1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

11 Relik Keagamaan Terkenal di Dunia

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by blacksheep, May 24, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,021 / -0
    11. Jejak Kaki Buddha
    [​IMG]
    Jejak kaki Buddha dapat ditemukan di hampir seluruh Asia Timur dan Selatan. Jejak kaki ini tentu saja bukanlah jejak kaki asli sang Buddha, melainkan replika atau representasi dari kehadiran Buddha. Biasanya dengan simbol-simbol yang menyiratkan makna tertentu seperti Dharmachakra.

    10. Kain Kafan Turin
    [​IMG]
    Entah itu benar atau tidak, kain kafan dari Turin telah diyakini oleh sebagian umat Kristen sebagai kain kafan Yesus Kristus dan telah menjadi daya tarik para umat dan wisatawan untuk mengunjungi Italia. Meskipun gambar yang tertera pada kain kafan ini menyerupai seseorang dengan luka seperti yang dialami Yesus Kristus, tes karbon yang dilakukan tahun 1988 menunjukkan bahwa kain tersebut dibuat antara tahun 1260 dan 1390, dan oleh karena itu, tidaklah mungkin digunakan untuk membungkus jenazah Yesus Kristus sebelum kebangkitannya. Meskipun demikian, kain ini tetap menjadi primadona di kalangan umat Kristiani yang sengaja datang ke sana.

    9. Darah San Gennaro
    [​IMG]
    Setiap tahun masyarakat Naples, Italia, berkumpul untuk memperingati kematian martir seorang santo, San Gennaro, dan untuk melihat sebuah keajaiban mencairnya darah beku santo. Keajaiban ini terjadi pada tanggal 19 September dan sebanyak 18 kali lagi dalam setahun. Fenomena ini mengundang banyak ilmuwan bertanya-tanya dan meragukannya, tetapi hal tersebut tidak menghentikan perayaan ini. Banyak yang percaya bahwa keajaiban darah tersebut melindungi kota dari segala mara bahaya.

    8. Janggut Muhammad
    [​IMG]
    Diyakini berasal dari janggut yang dicukur dari wajah Nabi Muhammad oleh tukang cukur favoritnya, janggut ini dapat disaksikan di Museum Istana Topkapi di Istanbul, Turki. Meskipun relik ini tidak memiliki pengesahan oleh agama Islam, tetapi pengunjung museum ini tetap banyak setiap tahunnya.

    7. Ikat Pinggang Maria
    [​IMG]
    Dikisahkan Bunda Maria memberikan ikat pinggang buatan tangannya sendiri yang terbuat dari rambut unta kepada Rasul Thomas tepat sebelum beliau menuju surga. Ikat pinggang ini ditemukan kembali di Prato, Italia pada abad ke-14 Masehi dan sebuah kapel didirikan. Sekarang, ikat pinggang yang disebut Sacra Cintola, dianggap sebagai sebuah peninggalan dari Bunda Maria dan dipamerkan sebanyak 5 kali setiap tahunnya (Natal, Paskah, 1 Mei, 15 Agustus dan pada hari ulang tahun Maria, 8 September).

    6. Kepala Johannes Sang Pembaptis
    [​IMG]
    Tempat peristirahatan terakhir dari kepala Johannes Sang Pembaptis masih kabur tergantung agama apa yang anda anut. Muslim percaya bahwa kepalanya berada di Masjid Umayyad di Damascus, Siria. Sedangkan umat Kristen percaya bahwa kepalanya berada di Gereja Roma San Silvestro di Capite. Ada pula yang percaya bahwa kepalanya dikuburkan di Turki atau bagian selatan Perancis.

    5. Jubah Sang Perawan Suci
    [​IMG]
    Meskipun Katedral Chartes di Perancis merupakan salah satu contoh arsitektur gothic yang terkenal, itu bukanlah satu-satunya alasan banyak wisatawan datang mengunjungi katedral tersebut. Katedral ini juga adalah tempat kediaman sebuah jubah yang dikenakan oleh Bunda Maria selama kelahiran Yesus Kristus. Jubah yang dinamakan Sancta Camisia, diceritakan diberikan kepada gereja tahun 876 dan disangka telah lenyap terbakar pada tahun 1194. Tiga hari kemudian keajaiban terjadi ketika jubah ini ditemukan tidak terbakar sedikit pun dalam kotak penyimpanan.

    4. Salib Anggur
    [​IMG]
    Legenda mengatakan bahwa St. Nino, seorang wanita dari Kapadokia (sebuah wilayah di tengah Turki), mengajar ajaran Kristen di Georgia pada abad ke-4 Masehi, dikatakan telah menerima Salib Anggur, sebuah salib dengan tangan menuju arah bawah, oleh Bunda Maria sendiri. Salib ini kemudian menjadi simbol Gereja Ortodox Georgia dan sempat menjelajahi berbagai negara sebelum akhirnya berdiam di Katedral Sioni di Tbilisi, Georgia.

    3. Jejak Kaki Muhammad
    [​IMG]
    Beberapa Muslim mempercayai bahwa dimana pun Nabi Muhammad berada, kaki kirinya membuat sebuah jejak. Jejak-jejak kaki tersebut ditemukan di berbagai situs keagamaan di seluruh Timur Tengah dan sekarang dipajang di masjid-masjid, museum-museum dan situs-situs bersejarah lainnya di wilayah ini. Salah satu jejak kaki itu berada di Museum Istana Topkapi di Istanbul, juga tempat berdiamnya janggut Muhammad.

    2. Rantai St. Peter
    [​IMG]
    Rasul Petrus dipenjarakan di Jerusalem, dirantai dengan sebuah rantai besi karena mengajarkan ajaran Yesus. Dikisahkan pada malam sebelum pengadilannya, St. Peter dibebaskan dari rantai itu oleh sesosok malaikat dan kabur dari penjara. Saat ini, rantai tersebut berada di sebuah tempat penyimpanan relik di bawah altar utama di basilika San Pietro in Vincoli (St. Peter dalam Rantai), Roma.

    1. Gigi Buddha
    [​IMG]
    Menurut legenda Sri Lanka, sebuah gigi tetap utuh saat kremasi Buddha Gotama. Saat ini, relik ini dapat ditemui di Wihara Gigi di Kandy, Sri Lanka.
    Code:
    http://www.morzing.com/konten/594/11-relik-keagamaan-terkenal-di-dunia.html
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,796
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,856 / -0
    yang nomor 10 masih menjadi kontroversi

    soalnya pihak penjaga kain kafan itu
    mengaku tidak pernah sekali pun membiarkan kalangan scientist mengambil sampelnya dan melakukan pengujian

    btw
    dulu pernah ada turnya ke Indonesia
    itu sebabnya aku masih ingat akan hal ini
     
  4. angelzinc M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +31,176 / -0
    info'y bagus :top:
    lumayan menambah wawasan .. :top:
     
  5. reweleyD M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +61 / -0
    kok malah banyak sara ya,,
    tu kan banyak yg menjurus ke agama kristen.. ya walaupun ga langsung
    :iii:
     
  6. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,796
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,856 / -0
    sejauh ini belum SARA kok
    berharap komen ke depannya gak SARA juga
     
  7. kamzart Members

    Offline

    Joined:
    Jun 26, 2010
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    nice inpo gan:cihuy:
     
  8. HcDohl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    1,125
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +985 / -0
    yang kepala yohanes pembaptis itu, kepala betulan atau tinggal tengkoraknya ?
     
  9. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,796
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,856 / -0
    tinggal kuburannya gan :iii:


    nyari kuburannya aja susah ya :iii:
     
  10. n0thing M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 31, 2010
    Messages:
    300
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +141 / -0
    hmm... buddha banyak juga ya relicnya.
     
  11. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,624
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    SARA dari mana?:???:
    di sini kita lihat objek tersebut sebagai relic bersejarah dan tentunya sangat berharga dilihat dari nilai budayanya
    alangkah baiknya kalau kita tidak berpikir sempit dari sisi agama saja
     
    Last edited: May 25, 2011
  12. boo_lz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    240
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +28 / -0
    nice info gan...
    baru tau klo shroud of turin ternyata kontroversi juga yah.. :haha:
    baca shroud jadi ingat kamen rider W, :lol:
     
  13. shini234 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    1,347
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,722 / -0
    mantap gan. nambah informasi gue nih tentang relic2 keagamaan.
     
  14. Metal_Raiderz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    Ntu kain kafan turin kuq ada gambarnya gitu??
    apa emg kainnya di kasi gambar??

    btw cawan sucinya gk ada ya gan,, hehe :peace:
     
  15. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,021 / -0
    kalau holy grail,kagak ada yang pernah ngelihat bentuknya kaya gimana ,LOL
    cuma berdasarkan asumsi dan persepsi yang masi nda bisa dipertanggungjawabkan ,dari oragn orang yang "katanya" pernah ngelihat
     
  16. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,796
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,856 / -0
    yah
    kalau gambar kan diperbolehkan
    kan cuma jepret pakai kamera
    kalau dilarang juga
    ada banyak orang dengan teknologi canggih pakai hidden cam
    bagaimanapun juga dirahasiakan
    yang namanya gambar gampang banget leaked

    tapi kalau mengambil sampel
    panitia penjaga mengatakan tidak memperbolehkan seorangpun mengambilnya
    dan tidak ada seorang asing pun selain penjaga yang pernah menyentuh kain kafan turin



    untuk Holy Grail
    tidak ada saksi hidup-nya
    wajar sih, kan kejadiannya 2000~an tahun yang lalu
    tapi kan menurut ceritanya itu cuma piala minum biasa yang dipakai minum di the last supper
    jadi bentuknya sudah pasti menyerupai piala minum yang biasa dipakai pada masa2 sekitar itu
     
  17. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,618 / -1
    ane setuju ama agan ini.. :top:
    inikan peninggalan atau harta warisan sejarah bagi dunia.. :hero:
     
  18. spikyblueflower Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 21, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info, thank you:hmm:
     
  19. nahinidia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,035 / -0
    :niceinfo: nih bisa nambah wawasan, btw yang gigi buddha knapa gede ya keliatannya dah gtu bentuknya rada panjang,apa gigi taringya kali ya:???: apa di zoom yak...............
     
  20. areaaja Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 7, 2011
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    Naiz info thx!!
     
  21. crimeson M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 8, 2011
    Messages:
    1,227
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +19,406 / -0
    :fufufu: harus di jaga sebagai benda peninggalan bersejarah umat manusia, bukan hanya bernilai historis tapi juga rbernilai religi.
    :awas: tapi jangan terlalu dikeramatkan apalagi sampai disembah2, seperti orang2 dinegri ini yg secuil batu boleh nemu pun dikeramatkan.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.