantep nih gan..

    biasanya ank2 club lbh paham kyk gini soalnya srg turing, ane turing dewean jg kga ngerti begini an deh :hehe:
     
  17. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    hahahaa ga mudik cuman pulkam saja.

    buset kuat bgt loe bro PP kaya gono. gw aja udah pegel2 bgt nih.
    emang pake motor apa ?

    bener nih, makannya minta bantuin admin dan moder aja dah.
     
    • Like Like x 1
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    naik motor Tiger bro, kalo Tiger enak di bawah jauh, cuman asal nyantai aja.. :D paling kalo 2 jam atau 3 jam sekali istirahat, sembari minum, duduk2 dulu, atau beli makanan kecil, yang paling penting kalo udah ngerasa kurang fit atau agak ngantuk, mendingan berhenti dulu bro, daripada bikin celaka orang lain.

    kalo bro naik motor apa ni?

    tapi kalo jarak jauh gitu, apalagi diatas 200km, mendingan selesai sampai di tujuan buru2 cepet ganti oli motor nya, apalagi kalo make yang vikositasnya encer, wah bisa berkurang banyak kalo di geber selama jarak jauh... :D
     
  19. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    ane juga naik tiger 2000. wah klo ane berangkat kantor aja tangan kiri udah pegel bgt klo macet coz kopling ane ga standar dan racing kagak bisa buat jalanan macet, berat bgt koplingnya.

    bro rumah didepok juga nih ? sma nih. anak Detic juga atau Tikus yah ?
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,571 / -0
    saya rumah di Tanjung Priuk bro... cuman tiap hari ke Depok melulu... :D

    oh rumah bro di daerah Depok ya?


    sebenernya sih gak mau terikat sama klub Motor Tiger, cuman udah 5 tahun ini mantengin Milis E-mail di HTML, baru2 ini ikut SRC, sama kop dar nya juga, salut juga sih buat safety riding nya...


    motornya bro udah di ganti apa aja selain kopling?

    kalo saya semua masih standar banget, cuman di tambahin box Givi E 45 aja di belakang, yang lain masih standar semua, ban juga masih yang Jari2.. :D

    tapi emang meski standar ni Tiger 2000 paling bandel di ajakin Jarak Jauh, cuman masih be-rencana mau ganti di bagian Ban, mau ganti yang Velg Ring 17' sama pakai Ban Tubeless dari Bridgstone yang Battlax BT 45 (medium)... :)
     
  21. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,887 / -0
    udah dikotak katik dan ngabisin gaji cuman buat motor tiger aja nih, hehee.
    saya pakai engine guard, handguard, klakson Toa police standar, pelek belakang 17(ga standar), klakson denso, box givi e31, sama mesin diutak atik jadi racing.

    sayang klo motor dijual coz udah byk yg diganti2 trus, hihiihiiii.
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.