1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Legend/Myth Misteri Hilangnya Amelia Earhart

Discussion in 'History and Culture' started by astrayudha, Sep 24, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. astrayudha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +49 / -0
    Dikutip dari Wikipedia Indonesia. Mengenai biografinya dapat dilihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Amelia_Earhart karena saya hanya mengutip bagian hilangnya saja serta teori-teori yang ada.

    Penerbangan keliling dunia tahun 1937

    Rencana

    Earhart bergabung dengan fakultas Universitas Purdue tahun 1935 sebagai anggota fakultas yang berkunjung untuk menganjurkan wanita dalam karir dan sebagai penasehat teknik Departemen Aeronautik.[70] Pada bulan Juli tahun 1936, ia mengambil kiriman pesawat Lockheed 10E Electra yang dibiayai oleh Purdue dan mulai merencanakan penerbangan keliling dunia. Penerbangan ini akan dilakukan sejauh 29.000 mil (47.000 kilometer), mengikuti jalur khatulistiwa yang sangat meletihkan. Walaupun Electra dipublikasi sebagai "laboratorium terbang", pengetahuan yang sedikit berguna direncanakan dan penerbangan telah disusun oleh keinginan Earhart untuk mengelilingi dunia dengan pengumpulan bahan dan perhatian publik untuk buku berikutnya. Pilihan pertama ahli navigasinya adalah Kapten Harry Manning, yang menjadi kapten kapal Presiden Roosevelt yang membawa Amelia kembali dari Eropa tahun 1928.

    Melalui kontak di komunitas penerbangan Los Angeles, Fred Noonan dipilih sebagai ahli navigasi kedua.[71] Ia memiliki pengalaman luas, baik dalam navigasi laut (ia adalah kapten kapal) dan navigasi udara. Terdapat faktor tambahan penting yang perlu diambil ketika menggunakan navigasi penerbangan untuk pesawat terbang.[72] Rencana awal untuk Noonan adalah untuk menavigasi dari Hawaii ke pulau Howland, yang merupakan bagian yang sulit pada penerbangan.

    Usaha pertama

    Pada hari St. Patrick, 17 Maret 1937, mereka terbang dari Oakland, California ke Honolulu, Hawaii. Harry Manning dan pilot akrobatik Hollywood, Paul Mantz (yang menjadi penasehat teknik Earhart) ikut dengan Earhart dan Noonan dalam penerbangan itu. Masalah dengan baling-baling menyebabkan pesawat ini harus direparasi di Hawaii. Electra akhirnya berakhir di lapangan udara Luke Field di pulau Ford, Pearl Harbor. Penerbangan dilanjutkan tiga hari dengan Earhart, Noonan dan Manning yang menaiki pesawat tersebut dan selama pesawat bergerak untuk lepas landas, Earhart mengalami ground loop (rotasi cepat sebuah pesawat terbang sayap-tetap pada posisi horisontal sementara berada di darat). Keadaan sekitar ground loop tetap kontroversial. Beberapa saksi di lapangan udara Luke menyatakan mereka melihat ban pesawat meledak [73]. Earhart mengetahui ban kanan Electra meledak dan/atau roda gigi pendaratan telah mengalami keruntuhan. Beberapa sumber, termasuk Mantz, menyatakan hal ini adalah kesalahan pilot.[73]

    Pesawat tersebut rusak dan penerbangan dibatalkan. Pesawat tersebut dikirim ke fasilitasi Lockheed di Burbank, California dengan kapal untuk perbaikan.

    Usaha kedua

    Sementara Electra diperbaiki, Earhart dan Putnam menyimpan dana dan bersiap untuk usaha kedua. Usaha kali ini dilakukan dengan rute penerbangan dari barat ke timur. Usaha kedua dimulai dengan penerbangan yang tidak dipublikasi dari Oakland ke Miami, Florida, dan setelah tiba disana, Earhart mengumumkan rencananya untuk mengelilingi dunia kepada publik. Arah penerbangan yang berbeda dilakukan kaerna perubahan angin global dan cuaca. Fred Noonan adalah satu-satunya kru Earhart untuk penerbangan kedua. Mereka berangkat dari Miami pada tanggal 1 Juni dan setelah berhenti beberapa kali di Amerika Selatan, Afrika, India, dan Asia Tenggara, ia tiba di Lae, Papua Nugini pada tanggal 29 Juni 1937. Pada saat ia tiba di Lae, ia telah menempuh perjalanan sepanjang 22.000 mil (35.000 km). Sisa rute sepanjang 7.000 mil (11.000 km) semuanya akan dilewati di samudera Pasifik.
    Earhart berada di kokpit Electra tahun 1936
    Earhart berada di kokpit Electra tahun 1936

    Keberangkatan dari Lae

    Pada tanggal 2 Juli 1937 (tengah malam dalam waktu Greenwich Mean Time), Earhart dan Noonan lepas landas dari Lae. Mereka akan terbang menuju pulau Howland, pulau yang terletak di samudera Pasifik. Posisi terakhir mereka yang diketahui berada di dekat kepulauan Nukumanu. Kapal Itasca berpatroli di Howland untuk berkomunikasi dengan pesawat Lockheed Electra 10E yang dikemudikan Earhart dan memandu mereka ke pulau Howland.

    Kemunculan terakhir saat menuju Pulau Howland

    Melalui berbagai kesalah pahaman (detail dari kejadian ini masih kontroversial), kemunculan terakhir saat menuju pulau Howland menggunakan navigasi radio tidak berhasil. Fred Noonan awalnya telah menulis tentang masalah yang mempengaruhi keakuratan radio dalam navigasi.[74] Beberapa sumber mencatat kekurangan pengertian Earhart atas antena pencari arah Bendix yang merupakan teknologi baru pada saat itu. Ada juga yang menyatakan hal ini merupakan akibat dari kekacauan yang mungkin terjadi antara Itasca dengan Earhart yang merencanakan jadwal komunikasi menggunakan sistem waktu setengah jam perpisahan (dengan Earhart menggunakan Greenwich Civil Time (GCT) dan Itasca dibawah zona waktu angkatan laut).[75]

    Fakta-fakta gambar bergerak dari Lae memberi kesan bahwa antena radio yang dipasang dibawah badan pesawat terbang mungkin putus dari Electra selama lepas landas atau mendarat di landasan kapal terbang yang berumput di Lae, namun tidak ada antena yang ditemukan di Lae. Don Dwiggins, dalam biografinya tentang Paul Mantz, mencatat bahwa penerbang telah memotong antena karena mengganggu dan mereka harus mengengkolnya kembali ke pesawat setiap pemakaian.

    Sinyal radio

    Selama kemunculan Earhart dan Noonan saat menuju pulau Howland, Itasca menerima transmisi suara yang kuat dan jelas dari Earhart tetapi ia tidak dapat mendengar transmisi suara dari Itasca. Pada pukul 7:42 pagi, Earhart mengirim pesan:
    “ Kami seharusnya tepat di atas anda, tetapi kami tidak dapat melihat anda -- dan bahan bakar hampir habis. Berulang-kali gagal menghubungi anda melalui radio. Kami terbang di ketinggian 1.000 kaki. ”

    Transmisinya pada pukul 7:58 pagi berkata bahwa ia tidak dapat mendengar Itasca dan meminta mereka mengirim sinyal suara sehingga Earhart dapat mencoba menggunakan radio sebagai alat pembantu dengan maksud untuk mencapai ke tempat tujuan (transmisi ini dilaporkan oleh Itasca yang merupakan sinyal terbesar yang terdengar, menunjukan Earhart dan Noonan berada di daerah yang dekat). Mereka tidak dapat mengirim suara pada frekuensi yang ia minta, sehingga sinyal kode Morse digunakan. Earhart mengkonfirmasikan menerima kode tersebut tetapi ia tidak dapat menentukan arah penerbangannya.[76]

    Pada transmisi terakhirnya yang diketahui pada pukul 8:43 pagi, Earhart mengirim pesan,
    “ Kami berada pada garis 157 337. Kami akan mengulangi pesan ini. Kami akan mengulangi pesan ini pada 6210 kilohertz. Tunggu. ”

    Namun, beberapa waktu kemudian ia kembali dengan frekuensi yang sama (3105 KHz) dengan transmisi yang dicatat sebagai "dipertanyakan".
    “ Kami menjalankan pada garis utara dan selatan.[77] ”

    Transmisi Earhart mungkin untuk menunjukan bahwa ia dan Noonan percaya mereka telah mencapai posisi Howland, dan tidak benar oleh sekitar beberapa 5 mil laut (10 kilometer). Itasca menggunakan ketel uap mereka yang berbahan bakar minyak untuk membuat sinyal asap sekain waktu, namun mereka tidak melihatnya. Banyaknya awan yang menyebar di daerah sekitar pulau Howland juga telah dicatat sebagai masalah: bayangan gelap awan tersebut pada permukaan samudera mungkin tak dapat dibedakan dari pulau yang sangat rata.[78]

    Pertanyaan apakah sinyal radio setelah hilang diterima dari Earhart dan Noonan, tetap kontroversial. Jika transmisi diterima dari Electra, maka transmisi itu mungkin lemah dan merusak isi keterangan. Transmisi suara Earhart sebesar 3105 KHz, frekuensi yang dibatasi untuk penggunaan penerbangan di Amerika Serikat oleh FCC.[79] Frekuensi ini tidak dianggap cocok untuk siaran radio melewati jarak yang jauh. Ketika Earhart berada pada ketinggian pelayaran dan berada di pertengahan jalur dari Lae ke Howland (berjarak sekitar 1.000 mil atau 1.600 kilometer satu sama lain), tidak ada stasiun mendengar transmisi penjadwalannya pada pukul 08:15 GCT.[80] Pemancar 50-watt transmitter yang digunakan oleh Earhart dipasang pada antena kurang-dari-jarak-terbaik tipe-V.[81][82]

    Transmisi suara terakhir yang diterima di Pulau Howland dari Earhart menandakan bahwa dia dan Noonan sedang terbang melalui garis posisi (diambil dari posisi "garis matahari" yang bersudut 157-337 derajat) yang seharusnya dihitung oleh Noonan menggunakan grafik untuk melewati pulau Howland.[83] Setelah semua kontak hilang di pulau Howland, usaha dilakukan untuk mencapai penerbang baik dengan transmisi suara dan kode Morse. Operator di samudera Pasifik dan Amerika Serikat mungkin mendengar sinyal dari Electra yang jatuh, tetapi transmisinya tidak dapat dipahami atau lemah.[84]

    Terdapat beberapa transmisi yang merupakan palsu, tetapi yang lainnya dipertimbangkan asli. Sinyal yang ditangkap oleh stasiun Pan American Airways memberi kesan sinyal berasal dari beberapa lokasi, termasuk pulau Gardner.[85][86] Pada waktu itu, jika sinyal tersebut berasal dari Earhart dan Noonan, mereka pasti berada di darat dengan pesawat terbang dan air akan memendekkan sistem listrik Elektra.[87][88] Sinyal jarang-jarang dilaporkan untuk 4 sampai 5 hari setelah hilangnya Earhart tetapi tidak ada hasil informasi yang dapat dimengerti.[89] Kapten kapal USS Colorado nantinya berkata:
    “ Tidak ada kesangsian banyak stasiun memanggil pesawat Earhart dalam frekuensi pesawat, beberapa dengan suara dan lainnya dengan sinyal. Semuanya menambah kebingungan dari kebenaran laporan tersebut."[90] ”
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Master_T M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    1,569
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +436 / -0
    beneran ilang gan.... :apa:
    hilangnya dari tahun 1937???
     
  4. sakubakugan M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Oct 21, 2009
    Messages:
    15,080
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,216 / -1
    hilangnya mungkin karena teknologi ya kn boz..bisnya di jaman sekarang ga ada lagi yang kacau karena komunikasi yang tidak jelas (kecuali ada fenomena alam didalamnya)
    kacian juga c..
     
  5. xsarasx Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 21, 2010
    Messages:
    467
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +156 / -0
    bahkan akudengar ada rumor2 gara2 segitiga bermuda

    sampai sekarang misteri hilangnya dy belum ada yang menguak ya?
    kasihan khan kalo dy belum ditemukan (walo mungkin sudah menjadi abu tapi minimal khan jelas dy hilang dimana)
     
  6. shibagon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +41 / -0
    hiii, serem banget bisa ilang geto, klo bayangin nasipnya sekarang, kasian banget
     
  7. speedyrj M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2008
    Messages:
    510
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +86 / -0
    lucu nih gw liat pelemnya....salah satu penyebabnya alat yg seharusnya bisa mendeteksi mati karena abis batere.....suwek banget
     
  8. superbenjo M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    2,443
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,402 / -0
    ga pernah denger aq,,
    siapa sih doi???
    emang ada pilmya ya bro,,,judulnya apa
     
  9. cq510 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2010
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    ini yang katanya ilang di segitiga bermuda itu bukan?
    serem juga bisa tau2 ilang begitu
    ato jangan2 dibawa ufo mungkin, :haha:
     
  10. djimbo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +34 / -0
    baru denger kasusnya. ya, sapa tau ja emang ilang di segitiga bermuda :hahai:
     
  11. delopadi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    mungkin ada misinterpretasi dalam komunikasinya, jadilah, perlu korban untuk masa depan yg lebih baik.
    tapi kasian juga ya, ilang tanpa penjelasan yg jelas buat keluarganya.
     
  12. thundergod08 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    558
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +70 / -2
    di sekolah ane dulu juga di bahas tentang amelia earheart gan :top:
     
  13. stanzaries M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +292 / -0
    ngeri bnget,.. :takut:
    tp :top: cwe yg brani terbang saat itu.
     
  14. wyxz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 19, 2011
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +9 / -0
    yg msh diingat dari film-nya :
    "king how able queen queen calling Itasca. We must be on you but cannot see you...gas is running low..."


    Kasian Amelia ama Noonan, ada yg bilang jatuh tenggelam, ada yg bilang dibunuh Jepang, benar tidaknya masih misteri :puyeng:
     
  15. azwir46 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +4 / -0
    ini amelia earhart yang nongol di film night in museum 2 bukan gan??ada yang punya pic aslinya coz di night museum 2 lumayan sih
     
  16. mekongga Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    "jangan - jangan"
    semuanya pasti masih berkata gitu, namanya aja belum ketemu.
    kalo mau terjadi yah tunggu orangnya ketemu dulu kali.

    tapi sayang kan belum ketemu ya!
     
  17. Khortdad Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    239
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +212 / -0
    sekarang aja klw pesawat jatuh seperti di pedalaman papua sering tidak diketemukan
    apalagi tahun 1937, teknologi yg belum berkembang seperti skrng,
    wajar aja klw pesawatnya menghilang dan tidak bisa diketemukan sampai skrng.
     
  18. ttopengg M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 13, 2011
    Messages:
    610
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +126 / -0
    di film Museum apa gt lupa ane, dia jg muncul ya..
     
  19. yunniebun Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    Amelia Earhart itu kan pilot wanita pertama, cewe keren tapi kenapa kisahnya tragis banget yah, karna sampe sekarang pun masih belum jelas Amelia itu hilang kemana dan ga pernah ditemuin sampe sekarang :sigh:
     
  20. bizly M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,245
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +104,406 / -3
    malang benar nasib pilotnya
    gara-gara teknologinya yg gak memadai :sigh:
     
  21. nigopapaya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2011
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    Ga bisa gw bayangin kalo dia masih hidup tentunya :)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.