1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ask and discuss: Rubah mesin 2 Tak jadi 4 Tak

Discussion in 'Otomotif' started by ekaacid, Oct 14, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ekaacid Members

    Offline

    Joined:
    Oct 13, 2010
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    dulu pas masih langganan majalah Ot"mot"f and Motor P, ane beberapa kali liat orang modify mesin 2 tak jd 4 tak. Dengan segala hormat bagi pecinta 2 tak hehehehe, daripada motor2 2 tak banyak yg jd bangkai, motor apa saja yg bisa dirubah? karena yang saya lihat dirubah jd 4 tak dulu kalo gak salah vespa tua malah....

    ditunggu urun rembuk, gambar, spek, dan cara modif dllnya

    thanks...........
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. javi_1502 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2008
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +567 / -0
    wah udah agak berat bahasannya..

    bingung mw ilangin haus akan oli sampingnya gimana, pasang cam , dsb..bukan cuma clynder head saja yg mesti diganti, kanibal sana sini jeroan 4tak pun wajib..

    lebih baik ts coba infokan dulu bahasannya ke sini..sekalian share, saya pribadi tidak pernah tahu :hmm:
     
  4. SFU11 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,673
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,742 / -0
    daripada repot... mendingan beli motor 4 tak aja deh bro.... no offence

    lagipula kalo merubah 4 tak itu emisinya gimana? salah satu alasan pemerintah (bahkan dunia) membatasi pemakaian motor 2 tak adalah kadar emisi yang tinggi.... bahan 4 tak juga ngga semuanya lulus euro 2 (padahal di negeri orang udah sampe euro 4)....
     
  5. junk_master M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    1,406
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +45,908 / -0
    Kayaknya sulit merubah dari 2 tak jadi 4 tak.
    Mungkin yang TS lihat di majalah tuh Swap Engine, bukan modifikasi mesin 2 tak.
     
  6. Klikbca Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +16 / -0
    dolo gw pernah baca tabloid motorplus, ada orang pake vespa taon lama yg 2tak di ubah jadi 4tak, kalo ga salah pake komponen utama dari supra X 110cc...
    tar gw cari dolo tabloid nya dan gw comment lg.... btw nothing is impossible...:)
     
  7. SFU11 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,673
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,742 / -0
    ^
    bener sih nothing is impossible... but it's hard to do...
    Ok ditunggu majalahnya,... :lalala:
     
  8. youthdynasty M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 16, 2009
    Messages:
    587
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +3,274 / -0
    2 Tak Forever

    Masih setia sama motor 2 tak...
    Perawatan g'ribet...
    Modifikasi mesin mudah...

    Motor gw tornado gs tahun 1996 tembus 110 kpj itu br gigi 3...
    mo cb gigi 4, jlnny udh keburu habis...

    G'ad niat buat ganti motor 4 tak tuh...

    apalagi motor 2 tak skrg kn lg naik daun...
    FIZR, Satria lama, Ninja, King byk nongol di jalan2...

    soal emisi gas buang, asal perwatnnya bagus, lulus tuh motor 2 tak uji emisi...
    mau ubahan yangg ekstrim bisa pake teknologi WAI (Water Air Injection)...

    Hidup 2 Tak...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. zzii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +630 / -0
    repot emg gan.. biasanya kan pake vespa biar murah bahannnya

    soalnya butuh perhitungan dan ilmu motor bakar jg menurut ane, gak cuman asal bubut jg. yg pasti bnyk kanibal part 4 tak, yg sisa mungkin gear box sama karbu aja deh.

    setau ane bisa aja di rubah, cuman makan waktu, biaya dan tenaga. emg mtr ente apa ?
     
  10. kamikaze_buster Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 9, 2010
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    2 tak forefer to

    kalo ngerubah mtr 2 langkah ke 4 langkah si.. susah banget keliatannya soalnya komponen 4 langkah lebih banyak dibandingkan dengan komponen2 langkah.. ending2xnya cylinder hed yg di ganti.. & itu butuh hitung2x yg ngak gampang :belajar:

    motor ane F1ZR.. ngak ada masalah tu ampe skrng & kemungkinan untuk jadi besi tua sih jauh, yang penting perawatannya rutin pasti bisa terus eksis :motor:
     
  11. unknowns Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +6 / -0
    mending beli baru saja. bisa rubah keseluruhan
     
  12. kz_rider_0274 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 7, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +475 / -0
    saya kira susah bos dari 2tak jadi 4tak,walaupun mungkin bisa...
    menurut saya itu mungkin ganti mesin ke 4tak,bukan dimodifikasi bos...
    kalaupun bisa,pasti rombak total dan butuh biaya yg hampir sama dengan beli motor 4tak...

    karena menurut saya pada dasarnya itu kan ngerubah karakteristik mtornya bos...
     
  13. oraDonk M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    5,840
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,238 / -0
    Target rubah dari 2-stroke ke 4-stroke apa nih?

    Kejar efisiensi bahan bakar atau emisi?

    Kalau untuk emisi sih boleh-boleh aja, tapi rombakan banyak....bener, ujung-ujungnya biaya cukup buat beli enjin 4-stroke....

    Tapi kalau emisi, kenapa gak cantolin sistem Injeksi aja? :panda:
     
  14. putraxxx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +10,038 / -0
    bisa gtu ??

    banyak banget yang di ubah...

    CDI, head, klep..

    kalo 2 mesin 2 tak di gabung bisa jadi 4 tak mungkin.. :D (bercanda)
     
  15. zzii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +630 / -0
    klo vespa emg pada iseng kali tuh yg bkin.. emg sih kompleks bgt.
    mesti ngerti prinsip motor bakar juga, slain masang cam ,cam chain juga nntuin timingnya juga. lmyn repot dan bisa ngabisin dana seharga motor baru juga
     
  16. revyolution Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    kayanya buat rubah motor 2 tak jadi 4 tak emang bisa, cuman rubahannya pasti banyak, belum lagi biaya dan waktu. kalo dihitung2 lebih baik kredit motor 4 tak baru, yang lama biar di recycle aja boss... hehe
    lagian seandainya berhasil jadi 4 tak, konstruksi ketahanan mesin juga dari segi desain tentu berbeda antara mesin 4 tak dan 2 tak, kemungkinan muncul masalah di mesin setelah pemasangan sangat besar....
    tapi kalo penasaran, ini hal u\yang patut dicoba... dan tentu membutuhkan test trial and error...
     
  17. azchtein M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 6, 2010
    Messages:
    739
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +310 / -0
    engine swap satria hiu pake satria FU top bgt dah, sdikit mod mesin.. heeeehhehe

    klo mau emisi bagus skalian kompresi dinaikin.. trus pake premix.
     
  18. oraDonk M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    5,840
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,238 / -0
    Kompresi tinggi? buat apa?

    Alamat motor susah dipakai turing nanti....kompresi rata-rata motor Indonesia kelas Mediocre keatas sudah relatif tinggi....itu saja sama Orang Indonesia masih dicekokin Premium

    Mau emisi bagus? tingkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar + pemasangan katalis + perawatan berkala

    Cukup
     
  19. jodl Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2010
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +26 / -0
    wah ini sulit bgt, head musti ganti, bikin dudukan baru dr mesin bwt head baru, kruk as jg musti ganti, udah gitu bikin pompa oli baru head musti bikin innerpipe tuh, musti lubangin mesin..udah gitu biayanay pasti lebih gedhe drpada beli baru coz smua musti custom made ato bubut ndiri.............
     
  20. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    ribet bgt ini gan..

    tp klo ada tuttorialnya mungkin bisa membantu mereka yg mau.. :peace:
     
    Last edited by a moderator: Feb 8, 2011
  21. vurnurable Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 26, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    yang susah mungkin buat klepnya ya bro
    soalnya kalau buat crankcase tinggal di bobol buat oli, silinder tinggal di ganti boringnya,
    rantai keteng bisa di akalin munkin pake vbelt dari kipas biar ngga bingung lagi mikirin buat jalur oli kalau pake keteng
    nah yang masalah heat 4tak apa yang cocok buat vespa ya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.