1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Anak TB, Periksa Seisi Rumah

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shinminho, Aug 21, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinminho Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,165
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    TUBERKULOSIS (TB) memang membahayakan. Tak hanya sangat menular. TB juga memanifestasi gangguan ke organ vital tubuh lainnya. Dampaknya, pasien mengalami kecacatan, bahkan meninggal. ''Di sini pentingnya deteksi dini. Terutama bila penyakit itu diderita anak-anak,'' kata Prof dr Gunadi Santosa SpA(K).

    Sebab, kadang, anak yang telah tertular TB tak menunjukkan gejala spesifik. Anak tak selalu batuk lebih dari dua minggu. Keluhannya bisa berupa sering panas, mudah sakit, nafsu makan berkurang, dan berat badan turun. Yang penting, anak pernah melakukan kontak intens dengan penderita.

    Itu berbeda dengan gejala yang ditunjukkan penderita TB dewasa. Pasien TB dewasa ditandai gejala batuk yang tak kunjung sembuh, batuk darah, mual, demam, dan kurus. Hal tersebut terjadi karena kerusakan pada organ paru sudah parah. Kebanyakan pasien dewasa termasuk TB post primer. Maksudnya, saat anak-anak, pasien pernah menderita TB, lalu kambuh ketika dewasa.

    Gejala batuk darah tak akan ditemui pada pasien anak. Sebab, jaringan paru anak yang mengalami kerusakan tak begitu banyak. ''Dalam dahaknya pun jarang didapati kuman mycobacterium, penyebab TB,'' tutur spesialis anak tersebut.

    Namun, itu tidak berarti anak yang menderita TB diabaikan. Anak tetap harus diobati. Gunadi menyatakan, dokter jangan hanya fokus pada pengobatan paru dan saluran napas. Organ tubuh lain juga perlu diperiksa. Di antaranya, mata, otak, tulang, perut, dan kulit. ''Sebab, manifestasinya bisa menjalar ke organ selain paru,'' paparnya. Bila TB menyerang otak, anak akan menderita meningitis. Kuman TB yang menyerang tulang mengakibatkan munculnya kelainan, seperti tulang bengkok.

    Kalau menyerang perut, pasien bisa menderita peritonitis alias radang selaput perut. ''Jika tak diketahui, pasien bisa berakhir cacat, bahkan mungkin meninggal,'' jelas guru besar FK Unair tersebut. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan melihat secara fisik atau menggunakan pemeriksaan rontgen untuk menegakkan diagnosis.

    Dokter 76 tahun itu menerangkan, bila ada anak yang menderita TB, sumber penularannya perlu ditelusuri. Semua anggota keluarga, termasuk pembantu rumah tangga, babysitter, tukang kebun, sopir, juga diperiksa. ''Bila sudah ditemukan sumbernya, diminta segera berobat sehingga tak menulari orang lain,'' katanya.

    Gunadi menuturkan pernah menangani bayi dua bulan yang perutnya membesar. Penyebabnya adalah usus yang buntu. Lantas, pasien tersebut dioperasi. Saat itu, baru diketahui bahwa bayi itu mengalami peritonitis karena TB. ''Setelah ditelusuri, TB tersebut berasal dari nenek si bayi. Lantas, TB menular ke anak (ibu si bayi). Dari ibu itu, TB menular ke dua anaknya, si bayi dan kakaknya,'' paparnya. (ai/c12/nda)

    sumber:jawapos
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,522
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,201 / -0
    ternyata penyakit TB gampang juga ya menyebarnya :keringat:
    harus cepat ditangani sebelum parah dan menular ke orang lain :takut:
     
  4. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    justru anak yg kena TB tidak menularkan TB loh...
    malahan dewasa yg penular aktif.

    karena itulah jika anak kena TB, harus dicek seisi rumahnya, daripada anak yg lain tertular juga kan...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.