1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info 10 Dampak Negatif Main Video Game

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by GudangBeras, Jan 20, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. GudangBeras M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    428
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,119 / -0

    sebelumnya :maaf: klo Repost, monggo klo mo di delete

    [​IMG]


    Beberapa waktu lalu, ROL telah membahas 10 dampak positif bermain video game. Kini, kita akan membahas 10 dampak negatif bermain video game.

    Selama bertahun-tahun, orangtua sering bertanya-tanya tentang dampak negatif dari video game terhadap kesehatan anak-anak mereka. Orangtua terkadang tak terbiasa dengan hobi anaknya bermain alat elektronik tersebut.

    Mereka cenderung percaya bahwa sering bermain video game menyebabkan penglihatan sang anak rusak, kemampuan mentalnya turun, dan karakter si anak akan terpengaruh, khususnya jika sering memainkan adegan kekerasan dalam permainan.

    Sebetulnya, apa saja dampak negatif bermain video game? Ini dia dikutip dariSymptomFind,


    1. Kurang tidur
    Anak sudah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar di sekolah dan beraktivitas. Namun, mereka ingin tetap bermain video game. Sehingga, banyak anak mengorbankan waktu berharga mereka untuk tidur dan menggunakannya untuk bermain video game. Pecandu video game yang kurang tidur maka dapat membahayakan kesehatannya.


    2. Hidup kotor
    Ketika seseorang yang mencandu karena terlibat dalam permainan video game, maka ia mulai mengabaikan segala hal terkait kebersihan pribadi. Seseorang akan malas mandi, sehingga menyebabkannya memiliki banyak jerawat, hingga penyakit gigi.


    3. Isolasi diri
    Seseorang yang bermain video game berlebihan menyebabkan orang itu memilih mengisolasi dirinya dari dunia luar. Ia cenderung mengasingkan diri dari teman dan keluarga. Orang itu lebih asyik dengan permainannya.

    Ketidakpedualian seseorang terhadap kebersihan pribadi hanyalah awal perpindahan orang itu dari dunia nyata dan menjauh dari kehidupan sosial. Baginya, interaksi dengan tokoh-tokoh hero video game lebih berarti dibandingkan interaksi dengan siapapun.

    Orang yang sudah kecanduan video game mudah mengabaikan pekerjaan, sekolah, teman-teman, dan keluarganya. Ia menolak melakukan aktivitas apapun begitu bangun pagi kecuali bermain video game.


    4. Depresi
    Meskipun pecandu video game tak menyadari awal dirinya despresi, namun perlahan penyakit ini akan meresap cepat ketika dia merasa diperbudak oleh kecanduannya sendiri. Hanya ketika seseorang berhenti bermain, kemudian berpikir tentang waktu-waktu yang telah dia lewatkan begitu saja, baru orang itu menyesalinya dan berujung pada depresi


    5. Stres
    Stres dari kecanduan video game biasanya disebabkan oleh sejumlah skenario. Pertama, seseorang menjadi begitu terobsesi dengan video game. Kegagalan mereka memenangkan level-level pada video game menyebabkannya stres berlebihan.

    Kedua, seseorang menyadari bahwa hidupnya kacau karena video game. Ini menyebabkan stres juga. Satu-satunya cara orang untuk menghindari tipe stres kedua ini adalah dengan tetap bermain video game dan melupakan waktu.


    6. Arthritis dan Carpal Tunnel Syndrome
    Kedua penyakit di atas adalah gangguan fisik. Video game bisa menyebabkan masalah pada jempol seseorang di kemudian hari. Tubuhnya juga rentan penyakit osteoarthritis. Sedangkan carpal tunnel syndrome adalah tekanan pada saraf di pergelangan tangan anda.


    7. Makan kurang sehat
    Ketika pecandu video game terlalu sibuk untuk bermain, maka ia akan jarang mandi, dan jarang tidur. Ini juga berdampak pola makan mereka menjadi tak sehat.

    Pecandu video game selanjutnya akan beralih ke makanan cepat saji dan memilih memakan makanan beku dan instan. Mereka justru memperbanyak minuman soda dan minuman energi dengan harapan mereka bisa bermain dalam kondisi prima. Ini menyebabkan pecandu video game mudah terserang obesitas, diabetes, dan kondisi kesehatan serius.


    8. Perilaku agresif
    Video game menjadi ajang melepaskan agresivitas dalam diri seseorang. Bentuknya adalah ambisi menguasai permainan dan memenangkan permainan. Bagi mereka yang sudah kecanduan, sikap agresif yang berlebihan ini pada akhirnya juga tanpa mereka sadari mereka praktekkan dalam kehidupan nyata.

    Ini yang menyebabkan seseorang menampilkan pola-pola prilaku agresif yang tak biasa. Misalnya, marah besar jika aktivitas bermain video game mereka diganggu.


    9. Gaya hidup buruk
    Pecandu video gama akan mencurahkan semua waktunya untuk aktif bermain video game. Dia hanya akan duduk atau berbaring dalam praktik kesehariannya. Kebiasaan makannya juga buruk, dan kebiasaan tidurnya kacau. Ini menyebabkan mereka mudah terkena stroke, penyakit jantung, dan hipertensi.


    10. Berbohong
    Berbohong adalah salah satu cara pecandu video game untuk menutupi perilaku abnormalnya. Ini adalah salah satu tanda seseorang telah kecanduan penuh oleh video game. Mereka akhirnya berbohong pada dirinya sendiri dan menyangkal bahwa mereka tak memiliki masalah sama sekali.




    sumber




    Berniat untuk menyegarkan pikiran, lima orang ini justru meninggal karena main game. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lima orang ini meninggal saat bermain game, diantaranya adalah karena serangan jantung, serta terlalu lama dalam bermain games online. Berikut lima kasus kematian karena main game.


    Russell Shirley (32 tahun)
    Pria ini tewas setelah memainkan game online Diablo III selama tiga hari tanpa henti. Bahkan menurut rekan kerjanya, Russell selalu menghabiskan seluruh waktunya di akhir pekan untuk memainkan game online tersebut.


    Lee (28 tahun) - Korea Selatan
    Lelaki yang teridentifikasi denan nama keluarga, Lee ini ditemukan meninggal saat bermain game di sebuah warnet di kota Taegu, Korea Selatan. Menurut keterangan polisi, Lee tewas karena tidak tidur dan hanya mengkonsumsi sedikit makanan selama bermain game online. Selain itu, polisi juga menduga bahwa penyebab kematiannya adalah karena gagal jantung akibat dari kelelahan.


    Chen Rong-yu (23) - Taiwan
    Kasus kematian karena game online yang ketiga adalah Chen-Rong-yu, lelaki 23 tahun asal Taiwan ini meninggal akibat serangan jantung yang diakibatkan kelelahan saat bermain game online League of Legends. Diketahui bahwa Chen-Rong-yu saat itu bermain game selama 23 jam. Namun, orang-orang disekitarnya tidak menyadari jika pemuda tersebut telah meninggal, selama sembilan jam sebelum ia ditemukan tewas.


    Dede Hendri (20 tahun) - Indonesia
    Tidak hanya terjadi di luar negeri saja, kasus orang meninggal karena main game juga terjadi di Indonesia. Nasib memilukan itu dialami Dede Hendri, pemuda yang sangat gemar bermain game online ini ditemukan tewas disebuah warnet pada tanggal 4 Desember 2011 lalu. Dede meninggal setelah semalam suntuk bermain game pada akhir pekan.


    Nanda Rizky Saputra (12 tahun) - Indonesia
    Kasus kematian karena main game di Indonesia ternyata tidak dialami oleh Dede hendri saja, Nanda Rizky Saputra juga mengalami nasib yang serupa. Bocah asal Magetan, Jawa Timur itu ditemukan tergeletak oleh penjaga warnet setelah 45 menit bermain game online. Terakhir diketahui bahwa Nanda meninggal akibat serangan jantung.



    [​IMG] [​IMG]



    :awas:
    Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.





     
    Last edited: Feb 3, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Nisankyu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 11, 2012
    Messages:
    1,169
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,090 / -0
    gue gamer dan gue rasa semua point itu benar :suram:

    tapi berenti jadi gamer tuh sama sulitnya kayak perokok buat berenti merokok

    kalo udah kena dampak negatifnya baru deh kapok
     
  4. mardangga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    926
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +9,803 / -0
    Ane demen maen game.
    Tp ga ampe segitunya juga.
    Alnya ane demen maen game cuma diawal2nya saja.
    Abis ampe pertengahan biasanya jadi bosan.
    :hoho:
     
  5. experience27 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    8,569
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,873 / -0
    10 10 nya ga kena ke aku :bloon:
    padahal aku maniac :lol:
    paling cuma kurang tidur :dead:
     
  6. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,911 / -0
    sangking gila nya sama game nyawa jadi melayang...sayang banget ya..
     
  7. giann M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 1, 2012
    Messages:
    312
    Trophy Points:
    42
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +136 / -0
    point pertama yang sering saya alami sampai sekarang,,
    dulu point kedua sering dilakukan, sampai akhirnya saya sadar kalo kebersihan pribadi saya berkurang dan akhirnya pun berhenti untuk melakukan point kedua.
     
  8. tuan_buncis2002 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    2,541
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,547 / -3
    kalau main game-nya masih dalam batas wajar ya tak apa-apa :lalala:
     
  9. wyrmhero M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2012
    Messages:
    674
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54 / -0
    gw gamer tapi gak gitu2 juga

    asal bisa ngatur waktu aja sih
     
  10. BlackSea M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 19, 2012
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +16 / -0
    Well, tidak bisa dipungkiri lebih dari setengah pernyataan diatas langsung jleb.
    Tapi ya bgmn mana lg, Asal bisa nglepasin diri dari kecanduan gk gitu juga.
    Tp msh lebih baik daripada tawuran, Drugs, etc.
    Setidaknya ini masih bisa mikir.
     
  11. riohcx M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 3, 2011
    Messages:
    2,986
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +11,559 / -24
    kadang gamer ekstrem terlalu serius maen sampe lupa makan & waktu :sigh:
    selama maen game buat hiburan & kita yg mengontrol game bukan sebaliknya, maka oke2 aja sih:ehem:

    baru tau ternyata ada juga gamer Indo yg tewas waktu maen game:takut:
     
  12. holly1st M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2011
    Messages:
    1,406
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +2,553 / -0
    aku gamer tapi udah bisa ngontrol diri :hmm:

    malah kebanyakan nonton anime sekarang :lol:
     
  13. harlons M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 28, 2011
    Messages:
    485
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +269 / -0
    Kalau sampai dunia game udah lebih penting drpd dunia real itu sih udah kecanduan berat deh
    Btw tiap kecanduan pasti nimbulin efek negatif, kalau dari saya sendiri yg pernah kecanduan game efek plg negatifnya adalah point no 3 "isolasi diri"
    Untungnya sekarang sih uda agak mendingan sy kecanduan game nya
     
  14. ThomzAs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2012
    Messages:
    745
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +324 / -0
    Ane dlo ketagihan maen game online..
    ampe begadang tiap mlm..

    Tp berkat kesibukan jd bsa jauhi game lg..
    Skrng sisa PES doank..
    hehe
     
  15. GabyYopi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2012
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    setuju gan,thread yang bagus, soalnya ane sendiri sampe 3 thn lalu juga ngalamin hal2 yang disebutin diatas..:madesu:
    untungnya ane dah tobat gara2 kena typus..wkwkwkwk..
     
  16. GabyYopi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2012
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    setuju gan, mending nonton anime ato korea aj, gak bikin penasaran2 banget, kalopun gak slesai hari ini bisa lanjut besok2:top:
     
  17. grieyan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 11, 2011
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +23 / -0
    ane suka main game tapi ga suka bohong tuh
     
  18. adrydaniel M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    mulai mengurangi jatah bermain game sih sekarang

    udah ngak seheboh dulu mainnya
     
  19. bayugila M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 11, 2011
    Messages:
    899
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +68 / -0
    ane dari dulu smpe sekarang masih gamer, tp untungnya point-point yg disebut di atas tidak kena ke ane, mlah ada hal positif yg ane dapat dari bermain game,

    setidaknya bahasa inggris ane jadi lebih baik, hehehe..
     
  20. ismail48 M V U

    Offline

    aseena

    Joined:
    Mar 10, 2012
    Messages:
    1,134
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,154 / -0
    Alhamdulillah saya ga terlalu addict sama game
    karena spec PC yang tidak memadai buat main game :sigh:
     
  21. falconi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Pas jaman SNES nebeng di rumah temen 4 jam..Pas jaman PSX 16 jam dihabisin di rental...Pas jaman PS2 sewa di rumah dimainin 24 jam
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.