1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

100 Ide Peluang Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Discussion in 'Micro Business Talks' started by nandadc, Jul 24, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. nandadc Members

    Offline

    Joined:
    Jul 21, 2016
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Berikut ini IkutUsaha bagikan beberapa ide usaha sampingan yang bisa anda jalankan berdasarkan bidang-bidang yang mungkin bisa anda geluti:

    a. Usaha Sampingan Bidang Kuliner
    Pertama adalah usaha sampingan dalam bidang kuliner, ada banyak sekali peluang usaha kuliner di sekitar kita. Berikut ini beberapa diantaranya:

    1. Membuka Kedai Sarapan
    Ide usaha sampingan yang pertama adalah membuka kedai sarapan. TIdakb isa dipungkiri, peluang bisnis sarapan pagi masih terbuka sangat lebar, usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Ada banyak makanan yang bisa kita jual, mulai dari lontong sayur, pecel, ketoprak, bubur kacang hijau, sampai gorengan.

    Untung yang diperoleh juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan harga perporsi Rp 5000 saja kita bisa mendapatkan keuntungan sampai Rp 3000. Selain makanan, kita juga bisa menjual aneka minuman hangat, seperti kopi, teh, dan lain sebagainya.

    Modal awal yang kita butuhkan juga tidak terlalu banyak, apalagi kalau kita punya teras di depan rumah yang bisa kita sulap menjadi angkringan untuk menjajakan aneka menu sarapan pagi. Target utamanya bisa siswa, mahasiswa sampai pegawai kantoran. Tergantung lokasi kita bukanya dimana.

    Untuk gorengan yang bisa kita jual juga sangat banyak sekali. Sehinga potensi keuntungan yang kita peroleh juga bisa sangat besar. Bahkan bisa mengalahkan gaji pegawai kantoran. Apalagi kalau lokasi ktia strategis.

    2. Membuka Kedai Kopi
    Membuka warung kopi juga bisa menjadi usaha sampingan yang anda jalankan. Kalau kedai kopi sebaiknya kita buka pada malam hari. Untuk target konsumen sendiri adalah karyawan atau buruh sekitar. Untuk menarik minat pembeli sebaiknya sediakan TV dan tempat duduk yang nyaman.

    Selain karyawan dan buruh, kita juga bisa menargetkan anak muda sebagai konsumen, namun tentu saja kita harus memvariasikan kopi yang kita jual. Silahkan searching resep kopi yang digemari oleh anak muda. Jika anda tidak mau ribet dengan racikan kopi sendiri, anda bisa join dengan waralaba kopi yang ada.

    Selain menyajikan kopi, anda juga bisa menyediakan berbagai camilan seperti gorengan atau aneka jajanan pasar. Usaha sampingan ini sangat cocok untuk pria. Tidak rekomended untuk wanita.

    3. Membuka Warung Jus
    Membuka kedai jus juga bisa menjadi ide usaha sampingan yang anda lakukan. Dengan bermodalkan gerobak, blender serta peralatan pendukung lainnya kita sudah bisa melayani permintaan costumer. Untuk pemebli utama biasanya adalah remaja hingga anak muda. Namun tidak jarang juga anak-anak atau orang tua.

    Jika rumah kita berada di dekat kampus atau perkantoran, membuka kedai jus adalah peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi kalau cuaca sedang panas. Biasanya mahasiswa atau karyawan akan mengantri untuk mendapatkan segelas jus kita.

    Selain jus aneka buah, anda juga bisa menyajikan capucino cincau atau pop ice serta soup buah. Semakin banyak varian minuman yang kita buat, maka pelanggan semakin bebas memilih minuman kesukaannya. Bagaimana? Anda sudah memiliki gambaran untuk membuka usaha jus buah?

    4. Menjual Aneka Kue
    Dari skeian banyak usaha, usaha makanan kedepannya akan selalu berkembang. Karena manusia itu pastilah membutuhkan makan. Salah satu makanan yang bisa kita tawarkan adalah aneka kue. Ada banyak macam kue yang bisa kita sediakan, mau jajanan pasar, cake, hingga aneka kue kering yang kita kemas dengan apik.

    Selain bisa kita jual langsung di warung-warung atau kedai sarapan, aneka kue kering bisa kita pasarkan hingga ke minimarket atau swalaayan. Ini tentu saja membutuhkan kontiniunitas usaha yang konsisten agar pihak swalayan mengizinkan kita menitipkan kue kita di etalase mereka.

    Kue yang anda tawarkan tentu saja harus enak dan memiliki kualitas baik, apakah itu dari segiti kerenyahan, komposisi hingga nilai gizi yang tinggi. Kalau anda hobi masak, silahkan berkreasi sesukanya. Namun yang terpenting tentu saja sesuaikan dengan lidah konsumen yang kita bidik.

    5. Membuka Catering
    Usaha catering masih menjadi pilihan wirausaha kuliner yang menjanjikan, terutama untuk anda yang tinggal di perkotaan. Usaha katering tidak terlalu menguras tenaga dan pikiran. Untuk usaha ini bisa anda jalankan di rumah sendiri. Setiap ada pesanan anda bisa mengajak tetangga untuk bantu-bantu, dan nantinya akan diupah harian.

    Pastilah ibu sekitar tempat anda tinggal akan sangat senang sekali karena bisa menambah uang pemasukan mereka. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha katering tidaklah besar, kita bisa memanfaatkan peralatan memasak seadanya.

    Jika orderan dalam jumlah besar barulah kita menyewa atau membeli peralatan yang lebih lengkap. Usaha catering juga sangat cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa. Apalagi untuk mereka yang aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan. Biasanya pada acara kampus, pastilah membutuhkan konsumsi, ini tentu bisa menjadi peluang usaha untuk kita.

    6. Membuka Warung Angkringan
    Warung angkringan juga bisa menjadi ide usaha sampingan untuk anda. Anda bisa menjual aneka minuman hangat sampai camilan lezat untuk menemani malam-malam yang dingin. Mengingat masyarakat kita sangat suka jajan keluar malam hari.

    Berbagai minuman seperti banderk, teh telur, jus pinang, dan sebagainya bisa menjadi menu andalan anda.

    7. Pecel Lele
    Kalau pecel lele sudah tidak diragukan lagi keberadaannya. Pecel lele bisa dibilang sudah menjamur hampir di seluruh kota di Indonesia. Tua muda, anak-anak dewasa, suka makan pecel lele. Memang, untuk membuka usaha pecel lele membutuhkan modal yang agak lumayan.

    Setidaknya kita butuh modal sampai Rp 7 juta. Uang ini untuk membeli gerobak, bahan-bahan sampai perlengkapan masaknya. Namun kalau ktia sudah punya nama, uang Rp 7 juta itu bisa ktia dapatkan dalam satu malam saja. Memang, untuk menjalankan usaha pecel lele membutuhkan kreasi terus menerus, agar pelanggan kita semakin suka dengan cita rasa pecel lele buatan kita.

    8. Nasi Goreng
    Selain usaha pecel lele, anda juga bisa membuka warung nasi goreng, bisa untuk sarapan atau untuk makan malam. Kalau di sekitar kampus, nasi goreng biasanya menjadi makanan favorit mahasiswa. Karena harganya murah meriah, mengenyangkan dan bisa sambil nobar.

    Nah, untuk anda yang tertarik membuka usaha nasi goreng, usahakan anda menyediakan TV LCD yang bisa untuk nobar. Fasilitas ini biasanya menjadi daya tarik tersendiri, apalagi kalau ada Liga Champion.

    9. Jualan Burger
    Jualan burger juga bisa menjadi peluang usaha untuk anda. Burger kini bisa dibilang makanan cepat saji yang tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Untuk menjalan usaha burger sebaiknya anda menjalin kerjasama warawalaba, karena mereka sudah punya manajemen serta resep yang terjamin, pelanggan pun sudah percaya.

    Ada banyak waralaba yang menawarkan kerjasama burger. Silahkan baca pada postingan:

    b. Usaha Sampingan Dunia Pendidikan
    Bisang Pendidikan adalah salah satu investasi jangka panjang yang tidak akan pernah berkurang peminatnya. Orang tua juga tidak akan ragu untuk menitipkan anaknya pada lembaga-lembaga yang sudah terbukti berkualitas dari segi SDM dan materi yang diajarkan. Itulah alasan kenapa usaha dibidang dunia pendidikan itu selalu menarik.

    1. Buka Jasa Les Privat
    Usaha sampingan bidang pendidikan yang pertama adalah membuka les privat. Anda bisa menawarkan les privat kepada anak-anak SD atau SMP untuk mata pelajaran yang anda kuasai. Untuk tahap awal anda bisa bergabung dengan lembaga privat yang sudah ada.

    Namun jika anda memiliki relasi langsung kepada orang tua calon siswa, tidak ada salahnya kalau anda langsung menawarkan diri.

    2. Buka Bimbel
    Usaha bimbel juga memiliki prospek cerah ke depannya. Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan membuat usaha bimbel akan terus berkembang kedepannya. Anda bisa membuka bimbel kecil-kecilan di ruangan rumah yang anda modifikas menyerupai ruangan belajar yang asyik.

    Jika anda sudah memiliki modal yang cukup tidak ada salahnya untuk menyewa ruko dan mempekerjakan tenaga pengajar profesional. Meskipun pada awalnya adalah usaha sampingan, namun kalau kita jalankan dengan sungguh-sungguh maka bisa menjadi pemasukan utama keuangan anda.

    3. Buka Tempat Kursus
    Usaha sampingan selanjutnya adalah membuka tempat kursus. Anda bisa membuka tempat kursus berbagai keahlian, mulai dari kursus menyetir, kursus menjahit, kursus berenang, kursus memanah, kursus masak dan masih banyak lagi jenis kursus lainnya yang memiliki banyak peminat.

    4. Menjual ATK
    Ide usaha sampingan bidang pendidikan yang terakhir adalah menjual ATK dan keperluan belajar anak-anak. Ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, terutama kalau kita tinggal di sekitaran kampus, sekolah atau perkantoran.

    c. Usaha Sampingan Dunia Fotografi
    Anda punya hobi fotografi? Meskipun anda sudah bekerja namun hobi fotografi anda tetap bisa tersalurkan dan ini bisa menjadi penghasil rupiah untuk kita. Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Pastilah menyenangkan rasanya kalau hasil jepretan kita dibayar. Berikut ini beberapa ide usaha sampingan untuk yang memiliki hobi fotografi:

    1. Jual Foto Online
    Anda bisa menjual hasil karya anda ke perusahaan atau ke majalah. Anda bisa menjual karya anda melalui website: Istockphoto.com (komisi 15% per foto), ShutterStock.com (komisi 20-30%), Fotolia.com dan StockFresh.com. Menjula foto secara online bisa mnejadi pilihan yang tepat untuk anda, apalagi kalau anda jauh dari area perkotaan.

    2. Jasa Pemotretan Acara
    Anda juga bisa membuka jasa pemotretan acara-acara seperti pernikahan, khitan, perayaan hari besar dan lain sebagainya.

    3. Menjadi Fotografer Berita
    Anda hobi meliput berita terbaru? Silahkan coba saja melamar di situs-situs berita semisal kompas, detik, viva dan situs berita lainnya.

    4. Buka Studio Foto
    Nah, anda juga bisa membuka studio poto. Memang untuk modalnya lebih besar. Namun tentu saja hasilnya juga lebih besar.

    Selengkapnya di Usaha sampingan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.