1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

10 Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by audeh, Sep 13, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. audeh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    1,646
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,107 / -0
    Makanan yang dijuluki “Brain Food” ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak :

    1. Salmon
    Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

    2. Telur
    Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

    3. Selai kacang
    “Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

    4. Gandum murni
    Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

    5. Oat/Oatmeal
    Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

    6. Berry
    Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

    7. Kacang-kacangan
    Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya — khususnya ALA - jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

    8. Sayuran berwarna
    Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

    9. Susu dan Yogurt
    Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

    10. Daging sapi tanpa lemak
    Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat ebsi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumrbe lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat. Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme — tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh. Mengonsumsi tomat , jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi. Selain makanan, agar cerdas ya jelas kita harus banyak olahraga biar stamina kita tetap terjaga dan istirahat yang cukup.

    Ahli Gizi

    Sory kalo :fd_7: silahkan Closed aja momod
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Marx_Saint M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    3,991
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,938 / -0
    Untuk sayur, sebaiknya yg bagaimana? :???:

    ^^
     
  4. jeanovea Rest In Peace

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 17, 2008
    Messages:
    1,333
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +35,881 / -0
    Kalo kbanyakan kan bisa bisulan bro
    Kbanyakan bisa jerawatan...

    :idwspiss:

    Kecerdasan itu anugrah tuhan,.....
    Pertanyaannya adalah...
    Apakah mereka yg sekolah di SLB bisa menjadi Cerdas dengan memakanan makanan tersebut diatas. ??
     
  5. kurosawa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    semua sayur kan berwarna, jdi jgan pilih - pilih sayuran, makan atjah semua jenis sayuran :piss:
     
  6. erickstrad Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    7,469
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,558 / -0
    mungkin bisa mungkin jg engga kk... trgantung dr tingkat keterbelakangan mreka.. :boong:

    jiah.. ya trgantung juga.. syuran itu bisa dimakan apa engga... msa rumput mw dimakan? :piss:

    saran sya sih.. sayur yg wrna-nya hijau.. tp ttep sih.. telor adlh mknan sehat yg plg hemat :hahai:
     
  7. Raika94 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    999
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +121 / -0
    hahahaha
    akan saya terapkan dan diantaranya sudah mjd makanan favorit...
     
  8. krfor Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +110 / -0
    Mantap nice inpo....
    gw baru tau kalo selai kacang bpengaruh

    btw gw makan telor bisa 5 butir sehari lo (entah dadar, ceplok, rebus, dll)

    Tapi abis itu alergi gw kambuh (alergi kebanyakan telor) :hahai:
     
  9. sopkambingtegal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +23 / -0
    pisang koq ga termasuk y?
     
  10. blaknightz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 16, 2009
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +32 / -0
    nice info thanks:piss:
     
  11. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    699
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Hampir semua pernah makan kecuali no.1:sedih:
     
  12. tr4yzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2008
    Messages:
    667
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +34,086 / -0
    kasian..... :hero::hero: btw nice info gan
     
  13. ryomin M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,279
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,864 / -0
    smua prnah bkan kcuali numb 1 ma 4..

    :niceinfo:
     
  14. prufessuer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,655 / -0
    jadi pingin makan salmon nih :hmm:
     
  15. choro_ngedrift Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +605 / -7
    nice info... :niceinfo::niceinfo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.