1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Armored vehicles of the world war II

Discussion in 'History and Culture' started by pvttamama, Oct 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. pvttamama Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +20 / -0
    Sorry gan ... mod..
    sebelumnya ane mohon maaf ini treadh ane pindahan dari treadh dari pictures gallery..
    ane taruh disini. aja.. sekalian tambah ilmu dan bisa langsung share bareng...

    Renault FT-17 Light Tank

    [​IMG]

    FT-17 adalah tank ringan buatan pabrik Renault, Perancis. Mulai diproduksi pada tahun 1916 dan digunakan dalam dinas militer aktif tahun 1917. Tank ini adalah tank pertama dengan persenjataan yang ditempatkan dalam turret yang dapat berputar secara penuh 360 derajat dan merupakan tank modern pertama di dunia.

    Renault FT-17 diawaki dua orang : driver dan commander (yang juga merangkap sebagai gunner dan loader). Pada dasarnya tank ini terdiri dari dua varian dasar, yaitu machine gun tank (dipersenjatai sepucuk senapan mesin Hotchkiss M1914 kaliber 8mm dengan 4.800 butir peluru) dan gun tank (dipersenjatai sepucuk meriam Puteaux SA18 kaliber 37mm dengan 237 butir peluru). Tank ringan seberat 7 ton ini menggunakan mesin Renault 4 silinder berkekuatan 39 tenaga kuda. Dengan mesin tersebut, tank ini mempunyai kecepatan maksimum 7km/jam dan dengan jarak tempuh 65km.

    Pertama kali digunakan oleh Perancis dalam Perang Dunia I, tank ini juga banyak digunakan oleh negara-negara lainnya. Secara total sekitar 3.500 unit FT-17 berhasil dibuat dan selain digunakan oleh Perancis juga digunakan oleh Amerika Serikat, Afghanistan, Brazil, Cina, Cekoslovakia, Estonia, Finlandia, Jerman (dalam Perang Dunia I, beberapa unit FT-17 berhasil direbut Jerman dari tentara Perancis), Iran, Jepang, Lithuania, Rusia, Belanda, Polandia, Romania, Spanyol,, Swedia, Swiss, Turki, Norwegia, dan Yugoslavia.
    [​IMG]
    [​IMG]

    PanzerKampfwagen I Light Tank
    Panzer I adalah tank ringan buatan Jerman. Mulai diproduksi pada tahun 1934 dan digunakan secara luas oleh pasukan Jerman hingga pertengahan Perang Dunia II. Selain Jerman, tank ringan ini juga digunakan oleh Spanyol yang mengoperasikannya sampai tahun 1954.

    Tank ringan ini diawaki dua orang dan dipersenjatai dengan dua pucuk senapan mesin MG-13 kaliber 7,92mm (dengan sekitar 1.500 amunisi). Panzer I memiliki berar sekitar 5,4 ton dan menggunakan mesin bensin Krupp M305 4 silinder dengan 60 tenaga kuda. Memiliki kecepatan maksimum 37 km/jam dan dengan jarak tempuh sekitar 200 km.

    [​IMG]

    Panzer I pertama kali digunakan dalam saudara di Spanyol dan kemudian digunakan dalam Perang Dunia II. Ketika melancarkan serbuan ke Polandia tahun 1939, sebagian besar tank pasukan Jerman adalah Panzer I. Panzer I juga masih digunakan dalam serbuan ke Perancis, Afrika Utara, bahkan sampai saat Jerman menyerbu Uni Soviet pada tahun 1941.

    Namun kemunculan tank-tank yang lebih modern akhirnya menggusur Panzer I dari medan tempur. Sebagian besar Panzer I kemudian digunakan sebagai tank latih, sementara sejumlah besar lainnya diubah menjadi command vehicle (dengan pemasangan 2-3 unit radio dan perubahan turret. Varian ini dikenal sebagai Panzerbefehlswagen) atau menjadi tank destroyer (Panzerjager I dengan persenjataan meriam kaliber 47mm). Selain itu, ada juga yang diubah menjadi self-propelled gun dengan persenjataan meriam kaliber 150mm (15 cm sIG 33 (Sf) auf Panzerkampfwagen I Ausf B)

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]


    T-60 Light Tank


    [​IMG]
    T-60 adalah tank ringan buatan Uni Soviet. Diproduksi antara tahun 1941-1942 dengan total jumlah produksi mencapai sekitar 6.200 unit dan digunakan oleh militer Uni Soviet pada tahun 1941 sampai dengan berakhirnya Perang Dunia II tahun 1945.

    Tank seberat 5,1 ton ini diawaki dua orang. Dipersenjatai dengan sepucuk kanon TNSh kaliber 20mm (yang dikembangankan dari kanon ShVAK kaliber 20mm yang biasa dipasang pada pesawat-pesawat tempur Uni Soviet dan mempunyai kemampuan penetrasi seperti meriam 37mm) dan sepucuk senapan mesin DT kaliber 7,62mm. Menggunakan mesin bensin GAZ-202 6 silinder, tank ini mempunyai kecepatan maksimum 45km/jam dengan jarak tempuh 615km.

    Sebagai tank ringan, fungsi T-60 adalah untuk tugas-tugas pengintaian. T-60 juga sempat diuji coba menjadi glider tank Antonov A-40, namun uji coba tidak berhasil dan proyek tersebut dibatalkan.

    [​IMG]

    Selain Uni Soviet, Rumania juga tercatat pernah menggunakan tank T-60. Rumania yang pada masa Perang Dunia II termasuk ke dalam negara Axis, ikut membantu Jerman menyerbu Uni Soviet. Puluhan T-60 berhasil direbut Rumania dan sebanyak 34 unit di antaranya dikonversi menjadi tank destroyer TACAM T-60 (dengan persenjataan utama meriam anti tank kaliber 76,2mm)

    [​IMG]

    Pada pertengahan Perang Dunia II, Uni Soviet juga memunculkan tank ringan T-70 yang dirancang sebagai pengganti T-60 (walaupun pada kenyataannya T-60 juga tetap digunakan hingga perang usai). Sejumlah T-60 kemudian ditarik dari medan perang dan diganti dengan T-70. Beberapa dari T-60 tersebut kemudian dikonversi untuk menjadi kendaraan peluncur roket atau kendaraan artileri untuk menarik meriam anti tank kaliber 57mm.

    [​IMG]

    Type 95 HA-GO Light Tank]

    [​IMG]

    Type 95 HA-GO adalah tank ringan buatan Mitsubishi. Tank ini banyak digunakan oleh Angkatan Darat dan Angkatan Laut Jepang dalam Perang Dunia II. Masuk dinas aktif pada tahun 1935, tank ini sukses digunakan oleh pasukan Jepang pada masa-masa awal perang di Pasifik. Namun kemudian bisa dikatakan tidak berdaya menghadapi tank-tank dan senjata anti-tank Sekutu yang lebih maju. Pada masa-masa akhir Perang Dunia II, tank ini lebih banyak digunakan pada posisi pertahanan statis (termasuk dalam Battle of Okinawa). Usai Perang Dunia II, tank ini masih digunakan dalam perang saudara di Cina antara pasukan nasionalis dan pasukan komunis. Beberapa unit tank ini bahkan masih digunakan oleh pasukan Korea Utara dalam masa-masa awal Perang Korea.

    Tank ringan seberat 7,4 ton ini diawaki tiga orang. Menggunakan mesin Mitsubishi NVD 6120 6 silinder berkekuatan 120 tenaga kuda. Memiliki kecepatan maksimum 45 km/jam dan dapat menempuh jarak 250 km.

    Persenjataan tank ini adalah sepucuk meriam Type 94 kaliber 37mm dan sepucuk senapan mesin Type 61 kaliber 6,5mm. Selanjutnya meriam Type 94 diganti dengan meriam Type 98 (masih berkaliber 37mm, namun memiliki kemampuan tembak yang lebih tinggi) dan senapan mesin Type 61 diganti dengan senapan mesin Type 97 kaliber 7,7mm. Tank ini bisa membawa 119 butir amunisi 37mm dan 2.970 amunisi senapan mesin.

    Varian dari Type 95 HA-GO antara lain adalah Type 95 HO-TO (self-propelled howitzer dengan persenjataan howitzer Type 38 kaliber 120mm) dan Type 5 HO-RU (tank destroyer dengan persenjataan meriam anti tank kaliber 47mm).

    [​IMG]


    Type 2 KA-MI Amphibious Tank

    [​IMG]

    Type 2 KA-MI adalah tank amfibi pertama yang dimiliki oleh Angkatan Laut Jepang. Tank ini dikembangkan dari tank ringan Type 95 HA-GO buatan pabrik Mitsubishi.

    Dikembangkan mulai tahun 1940 dan masuk dinas aktif pada tahun 1942. Tank ini diawaki 4 atau 5 orang. Dipersenjatai dengan sepucuk meriam Type 1 kaliber 37mm (132 butir amunisi) dan dua pucuk senapan mesin Type 97 kaliber 7,7mm (3.500 butir amunisi). Menggunakan mesin bensin Mitusibishi 6 silinder berkekuatan 115 tenaga kuda dengan kecepatan maksimum 37km/ jam dan jarak tempuh 200km.

    Tank amfibi ini memiliki bobot 11,3 ton. Dilengkapi dengan floatation pontoon yang dapat dibongkar pasang untuk operasi amfibi. Di bagian belakang tank terdapat dua baling-baling yang digerakkan oleh mesin tank. Bila digunakan di wilayah perairan, tank ini memiliki kecepatan maksimum sekitar 10 km/jam dan dengan jarak tempuh 150km.

    Hanya sekitar 184 unit tank amfibi ini yang berhasil dibuat, karena begitu banyaknya komponen yang harus dipasang dan semuanya harus dipasang secara manual. Akibatnya saat tank ini masuk dinas aktif, posisi pasukan Jepang bisa dikatakan sudah tertahan. Oleh karena itu akhirnya tank ini bernasib sama dengan tank-tank Jepang lainnya dalam Perang Dunia II, lebih banyak digunakan dalam posisi pertahanan statis.

    [​IMG]

    Selain dirancang untuk didaratkan dari kapal-kapal pendarat, Angkatan Laut Jepang pernah merancang sejumlah tank Type 2 KA-MI yang bisa didaratkan dari kapal selam. Varian ini bahkan dipersenjatai dengan dua pucuk torpedo, namun akhirnya batal diproduksi.
     
    Last edited by a moderator: Aug 4, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. kasur_empuk M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    di gambar tank pertama ada gambar spade nya. apa yang punya tukang judi? hehehe
     
  4. Rush_Sykes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    756
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,724 / -0
    tanknya kecil amat....apa dulu emang tankya kecil2 ya??
    trus itu satu tank kapasitasnya brp org??
     
  5. Farewell M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 1, 2010
    Messages:
    823
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +816 / -0
    buat TS sekedar saran nih, kalo ada gambar MoKit nya sekalian aja masukin..hehe..jadi keliatan lebih menarik !!

    good work :top:
     
  6. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,881
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +745 / -0
    Wah menarik banget artikelnya ... Btw kalau tidak salah yang membuat tank pertama kali itu orang jerman yah ? kalau liat tank ini jadi inget maen Red Alert di PS dulu ... mirip banget deh
     
  7. kasogi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    513
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +4,183 / -0
    Tank jaman perang dunia ke II
    TS coba buat thread tentang tank yang jaman sekarang
     
  8. b4nd3nxxx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2010
    Messages:
    597
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,084 / -0
    kalo masih dipake perang jaman sekarang.

    sekali granat remuk tuh tank

    :peace:
     
  9. sagishi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 29, 2010
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +193 / -0
    itu T70 sangar juga bwa" launcher di kepala gan
    nice info nih.. lmyan buat referensi gambar. :top:

    btw itu teng" jman dlu gmna yak klo ktmu :hulk: sekarang ky di film" ? :P
     
  10. cikosenzki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 28, 2010
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    menarik menarik ini thread ...

    jadi pingin nonton film perang dunia 2 lagi
    pingin tahu gimana rasanya kalo USA nga menang terhadap jerman
     
  11. sepatubau Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +5 / -0
    orang jerman pada waktu ww2 emang jago buat tank,tapi kalo soal senapan Uni Soviet jagonya .AK 47 is the best assault :semangat:
     
  12. you_are_maho M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2010
    Messages:
    1,101
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,229 / -0
    wih, tank nya jadul"...
    mana ada tank ampibhi juga...:hehe:
    keren banget...:matabelo:
    btw :niceinfo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.