1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pengalaman Delay Pesawat 12jam!

Discussion in 'CurHat' started by wild_angel, Sep 22, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. wild_angel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    2,265
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +74,586 / -0
    Mau sharing aja nih pengalaman g kemaren itu. Cukup panjang gan ceritanya, 12 jam delay. Gmn ga panjang. :hot:

    Jd ceritanya, g sekeluarga kan naik aira**a ke tujuan singapore. Terbangnya sendiri dari bandung. Jadwal pesawat ane terbang itu jam11 pagi dari bandung. Karna waktu itu lagi padet2nya orang pada mudik lebaran, jadi kita uda antisipasi pergi pagi2 banget dari jakarta (g tinggalnya di jakarta, cuma kebetulan waktu itu ada tiket murah dari bandung ke sing). Pagi2 aja uda deg2an banget tu pas pergi. Kita uda siap2 dari jam5 nungguin jemputan yang nganterin kita dari jakarta ke bandung. Jemputannya sendiri dateng jam6 ke rumah g. Dan ternyata bener aja, di jalan tol macetttt bgt. Uda pasrah aja dhe, ga bakalan keburu ini ngejer pesawatnya. Rencana liburan kacau semua. :panik:

    Tp untungnya kita sampe jam9.30 di bandara. Amann.. fiuhh.. :sigh: Waktu check in, tiba2 masnya ngomong kalau pesawat kita delay sampe jam 3 sore. Gilaa..lama bgt. Tp ya apa boleh buat. Tu penerbangan uda terkenal kan dengan delaynya. Akhirnya menghabiskan waktu di bandara yang kecil nan sempit itu. :hot: Kita dikasih makanan hokben tuh karna delay (tp cuma hoka hemat seharga 10k.. :panda:)

    Uda nunggu dengan rasa bosan, ngantuk, akhirnya jam2 dateng jg. Kita mulai ngantri dhe masuk ke imigrasi. Waktu masuk imigrasi, sempet ga dikasi masuk sama petugas bandaranya. Dia bilang pesawatnya aja belom ada. Setelah ngomong2, akhirnya kita dikasi masuk jg. *belom ada perasaan apa2 tu saat itu*

    Nunggu lg sampe jam3. Uda jam3, kok belom ada tanda2 kita mau berangkat jg. Tau2 dateng petugas aira**a-nya. Datengnya pun ga langsung di ruang tunggu gitu, jadi kalau tadinya kita ga niat mau komplen jg ga bakalan tau kalau mereka dateng. Ada ngomong sama satu petugas (nyesel bgt ga nanya n nyatet namanya). Dia ngomong kalau pesawat akan delay lg. Nanti jam 5 sore bakalan dikasi pengumuman lg dan ternyata itu pun belom pasti pesawat bakalan berangkat ato ngga. Bilangnya ada technical problem gitu dhe. Ya kita kesel dong. Uda di-delay tp kejelasan bakal berangkat ato ngganya sendiri masi belom tau. Yang bikin nyolotnya, tu petugas bukannya memberikan ketenangan ma penumpang ato gimana, dia malah jawab dengan nantangin bgt. Dia ngomong, "Mba, kalau mau komplen ke koran, tv, internet silakan aja.". :awas:

    Kita uda ngomel segala rupa dan dia dengan santainya ngomong, "Saya cuma petugas. Saya cuma disuruh untuk memberikan informasi. Saya sendiri ga tau.". Ya kita maklum sih klo dia cuma bawahan. Kita minta panggil supervisornya atau siapa yg bertanggung jawab. Dia bilang yg bertanggung jawab mah pusatnya ada di kuala lumpur. *what the h*ll * Masa ga ada perwakilan di Indo, boong bgt sih. Kita disuruh turun ke bawah kalau mau nemuin supervisornya. Yg salah siapa, yg jd penumpang siapa, kenapa kita yg harus repot2 ke bawah. Bener2 nyolot banget itu petugas. Akhirnya kita uda males bgt ngomong sama petugas itu. Kita putusin ya udalah, kita nunggu sampe jam5 ntar.

    Jam 5 sore uda dateng, tp masi belom ada pengumuman apa2. Kita sendiri uda pengen pending hotel n dimundurin tanggalnya. Untungnya masih bisa, tapi kita disuruh kabarin secepatnya. Akhirnya g turun ke bawah jg buat komplen lg. Kali ini ditanggepin ma orang yg berbeda. Tp jawabannya masih sama. Ga tau apa2, ga punya kewenangan apa2. :hulk: lama2 ga tahan jg. G ngomel2 dan suruh panggil atasannya. Uda ga guna banget ngomong ma orang kek gitu. Setelah nunggu lama, akhirnya spv-nya dateng juga. Dia ngomong uda confirm dan akan ada pesawat dari jakarta yang mau ke bandung untuk ngangkut kita ke sing. G uda pastiin ke dia, jadi uda pasti berangkat belom? Karna klo ga jadi berangkat kan, g bisa pending hotel. Dia ngomong dengan meyakinkan, uda pasti, pesawatnya uda siap2 mau take off dari soekarno-hatta. Ya karna dia uda ngomong kek gitu, g percaya aja. G naik lagi ke atas ke ruang tunggu. G pesen sama dia, suruh umumin ke atas. Karna penumpang lain kan belom pada tau. Tapi dia sama sekali ga ngasih ke pengumuman ke atas.

    Nunggu lagi..... Uda jam6.30, masih belom ada kabar jg. Ada pesawat dateng, tapi ternyata itu untuk yang ke denpasar punya. Gila banget ga seh! Uda berjam2 kita nunggu padahal. Bahkan ya g liat ada penumpang yg uda dandan rapi gitu, g tebak sih dia mau foto prewed. Rambut uda cakep, disanggul2 segala rupa. Akhirnya mereka malah foto2 di ruang tunggu (yg jelek pula dan seadanya). Kesian bgt ga sih..

    Makin malem suasana makin panas aja. Penumpang lain baru dhe mulai berkoar2 n ikutan ngomel. Petugas2 yg tdnya ga mau nongol ke ruang tunggu, akhirnya pada dateng ke atas. Uda diomelin segala rupa, mereka ngomong pesawat baru aja take off dari jakarta. Padahal jam 5 g datengin spv-nya, dia ngomong pesawat siap2 mau take off. Masa 2 jam kemudian baru take off??? G ga ngerti itu beneran ato another bullsh*t dari mereka. Mereka bilang 1 jam lg pesawat akan sampai di bandung. Kita nunggu lagi. Kita dikasi makanan lagi buat kedua kalinya. G yg lg panas, mana nafsu makan sih. Mana makanannya jg KFC n hokben lg.

    Jam 8 ujan turun. Deras bgt! Ada pengumuman kalau bandara akan ditutup sementara waktu karna faktor cuaca. Kepala makin pusing aja ini. Sejam kemudian, ada pesawat landing. Petugasnya ngomong kalau kita akan berangkat 15min lg. Tau2 beberapa menit kemudian, petugasnya ngomong kalau ada kesalahan informasi. Ternyata ini pesawat untuk ke KL. :ngeselin::oii::watta::voodoo: Mereka bilang yg dari jakarta punya *yg uda take off dari td*, uda muter2 tadi di atas bandara husein, tp ga bisa landing. Akhirnya tu pesawat balik lg ke jakarta. Lah...terus kenapa pesawat yg sekarang uda ada di bandara husein bisa landing. Byk bgt alesannya!

    Mulai dhe terjadi keributan lagi. Uda ribut2, akhirnya mereka ngomong, pesawatnya diganti untuk yang ke sing. Wah..gantian penumpang yg ke KL yang ngamuk. Akhirnya sama2 ngamuk. Kalau yang ke Sing ga jalan, yg ke KL jg ga boleh jalan. Gitu jg sebaliknya. G akhirnya ikutan maju jg ngomel. Masa mereka nyuruh kita penumpang yang berunding, siapa duluan yang berangkat! Kek lepas tanggung jawab banget. Itu kn tugas mereka. Masa penumpangnya yg disuruh gontok2an, mereka sih tinggal terima aja. Keputusan apa pun, mereka ga akan rugi. G kesel bgt. G omelin itu petugas. Dia ngomong, dinginkan kepala dulu. G bilang, "dinginnya uda dari jam11 mas. Sekarang mah uda panas bgt!". Dan dengan dalih yg sama, petugasnya ngomong dia jg ga bisa buat apa2. G paksa dia suruh panggil atasannya ke atas. Dari tadi enaq bgt, anaq buahnya doanx yg disuruh ngadepin kita n dengan alesan yang sama pula *ga tau apa2, ga bisa buat apa2, bukan kewenangan saya*. Yg laen ikutan panas n pada teriak2 juga, "panggil supervisornya! panggil! panggil!". *g berasa jd provokator :hehe:*

    Panjang banget ya gan. Karna emg panjang banget ini n masi belom kelar jg. :hot:
    Akhirnya spv-nya naik jg ke atas. Singkat cerita gan (karna ribut2nya masi panjang), ada manajemen atas yg baru turun tangan, akhirnya kita yg ke sing yg berangkat duluan. Dia jamin, kalau yg ke KL akan berangkat jg, 15min lg. G sendiri ga tau gimana nasib penumpang yg ke KL. Diboongin lagi atau emg berangkat jg.


    Yg buat keselnya itu ya, kalau emg uda ga bisa berangkat ya jangan dipaksain berangkatlah. Kalau dari jam 3 ngomong ga bisa berangkat, kita masi bisa atur jadwal kita lagi. Masi bisa pending hotel dan segala mcm. Tp kalau uda malem gitu, kita kan cuma bisa pasrah doanx. Kita sebagai penumpang dibohongin mulu. Sebentar2 uda mau jalan lah pesawatnya, 1 jam lagi, 2 jam lagi. Pokoknya diundur2 mulu. Mungkin biar sampe besok paginya kali mereka mau boongin kita. Asli itu pengalaman buruk bgt. Seharian nongkrong, makan, marah2 di bandara. Bener2 nguras tenaga. Sempet ngerasain tidur di hotel cuma 4jam. :swt:

    Gmn, agan2 pernah ngalamin pengalaman yg sama ga ato mungkin lebi buruk? Bagi2 pengalaman ya. :peace: Ane kalau inget2 lagi kejadian kemaren, masi berasa panas aja. Apalagi sama petugas yg pertama itu. Asli, nyolot bgt!


    btw, g mau tanya. posting ini boleh di thread curhat ga sih? karna g pikir ini curhat. kalau menurut momod ini salah tempat, dihapus aja ya. g salah pengertian. :maaf:
     
    Last edited: Sep 22, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Dayat_Timez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 21, 2010
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    Waduh parah betul delay sampe 12 jam....:sekarat:sekarat:sekarat


    Aq juga udah ngalamin tapi tu transit sih n cmn 6 jam aja, rasanya mati gaya di bandara sendirian pula g ada tmn yg nemenin.....:sedih::sedih::sedih:

    bnr2 uda kyk orang gila.........:voodoo::voodoo::voodoo:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. rikku2291 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Gilaaa..!! Penguasa bikin susah masyarakat...
    penumpang n petugas bawahan sama2 jd korban, cz klo penumpang marah, yg kna petugas bawahan yg emang ga tau apap2.. yg bajing*n tu pusatnya... Ganyang Malingshit..!! :bogem::mentah::watta:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. sireno Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +215 / -0
    Pengalaman naek pesawat sih kena delay paling lama cuma setengah jam, biasa lah.
    Kalo kereta api pernah sampe dibatalin, itu pun pemberitahuan batalnya setelah nunggu hampir 8 jam. Ga dapet hokben pula :D
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. Estherzilla Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,761
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,246 / -0
    waduh. kalo aku jadi kamu, mending aku batalkan dari jam 3 sore itu n pending hotelnya. jangan lupa, minta sekalian uang ganti rugi! :voodoo:
    benar2 deh, masa' lupa kalo pelanggan adalah raja! :onfire:
    ck ck ck...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  7. sireno Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +215 / -0
    Kalo penumpang yang batalin mah ga bakalan bisa minta duit balik atuh.
    Pelanggan memang raja, tapi mereka itu dewa :hahai:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. mardi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    1,679
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +511 / -0
    hmm...
    delay ya...
    saya pernah di cancel pesawatnya :rokok:
    sama juga sih, sekitar 12 jam juga
    ya sabar aja lah, semua itu pasti ada hikmahnya :angel3:

    btw, boleh kok posting di sini :fufufu:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Sep 22, 2010
  9. wild_angel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    2,265
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +74,586 / -0
    6 jam jg lama gan. apalagi klo ndirian, emg lebi mati gaya lagi itu. :hot:

    bener bgt. giliran ada masalah pada suruh bawahannya doanx. yg atasan mah pada ngumpet, ketakutan jg mereka. giliran kita yg telat, ditinggalin tanpa ampun. giliran pesawatnya telat, pada lepas tangan semua itu. :hulk:

    wah lumutan jg itu sampe nunggu 8 jam. dibatalin pula. yg g bingung, kalo emg ga bisa jalan, harusnya umumin dari awal dunx. kita uda buang2 waktu, uang, n energi, tau2 batal gitu aja. :sedih:
    btw, emg klo kereta batal ato delay gitu gda kompensasi apa2 gan?


    emang salah banget itu. harusnya uda batalin aja n langsung cari pesawat lain. :ngeselin: sialnya, g jg baru tau klo semua pesawat aira**a yg di bandung ke tujuan mana aja, itu delay semuaaa. bener2 speechless g. kalau uda kacau gitu, kok ya mereka ga langsung tegas ngomong pesawat dibatalin. takut diminta ganti rugi apa ya.

    btw, kemaren itu sih dia ngomong kita dapet ganti rugi. ganti ruginya pun voucher 500rb dipake buat terbang pake pesawat mereka lg *pinter bgt ya perusahaan itu*. Katanya kalau pesawat delay di atas 4 jam bakalan dapet. Jd buat yg naek aira**a n delay lebi dari 4 jam, jangan lupa ditanyain soal ini. Kemaren sih kita dimintain alamat email gitu. G sendiri masi belom tau, mereka bener2 realisasiin ato kaga. Karna sampe sekarang blom dapet konfirmasi lg. Tp ganti rugi cuma segitu ga ada artinya banget sama waktu kita yang uda terbuang. Harusnya tu ganti biaya penginapan kita. :awas:

    bener bgt tuh. mereka dewanya. bisa berbuat semau mereka sama penumpang. :swt:

    kenapa ya perusahaan penerbangan kek gitu. delay kok ya lama bgt. yg ngeselin sih ngasih alasannya itu lho. keknya kita diboongin mulu. hikmahnya sih, jd mikir 2x kalau mau naek nie pesawat lg. hehe..
     
    Last edited: Sep 22, 2010
  10. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,648
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,754 / -0
    Delay 12 jam terus tanpa rasa berdosa kyk begitu pemberitahuannya :jah:

    bener2 nggak profesional tuh maskapai.

    Klo wa lihat maksud karyawannya bener juga, u komplain ke dia kyknya nggak ada gunanya
    tp klo pasang di media kan bossnya yang langsung nanggepin...itu juga klo masih punya malu & rasa tanggung jawab.

    klo dinegara barat bisa dituntut tuh maskapainya :hihi:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. wild_angel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    2,265
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +74,586 / -0
    hmm..ya tapi dari nadanya itu sih yang buat ane kesel bgt. nadanya kek nantangin bgt. lagian kita jg uda ngomong klo kita tau posisi dia, tp ya ada usaha dikit gitu buat nenangin kita bukan balik nantangin. kalau petugas yg lain masi lebi sopan dari dia. walau tetep ngomong kaga tau, tapi lebi enaqlah gitu ngomongnya. :iii:
    kalau di indo, "undang2" lebi lindungin pengusaha daripada konsumen ya. :panda:
     
  12. sireno Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +215 / -0
    Pilihannya cuma naek kereta berikutnya (yang entah kapan berangkatnya) atau tiket angus.
     
  13. ayu_ayu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 22, 2010
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +111 / -0
    gw jg pernah tuh delay 10 jam di malay, nyebelin banget rasanya.. mana ga dapet kompensasi apa2.
    sampe skrg sampe jadi males gw kalo harus terbang naek a*r asia
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  14. suspect_zero Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    walah, delay 12 jam dn penumpangnya disuruh nunggu lumutan gt!?
    apa konsumen udh g dianggep lg??
    udh gt gada yg ngasih penjelasan atw nenangin mlh bkn marah gt,
    ane aja yg baca ikutan kesel
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  15. wild_angel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    2,265
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +74,586 / -0
    wew..masa ga dikasi makan sama sekali? tu kan lama bgt. atau mungkin sis ga tau kalau ga dikasi makanan? g pas di bandara itu jg tadinya ga tau kalau dpt makanan. waktu delay pertama x itu, g nongkrong di kafe di bandara. terus yg jaga kafenya yg kasi tau. kalau makanan ke-2 kalinya sih, penumpang uda ada di ruang tunggu semua (uda lewatin imigrasi), jd petugasnya yg nganterin ke atas langsung.

    Iya gan. Yg bikin kesel tuh cara mereka nanganin kita itu. Mana diboongin mulu lg bilang sebentar lg berangkat, tp ga berangkat2.
     
  16. priezt Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,039
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +27,235 / -0
    geloooooowww :lempar:
    gw yg baca aj ikutan emosi :dead:
    12 jam mah ga kira2 ckckck
    apa pelayanan tidak memuaskan karena tiket murah juga kali ya :hehe:
    tapi meski mereka ngasih tiket murah juga ya harusnya tetep memberikan pelayanan yg baik lah...

    tapi moga2 TS nya ga bete lagi kan udah terbayar dgn jalan2 di spore :hihi: :haha:
     
  17. GhostNight Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 19, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +112 / -0
    namanya aja indonesia gan....
    jangan kaget lah
     
  18. wild_angel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    2,265
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +74,586 / -0
    iya setuju. harusnya walau tiket murah, tetep aja pelayanan nomor 1. ga bisa seenaknya jg. :fufufu:
    haha...justru waktu jalan2nya terpangkas. harusnya sampe masi siang, nie sampe uda subuh. >.<
    tp ya bersyukur aja sih masi tetep bisa terbang sampe tujuan. karna klo ga, acara kacau semua. mana hari pertama lg, mending klo delaynya pas kita pulang.
     
  19. lefi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 19, 2010
    Messages:
    73
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +28 / -0
    tapi TS dan penumpang yang laen masih tergolong orang2 yg sabar walaupun ngomel2,kalo dah delay ampe 12 jam gtu biasanya emosi dah tak tertahankan dan bawaannya mau :jotos aja
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  20. wild_angel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    2,265
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +74,586 / -0
    haha..iya terlalu sabar malah. jd kita terlantar dhe. pesawat laen yg di-delay jg jadi diduluin mulu.
    jd inget kejadian di medan, ada kan kasus sama delay 7 jam ya klo ga salah. tp airline-nya beda. itu mereka sampe ngerusak bandara ya n ngebajak pesawat laen. ya untungnya kita ga sampe seheboh itu. walaupun emg kesel abizz.. :hulk:
     
  21. kishi_friend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 18, 2010
    Messages:
    1,054
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +192 / -0
    12 jam menunggu dengan kesal adalah hal yang lebih dari cukup untuk menaikkan kelenjar andrenalin kita...
    Tapi dengan kesabaran yang di atas rata-rata maka hal ini bisa diatasi....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.