1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mengurangi Risiko Kanker

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shinminho, Jul 27, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinminho Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,165
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    TANPA minyak, makanan yang disajikan dengan cara dibakar belum tentu lebih menyehatkan. Pembakaran yang tidak benar juga membahayakan kesehatan. Salah satunya, memicu munculnya zat karsinogenik (pencetus kanker). "Terutama, bahan makanan diolah sampai gosong," ungkap Yayuk Estuningsih, ahli gizi dari RSAL dr Ramelan, Surabaya.

    Makanan yang dipanggang, terutama daging, menghasilkan senyawa kimia heterocyclic amine (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAH). HCA, menurut dia, terbentuk saat daging dimasak terlalu matang pada temperatur tinggi, lebih dari 2.000 derajat Celsius.

    Penelitian National Cancer Institute menunjukkan bukti tentang adanya peningkatan risiko kanker lambung pada pengonsumsi daging yang cenderung matang (well done/medium well done) jika dibandingkan dengan konsumen daging yang kurang matang (rare/medium rare).

    Nah, PAH terbentuk ketika cairan pada daging menetes ke permukaan bara yang panas dan menimbulkan asap. Asap itu mengandung karsinogen, yang didepositkan ke permukaan daging.

    "Meski hal itu berisiko, kita tidak perlu membuang jauh-jauh peralatan untuk memanggang. Masih ada cara untuk meminimalkan munculnya dua senyawa kimia berbahaya tersebut," terang Yayuk. Pertama, sebelum digunakan, pemanggang dibersihkan. Terutama, tempat untuk memanggang yang sudah hangus dan berwarna kehitaman. Puing-puing bagian yang hangus itu dapat melekat pada makanan. "Sebelum digunakan, sebaiknya daging diolah. Misalnya, direbus dengan bumbu. Cara itu mengurangi munculnya PAH," paparnya.

    Memanggang daging dalam microwave dianggap lebih aman daripada menggunakan pemanggang biasa. Apalagi, saat dipanggang, daging dibungkus aluminum foil. Cara tersebut cukup efektif untuk mencegah terbentuknya PAH. "Tentu waktu memasak tak terlalu lama. Meski sudah menggunakan microwave, jika daging gosong, tetap saja terbentuk HCA," tutur Yayuk.

    Dia menegaskan, tak perlu paranoid makan daging yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Makanan tersebut tetap boleh dikonsumsi. Hanya, frekuensi konsumsi tidak terlalu sering. Menurut dia, dianjurkan konsumsi sayuran berserat tinggi sebagai pengimbang makanan berlemak tinggi. "Hal itu mengurangi kemungkinan serangan kanker," tambahnya. (ai/c11/nda)

    sumber:jawapos
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,522
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,201 / -0
    bagus infonya :niceinfo:

    memang bener konsumsi daging harus diimbangi dengan mengkonsumsi sayuran & buah-buahan
    bagaimanapun juga menu yang seimbang memang paling baik buat tubuh..
     
  4. propassive Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 8, 2010
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    emang daging ga boleh dimakan tuh yg gosong2 na... tp klo kyk sate gt kn sk ada yg gosong2 dikit,, mw dibuangin jg ribet.
     
  5. reazon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,563
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,058 / -0
    sebaiknya emang d bersihkan dulu bagian yg gosongnya.....
    tepi gw ga terlalu sering tuh makan makanan yg d bakar......:boong:
    lebih sering yg d goreng.....:sigh:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.