1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Empat Karya Sastra Besar Bangsa Cina

Discussion in 'History and Culture' started by astrayudha, Sep 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. astrayudha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +49 / -0
    Berikut ini adalah empat literatur besar bangsa cina yg masih terkenal sampai jaman sekarang.

    Berikut urutannya secara kronologis

    1. Romance of the Three Kingdom (abad ke 14)
    ditulis oleh Lu GuanZhong pada abad ke 14. Merupakan sebuah novel berlatar belakang sejarah. Mengambil setting pada masa-masa pergolakan di penghujung dinasti Han antara tahun 169 M - 280 M. Novel ini ditulis dalam lebih dari 800.000 kata menggunakan hampir 1000 karakter huruf china dalam 120 bab.
    Cerita berfokus pada 3 kerajaan yaitu Wei, Shu dan Wu. Tokoh2 utamanya antara lain Liu Bei, Chang Fei, Guan Yu, Zhuge Liang, Cao-Cao, Zhou Yu, dll. Salah satu bagian paling terkenal adalah Battle of the Red Cliff yang sempat diangkat ke layar lebar dan menuai sukses. Secara keseluruhan cerita ini telah diangkat ke banyak novel, komik, film bahkan video games dan berpengaruh besar terhadap kebudayaan China.

    2. Water Margin (abad ke 14)
    Karya sastra ini juga diperkirakan ditulis oleh Lu GuangZhong pada abad 14. Terdiri atas 100 chapter, Novel ini mengambil setting pada masa pertengahan dinasti Song. Cerita berputar pada lepasnya 108 roh, bangkitnya 108 pendekar dan 108 pemberontak terhadap dinasti Song.
    Novel ini pernah diterjemahkan oleh novelis peraih Nobel Pearl S.Buck dan diangkat juga ke dalam berbagai film.

    3. Journey to the West (abad ke 16)
    Dah pada pernah denger kan tentang yang satu ini? Yup, cerita ini populernya disebut "Kera Sakti". Tokoh utamanya memang Seekor Kera Sakti / Dewa Kera Sun Go Kong yang membantu gurunya mencari kitab ke Barat (India). Dengan ditemani Siluman Babi Ti Pat Kay dan Siluman Air Wu Ching serta seekor kuda putih yang sebenarnya adalah raja naga mereka menghadapi berbagai tantangan selama prjalanannya.
    Novel yang dikarang Wu Cheng'en ini sangat tersohor dan sudah diadaptasi ke dalam banyak film dan komik bahkan video games dengan banyak sekali variasi. Cerita ini juga sudah termasuk mitologi China kuno dan sedikit banyak berpengaruh pula terhadap ajaran Buddha dan Taoisme. Ceritanya banyak mengandung unsur petualangan namun juga banyak unsur spiritualnya.


    4. Dream of the Red Chamber (abad ke 18)
    Novel ini dikarang oleh Cao Xuezin dan sering dianggap juga merupakan semi autobiografi dari dirinya. Red Chamber yang dimaksud dalam novel ini adalah ruangan tempat tinggal para putri dari keluarga bangsawan pada masa itu. Novel ini menceritakan banyak sekali karakter dengan sekitar 30 karakter utama dan kurang lebih 400 karakter tambahan Cerita novel ini benar2 kompleks sampai-sampai ada cabang ilmu khusus yang mempelajarinya disebut redology. Tokoh utama laki2 nya bernama Jia Baoyu dengan 12 permpuan cantik di sekitarnya.
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Sep 23, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. jarmen_kerll M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +81 / -3
    gak dimasukkin karya sastra Hoshi no Engi ( gak tau judull chinanya ) tentang raja yang dipengaruhi oleh ratunya sehingga menjadi kaisar yang bengis dan kejam. ntu??
     
  4. seto03 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +63 / -0
    Hoshin no Engi (Feng Zhen Yen yi)
    itu ga masuk jg ya? setau gua itu jg terkenal...
     
  5. Fire_Maiden M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 4, 2009
    Messages:
    1,456
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +254 / -0
    yg paling familiar cuma Romance of Three Kingdom and Journey To The West ajah....:top:
    Water Margin juga lumayan terkenal ternyata...:top:
    tadi nya gw sempet ga ngenalin, tapi pas d baca detail ternyata sastra yg satu ini udah melegenda di hati para gamers sadarnya pas baca kata2 "108", ternyata ini yg jadi dasar dari "Suikoden Series" :terharu:
     
  6. lightme M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    1,090
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,773 / -0
    :repost: dari forum sebelah nih...

    ini linknya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.