1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna 10 Ikan Prasejarah Yang Masih Hidup Sampai Saat Ini

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Hyperangel, May 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    Tidak semua ikan yang berasal dari jaman prasejarah itu punah, tapi masih ada juga yang masih hidup dan bisa dilihat sampai sekarang. Hal itu mungkin dipengarhui oleh kemampuan ikan tersebut beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang ekstrem.

    Sselain itu juga dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mencari mangsa dan bertahan hidup dari serangan predator lainnya. Nah berikut ini adalah ikan-ikan pra sejarah yang masih hidup sampai sekarang.

    1. Hagfish
    [​IMG]
    Menurut catatan fosil, hag telah ada selama lebih dari 300 juta tahun, yang berarti mereka sudah tua ketika dinosaurus mengambil alih dunia! Ditemukan di dalam perairan, binatang ini kadang-kadang disebut belut lendir, tetapi sebenarnya mereka bukan familia belut, dan bahkan mereka mungkin bukan ikan sama sekali.

    Menurut beberapa ilmuwan, mereka adalah hewan yang sangat aneh dalam semua hal, mereka memiliki tengkorak tetapi tidak memiliki tulang belakang, dan mereka memiliki dua otak.

    Hampir buta, mereka makan di malam hari pada bangkai hewan besar (ikan, paus dll) yang jatuh ke dasar laut . Mereka menggunakan lendir mereka yang dapat menghasilkan zat Slimey untuk merusak insang ikan predator; dari situlah, mereka hampir tidak memiliki musuh alami.




    2. Lancetfish
    [​IMG]
    Lancetfish atau Ikan pisau (dalam bhs Indonesua) memiliki penampilan jelas “sangat prasejarah”, gigi di rahang dan layar di punggungnya yang sangat tajam, mengingatkan kepada beberapa dinosaurus (walaupun, di lancetfish layar ini benar-benar sebuah sirip punggung diperbesar) .

    Bahkan nama ilmiahnya terdengar dinosaurian (Alepisaurus ferox). Dengan panjang yang mencapai dua meter (6 ‘6 “), predator ini dapat ditemukan di semua samudra kecuali di daerah kutub; sangat rakus, mereka memakan ikan kecil dan cumi-cumi, mereka kadang-kadang juga memakan sesama komunitasnya.




    3. Arowana
    [​IMG]
    Menurut kelompok kuno Osteoglossids, ikan ini sudah ada pada periode Jurassic. Saat ini, mereka bisa ditemukan di Amazon, dan di beberapa bagian Afrika, Asia dan Australia.

    Kadang-kadang disimpan sebagai hewan peliharaan eksotis, arowana adalah predator rakus yang memakan binatang kecil yang dapat mereka tangkap, termasuk burung dan kelelawar yang mereka tangkap dalam penerbangan pertengahan (mereka bisa melompat hingga 2 meter (6 ‘6 “) ke udara) .

    Di Cina, arowana terkenal sebagai “Ikan Naga” karena penampilan mereka, dan mereka dianggap Pembawa keberuntungan/Nasib Baik.




    4. Frilled Shark
    [​IMG]
    Ini ada Predator laut dalam, salah satu hiu hidup yang paling primitif hiu hidup saat ini, Mereka adalah peninggalan dari periode Cretaceous, ketika dinosaurus menguasai Bumi.

    Jarang terlihat dalam keadaan hidup, dan hanya baru-baru ini difilmkan untuk pertama kali, hiu berjumbai ini dapat tumbuh hingga 2 meter (6 ‘6 “) (dengan betina yang lebih besar dari jantan) dan mereka tinggal di perairan dalam, sebagian besar makanan mereka adalah cumi-cumi.

    Mereka tidak berbahaya bagi manusia, dan faktanya mengungkapkan, Hiu ini menghabiskan seluruh hidup mereka tanpa melihat manusia. Hanya saat mati atau sekarat spesimen ini dapat terlihat dan dicatat oleh nelayan atau ilmuwan.




    5. Sturgeon
    [​IMG]
    Ikan ini sudah ada di awal zaman Jurassic, sturgeon sudah dikenal sebagai salah satu sumber utama kaviar (yang terbuat dari telur atau telur massa); karena penangkapan yang berlebihan, ikan lapis baja nan megah ini sangat terancam populasinya saat ini.

    Spesies sturgeon terbesar dapat tumbuh hingga 6 meter (19 ‘7 “) , sama besar dengan hiu putih besar yang paling, mereka memberi makan pada binatang kecil dari dasar laut dan tidak menimbulkan bahaya bagi manusia, kecuali diprovokasi (meskipun mereka begitu besar, mereka tidak mengancam manusia, malah diburu dan disakiti, dan bahkan dibunuh oleh orang-orang yg tidak bertanggung Jawab!)


    6. Arapaima
    [​IMG]
    Mereka adalah kerabat dekat untuk arwana (lihat # 8), Arapaima Amazon terkadang dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Menurut deskripsi awal, mereka bisa tumbuh sampai dengan 4,5 meter (14 ‘8 “) panjangnya, tetapi saat ini, ikan besar seperti ini jarang ditemukan dan paling arapaima dewasa yang rata-rata panjangnya 2 meter (6′ 6″).

    Predator yang bergerak lamban ini memangsa ikan-ikan kecil, krustasea dan semua hewan kecil yang bisa masuk dalam mulut mereka. Satu yang menarik dari ikan ini adalah bahwa mereka perlu bernafas ke udara, seperti cetacea, agar bertahan hidup.

    Arapaima tidak menimbulkan bahaya bagi manusia dan mereka sering diburu untuk daging mereka, sayangnya, mereka sangat langka saat ini. Arapaima yang muncul dalam periode Miosen, memiliki banyak keluarga tua, Osteoglossidae, dan karena itu asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke usia dinosaurus.



    7. Sawfish
    [​IMG]
    Hewan ini adalah korban dari periode Cretaceous, dan dapat ditemukan baik di laut atau di sungai dan anak sungai, dan telah ditemukan hingga 100 km pedalaman.

    Dengan panjang Hingga 7 meter (23 ‘), “Gergaji” mereka merupakan senjata dan organ sensorik, ditutupi pada elektro-sensitif pori-pori yang memungkinkan untuk merasakan mangsa walaupun penglihatan yang amat sulit sekalipun.

    Meskipun biasanya baik, ikan hiu todak bisa menjadi sangat berbahaya jika diprovokasi. Berdasarkan sebuah fosil yang luar biasa, kita tahu bahwa raksasa ikan hiu todak prasejarah ini mungkin menjadi makanan pokok untuk dinosaurus karnivora terbesar, Spinosaurus, sebagian tulang belakang dari ikan itu ditemukan terjebak di antara gigi dinosaurus itu.





    8. Alligator Gar
    [​IMG]
    Predator hebat bersisik tebal ini ditemukan di AS selatan, utara dan timur Meksiko, menjadi ikan air tawar terbesar di Amerika Utara (meskipun kadang-kadang mengembara ke laut). Mereka dapat tumbuh hingga 4 meter (13 ‘) panjang dan berat sampai 200 kg (£ 440).

    Gars Gator demikianlah mereka dijuluki, karena penampilan mereka seperti reptil dengan rahang panjang, bersenjatakan dengan dua baris gigi tajam. Mereka adalah predator rakus yang menyergap langsung dan telah terkenal sebagai Penggigit manusia unggul, tetapi tidak dikonfirmasi catatan yang menyebabkan kematian karena Gars Gator sampai saat ini. Gars adalah salah satu dari ikan tertua yang hidup hari ini, asal mereka dapat ditelusuri kembali ke masa Cretaceous.



    9. Polypterus Senegalus
    [​IMG]
    Ikan Afrika ini sering disebut belut dinosaurus, karena penampilan mereka menyerupai reptil dengan sirip punggung bergerigi, mengingatkan pada beberapa dinosaurus yang pungunggnya berduri. Tetapi mereka tidak termasuk familia belut, mereka adalah anggota Familia bichir.

    Mereka sering dijual sebagai hewan peliharaan eksotis, belut dinosaurus ini sering kali keluar dari tangki ikan (Akuarium) mereka . Mereka dapat bertahan keluar dari air untuk jangka waktu yang lama selama kulit mereka tetap basah, yang memungkinkan mereka untuk mengembara jauh dari tangki (Akuarium) mereka.




    10. Coelacanth
    [​IMG]
    Coelacanth adalah yang paling terkenal dari semua “fosil hidup” dan pantas menjadi no. 1 dalam daftar ini, karena ini adalah contoh terbaik dari takson Lazarus, ini adalah hewan yang seharusnya sudah lama punah.

    Ikan ini seharusnya telah punah pada periode Cretaceous, bersama dengan dinosaurus, tetapi pada tahun 1938, sebuah spesimen hidup tertangkap di Afrika Selatan. Sejak itu, diteliti lebih banyak spesimen telah dilihat dan difoto, dan spesies Coelacanth kedua bahkan ditemukan di Indonesia pada tahun 1999.

    Ikan ini adalah predator besar,dengan panjang mencapai 2 meter (6 ‘6 “), mereka memakan ikan yang lebih kecil, termasuk hiu kecil, dan biasanya ditemukan di dalam, perairan gelap. Meskipun jarang ditangkap dan dikonsumsi karena rasanya yang mengerikan, raja ikan laut ini sangat terancam populasinya.

    sumber

    Sorry kalau :repost:
    gak nolak kalau dikasih :grp: atau :thanks:

    10 Perempuan Asia yang Paling Banyak Dicari di Internet
    10 Teknologi Pengaman Terbaru Pada Mobil yang Dapat Mencegah Kecelakaan
    Mengupas Konspirasi Planet MARS (+Pic) Khusus buat yg Open Minded
    Secara Tak Sadar, Mungkin Kita Telah Menelan Makhluk-Makhluk Menyeramkan Ini
    Ikan Paling Jelek Terancam Punah
    Korea Selatan Bangun Kota Robot Tahun 2013
    Bintang Baru yang Dikelilingi 7 Planet
    Taxi Masa Depan Tanpa Supir
    Dibalik Tombol Kemudi Mobil Balap Formula 1
    Inilah 10 Kota Tertua di Dunia Yang Masih Dapat Kita Saksikan Keberadaannya
    Rakit Kapal Selam Sendiri Dari Drum Bekas
    Paus Narwhal, Ikan Paus Bertanduk
    Laba-laba Vegetarian Pertama di Dunia
    Cara Kerja Mesin-Mesin Yang Rumit
    Keajaiban pada Cumi-cumi dan Gurita
    Ubur-ubur Misterius Muncul di Langit
    Perbedaan LCD TV Dengan Plasma TV
    Pistol Armatix Yang Tidak Bisa Digunakan Tanpa Jam Tangan Khusus
    Robot Astronot NASA akan Jelajah Angkasa
    Dinosaurus Berwarna Cerah dan Ekornya Belang
    Rahasia ‘Monalisa’ Terkuak
    7 Karya Arsitektur Kuno Yang Menakjubkan
    Jepang Ciptakan TV 3D yang Bisa "Dicubit"
    Inilah Bagian Otak Yang Bikin Takut Kehilangan Uang
    Mengapa Makanan Pedas Membuat Kita Mengeluarkan Air Mata?
    Asteroid Misterius Saat Ini Sedang Mendekati Bumi
    Cara Kerja Kacamata 3D dan Film 3D
    Fenomena di Langit Yang Akan Terjadi Sepanjang 2010
    Misteri di Balik Ribuan UFO Terekam Sedang Mengepung Matahari
    10 Ikan Prasejarah Yang Masih Hidup Sampai Saat Ini
    Jerman Ternyata Pernah Menciptakan Piring Terbang
    Bila BlackBerry Tercebur ke Air
    Bahan Bakar Kopi Untuk Kendaraan Bermotor
    [Info] Bahaya, Tidur Dengan Lampu Menyala
    [Info] Efek Negatif Dari Kurang Tidur
    Berlatih Menjadi Jenius
    Mengapa Kita Berhenti Bertumbuh?
    Mengenal Cara Kerja Layar Sentuh (Touch Screen)
    Foto Unik Kawanan Cheetah Bermain-main dengan Seekor Kijang
    Seorang Anak Dari Planet Mars ?
    Manfaatkan Garam Untuk Membantu Keperluan Masalah Dalam Rumah Anda
    Wow, Sungguh Menakjubkan Pemandangan Alam The Avatar Mountains
    [Info] Ini Alasan Mengapa Anda Sering Sakit Punggung
    Mengapa Dokter Bedah Menggunakan Baju Hijau?
    [Info] Hati-hati! Kebosanan Bisa Bikin Mati Muda
    Jamur Yang Bisa Menyala dalam Gelap
    Robot-Robot yang Mungkin Akan Mengakhiri Peradaban Manusia
    Alat pendeteksi Hantu
    Terbang Dengan Tenaga Air
    10 Foto Unik Terbaru dari Mars Dengan Kamera Seharga 400 Milyar
    Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?
    [Info] Stop Keringat Saat Gelisah
    Inilah Tanaman -Tanaman Anti Polusi
    [Info] Wanita Butuh Tidur 20 Menit Lebih Banyak Dari Pria
    Super Cows
    Jantung Buatan Diilhami Oleh Kecoak!
    David, Tanaman yang Doyan Tikus
    Bakteri yang Menyukai Antibiotik
    [Info] 7 Cara Mudah Cegah Kanker
    6 Robot 'Mirip Manusia' Terunik
    Sains dan Teknologi dalam Evaluasi Kemanusiaan
    Yang Pertama Kali Memikirkan Alfabet
    Misteri Candi Muara Takus yang masih Terputus
    Toyota 1/X: mobil hybrid dengan bodi yang terbuat dari rumput laut
    [Info] Suara 'Krek' Pada Sendi Kita Berasal Dari Mana Yaa?
    "Jenderal Sherman" Pohon Terbesar di Dunia
    Ilmuwan Inggris Klaim Sperma Bisa Dihasilkan dari Stem Sel

    Mudah2an Trit-trit Ane Bermanfaat Buat agan2 sekalian
     
    • Thanks Thanks x 29
    • Like Like x 12
    Last edited: Sep 18, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. rudot M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    1,577
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,133 / -0
    Bentuknya keren2 ikan purba itu.
    wew Sturgeon gede banget.
    Tapi yang bener2 fosil hidup Coelacanth mirip banget ama ikan purba yang gw liat di discovery chanel.
    Btw paus unicorn(narwhal) kok ga termasuk?
    [​IMG]
     
  4. yudi_haryanto M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    4,618
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +22,593 / -0
    semua ikan yg jadi fosil hidup itu gak ada yg bentuknya "bersahabat" ya? :haha:

    sadis2 semua bentuknya,rata2 malah punya taring dan pemakan makhluk laut lainnya

    keliatan bgt kalo kehidupan jaman purba emang keras bgt
     
  5. Happybahbah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,789
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,373 / -0
    paling serem bentuknya si frilled shark, ud keq monster aje.. :takut:
    itu si sturgeon keren kali bentuk dan sisiknya :top:
    btw si arowana maksudnya ikan arwana kan? :???:
    diantara 5 itu gw cuma pernah liat si arwana aje :haha:
     
    • Like Like x 12
  6. bo_chama M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    837
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    weeeh,,
    ikannya serem"
     
  7. rakun M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,096
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +885 / -0
    ane baru tau klo ikan sturgeon itu termasuk ikan prasejarah.....malah gede lg /\/\
    [​IMG]
    ni ada gambar yg gedenya
     
  8. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,523
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,183 / -0
    ikan lapis baja :glek:maksudnya kulitnya/sisiknya sekeras baja gitu ya :???:
    keren..
     
  9. onefineday M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,171 / -0
    Sekedar info :
    10. Coelacanth.

    Coelacant Sulawesi, pertama kali ditemui di Pasar Ikan Tradisional, di Manado sekitar November 1997 oleh Mark Erdmann [Coral Reef Ecologist] dan Istrinya. Diduga, ikan ini sudah sering dikonsumsi disana, karena menurut sumber-sumber di pasar, ikan ini pernah diperjual-belikan sebelumnya. Dimanado, ikan ini dikenal dengan nama 'Raja Laut'. Mereka kemudian mengabarkan penemuan mereka di US National Science Foundation dan National Geographic Society, yang kemudian menjadi sponsor dananya. Yang terakhir ditemukan di perairan bunaken sekitar Mei 2007.

    Video Outopsi Coelacant 2007

    [video=youtube;2PVM3LsVzSE]http://www.youtube.com/watch?v=2PVM3LsVzSE[/video]

    Sumber:
    Code:
    http://www.bunakenchacha.com/manado_sulawesicoelacanth.html
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,736
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,249 / -0
    [​IMG]

    jadi ke inget ama gergaji mesin, mungkin terinspirasi dr sini yaaa :lol:
     
  11. tepayjen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    gila...arwana..masuk di list juga..!!...keren2
     
  12. yosuacuber Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    147
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    coelacanth ad yg mkan?? ktemu aj ud jarang banget ampir ga prnah malah..
     
  13. rozaq M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,345 / -0
    busyet dah...

    sampai segede itu pertumbuhannya...

    tapi paling tertarik sejak kecil cuman sama coelacanth.
     
  14. zetsudousougi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    413
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +79 / -0
    klo coelacant mah terkenal
    yg ga tau tu arwana
    ternyata ikan purba
    ga keliatan dari wujudnya
     
  15. Hunter_Ice Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    baru tw Ikan aligator itu bisa sampai 4 meter...
     
  16. am4terazu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,023 / -0
    Wew...
    yg no 2 tuh Ikan nya Indosiar ya...?? :lol:
     
  17. loud2load M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 7, 2010
    Messages:
    692
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +668 / -0
    :hmm: Arowana di Indonesia Arwana kan :???:
    paling gak di Indonesia masih ada tuh n banyak, dulu sempet pelihara tuh ikan...
     
  18. Milos_Forman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2010
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Arapaima seinget gw ada di Seaworl...iya gak sih? :bingung:
    Coleanth ada ya kerabatnya di Indonesia? *baru tau*
     
  19. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,796
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,859 / -0
    budaya hedonisme memang merusak bumi
    hanya karena kaviar ikan ini terancam punah
    tapi mau bagaimana lagi karena katanya kaviar termasuk makanan terenak di dunia

     
  20. consciousness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    983
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,630 / -0
    ternyata ikan arwana ikan prasejarah ya..
    pantes aja mahal..
    :hahai:
    ikan2nya swrem2..
    :boong:
     
  21. _Exia_ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +498 / -0
    dari semua itu sepertinya yang paling aku kenal sih si coelacanth :top:

    soalnya sering masuk ke media info sih :hihi:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.