1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

11 Teknik Mengasah Otak

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Romantic_Water, Feb 17, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Romantic_Water M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +126 / -0
    Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernah meneliti otak tikus. Mereka menemukan, otak tikus tumbuh sebesar 4 persen saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari, misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjat tangga, dan bersosialisasi dengan tikus lain.

    Nah, otak tikus saja bisa dilatih untuk tumbuh, apalagi otak manusia. Makin dilatih, otak kita pasti kian tajam. Kehilangan daya ingat dalam jumlah tertentu pada usia berapa pun adalah wajar, sama seperti terjadinya perubahan pada organ tubuh lain. Yang penting, jangan malas untuk rajin melatih otak kita agar daya ingat tetap kuat sepanjang masa.

    Ini caranya:
    1. Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

    2. Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

    3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

    4. Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

    5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

    6. Tekuni hobi. Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi Anda.

    7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

    8. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

    9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

    10. Ingat perjalanan pribadi. Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

    11. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. Apa yang Anda beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarang? Kapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya.

    Latihan-latihan ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.

     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. n4n0Br4in M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    2,995
    Trophy Points:
    131
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,308 / -0
    wa.... Latihannya kyk mw jd agen rahasia aja....
    Btw :niceinfo:
     
  4. tenzen M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +548 / -0
    setuju banget yang no 5 6 8

    btw kayanya ada tread sejenis

    tambahan yang bagus:BELAJAR MELEMPAR BARANG !!

    BARANG APA SAJA, BERUSAHA TEPAT PADA SASARAN AKAN MENINGKATKAN OTAK

    dlu aku ga percaya, lama kelamaan sering lempar2 bisa nimpuk kepala orang dari jarak jauh :hahai:
     
  5. n4n0Br4in M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    2,995
    Trophy Points:
    131
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,308 / -0
    :hahai: kebiasaan buruk tuh... :hahai:
    Tp lumayan jg kl mw nangkap copet....
     
  6. chicken_little M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,222
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,581 / -0
    :niceinfo: gan
    sebagian besar teknik2 itu sudah gw praktekin dalam kehidupan sehari-hari.. cuman baru sadar aja klo bisa mengasah otak.. :haha:
     
  7. kidjaisy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    gw paling suka yg nge-tik ga ngeliat.....

    ternyata gunya bagus jg....

    :hero:
     
  8. Yokolung Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 13, 2010
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    yang no 1 tuh bagus juga....
    Membuat kita sadar akan lingkungan sekitar :haha:
     
  9. DeidaraNaruto M V U

    Offline

    Jiae Lovelyz

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    1,496
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +983 / -0
    boleh nambahin nggak?? :???:
    mengisi TTM eh TTS dan menghitung angka... (uang kek, ttg nota bon makanan kek, itung2 pokoknya)
    hmm... kayaknya itu dulu deh ada member yang mao nambahin?? :???:
     
  10. Muhammadin M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 30, 2009
    Messages:
    212
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +9,562 / -0
    wah, bagus tuh trik mengasah otaknya, kita rasanya sudah jarang melakukan latihan asah otak, karena banyak peran sudah digantikan oleh produk-produk teknologi, sehingga kita jadi males, sebagai contoh: mengingat agenda kita sendiri ato mengingat nomor2 telpon...:piss:
     
  11. uchihauchiha M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    263
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    wow nice info~
    boleh dicoba nih~
    serem klo ingatan berkurang...
    tar memori2 bahagia ilang semua hehe~
     
  12. SanD5 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,932
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,719 / -0
    itu knp ibu2 lebih hafal dmn tempat menaruh brg, coz tiap hari ngasah otak
    ngitungin belanjaan :haha:
     
  13. krfor Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +110 / -0
    Kalo untuk yang bermain gitar, saya biasa bermain gitar dengan memakai buku chord dan lyric....
    apakah itu akan mengasah otak saya atau tidak...
    karena menurut saya, permainan gitar saya hingga kini
    kurang berkembang...
    thx 4 response
     
  14. ikemen M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +24 / -0
    wah bisa d coba ne
    keren jg teknik2nya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.