1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Edu-Flash 10 Cara Membuat Anak Memperoleh Prestasi yang Memuaskan (Nilai A)

Discussion in 'School and Campus Zone' started by kiefs, Dec 5, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil penelitian menunjukkan, keterlibatan orangtua merupakan faktor penentu keadaan anak-anak di sekolah.

    Setidaknya ada 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda agar berhasil dalam kelasnya:

    1. Ciptakan lingkungan yang mendorong semangat belajar. Bisa dengan menyediakan berbagai macam kesempatan sehingga mereka lebih senang belajar, misalnya dengan menyediakan benda-benda seperti puzzle sampai melukis di komputer. Hal ini penting untuk merangsang
    keingintahuan mereka.

    2. Menyediakan kehidupan yang seimbang. Rumah yang stabil, lingkungan yang kondusif dan penuh cinta, merupakan dasar yang kuat
    untuk membantu anak mendapat nilai yang baik di sekolah. Ini termasuk kesempatan anak mendapat tidur yang cukup dan makan teratur
    dengan gizi cukup. Batasi televisi dan video game agar waktu mereka tidak tersita oleh hal-hal yang tidak bermanfaat.

    3. Membaca setiap hari untuk anak Anda. Kebanyakan proses belajar yang dilakukan di sekolah mencakup masalah membaca. Secara
    tidak langsung dengan membacakan cerita kepada anak juga turut mengajar mereka membaca. Bacakan dengan suara keras bahan-bahan yang sulit untuk mereka baca sendiri agar bisa memperluas serta memperkaya kosa kata dan pengalaman mereka.

    4. Dorong mereka membaca lebih dalam. Saat anak Anda melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi, mereka akan mempelajari segala

    hal yang berasal dari bahan yang dicetak. Semakin banyak anak membaca, kemampuan membacanya akan semakin baik. Pastikan terdapat beragam bacaan yang menarik di rumah Anda untuk mendorong kebiasaan membaca.

    5. Tunjukan bagaimana mengorganisir sesuatu. Anak-anak yang terbiasa teratur lebih mudah untuk sukses di sekolah. Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan kemampuan mengorganisir sesuatu adalah melalui contoh. Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan pengorganisiran seperti tabel tugas, kalender, buku catatan, binder dan tas punggung.

    6. Ajari mereka kemampuan belajar efektif. Kemampuan belajar dengan baik penting untuk mendapat nilai baik. Pastikan anak Anda tahu bagaimana membaca buku teks, mempersiapkan ujian, menghapal dan juga menggunakan waktu mereka secara efisien. Dorong mereka agar memiliki waktu rutin untuk belajar dengan menyediakan tempat belajar yang bebas dari gangguan.

    7. Dorong anak untuk mendengarkan dan berpartisipasi dalam kelas. Mendengarkan dalam kelas adalah jalan mudah bagi anak-anak untuk belajar. Nasihatkan anak Anda untuk rajin mencatat. Karena hal ini berguna bagi mereka agar dapat berkonsentrasi terhadap apa yang dikatakan oleh guru. Dorong pula anak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam kelas - ini akan meningkatkan keinginan mereka dalam belajar.

    8. Bantu anak Anda mempelajari bagaimana menyelesaikan pekerjaan rumah. Mengerjakan pekerjaan rumah menguatkan apa yang telah dipelajari anak di sekolah. Tunjukkan kepada mereka bagaimana mengerjakannya. Dengan demikian pekerjaan rumah bisa menjadi bagian
    dari tanggungjawab mereka. Bantu mereka mempelajari tugas apa yang harus didahulukan. Beri penekanan bahwa setiap tugas itu merupakan pengalaman belajar.

    9. Bicarakan mengenai sekolah kepada anak-anak Anda. Anak Anda menghabiskan banyak waktu di sekolah setiap hari. Banyak hal yang
    akan terjadi selama waktu tersebut. Tunjukkan Anda tertarik mendengarkan cerita mereka dengan bertanya apa yang telah mereka
    lakukan di sekolah. Dan juga perbincangkan mengenai tugas-tugas yang dibawa ke rumah. Jika terjadi masalah, coba cari pemecahannya bersama anak Anda.

    10. Bangun hubungan yang baik dengan guru anak Anda. Komunikasi yang baik antara rumah dan sekolah membantu anak berkelakuan
    baik di sekolah dan membuat lebih mudah melihat suatu masalah. Pastikan untuk menghadiri pertemuan antara guru dan orangtua.
    Kunjungi pula kelas anak Anda. Menjadi sukarelawan di sekolah mereka juga bisa dilakukan untuk menolong para guru. Dan jangan lupa untuk mengekspresikan apresiasi Anda terhadap guru-guru atas apa yang telah mereka lakukan untuk anak-anak Anda.
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Raika94 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    999
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +121 / -0
    ternyata untuk mendapatkan niali A, bukan hanya berasal dari kemampuan sang anak, melainkan peran serta orang tua juga dibutuhkan:top:
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. qwertykibot M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    317
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +459 / -0
    Intinya mah jangan ampe males ajah, klo anaknya udah males, selesai dah, hahahah, soalnya gw jg skrg kek gitu, wkwkwkwk
     
  5. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,041 / -7
    duh..kalo umur ane masuk golongan anak2 gk yah..:???:

    bnr jg sih, nilai ane bnyk yg turun mid smstr ini...
    pdhl smstr kmrn nilainya bnyk yg A, skrg turun jd C..:swt:

    kudu belajar bnyk sama om TS...:piss:
     
  6. chynthia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,783 / -0
    sebenernya jangan memaksa anak harus mendapat nilai A. manusia tak pernah dituntut menjadi yang terbaik. manusia hanya dituntut untuk melakukan yang terbaik. kalo si anak memang pol nya di nilai B, ya udah. CMIIW
     
  7. yogiescool M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,449 / -0
    IYA TOp Info Bagi Calon-Calon yang ingin Punya Anak.... Memang sangat Penting Peran OrTu Dalam Mendidik anaknya.. Tetapi, kalau Dapat Nilai A tetapi Kelakuan PASIFFF sama aja boong. PInter tapi tidak bersosialisasi. Gw juga sangat tidak setuju dengan Orang Tua YAng mendidik anaknya DENGAN KERAS. Bukan Cara yang baik untuk mendidik. lembut Tapi Tegas!.... And Mengertilah Keinginan sang anak. TOP DECH!!
     
  8. Raygeki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    976
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +66 / -0
    Gw setuju. Gak baik juga terlalu memaksa anak untuk selalu dapat nilai A.

    Tapi ini bisa buat referensi bagi ortu2 yang kurang perhatian sama anaknya. Kalo udah usaha tapi hasilnya gak bisa A, ya apa boleh buat. Yang penting udah usaha kan? :piss:
     
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.