1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bawahan Semau Sendiri

Discussion in 'CurHat' started by riedjal, Aug 8, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    Bawahan Semau Sendiri


    Langsung saja 'Bro + 'Sis ...

    Story Begin ...
    Saya punya teman (sebut saja A ), saya kenal dia dari sebuah forum lokal. Forum tsb sudah beberapa kali mengadakan GATH regional, dan ternyata tempat kos dia nggak jauh dari tempat kos saya, dia jg beberapa kali mampir ke kos sekedar buat ngopy file ato numpang burning DVD.

    Story Continues .....
    Sejak beberapa bulan terakhir saya diberi amanah oleh seseorang untuk mengelola warnet. Kira2 2 bulan lalu saya merekrut A sebagai operator. Saya cukup berhati-hati merekrut operator, karena dulu (sebelum saya yang mengelola) ada operator yang kabur membawa kas warnet. Saya cukup percaya pada A, karena sdh lumayan kenal (baik di dunia nyata maupun melalui forum), dan lagi adalah moderator dalam forum lokal tsb, pastinya dia adalah "orang baik" sehingga bisa memegang amanah sebagai moderator.

    Saya tidak serta merta merekrut A sebagai operator, saya ajak dulu main2 ke warnet, untuk memperkenalkan kondisi warnet yang saya kelola, karena jujur kondisinya sedang nggak bagus (sepi) disamping lokasi warnet yang kurang strategis, jg ditambah dengan kondisi sarana+prasarana yang sudah waktunya masuk museum. Setelah saya rasa dia cukup tahu kondisi warnet, secara resmi saya tawarkan posisi operator dan dia pun menjawab bersedia. Lalu saya atur jadwal jaga, 40 jam jaga, dengan 1 hari libur. Jadwal libur untuk A saya atur pada akhir pekan, karena saya tahu pada hari tsb dia biasanya pulang kampung.

    Here Comes the Problem ....
    kira2 3 minggu kemudian, dia ijin mau pulang kampung (bukan pada jadwal libur) dia jg bilang belum bisa memastikan kapan akan balik & bisa jaga lagi. OK, FINE ... saya beri dia ijin libur, konsekuensinya saya yang harus mengisi shift jaga yang dia tinggalkan (karena operator yang lain sedang sibuk mengerjakan Tugas Akhir), meskipun saat itu saya jg sedang sibuk.
    saya tunggu beberapa hari, A tidak kunjung memberi kabar, lalu beberapa kali saya SMS menanyakan kapan dia balik ... NO ANSWERS AT ALL ... :hammer: . Saya masih tidak mempermasalahkan hal tsb, karena beberapa hari kemudian forum akan mengadakan GATH, pastinya dia akan datang. Dalam bayangan saya, dia akan memberi penjelasan mengapa dia tidak memberi kabar + tidak membalas SMS saya + memberi kepastian kapan dia bisa jaga lagi, ternyata saya salah ... dia sama sekali tidak menyinggung hal tsb ... [​IMG] . Saya menahan diri untuk tidak membicarakan masalah warnet pada A, karena saya sadar nantinya saya akan emosi dan merusak suasana GATH.

    CLIMAX ...
    Sekarang dia sudah balik, tp belum memberi kepastian kapan bisa jaga lagi.
    Ketika dia OL, saya tanya (dengan bahasa yang agak kasar ... maklum orang SBY) sebenernya dia masih mau jd operator atau tidak, sebenernya pertanyaan basa-basi, karena dia sudah saya coret dari list operator. Saya hanya ingin ada i'tikad baik dari A, minimal dia menjawab pertanyaan saya, masalah dia masih bersedia jd operator atau tidak, urusan belakangan, yang penting dia memberi respon terhadap pesan yang saya sampaikan.
    ketika saya mamu menanyakan lagi via WALL facebook ... wadepak !!!, saya sudah tidak bisa lagi mengakses wall-nya. Yang berarti SAYA TELAH DIHAPUS DARI FRIEND LIST !!! ... WOW, tidak hanya tidak menunjukkan i'tikad baik, tapi juga berusaha memutuskan silaturahmi ... LUAR BIASA !!!! [​IMG]

    'Ah ... TS terlalu membesar-besarkan masalah sepele, toh cuman jaga warnet ...
    gara2 si A menghilang, saya harus menggantikan jadwal dia tinggalkan, padahal saat itu saya jg sedang sibuk (I've Told That !!!). Bapak saya sedang sakit, dan saya sedang ada pesanan video editing. Sehingga saya hanya berkutat di Rumah Sakit <---> warnet, tidak sempat mengerjakan pesanan klien (video editing), akibatnya kerjaan tsb saya batalkan. Efek --> langsung : saya kehilangan 2 jt rupiah di depan mata, tak langsung : saya kehilangan kepercayaan klien tsb ... APAKAH ITU MASALAH SEPELE !!???

    Pada dasarnya saya adalah orang pemaaf, kalau ada seseorang yang melakukan kesalahan pada saya, ketika orang tsb mau mengakui kesalahannya + meminta maaf, saya akan dengan mudah memaafkan, toh ngasih maaf nggak perlu keluar duit [​IMG]. Tapi ketika sama sekali tdk ada i'tikad baik, anggapan saya terhadap orang tsb berubah 180°.


    OK ... cerita saya akhiri cukup sampai disini ...
    -------------------------------------------------------------
    WHAT SHOULD WE DO ON THIS THREAD !!!
    1. comment atas apa yang saya alami.
    2. silahkan sharing, barangkali ada solusi untuk menghadapi bawahan seperti ini :???:
    3. kalo ada IDWS'er lain yang punya masalah dengan bawahan (masalah apapun itu, meskipun tidak sama dengan kasus saya), silahkan dishare disini :maaf:
    4. sebaliknya, apabila IDWS'er adalah bawahan ... dan pernah mengalami ketidaknyamanan dengan atasan, silahkan sharing disini ... sehingga bisa belajar dari sudut pandang bawahan.
    mungkin jadinya bakal melenceng dari judul tret ... hmm, whatever 'lah ... yang jelas, saya mengharap partisipasi aktif dari IDWS'er semua .. :maaf:

    NB :
    1. GRP & THANKS buat siapa saja yang telah memberi reply positif pada thread ini ...
    2. kalo salah tempat ... mohon momod segera bertindak
    3. maaf kalo ceritanya terlalu panjang ...

    masukan 'Bro & 'Sis sangat berarti bagi saya ...
    disamping memberi semangat, secara tidak langsung jg telah menegaskan kalo sikap yang saya ambil terhadap si A sdh tepat (walaupun tidak 100%).

    Terima Kasih atas reply 'Bro & 'Sis semua :xiexie: ...
    walaupun sampai saat ini belum ada respon dari si A, saya anggap masalah ini sudah selesai ...

    meskipun demikian, bila ada yang nyasar ke tret ini ... saya persilahkan bila ingin memberi tanggapan.
    sekaligus tret ini bisa sebagai tempat curhat diskusi atasan-bawahan
    (itung2 biar tret ini nggak tenggelam ... :hehe: )
     
    • Like Like x 15
    • Thanks Thanks x 12
    Last edited: Aug 13, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    terima kasih atas masukan + saran + nasihat 'Bro & 'Sis semua __________ :xiexie:
     
    Last edited: Aug 23, 2010
  4. 3955elits M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    1,748
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,608 / -0
    aduh...klo gini ini yang susah diterima.

    ga ada apa2 tiba2 ngilang gitu + nyusahin orang laen..

    pernah juga dulu waktu jadi koordinator/ketua panitia yg kayak gini waktu masih jaman2nya aktif di kampus...temen satu angkatan dijadiin panitia sama sekali ga membantu

    ngilang2 semaunya sendiri sama sekali ga ada progress kerjaannya...berhubung saya males dan ga suka konflik ya orangnya diacuhin...jawab seperlunya...anggep semua omongannya yes/no questions.

    soal kayak gini klo dari yang bersangkutan ga ada niat mau ngomong baik-baik sama kita bakalan sulit...soalnya kitanya sendiri uda mendem amarah..bisa2 klo ketemu langsung melayang :bogem:

    apalagi ini ketemu di forum internet...tambah runyam lah pastinya...

    semua kejadian itu ada sebabnya bang RJ, paling sebelum ini bang RJ ada salah2 apa gitu...ato klo ga gitu abis kejadian ini dapet keuntungan yang lebih :hihi:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Aug 8, 2010
  5. Oromizz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    3,861
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,278 / -0
    1. Komentar saya : Kesalahan terletak pada sikap + tindakan bawahan anda kok, maaf kalau sedikit kasar tapi saya bilang dia tidak bisa menjaga sopan santunnya :piss:

    2. Biarpun sudah dicoret dari daftar operator anda, tapi akan lebih baik kalau diajak ketemuan dan bicarakan semua secara baik-baik, supaya tidak jadi penyakit di kemudian hari... Penyakit hati :hihi:

    3. Lebih hati-hati lagi untuk kedepannya, coba bedakan antara teman & pekerjaan , klise sih tapi profesionalitas itu penting :top: Jangan dipikirin terus bro, semangat yaa ! :semangat:
     
    • Like Like x 1
  6. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    nah itu dia ... makanya saya males kontak langsung (telp, ato tatap muka) sm dia, lain masalahnya kalo dia yang menemui saya ...
    nantinya pasti saya bakalan emosi + misuh2 ---> bikin malu tetangga aj .. :sigh:
    nah itu dia ... dia jg nggak ngomong apa2, dan saya jg bukan orang yang peka .. :sigh:
    padahal di awal2 sdh sy kasih tau, kalo ada masalah entah jadwal, honor yang kurang, dsb ... silahkan ngomong ...
    ntar dicari solusinya bareng2 ... :sigh:
    3x 'Bro ... that's my policy ... :hmm:
    :xiexie::xiexie:
    kalo saya sih tipe orang yang berprinsip past is past ... kalopun dia datang pada saya, saya akan menyambut dengan tangan terbuka ... asalkan dia datang dengan i'tikad baik <------------- ngomongin i'tikad baik melulu dari tadi .. :hihi:
     
    Last edited: Aug 8, 2010
  7. 3955elits M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    1,748
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,608 / -0
    arepe posoan eling :hihi:

    ya semoga areke moco trus nemoni lah :doa:
     
  8. Oromizz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    3,861
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,278 / -0
    Lah, le komentar nganggo boso jowo entuk to ? :lol:

    ----------------

    Itikad baik nya dijaga terus aja bro rj :hehe:
     
  9. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    :lol::lol::lol:
    read the rules ... :awas:

    _______________ :ngacir:
    :xiexie:
     
  10. azkhaz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    2,185
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +121,939 / -1
    Hmmmm .... agak ribet Juga ya ...

    Bawahan TS sepertinya bukan orang yang punya sopan santun terhadap oarang lain.. mungkin dia masih sangat Muda?? Mungkin Juga dia Punya masalah dengan orang lain yang mengakibatkan dia tidak konsen dan enggan untuk balik ke Pekerjaan, dan sayangnya si A mungkin enggan bicara soal masalahnya tersebut.. Solusi terakhir , tentunya memang TS harus berani Memberhentikan si A, dan anggap aja ini adalah sebuah pengalaman berharga yang mungkin nanti bisa jadi bahan pertimbangan ketika merekrut orang lain. Kalo saya amati, pekerjaan sebagai seorang operator Warnet memang butuh kesabaran apalagi Kejenuhan gampang sekali dirasakan oleh si Operator, dan mungkin perlu ada strategi bagi si Pengelola supaya si OPerator tidak merasakan Jenuh... Misalnya, Memberikan Bonus kalo memang ada kelebihan yang lumayan... Penuhi sarana di Warnet supaya operator gak bosen.. misal kasih TV, or pinjamin CD film terbaru buat dia nonton ... dll :piss:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. prince_of_darkness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,683 / -0
    sabar.....ikhlas.....
    memaafkan jauh lebih baik daripada meminta maaf....
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  12. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    dia emang masih muda 'Bro ... tp dibilang sangat muda y nggak 'la :lol:
    --------------------------------------------------------------------------
    jenuh 'sih pasti ... apalagi warnet sering sepi, lingkungannya sepi pula --> sendirian :sepi:
    kalo operator yang seangkatan saya masih ada ... pasti saya sdh resign dari kemaren .. :sigh:

    kalo masalah hiburan (pilm, musik, anime, etc) biar DL sendiri 'lah ...
    sering sepi --> bandwidth nganggur --> donlot menggila .. :haha:
    :xiexie:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  13. blaxk M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    455
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10,593 / -0
    hmm.. klo d bca ko kyany orgny kurang bertanggung jawab y.. soalny klo bgtu ud nyusahin org laen atw paling ga dia kan bsa minta maaf itw minimum... tp ini malah langsung disconnect gtu tanpa ad keterangan kenapa.. mw TS lg ad urusan atw ga itw tetep ga bsa d bnrkan tindakanny...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  14. k1m0ch1 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,215
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,966 / -0
    coba bro datang kerumahnya trus omongin baik-baik.. mungkin ada misscomunication disini , atau mungkin sia A punya alasan lain/ masalah berat sampai jadi gitu :hmm:

    mungkin kalo bro bisa nyelesain masalahnya dengan cara baik bisa jadi si A mau bertanggung jawab atas perbuatannya :hmm: itu juga kalo si A punya itikad baik :hihi:

    ngikut kata bro prince_of_darkness :

    sabar.....ikhlas.....
    memaafkan jauh lebih baik daripada meminta maaf....

    :piss:
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
  15. firefrog M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    557
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +566 / -0
    memang berat kalo masalahnya dah gini :sigh:

    sayang skali kalo pertemanan yg slama ini dah dbangun jd brantakan

    walo untuk membangunnya kembali saya rasa tidak terlalu sulit karna TSnya berprinsip past is past
    "sing angel iku cuma awale kq", begitu teman saya pernah berujar
    tp tentunya harus ddasari dg itikad yg baik pula

    terkadang kita memang berpikir bahwa sesuatu itu adalah kecil tp kita jarang mau berpikir bahwa sesuatu itu ternyata besar bagi orang lain

    saya salut pada kk yg mampu menahan emosi dan tetap bisa berpikir dingin saat bertatap muka langsung dng A demi menjaga perasaan teman" kk yg lain :terharu:

    maaf bila tidak bisa banyak membantu :maaf:

    bata :minta:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  16. britpoper M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    1,116
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,997 / -0
    Hehehe, welcome to the real world bro.
    Memang seperti itu adanya, kita nya sudah berniat baik, pasti ada aja balasan yang malah sebaliknya dari orang yang kita bantu.
    Saya sendiri sudah mengalami beberapa kali kok.
    Tapi dengan kejadian2 ini gak bikin saya kapok untuk membantu kalau saya bisa dan memang ada teman/sahabat/kenalan yang minta bantuan.
    Justru pengalaman2 seperti itu ada manfaatnya, sekarang saya lebih berhati2 aja dalam menilai orang. Dan jadi lebih sedikit sih dikecewakan karena hal2 seperti ini.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  17. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,014 / -0
    Untuk mengantisipasi hal-hal semacam ini, aku selalu membedakan antara urusan pertemanan dan bisnis. Kalau urusan bisnis kacau, bisa dipastikan pertemanan ikut bubar. Kalau aku jadi Riedjal, aku pasti bakal tetep nunggu kejelasan. Riedjal kan udah kenal sama orangnya, tahu dia biasa nongkrong di mana. Biar semua clear dan sama-sama nggak ada sakit hati, lebih baik Riedjal ngalah, datang ke tempat si A dan ajak dia bicara empat mata. Atau kalau Riedjal takut kebawa emosi dan malah main kasar, ajak salah seorang yang bisa jadi penengah. Sebaiknya sih yang kenal Riedjal dan kenal juga sama A. Kalau A memang gentleman, pasti dia mau diajak bicara dan menyelesaikan semuanya.

    Meski seandainya hasil pembicaraan berujung nggak mengenakkan, Riedjal tetep berbesar hati aja. Maafin dia. Melupakan kelakuan buruk seseorang pasti susah, tapi daripada Riedjal jengkel dan malah bikin dosa, anggap aja semua itu pelajaran hidup. Dengan begitu Riedjal bisa lebih berhati-hati lagi ke depannya.

    Dua tahun lalu aku juga punya pegawai yang kaya gitu. Tapi dia bukannya tiba-tiba ngilang sih. Cuma dia jadi suka nelat dan pulang lebih cepat. Karena aku kerja di luar kota waktu itu, aku jadi susah ngontrolnya. Akhirnya aku "tegur" dia pelan-pelan dengan cara potong gaji berdasar jam kerja dia.
     
    • Like Like x 1
  18. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    mungkin jg waktu itu dia ad masalah ... makanya waktu dia pulang kampung sy tdk keberatan, mungkin dia perlu refreshing ...
    masalahnya dia sama sekali g merespon SMS/wall FB/VM saya, walaupun dia sdh balik ke SBY ... jadi rasanya -paling tidak saya merasa- wajar 'lah kalo merasa diabaikan, diacuhkan, dsb ... ini yang membuat saya jengkel, sementara disisi lain saya perlu penjelasan :sigh:
    y .. saya cukup sadar itu ...
    mungkin krn kurang komunikasi ... jd-nya saya tidak tahu hal apa yang menurut saya kecil, tp besar menurut dia ...
    YUP ... :niceinfo: ...
    pengalaman adalah guru yang paling berharga ... pengalaman baik, apalagi buruk, agar tidak terjatuh ke lubang yang sama ...
    ini jg bukan yang pertama kalinya sy dikecewakan ... itung2 nambah perbendaharaan pengalaman buruk aj 'lah ... :siul:
    itu yang sedang saya (coba) lakukan sekarang ... :nikmat: ...
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Aug 9, 2010
  19. shindecade M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 16, 2010
    Messages:
    5,789
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,847 / -2
    pendapat saya sama kaya post post diatas..........
    walupun di forum dia jadi moderator toh aslinya beda sama yg di dunia maya......
    ya udah lupain aja dia, bersabar, klo bisa kk memaafkan dia aja, toh memaafkan lebih baik dari pada membenci.....

    soal pengalaman, kebetulan ibu saya punya warung makanan ringan..
    karena bukanya kantin sekolah, dan hanya saya yg bantu
    ibu saya meminta bantuan pada saudara dari bapak untuk membantu
    karena dia menganggur
    dia mau......

    masalah:
    pada minggu ke 2(hari ke9)
    mulai muncul masalah............
    dia jadi males malesan.........
    ngambil duit dagangan buat jajan....
    pas kerepotan nanganin pembeli, dia malah duduk santai sambil maenan hp.....
    saya ga lapor sama ibu......(masih sabar)
    sampe minggu ke 6.....dia tetep kaya gitu....
    karena dah ga tahan, aku marahin dia.....
    dia malah ngomong gini "apaan marah marah, bantuin disini ga dibayar ko, minta orang buat rajin"
    denger kaya gitu langsung naik darah aku (saya punya darah tinggi)
    akhirnya terjadi perkelahian.......
    ada orang yg lapor ibu saya, dia datang trus misahin kita
    pas dah tenang aku jelasin semua
    langsung di usir dia, kasih ongkos buat pulang kampung

    sekian :maaf: curhat
     
    • Like Like x 1
  20. kyoshiro_mibu M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,949
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,519 / -2
    :kaget: emang masih mau dijadiin bawahan kl dia minta maaf nantinya?
    sorry bknnya ngajarin dendam, tp kl dah tau orgnya ky gini sih mendingan jgn berhubungan bisnis lg sm dia, kl ga bakalan repot sendiri d...

    dan kl bisa sih laen kali kl mau jadiin seseorang sebagai bawahan pilih yg dah kenal baik dan lama...
    dan sebelumnya mungkin perlu di test dl dengan tugas2 apa gt...
    atau ada uji coba kerjanya dl
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  21. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    wah ... 'Bro shindecade kyk-nya lebih parah dari saya ---> cz membawa2 saudara ...

    sisi positif kalo ngajak kerja saudara/teman --> kerja jadi lebih nyaman, karena dengan orang yang sudah dikenal ... kalau ada masalah (seharusnya) jadi lebih gampang dibicarakan ...
    sisi negatifnya --> ketika ada salah satu ada yang berbuat (katakanlah) curang, maka sedikit-banyak akan merusak hubungan tsb ...

    memang harus dalam hubungan teman/saudara dan bisnis/pekerjaan harus dipisah ... namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bersikap tegas seperti itu (saya adalah salah satunya :sigh: )

    kalo kasus saya dengan A ... mirip yg saia bold ...
    memang belum kenal baik + belum cukup lama jg ... tp saya cukup tahu bagaimana karakter dia ..
    kalo dia sdh minta maaf + berjanji memperbaiki kesalahannya ... WHY NOT !! :hmm:
    dengan catatan : kalo dia mengulangi kesalahan yang sama ---> :bata: + :bogem:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited: Aug 9, 2010
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.