1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Legend/Myth History of Amaterasu [Dewi Matahari dalam Mitologi Jepang]

Discussion in 'History and Culture' started by onefineday, Jul 14, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. onefineday M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,274 / -0
    History of Amaterasu

    Nama lengkap dari Amaterasu adalah "Amaterasu-O-Mi-Kami," yang mungkin secara harfiah diterjemahkan sebagai "dia yang membuat surga bersinar". Dia juga dikenal sebagai Omikami ("illustrious goddess").
    Amaterasu, dewi matahari Shinto, adalah yang paling penting dalam kumpulan dewa ajaran Shinto. Dia dianggap nenek moyang kaisar jepang dan merupakan yang paling dihormati di surga. Tapi dia bukanlah yang terkuat, dan pada kenyataannya, banyak cerita-cerita yang menggambarkan dirinya tampak sangat manusiawi, meskipun tentu saja, dalam skala ke-ilahian.
    [​IMG]
    Menurut mitologi Shinto dalam proses penciptaan, Amaterasu lahir ketika Izanagi yang kembali dari kegagalannya untuk menyelamatkan istrinya, Izanami dari Yomi (tanah kematian/underworld). Amaterasu dilahirkannya dari mata kirinya. Dan pada saat yang sama, saudara perempuannya, Dewi Bulan: Tsukiyomi (yang dalam beberapa cerita digambarkan sebagai pria) lahir dari mata kanannya dan yang bungsu, Susanoo (dewa Laut dan Badai), lahir dari hidungnya.

    Izanagi (laki-laki) dan Izanami (perempuan) adalah dua dewa pertama yang diciptakan oleh Kunitokotachi dan Amenominakanushi, dua dari zōka-sanshin ("three kami/god/spirit of creation") yang menciptakan dan membentuk banyak pulau-pulau dan merupakan leluhur dari tanah Jepang.​

    Izanagi kemudian memberikan Amaterasu manik-manik yang suci (Yasakani no Magatama) dan mengatakan kepadanya bahwa ia akan memerintah atas surga. Sedangkan saudaranya Susano-Wo akan memerintah atas laut. Tapi Susanoo cemburu pada kakaknya dan mengatakan kepada ayahnya bahwa ia tidak menerimanya dan akan pergi ke Yomi untuk bergabung dengan ibunya, Izanami. Hal ini membuat Izanagi sangat marah. Ia mengusir Susanoo dari hadapan-nya. Susanoo kemudian pergi menemui kakaknya Amaterasu untuk mengucapkan selamat tinggal, tapi Amaterasu menduga itu hanyalah trik dari Susanoo dan menyiapkan busur dan anak panah bersamanya. Susanoo meyakinkannya ia bermaksud baik dan memprotes kakaknya, tapi akhirnya dia tidak dapat menyembunyikan kecemburuannya. Dia menyarankan diadakannya kontes untuk melihat siapa yang lebih kuat. Siapapun yang dapat menciptakan lebih banyak dewa akan menjadi pemenang, kata Susanoo.
    [​IMG]
    Amaterasu mulai dengan mematahkan pedang adiknya menjadi tiga potong dan memakannya. Ketika dia meludahkan potongan tersebut, kabut terbentuk di udara. Tiga dewi terbentuk dari kabut itu. Susanoo tidak terkesan. Dia mengambil manik-manik kakaknya dan menghancurkan mereka dengan giginya. Lima dewa laki-laki muncul. Susano-Wo merasa menang, tapi Amaterasu menolaknya dengan mengatakan bahwa kelima dewa itu datang dari perhiasannya, sedangkan pedang adiknya hanya memunculkan tiga dewan dan mereka semua perempuan.

    Susanoo mengamuk di seluruh bumi, mengklaim bahwa ia adalah pemenang kompetisi. Dia membanjiri sawah dan menyebabkan kerusakan besar. Dia bahkan mengotori kuil di mana panen padi akan dipersembahkan dan buang air besar di dalamnya. Akhirnya, ia mengambil kuda poni dan dikuliti hidup-hidup, kemudian binatang itu dilemparkan ke ruang suci di mana Amaterasu sedang menenun dengan pembantu-nya. Sangat malu dan marah, Amaterasu kemudian pergi masuk ke sebuah gua yang gelap, meninggalkan bumi dalam kegelapan dan ketidakseimbangan dan menolak untuk keluar lagi.

    Dewa bumi akhirnya, memutuskan untuk mengelabui Amaterasu supaya muncul kembali sehingga dunia tidak lagi diliputi dengan kegelapan. Mereka menempatkan/menggantungkan Yata-no-Kagami, cermin suci yang dibuat oleh Ama-Tsu-Mara dan Ishi-Kori-Dome, di depan gua-nya, bersama dengan ayam yang berkokok sebelum fajar. Kemudian mereka meminta dewi Uzume untuk menari didepan gua. Uzume mulai dengan perlahan-lahan, tapi dengan cepat menemukan ritme-nya. Dewi agak gemuk ini begitu senang bahkan sampai melepaskan dan melempar semua pakaiannya dan menari liar, membuat semua yang melihatnya tertawa sangat keras. Amaterasu mendengar suara tawa dan bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Ketika ia tiba di mulut gua untuk menyelidiki, ia melihat bayangannya di cermin (Yata-no-Kagami). Penasaran, ia bertanya siapakah dewi indah yang indah itu. Para dewa yang lain mengatakan bahwa itu adalah penggantinya. Terpesona dengan kecantikannya sendiri, ia kemudian muncul perlahan-lahan untuk memeriksa-nya. Tajikawa dengan cepat menutup pintu masuk gua. Dunia akhirnya kembali diterangi oleh cahaya dan keseimbangan tercapai.
    Ketikan muncul dari kegelapan, Amaterasu menunjukkan kepada orang-orang bagaimana menanam padi dan gandum, menenun, dan membudidayakan ulat sutera. Beberapa orang mengatakan bahwa ia dan pembantu-nya menenun dan terus menenun kain dari alam semesta.
    [​IMG]
    Sementara itu Susanoo, dihukum oleh para dewa lainnya. Jenggot dan kumisnya dipotong, kuku-kukunya dicabut, dan diusir dari surga. Dia kemudian pergi dan bertualang di bumi. Pada suatu ketika, ia membuh naga berkepala delapan (Yamata no Orochi), ketika mati ekornya berubah menjadi sebuah pedang. Ketika Susanooo bertobat dan mengahiri perseteruan dengan kakaknya, ia menyerahkan pedang ini kepada Amaterasu sebagai hadiah yang olehnya kemudian dinamai Ama-no-Murakumo-no-Tsurugi ("Sword of the Gathering Clouds of Heaven") atau nama lainnya, Kusanagi-no-Tsurugi ("Grasscutter Sword").
    [​IMG]
    Amaterasu kemudian meminta putranya, Ame-No-Oshido-Mimi, untuk menguasai bumi. Namun putranya ini menolak karena menurutnya dunia sudah dipenuhi dengan kekacauan. Ia mengirim cucunya Ninigi-no-Mikoto ke dunia, dan dalam jangka waktu tiga tahun, ia berhasil menguasainya. Ninigi-no-Mikoto adalah nenek-moyang dari kekaisaran Jepang yang merupakan keturunan langsung dari Amaterasu.

    =======
    *Sumber : Japanese Mythology A-Z
     
    • Thanks Thanks x 8
    • Like Like x 5
    Last edited: Jul 21, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. jayz91 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +67 / -0
    ngedenger nama2 diatas jadi inget itachi uchiha....ckckckckckc
     
  4. rezuo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 4, 2009
    Messages:
    105
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +176 / -0
    baru tau klo amaterasu sebenarnya adalah dewi matahari..
     
  5. ufie89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    baru tau klo jutsu jutsu yang ada dinaruto ternyata mengambil dari nama" dewa dewi
     
  6. superbenjo M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    2,443
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,402 / -0
    weh, itu kan nama jurusnya clan uciha
    amaterasu. tsukiyomi, susanoo, izanagi
     
  7. JuzMelon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 22, 2010
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    etoo ada pedangnya orochimaru...
    wah dari sini toh asal ceritanya narudin
    nice info dah kk :top:
     
  8. hiruma_youichi66 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 18, 2010
    Messages:
    2,678
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,920 / -0
    oh gni to asal usulnya grasscutter sword
     
  9. nunuyasha89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 12, 2009
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +560 / -0
    bentukna kayak gmana ya pedangnya ntu
     
  10. x29a Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    171
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +36 / -0
    ribet jg ya prosesny sm ky mitologi yunani
     
  11. cuber_boy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    639
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,547 / -0
    ternyata mitologi jepang menarik juga.. sayang gak ada filmnya kyk mitologi norse ato yunani..
    kebanyakan cuma muncul bwt tambahan di anime2.
    nice info kk..
     
  12. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    899
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +62 / -0
    ooo...rupanya cerita naruto jg mengambil sedikit referensi dr ni mitologi
     
  13. dEricT M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    999
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +17,149 / -0
    Naruto terlalu banyak mengambil nama2 mitologi jepang...
    Tanpa pandang bulu asalnya...

    Klo tau seperti ini sedih juga...
    Ternyata mitologi cuman dipakai nama2 jurus di-film...
     
  14. akira_kurosaki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 19, 2010
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    nice share gan
    tentang tsukiyomi ada ga gan??
     
  15. felXIII Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 21, 2010
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +223 / -0
    tsukiyomi ga terlalu banyak dbahas ya
    padahalkan dia juga dewa/dewi pentink
    klo ga salah izanagi ma izanami itu mirip kaya cerita
    orpheus and eurydice
     
  16. FairyZone Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 11, 2010
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +36 / -0
    mitologi jepang kyk gitu toh
    tpi ternyata di dunia tuh bnyk mitologi dewa-dewi
     
  17. Dayat_Timez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 21, 2010
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    Awalnya ane kirain Amaterasu adalah dewa tapi ternyata dy seorang dewi ,hmmmm

    baru tau . . .:niceinfo::niceinfo::niceinfo:
     
  18. TurquoiseCat M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    303
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    gitu ceritanya
    sering denger ceritanya di komik:
    amaterasu, tsukiyomi, ama susanoo
    ternyata mereka bersaudara

    :niceinfo:
     
  19. shibagon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +41 / -0
    ini kisah nyata ayo nga yah?btw baru tw susanoo jahat sebelumnya, btw nice info nih bro
     
  20. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    763
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,102 / -0
    dewi matahari jepang sama ga dengan dewa ra dari mesir?
     
  21. bo_chama M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    837
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    waaaah,,
    kisah mitologi jpang bner" sumber inspirasi animasi d jpun
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.