1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Legend/Myth Perang TROYA, dan Kisah2 Lainnya [ Trojan War According to Greek Mythology ]

Discussion in 'History and Culture' started by onefineday, Aug 12, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. onefineday M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,274 / -0
    TROJAN WARS

    Perang Troya adalah salah satu perang terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah Mitologi Yunani Kuno. [kebenaran perang ini sendiri masih diperdebatkan oleh para ahli sampai sekarang, karena belum ditemukan bukti-bukti yang kuat tentang itu] Diluar benar atau tidaknya, menurut cerita yang ditulis oleh para penyair Yunani, diceritakan bahwa pada perang itu Bangsa Achaeans [Greeks] menyerang kota Troya [Troy]. [reruntuhan yang dianggap sebagai kota Troya sendiri kini telah ditemukan di Asia Minor / Turki]. Perang besar yang menghabiskan banyak korban manusia itu sendiri, 'menurut legenda' sebenarnya dipicu oleh perbuatan para dewa.

    Pada suatu ketika, semua dewa-dewi dan manusia diundang ke pernikahan Peleus dan Thetis [orang tua Achilles]. Hanya Dewi Eris [goddess of strife and discord] yang tidak diundang. Dewi Eris marah kemudian melempar sebuah apel ke tengah-tengah pesta, apel emas tersebut beruliskan kallistēi ("untuk yang tercantik"). Aphrodite, Hera, dan Athena berlomba untuk mengambil dan mengklaim sebagai pemilik apel tersebut untuk mendapatkan pengakuan sebagai dewi tercantik.
    [​IMG]
    Ketiga dewi tersebut mendatangi Zeus untuk menentukan siapa yang berhak memiliki apel emas itu. Zeus tidak ingin memihak siapapun dan menyuruh mereka untuk meminta keputusan pada Paris. Hera berusaha menyuap Paris dengan kekayaan, Athena berjanji akan menjadikan Paris jenderal yang berjaya dan terkenal, sementara Aphrodite menawarkan wanita tercantik di dunia, Hellen of Sparta, untuk Paris. Paris akhirnya memilih Hellen dan dengan demikian memilih Aphrodite sebagai dewi tercantik. Helen sendiri sebenarnya telah menjadi istri Menelaos, raja Sparta tetapi Eros [dalam versi latinnya, cupid], dewa cinta anak Aphrodite, memanah Helen dengan panah cinta sampai akhirnya Helen jatuh cinta pada Paris. dan bersedia untuk dibawa kabur ke Troya. Suami Helen, Menelaos, marah besar. Dengan didukung oleh saudaranya, Agamemnon raja Mycenae dan raja-raja Yunani lainnya, Menelaos menyerang kota Troya

    [​IMG]

    Perang Troya berlangsung selama sepuluh tahun. Banyak pahlawan yang terlibat dalam perang ini, di antaranya adalah Achilles, Odyseus, Ajax, dan Diomedes dari pihak Yunani, dan Hector serta Paris dari pihak Troya. Setelah berjuang bertahun-tahun dan belum bisa juga menjebol benteng Troya, pasukan Yunani mulai frustasi. Tetapi kemudian Odyseus mencetuskan ide cemerlang. Pasukan Yunani membangun sebuah kuda kayu raksasa [Trojan Horse] yang diisi oleh beberapa prajurit. Pasukan Yunani kemudian meninggalkan kuda itu lalu pura-pura pergi meninggalkan Troya. Pasukan Troya melihat pasukan Yunani mundur dan mengira mereka telah menyerah. Kuda raksasa itu dikira sebaagi pernyataan kekalahan dari yunani. Orang-orang Troya membawa kuda itu ke dalam kota mereka dan merayakan kemenangan mereka. Pada malam harinya, para prajurit yang bersembunyi di dalam kuda keluar dan membuka gerbang kota Troya sehingga pasukan Yunani bisa masuk. Pasukan Yunani pun meluluhlantakan kota Troya. Seusai perang, Menelaos berhasil mendapatkan kembal istrinya sementara beberapa orang Troya, dengan dipimpin, Aeneas, berhasil menyelamatkan diri.

    Sumber cerita dari Perang Troya ini sendiri, yang paling utama adalah dari dua Kumpulan puisi yang ditulis oleh Homer [hidup sekitar tahun 850 SM], yaitu Illiad dan Odyssey. Sumber yang lainnya adalah kumpulan puisi yang dikenal dengan nama Cyclic Epics yang terdiri dari : Cypria, Aethiopis, Little Iliad, Iliou Persis, Nostoi, dan Telegony.​

    Code:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Trojan_war#The_Iliad
    dan sumber-sumber lainnya
    Catatan : Cerita Perang Troya ini memunculkan cerita-cerita lainnya, misalnya kisah Paris dan Hellen, Achilles dan Hector, Kisah Odysseus, Kisah Ajax, dan kisah-kisah lainnya, [yang nanti akan dipost pada UPDATE selanjutnya....]
    :piss:

    HEROES of the Trojan Wars [Para Pahlawan dalam Perang Troya]
    NEXT UPDATE : ACHILLES

    Link Thread lain tentang Mitologi Yunani :

    THE TITANS [Nenek moyang Dewa-Dewi Olympus]
    PERSEUS [Mitologi Yunani]
    SPHINX [dalam Mitologi Yunani]
    TYPHON [Ayah para Monster Yunani]
    CENTAURS [Manusia Setengah Kuda]
    ACHILLES [Great Hero of Trojan Wars]
    JASON and The Argonauts [Pencarian Bulu Domba Emas]
    HERCULES dan 12 Tugas [12 Labours of Herakles]​
     
    • Thanks Thanks x 13
    • Like Like x 3
    Last edited: Aug 13, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. thefallen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    di film Troy kok nama dewanya kaya nama2 orangnya???
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. onefineday M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,274 / -0
    ACHILLES

    Dalam mitologi Yunani, Achilles adalah pahlawan terbesar Yunani dalam Perang Troya, sebagai karakter pusat/utama dan pahlawan terbesar dalam kumpulan puisi Homer, 'Iliad'. Achilles juga dijuluki [memiliki atribut] sebagai yang paling tampan dari para pahlawan Yunani yang berkumpul untuk melawan Troya.

    [​IMG]

    Achilles adalah putra Thetis [nymph] dan Peleus, raja Myrmidons. Sebelumnya, Zeus dan Poseidon bersaing untuk memperebutkan Thetis yang sangat cantik, namun ketika Prometheus [titan pembawa api], memperingatkan Zeus tentang ramalan yang menyatakan bahwa anak yang akan lahir dari Thetis, nantinya akan lebih besar dari ayahnya, mereka berduapun mundur [dalam versi lain disebutkan, karena Thetis adalah pelayan dari Dewi Hera, maka ia dengan halus menolak Zeus].

    Menerut Statius dalam tulisannya, Achilleid: Ketika Achilles lahir, Thetis ingin membuatnya kekal dengan mencelupkan tubuh Achilles di sungai Styx, namun tidak semua tubuh Achilles tercelup kedalam sungai Styx, karena Thetis memegang salah satu tumitnya. Dalam legenda selanjutnya disebutkan bahwa tubuh Achilles kebal terhadap semua jenis senjata, kecuali tumitnya ini. [Nama Achilles kemudian dipergunakan dunia kedokteran moderen untuk menamai tendon [otot] yang letaknya diatas tumit.]

    [​IMG]

    Ketika remaja, Peleus memberikan Achilles kepada Chiron, Centaurs yang bijaksana untuk dibesarkan. Dari Chiron, Achilles mempelajari seni tempur dan perang yang membuatnya disegani oleh kawan maupun musuh.

    Achilles dalam Perang Troya [TROJAN WAR]


    Illiad karya Homer adalah merupakan cerita yang paling terkenal tentang heroisme Achilles, walaupun lingkupnya hanya seputar perang Troya, tanpa menyebutkan kematian Achilles.

    Agamemnon, pemimpin para Achaean ketika awal perang dimulai, berhasil menahan seorang wanita bernama, Chryseis. Ayah Chryseis, Pendeta utama di Kuil Apollo kemudian meminta Agamemnon membebaskan putrinya. Agamemnon menolak, yang memicu kemarahan Dewa Apollo yang kemudian mengirim wabah ditengah-tengah para prajurit Yunani. Calchas seorang pendeta lainnya, meminta jaminan dari Achilles untuk membawanya kehadapan Agamemnon untuk menyampaikan perintah Dewa Apollo. Achilles menyetujuinya, Calchas kemudian menyampaikan bahwa wabah akan hilang bila Agamemnon mengembalikan Chryseis kepada ayahnya. Agamemnon berkeras, dan memerintahkan Achilles untuk memberikan Briseis seorang wanita cantik, hadiah kemenangan Achilles sebagai gantinya. Achilles kemudian marah karena diperlakukan tidak hormat, dan menarik semua pasukannya. [selanjutnya, disebutkan bahwa pemicu kemarahan Achilles, karena ia sudah jatuh cinta pada Briseis]

    Mundurnya Achilles, menjatuhkan moral para pasukan Yunani, Agamemnon kemudian meminta Odysseus, Ajax dan Phoenix untuk membujuk Achilles dengan menawarkan kembali Briseis dan hadiah lainnya, tapi tetap ditolak oleh Achilles.

    Dilain pihak, pasukan Troya yang dipimpin oleh pahlawannya Hector, berhasil menekan dan memukul mundur para pasukan Yunani. Ketika para pasukan Yunani diambang kehancuran, para Myrmidons dibawah pimpinan Patroclus, sepupu dan teman dekat Achilles, dengan menggunakan baju perang dan perisai Achilles, turun kemedan perang. Achilles sendiri hanya diam dalam tendanya. Para Myrmidons berhasil menahan serangan pasukan Troya, namun pemimpinya sendiri, Patroclus, bukan tandingan Hector yang kemudian membunuhnya sebelum mecapai gerbang Troya.

    Mendengar kematian sepupunya, kemarahan Achilles meledak, Thetis ibunya kemudian membujuk Dewa Hephaestus untuk membuatkan Achilles baju perang dan perisai baru. Turun kembali ke medan perang, Achilles membunuh banyak dari musuhnya sampai tiba waktunya ia bertemu Hector. Hector adalah seorang pemimpin yang taktis, ia kemudian menghindari Achilles. Ketika terdesak, ia akhirnya menyerang Achilles, merekapun bertempur sampai akhirnya Achilles berhasil mengungguli Hector. Menerima nasibnya, Hector memohon kepada Achilles, bukan untuk mengampuni jiwanya, tapi untuk memperlakukan mayatnya nantinya layaknya seorang ksatria. Tapi Achilles sudah dibutakan oleh kemarahannya, setelah ia membunuh Hector, ia kemudian mengikat mayatnya pada kereta kudanya dan menariknya mengelilingi benteng Troya selama sembilan hari.
    [​IMG]
    Dengan bantuan Dewa Hermes, Raja Priam, ayah dari Hector, memohon Achilles untuk mengembalikan putranya untuk dimakamkan secara layak dalam tradisi Troya untuk terakhir kalinya, karena menurutnya kejatuhan Troya tinggal menunggu waktu. Inilah pertama kalinya Achilles mengaku kalah, memberikan penghormatan kepada Priam dan mengembalikan mayat putranya, Hector. [Bagian ini adalah yang paling menyentuh dalam Illiad karangan Homer]

    Setelah pertempurannya dengan Hector, Achilles kembali bertempur untuk terakhir kalinya dengan Memnon, Raja Ethiopia [seorang manusia setengah dewa]. Dan sebagaimana yang diramalkan oleh Hector sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Bahwa Achilles akan tewas ditangan Paris, adiknya. Dalam beberapa versi lain, disebutkan Paris dengan bantuan Dewa Apollo memanah tumit Achilles, satu-satunya tempat dimana ia bisa dicederai. Achilles kemudian mati karena lukanya.
    [​IMG]
    Code:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Achilles
    Greek-Roman Mythology A-Z
    Link Thread lain tentang Mitologi Yunani :

    THE TITANS [Nenek moyang Dewa-Dewi Olympus]
    PERSEUS [Mitologi Yunani]
    SPHINX [dalam Mitologi Yunani]
    TYPHON [Ayah para Monster Yunani]
    CENTAURS [Manusia Setengah Kuda]
    JASON and The Argonauts [Pencarian Bulu Domba Emas]
    HERCULES dan 12 Tugas [12 Labours of Herakles]​
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
    Last edited: Aug 13, 2010
  5. dotamaniac M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 19, 2010
    Messages:
    351
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +21 / -0
    nah ini dia yg saya tunggu2. thanks bro. kalo bisa bikin thread ttg Jason and Argonauts ya. saya blm ngerti ceritanya ttg apa.
     
  6. auliozola Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    keren nih ceritannya.... :top:
    pantes aja tu orang pake topeng...
    emang gantengnya tu seberapa ganteng sie???
     
  7. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,881
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +745 / -0
    Ow perang troya mantep banget tuh filmnya ... emang keren banget apalagi liat si Achilles itu mantap .. emang banyak dibumbui oleh pertempuran dan campur tangan dewa yah ..
     
  8. areeavicenna M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +238 / -0
    ini si paris pas yg di film nya yg cemen itu kan ya ??
    lha kok adikny achiles??
    trus ngapain bunuh kakany?
    aduh.. binun dah gw...
    [​IMG]
     
  9. b4nd3nxxx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2010
    Messages:
    597
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,083 / -0
    hanya karena wanita bisa jadi perang begini. fiuh

    :bloon:
     
  10. bar0n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    1,286
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,128 / -0
    kalo gitu yg salah ya zeus donk, dasar dianya aja "susis" takut ama istri (hera) and putrinya (athena), jadi ga brani milih salah satu, tapi nyuruh ke orang lain
    trus si paris ini lagi, mo gimana lagi, rumput tetangga selalu lebih hijau :hihi:
     
  11. redphantom M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    19,787
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +49,862 / -0
    wah cerita nya mirip kaya yang di film Troy..
    Achiles salah satu tokoh Favorit saya dalam mithologi yunani..
    :top:
     
  12. eternal M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    701
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,333 / -0
    seru juga ya critanya..
    intinya perang troya cuman gara2 ada dewi yg g diundang ke kawinan..
    konyol dah..
     
  13. kenjiz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    1,511
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,090 / -0
    Itu kalo yg di film TROY itu bener gk sih
    si Achilles ngebunuh Hector,trs bapak-nya minta" sama achilles supaya jasad-nya hector di kembalikan
     
  14. jenderal313 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 26, 2011
    Messages:
    345
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +118 / -0
    asal usul nama virus trojan diambill dari nama Trojan Horse
     
  15. nurend M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,979
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +65,733 / -1
    di cerita2 dan film TROY, achilles bener2 digambarkan sebagai sosok jagoan

    tapi di film HELEN OF TROY, tampak lebih seperti ketua preman (serem)
     
  16. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,005
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,823 / -0
    Paris adik Hector
    Paris nanti juga mati dipanah sama raja Yunani yang datang terakhir ketika dia sombong berjalan di pinggir tembok Troya
    btw kalau ini thread perang Troya kok gak sampai ke bagian strategi kapal Yunani bersembunyi dan kembali lagi malamnya untuk taktik Trojan Horse

    lalu
    ada tambahan sedikit
    waktu pasukan Yunani untuk pertama kalinya berhasil membuka gerbang Troya
    dewa Apollo sudah memperingatkan Achilles bahwa bila dia melewati gerbang Troya maka dia akan mati
    plus dewa Apollo juga masih dendam waktu Achilles dalam perjalanan laut ke Troya membunuh anaknya
    plus waktu Achiles membunuhi pendeta Apollo di kuil Apollo yang terletak di luar kota Troya
    tapi karena Achilles dimabuk kemenangan dia tetap memacu kereta kudanya melewati gerbang Troya
    dan Apollo menuntun panah Paris sehingga tepat mengenai tumit Achilles, satu2nya bagian tubuh Achilles yang tidak kebal senjata
    lalu Odyssey dan Ajax bertarung mati2an untuk dapat membawa pulang jenazah Achilles dari dalam tembok Troya ke perkemahan Yunani dari serbuan tentara Troya yang menginginkan jenazah Achilles


    benar
    waktu itu Achilles menolak memperlakukan jenazah Hector sebagai prajurit yang tewas di medan perang
    karena menganggap sikap Hector yang membunuh saudaranya Achiles yang menyamar sebagai Achilles sebagai tidak ksatria
    soalnya sebagai ksatria, memang mereka dengan mudah bisa mengenali lawannya apakah mempunyai kemampuan setara atau tidak
     
    Last edited: May 24, 2011
  17. singleBedcover Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2010
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Intinya tuh kalo di film troy, si bradpit itu jd ksatria yg pengen ngerebut wilayah troy..tapi gara2 di kota troy itu ada ce yg OK, jadi berubah dah tujuan aslinya sang ksatria
     
  18. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,453
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,473 / -0
    brarti pilem troy yg d bintangi ama brat pit itu ceritanya gk terlalu lengkap yah :bloon:
    cuma berat pada cerita kehebatan achiles doank....


    btw itu ibunya chilles kok gk nyelupin semua badannya??
    kan bisa d celupin sambil tangan ibunya ikut d rendam buat pegang tuh anaknya biar gk tenggelam :bloon:
     
  19. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,005
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,823 / -0
    semua badan dicelupin
    tetapi tumit kiri Achiles dipegang oleh ibunya, Thetis
    jadinya tumit kirinya tidak tersentuh air sungai suci Styx (terhalang tangan Thetys)
    kalau asal dicelup gak dipegangin nanti hanyut dong kebawa arus sungai Styx yang sangat deras itu
     
  20. ghtx Members

    Offline

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    mantap cuy
    buat nambah pengetahuan
    perbanyak dah artikel kaya gini
    tank berat buat TSnya
     
  21. cakrabyuha M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    364
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    Wah Ternyata gitu toh sejarahnya thanks a lot bos..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.