1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Inter pernah terdegradasi??

Discussion in 'Soccer' started by shinobi32, Sep 20, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,327
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,899 / -10
    Dari pengalaman berdebat selama ini :peace:, banyak para supporter tim laen yang memberi "serangan" dengan alasan Inter juga pernah terdegradasi. Nah, ini merupakan penjelasan akan hal tersebut.

    bukan bermaksud offense terhadap tifosi laen, cuman sekedar kasih info. :karete4:

    ---------------

    Berlatar belakang 'gerah'nya saya mengenai ejekan dan tuduhan sejumlah tifosi klub Italia lain belakangan ini kepada Inter yg menganggap Inter Milan diselamatkan FIGC dari degradasi 1922 dan menjadikan Venezia sebagai pengganti Inter, maka saya mencoba melakukan sebuah riset kecil2an mengenai apa yg sebenarnya terjadi di Prima Categoria FIGC dan Prima Divisione CCI (sebelum masa Serie-A) musim kompetisi 1921-1922 serta Prima Divisione 1922-1923.

    I. Campionato Federale/Prima Categoria & Seconda Categoria/Promozione FIF/FIGC

    Sejak kompetisi sepakbola di Italia bergulir pd tahun 1898, klub2 sepakbola Italia baru bermunculan satu demi satu dan menyebabkan ledakan jumlah klub sepakbola yg berkompetisi di Campionato Federale. Untuk mengatasi masalah ini Federasi Sepakbola Italia yg ada saat itu (FIF yg kemudian berganti nama menjadi FIGC tahun 1909) membuat sebuah kompetisi baru bernama Seconda Categoria (sebelum masa Serie-B) di tahun 1904 sebagai ajang untuk menyaring kompetensi klub2 baru ini sebelum dipromosikan ke Campionato Federale baru yg sejak saat itu diberi nama anyar: Prima Categoria.

    Adalah Pro Vercelli klub pertama dari Seconda Categoria yg berhasil promosi ke Prima Categoria di tahun 1907 dan bahkan langsung berhasil menjuarai kompetisi tertinggi sepakbola Italia tersebut di tahun 1908 ato hanya 1 tahun setelah promosi. Pd 1912 FIGC menetapkan peraturan baru ttg promosi yg akhirnya merubah nama Seconda Categoria menjadi Promozione.

    II. FIGC & CCI

    Tp kemudian masalah barupun muncul, meskipun jumlah klub baru yg bisa masuk Prima Categoria berhasil dibatasi setiap musimnya namun jumlah klub yg berkompetisi di sana terus bertambah karena tidak adanya klub yg keluar (ato degradasi) dari situ. Parahnya adalah karena saat itu setiap klub yg berkompetisi di Prima Categoria memiliki representatif di FIGC (jd seperti Parlemen) maka banyak klub2 kecil yg jumlahnya mayoritas menolak usulan klub2 elit Italia untuk memberlakukan sistem degradasi untuk mengurangi jumlah klub Prima Categoria sekaligus membuat kompetisi berjalan lebih kompetitif.

    Puncaknya adalah pd saat pelatih legendaris Italia, Vittorio Pozzo, mengajukan petisi kepada FIGC pd 1921 yg popular dengan sebutan Progetto Pozzo agar dirancang sebuah sistem degradasi namun setelah voting yg berjalan alot ternyata petisi tersebut harus kandas karena representatif klub2 kecil yg telah disebutkan di atas tidak ingin terlempar dari Prima Categoria. Akhirnya di tahun tersebut para klub elit memutuskan hengkang dari FIGC dan membentuk CCI dan mengadakan kompetisi sendiri yg mereka namakan Prima Divisione dan kasta keduanya yg dinamakan Seconda Divisione. Sementara di sisi lain FIGC tetep ngotot menyelenggarakan Prima Categoria meski tanpa dihadiri klub2 elit.

    III. Prima Divisione 1921-1922 (CCI)

    Salah satu regulasi yg disetujui dalam penyelenggaraan pertama Prima Divisione musim 1921-1922 oleh CCI adalah diberlakukannya regulasi sistem degradasi, sementara sistem kompetisi akan dibagi dalam 2 turnamen; Lega Nord dan Lega Sud. Juara masing2 turnamen akan diadu dalam Final untuk menentukan juara Prima Divisione 1921-1922.

    Lega Nord yg diikuti 24 klub akan dipecah menjadi 2 Grup, kedua Juara Grup akan diadu dalam Final Lega Nord dan pemenangnya akan menjadi Juara Lega Nord Prima Divisione 1921-1922 sementara kedua Juru Kunci juga akan diadu dalam play-off degradasi (spareggi) dan yg kalah akan terdegradasi untuk kemudian digantikan Juara Lega Nord Seconda Divisione 1921-1922.

    Lega Sud diikuti oleh 32 klub yg terbagi dalam 5 Regional berbeda (Lazio, Marche, Campania, Puglia dan Sicilia) karena kemampuan ekonomi klub2 peserta2 Lega Sud tidak memungkinkan untuk diadakannya turnamen panjang seperti yg diterapkan di Lega Nord, masing2 Juara Regional akan diadu dalam play-off dan pemenangnya menjadi Juara Lega Sud sementara regulasi degradasi Lega Sud memberlakukan sistem berbeda untuk masing2 Regional: Lazio (9 klub berformat liga, 3 klub terbawah degradasi langsung), Marche (6 klub yg dibagi dalam 2 grup, 5 klub terdegradasi langsung), Campania (7 klub berformat liga, hanya 1 klub terbawah yg degradasi langsung), Puglia (4 klub berformat liga, hanya 1 klub terbawah yg degradasi langsung), Sicilia (6 klub berformat liga, hanya 1 klub terbawah yg degradasi langsung).

    * untuk mempermudah nanti akan saya posting hasil klasemen akhir Prima Divisione 1921-1922 CCI.

    IV. Re-Integrasi CCI ke FIGC 1922

    Pd 22 Juni 1922 atau hanya setahun setelah 'pembelotan' CCI, pihak FIGC dan CCI menyetujui petisi yg diajukan Emilio Colombo (Direktur harian olahraga terkemuka La Gazzetta Dello Sport saat itu). Petisi ini yg dikenal dengan sebutan Comprommeso Colombo yg berisi formula penyelenggaraan sebuah kompetisi baru yg diikuti klub2 hasil integrasi kompetisi Prima Categoria dan Promozione FIGC dengan Prima Divisione dan Seconda Divisione CCI, pada akhirnya baik FIGC dan CCI menyepakati Comprommeso Colombo dan setuju untuk bersatu kembali di bawah nama FIGC.

    Dengan disetujui kesepakatan ini lahirlah Prima Divisione baru yg menggantikan Prima Categoria FIGC dan Prima Divisione CCI, serta lahir juga Seconda Divisione baru yg menggantikan Promozione FIGC dan Seconda Divisione CCI. Baik Prima Divisione dan Seconda Divisione dibagi dalam 2 Turnamen, Lega Nord akan dijalankan oleh FIGC sementara Lega Sud dijalankan CCI.

    V. Petisi Emilio Colombo (Direktur La Gazzetta Dello Sport) 1922

    Untuk memperjelas apa saja isi dari Petisi Colombo atau yg dikenal dengan Comprommeso Colombo, maka di sini saya akan menjabarkan poin2 Comprommeso Colombo sesuai apa yg saya ketahui.

    Hal-hal yg disepakati:
    1) Reunifikasi kedua Asosiasi (FIGC dan CCI) dan reintegrasi kompetisi2 di bawah kedua Asosiasi tersebut.
    2) Kompetisi utama musim 1922-1923 yg kini dinamai Prima Divisione di bawah FIGC (Lega Nord) akan diikuti oleh 36 klub dari 2 kompetisi musim sebelumnya Prima Categoria FIGC dan Lega Nord Prima Divisione CCI serta dibagi dalam 3 Grup – setiap grup diisi masing2 12 klub.
    3) Kompetisi utama baru musim 1922-1923 akan diselenggarakan terpisah antara Lega Nord di bawah FIGC dan Lega Sud di bawah CCI.
    4) Pada kompetisi Lega Sud di bawah CCI, seluruh proses teknis kompetisi akan diserahkan sepenuhnya kepada Asosiasi yg berwenang (CCI).
    5) Kompetisi sepakbola Italia mulai musim kompetisi 1922-1923 akan terdiri dari 4 level/kasta yaitu Prima Divisione danSeconda Divisione yg dijalankan bersama oleh FIGC (Lega Nord) dan CCI (Lega Sud) sertaTerza Divisione dan Quarta Divisione yg dijalankan oleh Comitati Regionali/Komite Regional (di bawah CCI).
    6) Mulai musim kompetisi 1923-1924, Prima Divisione Lega Nord FIGC hanya akan diikuti 24 klub.
    7) FIGC mengakui Pro Vercelli yg memenangkan Prima Divisione 1921-1922 CCI sebagai Juara Italia (scudetto) yg sah. (Akhirnya hal ini menjadikan adanya 2 Juara pd musim 1921-1922: Novese sebagai juara Prima Categoria dan Pro Vercelli sebagai juara Prima Divisione.

    Pengorganisasian 36 klub peserta Prima Divisione Lega Nord FIGC 1922-1923:
    1) 12 klub yg berasal dari Prima Divisione Lega Nord 1921-1922 CCI, terdiri dari masing2 6 klub yg menempati posisi teratas Grup A dan Grup B. Mereka adalah: Pro Vercelli, Novara, Bologna, Mantova, Andrea Doria, Juventus, Genoa, Alessandria, Pisa, Modena, Padova, Casale.
    2) 12 klub yg berasal dari Prima Categoria 1921-1922 FIGC, terdiri dari masing2 2 klub yg menempati posisi teratas keenam Grup Regional. Mereka adalah: Sampierdarenese, Speranza Savona, Novese, US Torinese, Esperia Como, Cremonese, Petrarca Padova, Udinese, SPAL, Virtus Bolognese, Pro Livorno, Lucchese.
    3) 6 klub yg berasal dari Prima Divisione Lega Nord 1921-1922 CCI, terdiri dari masing2 3 klub yg menempati posisi ke-7 hingga ke-9 dari Grup A dan Grup B. Mereka adalah: Hellas Verona, US Milanese, AC Milan, Legnano, Savona, Torino.
    4) 6 klub yg berasal dari hasil play-off degradasi (spareggi), peserta spareggi terdiri dari: 3 klub yg menempati posisi terbawah Grup A dan Grup B Prima Divisione Lega Nord 1921-1922 CCI (total 6 klub), masing2 2 klub yg menempati posisi ke-3 hingga ke-4 dari keenam Grup Regional Prima Categoria 1921-1922 FIGC (total 12 klub), 2 klub yg menempati posisi teratas Putaran Final Seconda Divisione Lega Nord 1921-1922 CCI (total 2 klub).

    Pengorganisasian spareggi Prima Divisione Lega Nord FIGC 1922-1923:
    1) Putaran Kualifikasi spareggi FIGC diikuti oleh seluruh wakil dari Prima Categoria 1921-1922 FIGC (12 klub) yg akan diundi untuk bertanding satu sama lain dan akan menghasilkan 6 klub yg maju ke Putaran Utama spareggi. Mereka adalah: Rivarolese, Valenzana, Pastore, Viareggio, Como, Piacenza, Bentegodi Verona, Sestrese, Parma, Treviso, Libertas Firenze, Enotria Goliardo. Putaran Kualifikasi CCI diikuti 2 klub Juru Kunci Grup A dan Grup B Prima Divisione Lega Nord 1921-1922 CCI melawan 2 klub wakil Seconda Divisione Lega Nord 1921-1922 CCI dan akan menghasilkan 2 klub yg maju ke Putaran Utama spareggi. Mereka adalah: Vicenza, Inter Milan (Prima Divisione), Derthona, SC Italia Milano (Seconda Divisione). Format pertandingan berlangsung 1 kali di tempat netral.
    2) Putaran Utama spareggi diikuti 8 klub dari Putaran Kualifikasi spareggi dan 4 klub tersisa wakil Prima Divisione Lega Nord 1921-1922 CCI yg akan diundi untuk bertanding satu sama lain dan akan menghasilkan 6 klub yg berhak mengikuti Prima Divisione Lega Nord FIGC 1922-1923. Mereka adalah: Venezia, Rivarolese, Pastore, Spezia, US Livorno, Piacenza, Sestrese, Brescia, Derthona, Treviso, Inter Milan, Libertas Firenze. Format pertandingan berlangsung 2 kali home dan away, apabila dalam 2 pertandingan tidak berhasil menemukan pemenang maka diadakan 1 pertandingan penentu di tempat netral.
    3) Putaran Tambahan spareggi diikuti 4 klub yg tersingkir dari Putaran Utama spareggi (2 klub lagi tidak diikusertakan, Libertas Firenze tidak memiliki jumlah skuad yg cukup dan Piacenza mengundurkan diri) yg dibagi dalam 2 putaran, semifinal dan final. Mereka adalah: Sestrese, Venezia, Spezia, Treviso. Semua putaran berformat 1 kali pertandingan di tempat netral.

    * untuk mempermudah nanti akan saya posting hasil spareggi Prima Divisione Lega Nord FIGC 1922-1923.

    Setelah spareggi berhasil menghasilkan 6 klub yg berhak mengikuti Prima Divisione Lega Nord FIGC 1922-1923, ternyata masih ada 1 jatah tersisa sebagai akibat dari bangkrutnya Pro Livorno yg sebelumnya sudah masuk ke dalam 12 klub teratas Prima Categoria 1921-1922 FIGC. Karena alasan inilah Comprommeso Colombo memperpanjang masa spareggi untuk menghasilkan 1 klub lagi yg mengikuti Prima Divisione Lega Nord FIGC 1922-1923.

    VI. Kontroversi Petisi Emilio Colombo & Perkembangannya

    Dengan sekilas kita bisa melihat bahwa Comprommeso Colombo mengabaikan Lega Sud dibandingkan Lega Nord, indikasinya jelas yaitu bahwa Comprommeso Colombo sama sekali tidak mengatur pengorganisasian Lega Sud dan sepenuhnya fokus pd pengorganisasian Lega Nord. Hal ini jugalah yg pada awalnya menjadi titik utama kontroversi Comprommeso Colombo pada tahun2 awal kelanjutan Prima Divisione. Alasan Colombo memprioritaskan Lega Nord sebenarnya cukup bisa dipahami mengingat pada saat itu klub2 yg berasal dari selatan tidak memiliki prestise dan kemampuan finansial memadai sehingga hanya dianggap jauh lebih inferior, namun tetap saja tidak bisa dibenarkan karena jelas ada ketidakadilan dan diskriminasi dalam hal ini

    Setelah era transformasi dari Prima Divisione ke Serie-A pd awal tahun 30an dan terutama pasca era Perang Dunia II pd akhir tahun 40an ternyata kontroversi seputar Comprommeso Colombo masih berputar, namun fokus kontroversi bergeser dari yg awalnya ttg diskriminasi terhadap klub2 Selatan (Lega Sud) menjadi ttg diskriminasi terhadap klub2 Prima Categoria dan Promozione 1921-1922 FIGC. Indikasinya utamanya adalah seputar penetapan 36 klub peserta Lega Nord Prima Divisione 1922-1923 dimana klub2 dari Prima Categoria 1921-1922 FIGC diberi jatah yg lebih sedikit dibandingkan klub2 dari Prima Divisione 1921-1922 CCI, bahkan pd proses spareggi seluruh wakil Prima Categoria 1921-1922 FIGC langsung diikutsertakan sejak Putaran Kualifikasi sementara hanya 2 dari total 6 klub Prima Divisione 1921-1922 CCI peserta spareggi yg mengikuti Putaran Kualifikasi. Indikasi lain adalah diturunkannya kasta Prima Categoria dan Promozione 1921-1922 FIGC setelah Comprommeso Colombo mentransformasi kedua kompetisi tersebut menjadi Terza Divisione dan Quarta Divisione.

    Pergeseran kontroversi Comprommeso Colombo paling anyar terjadi pasca skandal Calciopoli 2006 yg memaksa Juventus terdegradasi dan meninggalkan Inter Milan sebagai satu2nya klub Italia sepanjang sejarah yg tidak pernah terdegradasi dari kasta pertama kompetisi sepakbola Italia. Sebagian pihak yg merasa tidak bisa menerima fakta ini bahkan kemudian memfitnah Inter Milan seharusnya terdegradasi pd tahun 1922 karena menempati posisi Juru Kunci Lega Nord Prima Divisione Grup B 1921-1922 CCI dengan menggunakan Comprommeso Colombo sebagai alasan Inter Milan terlepas dari degradasi. Hal terakhir inilah, yg setelah saya jabarkan panjang lebar di atas, akan saya luruskan kembali kebenarannya

    Petisi Colombo versi Pasca Calciopoli 2006: Fitnah Terhadap Inter Milan & Fakta Sebenarnya
    1. Fitnah: Inter Milan seharusnya terdegradasi setelah mengakhiri Prima Divisione 1921-1922 CCI sebagai Juru Kunci Lega Nord Grup B. Fakta: Sejak awal Regulasi Prima Divisione 1921-1922 CCI tidak menyatakan Juru Kunci kedua Grup Lega Nord otomatis terdegradasi langsung. Inter Milan yg berakhir sebagai Juru Kunci Lega Nord Grup B seharusnya menjalani play-off degradasi (spareggi) melawan Vicenza selaku Juru Kunci Lega Nord Grup A, pemenangnya akan bertahan di Prima Divisione dan yg kalah terdegradasi ke Seconda Divisione. Hanya saja Spareggi antara Inter Milan vs Vicenza tidak pernah terjadi karena didahului oleh disepakatinya Comprommeso Colombo sebelum jadwal pertandingan tersebut
    2. Fitnah: Comprommeso Colombo diajukan oleh Emilio Colombo dan manajemen Inter Milan. Fakta:Manajemen Inter Milan tidak terlibat perancangan Comprommeso Colombo karena petisi tersebut awalnya disusun Emilio Colombo bersama Presiden FIGC, Luigi Bozino, dan Presiden CCI, Giovanni Lombardi pada sebuah pertemuan mediasi 7 Desember 1921 di Milan. Fitnah ini muncul hanya karena tempat diselenggarakannya mediasi berdekatan dengan vila milik Enrico Olivetti, Presiden Inter Milan dari 1923-1926 (baru dilantik sebagai Presiden Inter Milan hampir 2 tahun setelah proses mediasi awal yg dipermasalahkan!)
    3. Fitnah: Comprommeso Colombo berisi permohonan agar Inter Milan tidak didegradasi dan menjadikan Venezia sebagai pengganti Inter Milan untuk degradasi. Fakta: Silakan dibaca lagi poin2 Comprommeso Colombo di atas dan tolong tunjukan bagian yg menyatakan Venezia menggantikan Inter Milan untuk terdegradasi. Inter Milan lolos dari degradasi berdasarkan regulasi yg disusun dalam Comprommeso Colombo setelah menjalani spareggi yg sah, sebaliknya Venezia justru terdegradasi juga berdasarkan regulasi yg disusun dalam Comprommeso Colombo setelah menjalani spareggi yg sah.

    Pesan dan Catatan akhir:
    thread ini tidak ingin saya gunakan untuk mendiskreditkan klub ato pihak tertentu, tp semata-mata karena saya sebagai Interisti berkewajiban meluruskan fitnah yg justru ditujukan untuk mendiskreditkan klub yg saya bela. Seandainya ada pihak yg merasa dipojokan akibat thread ini maka saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya

    terakhir apabila ada informasi lain mengenai fakta "Degradasi Inter 1922" ini baik yg mendukung ato justru menyanggah riset yg saya lakukan silakan untuk diposting di sini, karena sebagai manusia sayapun tidak terlepas dari kesalahan (baik yg kecil maupun yg fatal) mengenai informasi yg saya dapatkan. Bahkan sbenernya masih banyak yg ingin saya ketahui mengenai detil-detil lain kasus ini karena sumber informasi yg saya dapatkan meskipun kredibilitasnya bisa dijamin tp jumlahnya terlalu sedikit.


    sumber: http://fans.bolanews.com/c/showthread.php?t=4223

    :ninja4:
     
    • Thanks Thanks x 14
    • Like Like x 11
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,522
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,201 / -0
    hoho memang the one and only Inter :hero:
    moga rekor ini bertahan sampai nanti kapan pun :onfire:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. SE7EN M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    2,377
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +892 / -0
    Wah sumbernya dari forum tabloid bo*a:amazed4:

    Bagus bgt risetnya:top:
     
  5. test_coba M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    920
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +90 / -0
    hebat penelusuran sejarahnya:top:
    tpi asal situs resmi PSSInya italia gk mencantumkan inter prnh degradasi buat org awam hrusnya dah cukup


    ibarat roda suatu saat diatas besok bisa dbawah
    ..klopun inter ratusan tahun kemudian degradasi fans inter msh bsa bangga klo timnya adalah yg pertama kali meraih treble winners utk italia era modern:cerutu:
     
  6. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,453
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,473 / -0
    was agak pusing sih bacanya abis panjang sih :keringat:
    untuk fakta no.1 saya setuju berat :hero:

    ini potongan sejarah awal d bangunnya inter

    jadi org" yg tidak suka dgn dominasi para petinggi AC milan berkumpul dan bersatu dgn beberapa bos dari swiss untuk membuat club sendiri d mna nantinya club ini akan menampung semua bakat pemain sepak bola dari penjuru dunia, karena itu mereka memberi nama Internazionale Milano :hero:

    sejak awal d buatnya club ini memang udh banyak yg sirik kok, jadi para tifosi inter gak usah khawatir :hero:
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 3
  7. 555 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    3,740
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,001 / -0
    nice thread bro... :top:
    (belum baca full, tapi dah liat poin2 pentingnya)
    gw pernah kalah debat sekali dengan topik ginian...

    dan sumbernya emang susah...
     
  8. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,327
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,899 / -10
    ASLIIIII...!
    temen2 gw yang gw tag juga pada pusing bacanya.harus berkali2.
    tapi yang penting, kita lega karena ada penjelasan yang setidaknya membela inter.
     
  9. glowsow Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 9, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    setauku sejak format liga, inter ga pernah terdegradasi.
     
  10. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,327
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,899 / -10
    sejak dari awal berdiri bro.
    ^_^
     
  11. Nordi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    245
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +13 / -0
    Wah salut, risetnya bener2 lengkap dan mendalam:sembah:.
    Gw sebagai Internisti cuma tahu Inter ga pernah terdegradasi dasar percaya aja sama omongan FIGC sebagai organisasi sepakbola tertinggi disana yang gw percaya pasti punya data catatan sejarah liga disana secara lengkap.
     
  12. rbkuncoro Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    sejarahnya inter ini
    wlopun bukan pendukung inter
    salut ma ts yg detail bgt :D
     
  13. emanuu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 18, 2009
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    SIp inter, bagus prestasinya.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  14. rientoatonomos M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +259 / -0
    bro shinobi detail banget....

    inter mang tiada duanya.....
     
  15. emperoralvin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 28, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    Forza Internazionale Milano ! Now and Forever !
     
  16. noteboy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +6 / -0
    inter satu2nya tim yg g pernah terdegradasi!
    hidup inter!!
     
  17. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,327
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,899 / -10
    wlo terpuruk sekarang krena banyak pemaen cidera, ttp cinta inter pokoknya..
     
  18. adom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 12, 2008
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Mereka hanya cemburu my friends .... Forza Internazionale (ngk pake *milan) ...

    NOTE : MASA SIH NGK AD TV NASIONAL YANG TAYANGIN SERI-A ....DAMN!!!
     
  19. kyoshiro_mibu M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,949
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,519 / -2
    ini dia tritnya ketemu jg.....

    bro tambahin riset dan fakta laen dong mengenai serangan terhadap inter yg ga jelas di trit inter di idws
     
  20. jiwabuana M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 16, 2010
    Messages:
    1,674
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,032 / -0
    mantabs gan shinobi,jadi aga sedikit bangga gw pake jerseynya lagi :hahai:
    yg mendukung inter dolo ternyata kaum borjouis yg nolak kekuasaan A* Mi*an...
    :top:
     
  21. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,327
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,899 / -10
    hehhehe...
    ada sih, tapi lupa gw dimana sumbernya.
    ntar deh klo ketemu.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.