1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Info 10 penyebab dan alasan mengapa real madrid vs barcelona fc bersiteru

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by seventhdivision, May 12, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. seventhdivision M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    1,246
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +7,531 / -0
    [​IMG]

    El Clasico (bahasa Inggris: The Classic), juga dikenal sebagai El Derbi Español atau El Classic adalah nama generik yang diberikan untuk setiap pertandingan sepak bola antara FC Barcelona dan Real Madrid. Hal ini ditentang setidaknya (dan biasanya) bi-setiap tahun sebagai bagian dari kompetisi La Liga Spanyol, dengan maksimum sembilan pertandingan tahun, dengan dua tambahan di Copa del Rey, Liga Champions, dan Supercopa de España, dengan lain mungkin dalam UEFA Super Cup. Selain Final Liga Champions, itu adalah klub yang paling mengikuti pertandingan sepak bola di dunia, disaksikan oleh ratusan juta orang.

    Persaingan itu muncul sebagai Madrid dan Barcelona adalah dua kota terbesar di Spanyol, dan dua klub adalah klub sepakbola paling berhasil dan berpengaruh di negeri ini. Real Madrid telah mengumpulkan 73 piala dan Barcelona 68, sementara Athletic Bilbao datang ketiga dengan 32 piala. Mereka kadang-kadang diidentifikasi dengan lawan posisi politik, dengan Real Madrid dan Barcelona mewakili nasionalisme dan nasionalisme Catalan Spanyol masing-masing.

    1. Lebih dari sekedar batas geografi
    [​IMG]

    Liverpool vs Everton, Arsenal vs Spurs, dan AC Milan vs Intermilan adalah pertandingan-pertandingan derby panas dan sarat emosi. Fakta ini tidak bisa dipungkiri. Walaupun tradisi dan emosi dari rivalitas mereka begitu luar biasa, namun secara fundamental, persaingan tersebut hanyalah sebatas daerah geografis. Persaingan kedua tim hanyalah karena mereka mempunyai markas yang berdekatan satu sama lain. Jadi demi menjaga gengsi dan mengukuhkan siapa yang paling hebat dalam wilayah yang sama, timbullah rivalitas. Namun, persaingan antara Barcelona dan Real Madrid melebihi batas-batas wilayah. Rivalitas mereka abadi, karena yang ikut bersitegang adalah ibu kota dengan daerah yang hendak merdeka.

    2. Catalunya vs Castille

    Barcelona dan Madrid merupakan dua kota terbesar di Spanyol. Hal itu saja sebenarnya sudah cukup untuk membentuk suatu rivalitas. Namun, mereka juga adalah tuan rumah dari dua daerah yang sangat berbeda baik secara kultur dan emosi. Dua kota tersebut juga menghasilkan dua ‘mahzab’ intelektual yang berbeda, dan tentu saja, berseberangan satu sama lain. Barcelona adalah Catalan, Madrid adalah Castillian. Orang-orang Catalan adalah masyarakat yang bebas, sedangkan Castille lebih seperti Keraton-nya Spanyol dan pusat pemerintahan. Perseteruan memuncak ketika Jenderal Franco, orang Madrid, yang beraliran fasisme, ingin ‘membasmi’ daerah Catalan. Jadi, ketika El Clásico digelar dan dimenangi Barcelona, ini merupakan kemenangan seluruh rakyat Catalunya dalam membebaskan diri dari tirani pusat. Jika yang menang adalah Real Madrid, berarti ini adalah kemenangan pemerintah dalam upaya menegaskan kekuasaannya.

    3. “Everyone picks a side”

    Pernyataan di atas adalah perseteruan ideologi, sosial, dan politik antara kebudayaan daerah yang ingin merdeka dengan pemerintah pusat yang kuat, dan tidak hanya melibatkan FC Barcelona dan Real Madrid, atau Catalunya dan Castille, tetapi juga seluruh masyarakat Spanyol. Ketika duel El Clásico berlangsung, dapat dipastikan, seluruh orang di Spanyol akan terbagi dua. El Clásico mempunyai fungsi yang ‘unik’ yaitu sebagai ‘pembatas transparan’ antara dua daerah dalam satu negara. Suporter dari klub lain, siapa pun mereka, akan memilih salah satu di antara Barcelona dan Real Madrid, berdasarkan kepentingan dan ideologi masing-masing, everyone (should) picks a side.


    4. Merupakan anggota dari Liga Terbaik di dunia

    Apapun konteks-konteks budaya yang terdapat pada duel El Clásico, tidak akan ada orang luar yang peduli pada pertandingan tersebut ia jika terdapat pada, misalnya, Liga Domestik Siprus. Tapi ini tidak. Duel tersebut berasal dari La Liga Primera, yang merupakan liga terbaik di dunia berdasarkan penilaian FIFA (dalam diskusi debate panjang lainnya, liga-liga lain mungkin saja muncul sebagai liga yang lebih baik, namun setidaknya La Liga adalah salah satu liga sepakbola terbaik di dunia), jadi seluruh perhatian insan sepakbola pasti tertuju ke sana.

    5. Menampilkan dua klub terbaik dari La Liga
    [​IMG]
    Tidak hanya gengsi, namun dominasi kedua tim di La Liga merupakan jaminan panasnya pertandingan ini. Karena kedua tim biasanya berada di pucuk klasemen, maka hasil dari El Clásico menjadi sangat menentukan siapa yang akan merajai liga pada akhir musim. AC Milan vs Intermilan mengkin adalah derby perseteruan dua klub papan atas Serie A, tetapi di sana juga terdapat Juventus dan AS Roma untuk disaingi. Sehingga, kadang-kadang, tifosi merasa pertandingan AC Milan vs Juventus atau Intermilan vs AS Roma menjadi sama krusialnya. Dan hal ini menjadikan signifikasi partai derby kota Milan agak berkurang. Lain halnya dengan Barcelona vs Real Madrid yang begitu menentukan. La Liga memang bukanlah pacuan dua ‘kuda’ saja, tetapi selalu ada dua kuda berwarna ‘merah biru’ dan ‘putih-putih’ yang ikut serta. Dua kuda ini juga belum pernah terdegradasi ke divisi bawah (dan sepertinya tidak akan pernah, baik itu karena kualitas maupun lobi politik mereka yang kuat di Spanyol).

    6. Dan pemain-pemain terbaik di dunia

    Karena Barcelona dan Real Madrid merupakan dua di antara klub-klub terkaya di dunia, mereka selalu dihuni oleh pemain-pemain terbaik pula. Misalnya, ketika Lionel Messi cedera, di bangku cadangan sudah ada Henry, Deco, atau Ronaldinho. Kita juga masih ingat Madrid pernah dihuni pemain sekelas Zidane, Ronaldo, Raúl, Figo, Beckham, dan Roberto Carlos yang bermain bersamaan. Ketika El Clásico berlangsung, kita seperti melihat uang ratusan jutaan dollar sedang ‘berlari-lari’ di atas lapangan.

    7. Juga beberapa talenta lokal

    Di samping belanja pemain-pemain kelas dunia tersebut, kedua tim juga dipenuhi oleh talenta-talenta lokal binaan kubu masing-masing. El Barça punya Valdés, Puyol, Xavi, Iniesta, dan Bojan yang merupakan produk-produk dari akademi sepakbolanya, sedangkan Messi dan Giovanni adalah anak-anak muda yang bersekolah di Barcelona sejak kecil. Sedangkan Los Blancos punya Casillas, maskot tim Raúl, dan Guti yang merupakan didikan akademi Madrid. Dan hebatnya, pemain-pemain ini adalah anggota timnas Spanyol. ‘Rasa’ lokal ini menjamin bahwa tak seorang pun di lapangan yang akan melupakan aspek-aspek budaya yang melatarbelakangi El Clásico. Arsenal mungkin diisi pemain-pemain muda bertalenta, namun nyaris tidak ada pemain asli Inggris di sana. Manchester United sekarang hanya tinggal menyisakan pemain tua seperti Giggs dan Scholes sebagai binaan asli mereka. Itulah bedanya dengan El Clásico.

    8. Sejarah transfer yang ‘kontroversial’ antara kedua tim.

    Sebagai dua klub terkuat dan terkaya di Spanyol, tak dapat dihindari, Barcelona dan Real Madrid akan berebut mendapatkan tanda tangan pemain top. Salah satu dari kasus tersebut adalah ketika kedua klub berniat mengontrak pemain River Plate, Alfredo Di Stefano pada tahun 1953. Transfer tersebut sangat kontroversial dan merupakan salah satu pemicu ‘kerasnya’ El Clásico. Sebuah kontrak janggal dilakukan ketika Di Stefano menandatangani proposal kedua klub sekaligus. Ia akan bermain dua musim untuk Real Madrid (yang menghubungi lebih awal) dan dua musim untuk Barcelona.

    Namun, setelah melihat debut pertamanya di Real, El Barça setuju untuk melepaskan Di Stefano secara permanen. Hal ini masih menjadi perdebatan: Pertama, bahwa Barcelona melihat penampilan Di Stefano yang kurang menjanjikan dalam debutnya. Kedua, ada indikasi bahwa Barcelona ditekan oleh diktator Jenderal Franco yang pro-Madrid, yang mengancam akan memberlakukan larangan untuk pemain asing bermain di La Liga.

    Tren ini pun terus berlanjut; kedua tim terus bersitegang untuk mendapatkan pemain-pemain top (seperti yang mereka lakukan pada David Beckham tahun 2003). Namun tidak ada yang lebih ‘menyakitkan’ selain ketika salah satu pemain dari tim ini hengkang ke tim lainnya, seperti yang terjadi pada Luis Enrique, yang pindah dari Madrid ke Barcelona, atau kasus Luis Figo pada tahun 2000, yang hijrah dari Azulgrana ke Los Merengues dan memecahkan rekor transfer (sebelum Zidane) sebesar 65 juta Euro. Dan ketika kembali ke stadion mantan klubnya, cemoohan, teriakan, bahkan lemparan kepala babi harus mereka terima. Semuanya karena atmosfir ‘neraka’ El Clásico.

    9. Ukuran stadion

    [​IMG]

    [​IMG]

    Nama besar kedua klub ternyata juga didukung oleh besarnya stadion yang mereka miliki. Baik Camp Nou maupun Santiago Bernabéu merupakan stadion elit dan raksasa sehingga menjanjikan atmosfer yang luar biasa. Camp Nou bahkan merupakan stadion berkapasitas terbesar di Eropa, yaitu sanggup menampung 98.772 kursi. Sebelum direnovasi, stadion ini malah pernah terisi 200 ribu penonton dalam salah satu El Clásico. Sedangkan Santiago Bernabéu mampu menampung 80.400 Madridistas dan dinobatkan sebagai salah satu stadion berfasilitas terbaik di dunia.

    10. Menghasilkan tontonan sepakbola yang berkualitas

    Jika yang terjadi di lapangan adalah sebuah tontonan yang mengecewakan, semua poin di atas tidak ada artinya. Dan tanah Spanyol akan menjadi tempat yang menyedihkan jika semua orang menunggu-nunggu partai yang diadakan sekali dua tahun ini, hanya untuk menyaksikan pertandingan yang menyisakan buruk dan membosankan. Tapi tidak. Pertandingan El Clásico, secara tradisi, selalu mempertontonkan sepakbola berkualitas, menyerang, atraktif, penuh skill, dan aroma ‘membunuh’ yang dahsyat. Skor-skor menakjubkan, seperti 3-3, musim lalu di Camp Nou adalah contoh betapa alotnya pertandingan ini.

    1.El Clasico di Spanyol untuk pertama kalinya dilangsungkan pada 17 Februari 1902.

    2.El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona tidak hanya terjadi di lapangan, tapi juga dalam bursa transfer. Kasus yang paling terkenal adalah perebutan Alfredo Di Stefano di tahun 50-an. Kedua tim sama-sama mengklaim telah mendaftarkan pemain legendaris Argentina itu sebagai pemain dan membayar transfer ke River Plate. FIFA akhirnya mengintervensi dan meminta kedua tim saling berbagi jatah musim untuk Di Stefano. Namun Barcelona memilih mundur dan Real Madrid membayar kompensasi kepada rival utamanya itu.

    3.Real Madrid dan Barcelona juga saling bersaing dalam hal jumlah suporter. Hasil riset terakhir Mei 2007, 32.8 persen fans sepakbola di Spanyol lebih berpihak pada Real Madrid, sementara 25.7 persen berkubu Barcelona.

    4.Di kompetisi domestik La Liga Spanyol, El Clasico dinihari nanti di Santiago Bernabeu menjadi edisi ke-160.

    5.Raul Gonzalez menjadi pemain yang paling sering mencetak gol di El Clasico. Total, dia sudah melesakkan 11 gol.

    6.Total ada 24 pemain yang saling bertukar klub dalam satu sesi transfer, baik itu dari Barcelona ke Real Madrid, atau Real Madrid ke Barcelona. Proses transfer yang paling menyita perhatian adalah Luis Enrique (Madrid ke Barca di tahu 1996) dan Luis Figo (Barca ke Madrid di tahun 2000).

    :maaf:
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Paddy_McHoley M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 9, 2011
    Messages:
    1,602
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +2,466 / -0
    saia rasa ini juga dikarenakan, sebagus apapun kualitasnya laliga, tetep saja sekarang mereka two horse race selama bertahun2.
    ityu yag bikin "derbi"nya tambah panas.
    sama kayak di skotlandia
     
  4. Cyclone_Joker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2011
    Messages:
    662
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +5,108 / -0
    :yareyare: aneh2 aja cuma demi nama pertandingannya pake perkelahian segala :sigh:
     
  5. kliver M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2010
    Messages:
    1,050
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +509 / -0
    ngapain sih ada perkelahian segala :yareyare:
    padahal ane suka kedua" tim itu.....
    :awas: [​IMG]
     
  6. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,769 / -0
    "kadang-kadang diidentikkan dengan lawan politik"

    ckckckck....
    dimana-mana pasti nyasarnya ke politik...:swt:
     
  7. matsuyuki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 2, 2010
    Messages:
    1,224
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +643 / -0
    mungkn karna faktor gengsi +
    2 tim ini adalah tim unggulan yg selalu ae d posisi 1 & 2...
    tpi nice info dah buad TS
     
  8. cyruss M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    462
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +7 / -0
    Dl sih pernah baca karena madrid jd tim kesayangan penguasa wkt itu? Sedangkan barca hrs mulai sendiri dr kecil? itu klo dr sisi barca sih..
     
  9. zeroyuki M V U

    Offline

    Xillia Great Spirits

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    548
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +325 / -0
    kupikir hanya di indo saja di eropa juaga ada toh
     
  10. qwerty_fo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,119
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +140 / -0
    tapi keduanya juga sempat menderita di bawah "pemerintahan" Valencia dan La Coruna gan..
    wkwkwkwkwkwk..
     
  11. kimochi_neesan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 22, 2011
    Messages:
    1,185
    Trophy Points:
    122
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,680 / -0
    daripada "bersiteru" mending "beraisiteru":oggaring: alah

    perseteruan keduanya sudah berakar & menyebar kesegala aspek. ibarat panu udah stadium 4 kali yee :oggajes:
     
    • Thanks Thanks x 1
  12. bizly M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,279
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +104,008 / -3
    saya takut nge-flamming kalau komen di trit seperti ini..
    soalnya fans kedua kubu bsia super sensitif nih :hoho:
     
  13. SetaSouji M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    2,865
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +7,307 / -1
    gugel translate ya :???:
     
  14. miftakhulum M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 29, 2012
    Messages:
    2,213
    Trophy Points:
    136
    Ratings:
    +2,991 / -0
    el clasico :matabelo:
    tp bagaimanapun berseterunya madrid sama barca ga sampek memancing emosi suporternya disana.
    beda jauh dg di indonesia:dead:
     
  15. takur21 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +42 / -0
    karena mereka pernah jadian lalu salah satu selingkuh, putus jadi musuhan deh sampe sekarang
     
  16. cyphers85 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    867
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +339 / -0
    apapun itu timnya, barca ato madrid

    yg penting selalu menyajikan pertandingan yg berkualitas dan keras hahaha
     
  17. kurang_waras M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    1,096
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +754 / -0
    betul2 perseteruan yang sangat mendarah daging, dan seringkali juga menjadi sangat brutal

    jadi inget luis figo sampe pernah dilempar kepala babi :takut:
     
  18. kosasihyk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    Perseteruan yang dikenal dengan el classico.... :top:

    Dua2 nya tim legenda :nikmat:
     
  19. am4terazu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,926 / -0
    saya lebih pro madrid gan... :top:
     
  20. bocahkungfu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    1,111
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +190 / -0
    emang kalo seru banget pertandingan antara barca sm real madrid, kayak mo perang aja... mgnkn krn mempertaruhkan harga diri kali
     
  21. JohnXXX Members

    Offline

    Joined:
    Feb 2, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    walaupun seru tapi hasilnya ketebak kayanya. madrid kalah mulu
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.